Z Camera E1, Kamera Mirrorless 4K Terkecil

Detekno.com – Kini Gopro dan Xiaomi Yi akan kehadiran pesaing baru yang hadir dari salah satu perusahaan ternama di Dunia yakni Z Camera. Baru-baru ini Z Camera memperkenalkan kamera Mirrorless terkecil di Dunia yang mampu mendukung resolusi 4K. Dipasaran saat ini kamera Mirrorless sendiri sudah lebih kecil dari kamera DSLR karena hadirnya Mirrorless sendiri sebagai alternatif untuk para fotografer yang tidak ingin repot dalam membawa kamera berukuran besar seperti kamera DSLR.

Namun lambat laun kamera Mirrorless yang sudah termasuk kamera digital berdesain kecil ini masih dinilai kurang, oleh sebab itu Perusahaan Z Camera membuat sebuah inovasi terbaru dengan menghadirkan Kamera E1 sebagai kamera terkecil di Dunia yang memiliki sensor yang lebih besar beresolusi 16 MP dan mendukung video beresolusi 4K.

Z Camera E1

Z Camera E1

Dikutip dari Petapixel (22/7/2015), kamera E1 memiliki desain yang sama dengan kamera aksi GoPro yang generasi kamera Gopro sudah akan masuk ke generasi ke lima GoPro Hero 5. Dari tampak samping kanan dan kiri terlihat kamera E1 sangat mirip dengan kamera GoPro karena ia mengusung desain berbentuk persegi. Ukuran Kamera ini sendiri 50.25 x 75.2 x 56.1 mm dan ia memiliki berat 168 gram (Body Only).

Sensor kamera E1 yang memiliki resolusi 16 MP diklaim akan menjanjikan sebuat kualitas gambar yang sangat bagus dan menariknya lagi lensa E1 bisa diganti-ganti. Berbeda dengan kamera Xiaomi Yi dan GoPro yang lensanya tidak bisa diganti-ganti. Selain itu Kamera E1 juga diberikan layar LCD berukuran 2,5 Inches yang terletak dibagian belakang.

LCD Z Camera E1

LCD Z Camera E1

Untuk masalah jumlah lensa micro four thirds yang bisa dipakai oleh E1 mencapai 60 buah dari semua jenis yang sudah ada. Dari jenis Ultra Wide, Super Tele, Macro sampai Fish Eye. Termasuk juga lensa-lensa dari Panasonic dan Olympus yang ikut bergabung di Konsorsium Four Thirds. Kemampuan Kamera E1 sendiri bisa merekam video 4K (4096×2160 pixels) dengan frame rate 24 FPS atau video Ultra HD (3840X2160) yang mendukung frame rate 30 FPS.

Pihak Z Camera juga mengklaim kamera E1 bisa menghasilkan kualitas gambar yang sangat bagus walau dalam kondisi kurang cahaya. Ini berkat spesifikasi kamera E1 yang mendukung sensitivitas ISO hingga 102.400 dan dibekali teknologi Noise Filtering 3D. Untuk hal daya tahan, Kamera E1 yang dilengkapi LCD 2,5 Inches mampu bertahan selama 45 Menit ini untuk pemakaian merekam Video 4K.

Lensa Z Camera E1

Lensa Z Camera E1

Kamera E1 juga dibekali fitur koneksi seperti Bluetooth dan Wifi untuk menghubungkan kamera E1 ke Smartphone Android atau iOS. Yang penasaran akan kualitas hasil jepretan Z Camera E1 ini bisa lihat disini dan untuk contoh video 4k dari Z Camera E1 bisa ke Sini. Dari informasi yang kami dapatkan ia juga bisa digunakan untuk aktifitas Aerial Phorografphy. Rencananya harga Z Camera E1 ini akan masuk di angka USD$699 Kisaran 9 jutaan lebih.


Advertisement