Yuk Lihat, Kelebihan iPhone 6 dan Kekurangannya


Detekno.com – Bagi Apple Fans boy, pastinya sudah paham apa saja kelebihan iPhone 6 dan kekurangan iPhone 6. Namun bagi sobat deteknokers yang baru ingin beralih memakai perangkat buatan Apple tersebut, tentunya harus tahun dengan detail apa saja kelebihan-kelebihan yang dimiliki smartphone ini. iPhone 6 menjadi salah satu perangkat seluler termahal saat ini. Di Indonesia, harga iPhone 6 dengan garansi resmi dibanderol termurah diatas 9 Juta Rupiah, sehingga membuatnya memiliki kesan sebagai smartphone esklusif yang hanya bisa dimiliki kalangan korporat yang ingin tampil gaya memakai produk berbanderol super mahal.

Ada 3 pilihan memori internal bagi sobat deteknokers yang ingin membeli iPhone 6, yaitu berkapasitas 16 GB, 64 GB, dan 128 GB. Ketiga seri tersebut tidak dilengkapi slot memori microSD, jadi kami sarankan sobat untuk membeli versi terbesar. Sayangnya untuk saat ini, harga iPhone 6 dibanderol jauh lebih mahal dibandingkan harga Samsung Galaxy S6 dan LG G4 yang kini dibanderol 7 Jutaan. Namun tentunya harga bukan menjadi masalah bagi sobat deteknokers yang mengidamkan smartphone flagship dari Apple tersebut. Nah sebelum memutuskan membelinya, yuk kita lihat terlebih dahulu apa saja kelebihan iPhone 6 yang tak dimiliki lawan-lawannya.

Kelebihan – Kelebihan iPhone 6

Desain iPhone 6

Kelebihan iPhone 6

1. Ukuran Lebih Besar, Namun Desain Lebih Tipis

Bisa dikatakan Apple merombak totol desain iPhone generasi sebelumnya, yaitu iPhone 5s. Pasalnya kali ini iPhone 6 memiliki layar lebih besar seluas 4.7 inchi dari sebelumnya hanya 4 inchi. Walaupun ukuran layarnya lebih besar dari pendahulunya, namun desain iPhone 6 dibuat lebih tipis, dengan ketebalan 6.9 mm dan memiliki bobot ringan sebesar 129 gram. Tangan sobat deteknokers pasti akan nyaman memegang smartphone ini, karena bentuknya begitu ideal dan telah dikombonasikan dengan desain unibody berbahan alumunium yang didesain melengkung agar memiliki grip yang baik saat di operasikan.

Kelebihan iPhone 6 pada segi desain memang tak usah diragukan lagi. Sebanding dengan harganya yang mahal, ponsel ini tampak premium dengan 3 pilihan warna yang terdiri dari Space Gray, Silver, dan Gold. Kemudian untuk sisi layar, Apple telah menyertakan teknologi layar LED-backlit IPS dengan resolusi 750 x 1334 pixels yang diatasnya telah dilapisi perpaduan layar anti gores Ion-strengthened glass dan oleophobic coating. Sementara untuk ketajaman layarnya, mampu meraih kerapatan pixel -326 ppi atau sering disebut sebagai layar retina display.

2. Performa Bertenaga dan Efisien

Kelebihan iPhone 6 yang kedua adalah memiliki peforma bertenaga dan lebih efesien terhadap pemakaian daya baterai. Walaupun baterinya berkapasitas cukup kecil, yakni Li-Po 1810 mAh. Namun baterai tersebut diklaim memiliki waktu bicara selama 14 jam (3G), dan masa standby mencapai 250 jam (3g). Efesinsi daya baterai tersebut tak lepas dari pemakaian chipset Apple A8 yang mengadopsi teknologi pemrosesan 64-Bit. Selain efesien, peforma processor berkecepatan Dual Core 1.4 Ghz tersebut, juga diklaim lebih tangguh dibandingkan Chipset Apple A7 yang dipakai iPhone 5S, sehingga mampu menjalankan beragam tugas dan aplikasi jauh lebih lancar.

Untuk kebutuhan pemrosesan game-game iOS yang dikenal memiliki kualitas grafis lebih baik dibandingkan game Android, iPhone 6 telah dibekali pengolahan grafis PowerVR GX6450 yang mampu memenuhi kebutuhan grafis game-game berspesifikasi tinggi ataupun konten video dengan frame rate tinggi. Menariknya di dalam Chip A8 telah disematkan KoProsessor M8 yang merupakan sensor gerak untuk mengukur langkah, jarak, dan perubahaan ketinggian. Nah itulah kelebihan iPhone 6 pada komponen hardwarenya, walaupun diatas kertas smartphone ini hanya dibekali Ram 1 GB, namun nyatanya peformanya mampu mengalahkan smartphone Android premium sekelas Samsung Galaxy S6.

3. Ekosistem Aplikasi dan Fitur Terlengkap

iPhone 6 sudah mendukung sistem operasi iOS terbaru yaitu versi iOS 8.4. Untuk kedepannya, pastinya Apple akan terus mengembangkan sistem operasinya untuk iPhone 6. Tampilan antar muka yang user friendly menjadi salah satu kelebihan iPhone 6 yang tak dimiliki smartphone Android. Walaupun kita tak bisa melakukan kustomisasi secara menyeluruh, namun didalamnya sudah tersedia banyak sekali aplikasi-aplikasi populer yang memiliki fitur untuk dan tampilan antar muka yang didesain secara khusus untuk sistem operasi iOS.

Kelebihan iPhone 6

Desain iPhone 6

Sama seperti perangkat Apple yang lain, iPhone 6 bisa terhubung ke iTunes dan Apple Store untun mengunduh beragam aplikasi dan mendengarkan konten musik. Selain itu, iOS juga menyediakan iCloud sebagai media penyimpanan data secara online. Hadirnya iCloud bisa menjadi solusi dari minimnya memori internal yang dimiliki iPhone 6. Tentu tak masalah apabila sobat bisa membeli iPhone 6 dengna kapasitas memori 64 GB atau 128 GB, lalu bagaimana bagi sobat yang hanya bisa membeli varian 16 GB ?. Pastinya hadirnya iCloud akan membantu sobat dalam menyimpan foto-foto yang sering kali memenuhi space memori internal.

4. Dilengkapi Fitur Pemindai Sidik Jari (Touch ID) Yang Responsif

iPhone 6 menjadi smartphone kedua Apple yang dilengkapi teknologi pemindai sidik jari bernama Touch ID. Sebelumnya teknologi ini telah disematkan pada iPhone 5S, namun kali ini Apple telah mengoptimalkannya pada iPhone 6 agar dapat mengenali sidik jari secar cepat dalam posisi 360 derajat, jadi sobat deteknokers bisa memakainya pada posisi potrati maupun landscape secara lancar. Menariknya, sensor sidik jari pada iPhone 6 bisa dipakai untuk melakukan konfirmasi pembayaran pada App Store, dan tentunya sebagai kunci layar agar data yang tersimpan tetap aman.

5. Mendukung Jaringan 4G LTE

Kini sobat deteknokers bisa menikmati sensasi jaringan 4G LTE pada ponsel ini, setelah beragam operator seluler mengembangkan frekuensi jaringanya. Kelebihan iPhone 6 inilah yang membuat beragam orang tertarik membelinya, karena sejatinya kebutuhan internet semakin meningkat, dan dengan hadirnya teknologi 4G LTE yang mampu mengakses internet pada kecepatan 150 mbps, sudah pasti akan mempermudah kebutuhan akan konektivitas internet. Selain itu, Apple juga menyertakan konektivitas nirkabel seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac yang lebih cepat dibandingkan Wifi pada iPhone 5s.

6. Kamera Terbaik Berteknologi iSight

Kelebihan iPhone 6 selanjutnya terletak pada sisi kamera. Smartphone dengan harga selangit ini, memang hanya memiliki kamera 8 Megapixel, atau jauh dibawah smartphone Android yang rata-rata mengadopsi kamera 13 Megapixel. Walaupun begitu, untuk urusan pengambilan foto dan merekam video, kualitasnya mampu disejajarakan dengan kamera berlensa lebih besar darinya. Pasalnya Apple menyematkan lensa berukuran 1.5 micron piksel dengan bukaan lensa F/2.2 yang mampu menghasilkan foto lebih tajam dan jernih. Selain itu, tersedia pula teknologi focus pixels, face detection, dan kontrol eksposur yang mampu menyempurnakan jepretan foto.

Kelemahan kamera iPhone 6 adalah belum bisa merekam video beresolusi 4K (UltraHD). Namun tak jadi masalah selama sobat deteknokers bisa merekam video Full HD dengan kecepatan 60 fps, dan video slow motion (gerak lambat) beresousi 720p dengan kecepatan 240 fps. Selain itu, Apple juga menyediakan 2 buah lampu tone LED Flash yang akan mengoptimalkan pencahayaan saat sobat memotret dan merekam video. Sementara bagi sobat yang suka berfoto selfie, bisa mengandalkan kamera depan 1.2 Megapixel dengan bukaan lensa F/2.2 yang mampu menangkap 81% cayaha lebih banyak, sehingga foto selfie dan video call akan semakin jernih.

Spesifikasi iPhone 6

Spesifikasi iPhone 6

 Spesifikasi Apple iPhone 6

Ukuran
  • Dimensi : 138.1 x 67 x 6.9 mm / 129 g
  • Layar : LED-backlit IPS LCD, 4.7 inches 750 x 1334 pixels (~326 ppi pixel density)
  • Pelindung : Ion-strengthened glass, oleophobic coating
Hardware
  • Chipset : Apple A8
  • CPU : Dual-core 1.4 GHz Cyclone (ARM v8-based)
  • GPU : PowerVR GX6450
  • Ram : 3 GB RAM
  • Memori : 16/64/128 GB
  • OS : iOS 8, upgradable to iOS 8.4
Fitur
  • Sim Card : Nano-SIM
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Bluetooth V4.1, NFC, microUSB v2.0
  • Kamera belakang : 8 MP, 3264 x 2448 pixels, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Video 1080p@60fps, 720p@240fps
  • Kamera depan : 1.2 MP
  • Baterai : Non-removable Li-Po 1810 mAh
  • Fingerprint sensor (Touch ID)

Nah sudah tahu kana apa saja kelebihan iPhone 6 dan beberapa kekurangan yang dimilikinya. Penghalang utama untuk merasakan beragam fitur yang dimiliki ponsel ini adalah harga iPhone 6 yang sangat mahal. Bagi sobat deteknokers yang memiliki banyak uang, tentunya tak akan segan-segan mengeluarkan uang diatas 8 Juta Rupiah untuk membeli smartphone terbaik asal Amerika tersebut. Sekian dulu informasi detekno.com kali ini, semoga informasi kelebihan iPhone 6 yang kami sampaikan, bisa memantapkan hati sobat deteknokers untuk membelinya.


Advertisement