ZTE T230, Smartphone Entry Level 1 Jutaan

Detekno.com – Setelah sukses merilis ZTE Blade A711, kali ini vendor asal Tiongkok tersebut dikabarkan akan merilis ZTE T230 di Indonesia. Kemunculan smartphone ini di tanah air mulai terendus lewat situs POSTEL dengan status “Proses SP2 Sertifikat”. Itu artinya tak lama lagi smartphone ini akan segera melenggang bebas untuk dipasarkan di negera kita. Kemungkinan besar, ZTE T230 akan dipasarkan apda awal tahun 2016, dan sebelum sobat membelinya mari kita simak terlebih dahulu spesifikasi smartphone ini.

ZTE T230

ZTE T230

Spesifikasi ZTE T230 yang kami lansir dari situs ZTE Australia, menyebutkan bahwa smartphone ini masih mengandalkan Android Kitkat 4.4 sebagai sistem operasinya. Namun kemungkinan smartphone ini akan mendapatkan pembaharuan sistem saat dipasarkan di Indonesia. Lalu untuk dapur pacunya, mengandalkan processor Quad Core 1.2 Ghz yang dipadukan Ram 512 MB, dan memori internal 8GB yang bisa sobat upgrade memakai microSD dengan kapasitas penyimpanan maksimum 32GB.

Sebenarnya sangat disayangkan ZTE T230 hanya dibekali Ram 512 MB dan masih memakai Android Kitkat. Tentunya spesifikasi tersebut masih jauh tertinggal dibandingkan vendor lokal yang mulai merilis smartphone murah dengan Ram 2GB dan membawa OS Android paling anyar. Nah yang lebih mengecewakannya lagi, ZTE T230 masih berjalan pada jaringan 3G HSDPA, dan belum mendukung jaringan 4G LTE. Untungnya sudah disediakan konektivitas pendukung berupa Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, microUSB 2.0, GPS, dan fungsionalitas Dual Sim.

Kemudian untuk bagian layar dan desain, ZTE T230 hadir dengan membawa layar sentuh berukuran 4 inci yang memiliki resolusi WVGA 800 x 480 pixels dan memakai panel IPS yang menawarkan kerapatan layar mencapai 233 ppi. Sementara di bagian belakang sudah tersematkan lensa kamera 5 megapixel dilengkapi autofocus, dan led flash. Selain itu, sobat deteknokers akan menjumpai baterai Li-ion berdaya 1.400 mah untuk mencukupi kebutuhan daya ZTE T230 selama seharian.

Daya baterainya memang kecil, begitu pula dengan resolusi kamera dibagian depan. Dimana sobat harus puas berfoto selfie memakai kamera depan berlensa VGA atau 0.3 Megapixel. Yah, spesifikasi ZTE T230 memang pas-pasan, karena kabarnya smartphone ini akan dipasarkan dengan harga  $88 atau sekitar Rp 1,2 juta, apabila kita mengacu pada harga ZTE T230 saat dipasarkan di Australia. Namun tak menutup kemungkinan harga di Indonesia akan jauh lebih murah, dan semoga saja tak sampai 1 Juta.