Waduhh, Mediatek Helio X20 Kena Overheat

Detekno.com – Perkembangan teknologi yang semakin pesat dari waktu ke waktu selalu memunculkan sesuatu yang baru. Seperti yang kini tengah dikerjakan oleh Mediatek, dimana dirinya sedang disibukan dengan generasi penerus Helio X10, yang bakal dinamai sebagai Mediatek Helio X20. Akan tetapi perjalanan pembuatan chipset terbaru dari mediatek ini tidak semulus yang dibayangkan, satu persatu masalah pun muncul ke permukaan.

Dilansir dari laman Phonearena, sebelumnya Chipset Mediatek Helio X20 mengalami masalah pada Wi-Fi, yang membuatnya tidak dapat terhubung dengan konektifitas tersebut secara lancar. Namun seiring berjalannya waktu, akhirnya permasalahan tersebut telah usai dan helio X20 bisa berjalan secara normal. Tapi seperti yang kami katakan diawal tadi, masalah kembali muncul, diomana masalah terbarunya pada suhu panas yang melebihi batas atau overheat.

Mediatek Helio X20 | Sumber : androidheadlines, phonearena

Mediatek Helio X20 | Sumber : androidheadlines, phonearena

Adanya masalah satu ini pastinya membuat kinerja dan performa yang dikeluarkan terasa terhambat dan tidak bisa secara maksimal menyalurkan performa yang dimilikinya. Masalah ini bukanlah menjadi yang pertama dialami oleh prdusen chipset, karena sebelumnya yang diterpa masalah tersebut adalah Qualcomm dengan snapdragon 810 miliknya. Kalau memang masalh ini benar adanya, tentunya Mediatek harus cepat dalam menemukan solusi terbaiknya.

Agar kedepannya tidak ada keluhan panas dari para pengguna smartphone yang menggunakan chipset tersebut. Namun lepas dari itu, spesifikasi dari Mediatek Helio X20, dirinya disusun dari tiga cluster prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A72 dengan clock speed 2,5GHz untuk mode extreme performance, quad-core ARM Cortex-A53 yang mampu berlari hingga 1,4GHz untuk mode power efficiency, dan quad-core ARM Cortex-A53 berkecepatan 2GHz untuk mode power balance.

Perlu sobat ketahui, arsitektur processor ARM Cortex-A72 merupakan inovasi teknologi terbaru yang diklaim memiliki performa 3,5 kali lebih cepat dibanding arsitektur Cortex-A15. Selain itu, diketahui ARM Cortex-A72 memiliki efisiensi daya yang lebih bagus, dengan perbandingan 75% lebih sedikit kalau kita bandingkan dengan beban daya yang dimakan oleh Cortex-A15. lalu terakhir ada Arsitektur ARM Cortex-A53, yang kita ketahui arsitektur tersebut bukan hanya performa saja yang lebih unggul, tetapi konsumsi daya dinyatakan lebih irit.

Sedangakan dalam paket chipset Mediatek Helio X20, didapati pihak Mediatek memadukannya bersama Mali-T800MP4 series yang dapat meningkatkan performa secara signifikan hinngga 40% dan pemakaian daya yang dibutuhkan lebih ramah 40% dibanding GPU yang dibawa oleh Helio X10. Tapi semoga saja semua itu dapat terwujud serta diterapkan terhadap perangkat smartphone, agar nantinya pengguna dapat merasakan pengalaman baru yang lebih fresh, dan semoga masalah yang kini dialami cepat terselesaikan.


Advertisement