Xiaomi Persiapkan Smartphone Baru Pakai Snapdragon 660

Detekno.com – Xiaomi memang sebentar lagi akan memperkenalkan smartphone android terbaru pertama mereka di tahun 2017 yakni Xiaomi Redmi Note 4X. Seri smartphone dari keluarga Redmi Note 4 ini memang tidak terlalu banyak menarik perhatian, karena akan hampir sama persis dengan Redmi Note 4 hanya berbeda dibagian chipsetnya yang baru. Namun ternyata bukan hanya Redmi Note 4X yang bakal dijadikan smartphone android terbaru mereka di tahun ini. Melainkan ada 1 lagi smartphone Xiaomi yang tengah dipersiapkan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 660.

Jika kita kembali ke berita sebelumnya yang mana Xiaomi Redmi Pro 2 sudah bocor spesifikasinya pada minggu lalu. Bisa jadi perangkat ini adalah Xiaomi Redmi Pro 2. Namun ini masih perkiraan saja, mengingat Xiaomi belum secara pasti mengeluarkan pernyataan soal nama smartphone barunya tersebut. Dari halaman Gizmochina, yang mendapatkan informasi dari pengguna Weibo @grassdigital mengatakan bahwa Xiaomi sudah mengeluarkan proyek baru untuk membuat smartphone androi dengan chipset Snapdragon 660.

Xiaomi Persiapkan Smartphone Baru Pakai Snapdragon 660

Xiaomi Persiapkan Smartphone Baru Pakai Snapdragon 660

Chipset baru dari Qualcomm ini sudah kami dengar pada tahun lalu dengan memakai nomor model MSM8976 Plus. Ia memang sedikit mirip dengan chipset Snapdragon 652 dan Snapdragon 653. Chipset ini dikatakan akan dibuat lewat pemprosesan 14nm. Snapdragon 660 akan lebih memiliki custom kryo core sendiri, yang mungkin saja akan dikombinasikan dengan 4x Cortex A73 CPU Clock 2.2 Ghz dan 4x Cortex A53 CPU Clock 1.9 Ghz. Sedangkan untuk GPU nya menggunakan Adreno 512 yang mempunyai dukungan penyimpanan UFS 2.1 dan sudah support 2 RAM LPDDR4 Clock 1866 Mhz. Direncanakan chipset ini akan diproduksi dengan jumlah banyak mulai Q2 2017. Dimana ada 2 vendor yang juga mengantri untuk memakai chipset ini diantaranya Oppo dan Vivo.

Kami memang belum bisa memberikan gambaran secara menyeluruh soal spesifikasi smartphone Xiaomi yang akan memiliki Snapdragon 660 ini. Namun jika dilihat dari apa yang sudah dilakukan oleh Xiaomi. Bisa jadi smartphone ini akan menjadi smartphone andalan mereka untuk pasar kelas menengah selain Xiaomi Redmi Note 4. Besar kemungkinan juga ia akan mengadopsi fitur sensor sidik jari dan konektivitas USB Type C.

Namun sekali lagi ini masih perlu menunggu konfirmasi secara resmi oleh Xiaomi. Sembari menunggu smartphone android ini muncul. Tidak ada salahnya kita untuk lebih fokus terhadap perilisan Xiaomi Redmi Note 4X yang tinggal menghitung beberapa hari saja.