Xiaomi Akan Mulai Fokus Jualan Smartphone Lewat Toko Fisik


Detekno.com – Sobat deteknokers pastinya sangat kenal dengan vendor asal China ini. Salah satu vendor yang tergolong baru ini, memang sudah menjadi vendor ternama asal China yang patut diperhitungkan untuk menjadi pesaing kuat vendor sekelas Samsung, Huawei, Lenovo dan LG. Berkat pencapaian yang luar biasa dalam pengapalan smartphone android dan tablet android mereka di seluruh Dunia yang sangat banyak, Xiaomi mampu menjelma sebagai vendor baru yang sudah dikenal oleh banyak orang terutama di Indonesia.

Tidak hanya membuat perangkat Smartphone atau Tablet saja, Xiaomi juga membuat beragam perangkat pintar lainnya seperti TV Pintar, Wifi Router, Smartwatch dan masih banyak lainnya perangkat pintar yang dibuat oleh Xiaomi. Kita tahu bahwa Xiaomi memakai strategi penjualannya melalui online dan belum secara fisik alias offline. Berkat strategi tersebut Xiaomi mampu menjual banyak smartphone nya dengan biaya marketing yang sedikit. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kenapa smartphone dan beragam perangkat pintar Xiaomi dijual secara murah dengan spesifikasi yang berkualitas.

Xiaomi Mulai Fokus Jualan Smartphone Lewat Toko Fisik

Xiaomi Mulai Fokus Jualan Smartphone Lewat Toko Fisik

Bahkan strategi penjualan perangkatnya yang secara online tersebut banyak ditiru oleh beberapa vendor. Tapi sekarang Xiaomi tampaknya akan balik meniru ke vendor lainnya seperti Oppo, Samsung dan Lenovo yang juga menjual perangkatnya melalui offline alias lewat toko fisik. Hal ini seperti diperbicangkan oleh situs Gsmarena, bahwa vendor China ini berencana akan mendirikan beberapa toko fisik untuk taham pertama strategi penjualan perangkatnya secara offline.

Dan menurutu CEO Lei Jun, bahwa perusahaannya ini akan membuat 1000 toko fisik di 2 tahun ke depan. Dan rencananya toko fisik Xiaomi ini akan dibangun di beberapa toko besar di China. Dan pada toko fisik Xiaomi tersebut akan direncakan menjual sekitar 50 sampai 100 jenis produk Xiaomi yang berbeda-beda. Dari keterangan yang diambil oleh CEO Lei Jun secara langsung ini, bisa terlihat bahwa Xiaomi sangat bersikap cepat dalam laporan IDC yang baru-baru ini dipublikasikan.

Pada laporan IDC tersebut Xiaomi sudah tidak lagi masuk ke daftar vendor smartphone ternama kelima di Dunia padahal sebelumnya Xiaomi masih masuk. Hal ini dikarenakan posisi Xiaomi digantikan oleh Huawei dan Oppo.  Penjualan Huawei selama 1 tahun terakhir ini meningkat sebanyak 58,4% dan Oppo meningkat sebanyak 153,2% angka peningkatan yang terbilang sangat tinggi. Dan dari beberapa perbincangan dikalangan pecinta smartphone Dunia, Oppo dan Huawei mampu meningkatkan penjualannya lewat penjualan smartphone secara toko fisik dan marketing. Indonesia juga disebut-sebut menjadi negara penyumbang terbesar untuk penjualan HP Oppo saat ini.


Advertisement