Tutorial Flashing Xiaomi Via Fastboot Mi Flash

Detekno.com – Banyak pastinya dari sobat deteknokers yang merasa panik ketika ponsel xiaomi yang digunakan untuk komunikasi sehari-hari mengalami bootloop karena adanya kesalahan disaat melakukan rooting ataupun ketika memasang custom rom pada ponsel yang dimiliki. Langkah paling mudah dan simple untuk mengembalikan ponsel ke posisi normal tentu saja dengan melakukan flashing ulang alias menginstal ulang device xiaomi yang mengalami masalah bootloop tersebut.

Selain itu Flashing Xiaomi Via Fastboot juga bukan hanya digunakan untuk mengembalikan posisi handphone yang bootloop saja, melainkan ketika deteknokers ingin berpindah dari Rom Dev China ke Rom Global Stable (sebutan untuk rom pada device Xiaomi) atau juga sebaliknya. Melakunan flashing pada device xiaomi menggunakan cara yang satu ini juga begitu mudah karena deteknokers hanya perlu memperhatikan beberpa hal saja, nah untuk yang masih bingung, mungkin tutorial flashing Xiaomi via fastboot dibawah ini bisa membantu.

Tutorial Flashing Xiaomi Via Fastboot

Tutprial Flashing Xiaomi Via Fastboot Mi Flash

Tutprial Flashing Xiaomi Via Fastboot Mi Flash

Persiapan

    1. PC atau Laptop dengan sistem operasi Windows
    2. MIUI ROM Flashing Tool bisa download di (http://bigota.d.miui.com/tools/MiPhone2015731.exe)
    3. Driver USB (sesuai dengan device xiaomi deteknokers)
    4. Frimware Fastboot berformat .tgz (sesuai dengan device xiaomi deteknokers) bisa di download di (http://en.miui.com/a-234.html)
    5. Kabel USB sebagai penghubung device ke PC atau Laptop
    6. Backup terlebih dahulu semua file yang tersimpan di ponsel (kecuali dalam kondisi bootloop)

Langkah Flashing Xiaomi Via Fastboot

1. Instal MIUI ROM Flashing Tool yang telah di download ke PC atau Laptop deteknokers

Instal Mi Flash Ke PC atau Laptop

Instal Mi Flash Ke PC atau Laptop

2. Instal Driver sesuai dengan device Xiaomi deteknokers

3. Extract file frimware yang tadi deteknokers download ke directori pc atau laptop deteknokers

Hasil Extract Frimware

Hasil Extract Frimware

4. Operasikan ponsel Xiaomi deteknokers ke menu fastboot dengan cara tekan bersama tombol Poser + Volume Down

5. Jalankan MIUI ROM Flashing Tool yang sudah di instal ( Mi Flash )

Tampilan Awal Aplikasi Mi Flash

Tampilan Awal Aplikasi Mi Flash

6. Pilih menu Advance pada aplikasi Mi Flash kemudian isi script sesuai dengan perintah yang adaPilih Menu Advance Pada Aplikasi Mi Flash

Script yang harus deteknokers isi :

a. Fastboot Script :

  • flash_all.bat = Untuk Install ROM sekaligus juga menghapus data user dan semua file di memori Internal Storage perangkat Xiaomi.
  • flash_all_except_storage.bat = Untuk Install ROM dan menghapus data penguna (kecuali data yang disimpan di Internal Storage).
  • flash_all_except_data_storage.bat = Untuk Install ROM dan tidak menghapus data apapun.

b. Boot Image :

  • Isikan data Boot Image dengan file berformat .mbn (paling atas) yang ada di folder images di hasil extract file frimware yang dilakukan pada langkah ke-3

c. Raw XML File :

  • Isikan data Raw XML File ini dengan file bernama rawprogram0.xml yang ada di dalam folder images di hasil extract file frimware yang dilakukan pada langkah ke-3

d. Patch XML File :

  • Dan yang terakhir isikan data Patch XML File ini dengan file bernama patch0.xml yang terletak juga pada folder sama dari kedua file diatas. Kemuadian tekan OK

7. Hubungkan Device Xiaomi deteknokers ke PC atau Laptop menggunakan kabel USB yang sudah di sediakan kemudian refresh aplikasi Mi Flash hingga muncul ID device deteknokers terdeteksi (bila belum terdeteksi bisa di pastikan driver ponsel belum terinstal).

ID Ponsel Terdeteksi

ID Ponsel Terdeteksi

8. Dan langkah yang terakhir pada tutorial flashing xiaomi via fastboot ini adalah tekan tombol flash yang ada pada Aplikasi Mi Flash dan tunggu hingga prosesos selesai kemudian cabut kabel USB dari ponsel dan selamat ponsel anda telah kembali normal.

Nah itu dia langkah dari flashing Xiaomi Via Fastboot yang pertama, karena dalam kenyataanya ada langkah yang lebih mudah lagi disaat menggunakan aplikasi Mi Flash ini, sebagai contoh saat kami melakukan flashing Xiaomi Redmi Note 2 kemarin. Dimana dalam langkah ini deteknokers tak harus mengisikan script yang ada diatas karena disini kita menggunakan lokasi penyimpanan file extract frimware yang sudah kami jelaskan diatas. Nah penasaran bagaimana cara kerjanya mari simak langkanya berikut ini.

Video Cara Flash Xiaomi Via Fastboot

1. Pertama sobat deteknokers pastikan semua persiapan yang ada di atas sudah dilakukan dan sudah menginstal MIUI ROM Flashing Tool (Mi Flash), selanjutnya buka aplikasi Mi Flash dan kemudian pilih Flash All pada bagian bawah aplikasi Mi Flash.

Pilih Menu Flash All

Pilih Menu Flash All

2. Setelah itu copy lokasi folder penyimpanan hasil extract frimware diatas (usahakan tempatkan folder tersebut pada derectori luar dari memori semisal tempatkan langsung di directori E)

Copy Lokasi Penyimpanan Frimeware

Copy Lokasi Penyimpanan Frimeware

3. Kemuadian pastekan hasil copy tadi ke aplikasi mi flash (lihat gambar) kemudian hubungkan langsung  device xiaomi deteknokers dengan PC atau Laptop dan kemudian masuklah ke menu fastboot (Tombol Power + Volume Down) refresh aplikasi mi flash dan langusng tekan tombol flash dan tunggu hingga selesai.

Baca Juga : 6 Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Nah itu dia tutorial flashsing Xiaomi Via Fastboot yang mungkin bisa kami berikan untuk deteknokers semuanya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan bisa membantu memecahkan masalah bootloop yang sedang dialami deteknokers atau juga bisa menjadi langkah yang tepat ketika ingin berpindah dari Rom Dev China ke Rom Global Stable dan sebaliknya sesuai dengan keinginan deteknokers.


Advertisement