Uji Ketahanan dan Kekuatan Baterai Samsung Galaxy Note 5

Detekno.com – Samsung Galaxy Note 5 dipastikan akan dirilis di Indonesia dalam waktu dekat ini, bahkan sejumlah toko online sudah mulai melakukan sesi pre-order terhadap phablet premium ini. Bagi sobat deteknokers yang tertarik membelinya, pastinya harus mengetahui secara detail seperti apa kehebatan Samsung Galaxy Note 5. Terutama pada sektor ketahanan daya baterai, yang notabennya dibuat lebih kecil dari seri sebelumnya.

Samsung melengkapi Galaxy Note 5 dengan baterai Li-Po sebesar 3.000 mah. Sementara untuk Samsung Galaxy Note 4 memiliki baterai beradaya 3.220 mAh. Walaupun kapasitasnya lebih kecil, bukan berarti daya tahan baterainya lebih jelek. Pasalnya, Galaxy Note 5 telah dibekali processor lebih canggih, yang diklaim lebih efesien terhadap pemakaian daya baterai. Jadi sobat deteknokes jangan heran apabila kekuatan baterai Samsung Galaxy Note 5 lebih baik.

Pemakaian processor Octa Core-64 Bit Exynos 7420 secara nyata mampu meningkatkan daya tahan baterai Samsung Galaxy Note 5. Processor yang dibuat dengan pemrosesan FinFEET 14 nm dan komputasi 64 Bit ini, berpadu sempurna dengan Ram 4GB LPDDR4 yang membuat performa Samsung Galaxy Note 5 jauh melebihi phablet sekelasnya. Lalu bagaimana dengan daya tahan baterainya ?, mari kita simak pengujian yang dilakukan GSMarena berikut ini.

Talk time

Waktu Bicara Baterai Samsung Galaxy Note 5

Kekuatan Waktu Bicara Baterai Samsung Galaxy Note 5 | Sumber : Gsmarena.com

Pengetesan pertama dilakukan dengan menguji waktu bicara Samsung Galaxy Note 5. Seperti yang sobat lihat diatas, smartphone ini mampu bertahan selama 28 jam 34 menit ketika dipakai melakukan panggilan telepon. Menariknya, Galaxy Note 5 berhasil mengalahkan Galaxy Note 4 yang notabennya memiliki daya baterai lebih besar. Sayangnya, Galaxy Note 5 masih kalah dari Lenovo Vibe Z2 Pro yang dibekal baterai Li-Po 4000 mAh

Web browsing

Waktu Bicara Baterai Samsung Galaxy Note 5

Kekuatan Browsing Baterai Samsung Galaxy Note 5 | Sumber : Gsmarena.com

Pengujian kekuatan baterai Samsung Galaxy Note 5 selanjutnya adalah saat dipakai browsing internet. Pada pengujuian ini, Galaxy Note 5 berhasil mengalahan iPhone 6 dan Meizu MX4 Pro dengan mencatatakan waktu 10 jam 43 menit. Pada gambar diatas juga terlihat bahwa daya tahan baterai Samsung Galaxy S6 lebih baik ketika dipakai browsing internet, padahal kapasitas baterai Galaxy S6 jauh dibawah Galaxy Note 5, yaitu berukuran Li-Ion 2550 mAh.

Video playback

Kekuatan Memutar Video Baterai Samsung Galaxy Note 5

Kekuatan Memutar Video Baterai Samsung Galaxy Note 5 | Sumber : Gsmarena.com

Sebagai salah satu phablet Android, pastinya sobat akan memakai Galaxy Note 5 untuk memutar film dan bermain game. Namun setelah di uji oleh GSMarena, rupanya kekuatan baterai Samsung Galaxy Note 5 saat dipakai memutar video masih kalah awet dari Galaxy Note 4. Smartphone ini hanya mampu dipakai selama 13 jam 51 menit. Sementara untuk Galaxy Note 4 mampu memutar video selama 17 jam 52 menit.

Dapat disimpulkan kekuatan baterai Samsung Galaxy Note 5 memang lebih rendah dari Note 4. Namun sobat tak usah khawatir, karena smartphone ini mampu bertahan selama satu hari untuk memenuhi kebutuhan telepon, web browsing dan memutar video. Di sisi lain Samsung juga menawarkan pengisian baterai cepat pada pengguna Galaxy Note 5, sehingga semakin menambah kenyamanan memakai phablet berlayar 5.7 inci tersebut.

Berbekal spesifikasi hardware tinggi, dan layar 5.7 inchi beresolusi Quad HD, bisa dikatakan baterai Samsung Galaxy Note 5 tergolong sangat irit. Namun apabila sobat pake untuk bermain game terus menerus dan mengakses internet pada jaringan 4G LTE, pastinya baterinya akan lebih boros. Selain itu, baterai Samsung Galaxy Note 5 juga tak bisa di copot, sehingga lebih baik sobat mempersiapkan powerbank apabila ingin berpergian jauh.