Zen Cinemax 2 Ponsel 800 Ribuan Spec Lumayan


Detekno.com – Zen Cinemax 2 adalah varian ponsel murah yang memang diproduksi untuk kisaran budget dibawah 1 jutaan. Memang merek ini adalah besutan vendor ZEN dan namanya agak mirip Zenfone milik ASUS. Secara desain ponsel ini tergolong simple dan tak banyak fitur canggih yang dibawanya. Dilansir dari FoneArena (31/1/2016) ponsel ini memiliki layar bentang layar 5,5 inch siap menemani aktivitas yang deteknokers jalankan.

Sayangnya soal resolusi masih ala kadarnya karena hanya belum mencapai HD dengan 960 × 540 pixel. Zen Cinemax 2 ini memiliki kepadatan layar 200 ppi, walau tak tajam namun performa layarnya cukup terang sob. Dibawah layarnya sendiri terdapat 3 tombol capacitive touch, walau tak memiliki teknologi backlit namun justru menawarkan umpan balik haptic saat ditekan.

Zen Cinemax 2

Zen Cinemax 2

Layarnya sendiri terkesan mengkilap dan mudah meninggalkan sidik jari yang kadang mengurangi kenyamanan. Sayangnya Zen Cinemax 2 tak dibekali proteksi layar jadi deteknokers setidaknya dapat menambahkan tempered glass agar tak mudah tergores. Memang smartphone ini dirasa tebal karena memiliki ukuran bezel cukup besar yaitu tinggi 157 mm dan lebarnya 80mm.

Keunggulan yang diperoleh adalah area genggaman akan lebih luas sehingga nyaman dioperasikan. Bentuknya memang biasa sob tapi soal material sendiri berbahan plastik yang dikemas dalam finishing smooth mate sehingga tak terasa licin saat digunakan. Zen Cinemax 2 juga tak disertai LED Notification karena keterbatasan sensor, maklum lah harganya yang hanya 800 ribuan.

Spesifikasi yang dibawa Zen Cinemax 2 tergolong mantap untuk kisaran harga 800 ribuan karena didukung dengan chipset Spreadtrum SC7731 yang memiliki dapur pacu Quad Core 1.3GHz. Performa untuk menjalankan sosial media maupun game ringan dijamin lancar sob. Soal grafis juga lumayan baik dengan duikungan GPU Mali-400, walau termasuk kelas bawah tapi performa untuk sekedar streaming masih optimal kok.

Tampilan Zen Cinemax 2

Tampilan Zen Cinemax 2

Sedangkan sisi multitasking didukung RAM sebesar 1GB, memang standar ya sob. Namun jika dibandingkan dengan beberapa smartphone harga sama yang cuma dibekali RAM 768 nampaknya Zen Cinemax 2 lebih unggul. Soal media penyimpanan disediakan memori internal 8GB namun sobat hanya dapat menikmati sekitar 4.83GB karena sudah dipakai oleh sistem. Untuk memperluasnya masih disediakan MicroSD jadi nilai simpan dapat dioptimalkan.

Kamera yang dibawa Zen Cinemax 2 juga masih standar sob karena dibekali kamera utama 5 MP yang dibekali dengan auto focus serta LED flash. Hasil jepretanya si lumayan karena mendukung HDR dan juga dapat menghasilkan rekam video beresolusi 1080p. Sedangkan dari kamera depan memang kurang memuaskan karena dibekali 2 MP saja, setidaknya masih mampu untuk berselfie maupun video call.

Operasi sistem Zen Cinemax 2 adalah Android 5.1 Lollipop dimana memang unggul dalam manajemen daya serta RAM.  Untuk segi baterai dibekali daya 2900mAh dan memang cukup awet karena spesifikasi yang dibawa tak memakan banyak daya. Soal konektifitas dibekali fitur Dual SIM dengan support 3G saja jadi serasa kurang optimal. Sisi performa memang Zen Cinemax 2 cukup sesuai dengan harga 850 ribu yang diusungnya. Jadi apkah sobat tertarik membeli ponsel murah yang satu ini?


Advertisement