UnaPhone Zenith, Smartphone Private Dengan UnaOS

Detekno.com – Semakin banyak smartphone dengan security canggih untuk menjaga keamanan data dan privacy penggunanya, salah satunya UnaPhone Zenith. Kabarnya smartphone ini merupakan rebranding dari Elephone P9000 yang memiliki keunggulan pada segi dapur pacu. Dimana didalamnya mengusungchipset Mediatek Helio P10 MT6755 dan processor Octa Core yang memiliki kecepatan 2.0 Ghz Cortex-A53. Selain itu, tersedia pula Ram sebesar 4GB dan pengolahan grafis Mali T-860 MP2.

UnaPhone Zenith

UnaPhone Zenith

Dilansir dari theverge.com, ponsel pintar ini memakai sistem Android bernama UnaOS yang dikembangkan secara khusus dengan basis Android Marshmallow 6.0. Ada yang unik dari sistem operasi tersebut, karena pengguna UnaPhone Zenith tidak diizinkan untuk menginstal aplikasi pihak ketiga, dan hanya bisa menikmati aplikasi yang sudah terinstal didalam smartphone ini. Hal ini dilakukan demi menjaga keamanan data yang tersimpan didalamnya, dan mencegah terserangnya malaware ataupun virus.

Semua celah keamanan pada sistem operasi Android telah ditutup, yakni dengan mengunci bootloader dan akses terhadap ADB, sehingga otomatis penggunanya tidak bisa menginstal aplikasi pada smartphone ini. Selain itu, UnaPhone Zenith juga tak dilengkapi aplikasi buatan Google, dan semua akses terhadap email, sms, dan panggilan telepon akan dienkripsi oleh layanan Tutanota yang notabennya merupakan perusahaan yang bergerak dalam melakukan enkripsi terhadap email.

Kembali lagi kebagain spesifikasi, UnaPhone Zenith dilengkapi layar berpanel LTPS OGS yang dibentangkan seluas 5.5 inci dengan paparan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Layar tersebut memiliki bezel sangat tipis, karena ketebalannya cuma 1.6 mm. Desain smartphone ini juga sangat cantik, berkat frame yang terbuat dari material metal dan dibagian belakangnya telah terpasang logo UnaOS dan dilengkapi fitur fingerprint sensor sebagai otentifikasi ketika membuka lock screen.

Smartphone UnaPhone Zenith memiliki dua slot kartu sim, dan didukung konektivitas 4G LTE dan Wi-Fi Dual Band pada frekuensi 2.4Ghz dan 5Ghz. Menariknya lagi, smartphone ini dilengkapi port USB Type-C yang dipersiapkan untuk mempercepat pengisian baterai berdaya 3.000 mAh dengan fitur Fast Charging dan Wireless Charging. Pada pake penjualannya juga disediakan headset bluetooth untuk mendukung fitur multimedia yang dimiliki ponsel pintar ini.

Smartphone dengan sistem keamanan terbaik ini, juga dilengkapi kamera utama 13 Megapixel dengan sensor Sony IMX258 yang memiliki aperture f/2.0, dan fitur laser auotofocus. Selain itu, tersedia pula Dual Tone LED Flash, dan kamera depan yang memiliki resolusi 8 Megapixel dengan sensor OV8854 dan lensa Wide Angle yang memiliki sudut tembak 84 derajat. Kemudian untuk segi desain, UnaPhone Zenith memiliki frame metal (Aircraft-Grade 7075 Alumunium Alloy) dengan dimensi 148.4 x 73.2 x 7.3 mm, dan bobotnya mencapai 148 gram.UnaPhone Zenith

Kampanye pemasaran smartphone ini telah tersedia melalui situs Indiegogo, dan kabarnya akan mulai dikirimkan ke konsumen pada bulan September mendatang, dengan harga USD$429 atau sekitar Rp. 5.7 Jutaan. Harga UnaPhone Zenith memang cukup mahal, namun sebanding dengan fitur keamanan yang dimilikinya, sehingga sangat cocok bagi sobat deteknokers yang mengedepankan privacy dan keamanan data yang sobat miliki.


Advertisement