Penting! 7 Tips Saat Membeli Hp Android Baru

Detekno.com – Ada beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone Android baru. Karena sekarang semakin banyak penjual smartphone menjual produknya dengan berbagai spesifikasi yang beragam. Terkadang spesifikasi yang hampir mirip ini dapat membuat calon pembeli bingung untuk menentukan pilihannya. Lalu apa yang seharusnya diperhatikan saat akan membeli perangkat smartphone Android baru? Simak, berikut beberapa tips saat membeli hp Android yang patut diperhatikan.

 

7 Tips Saat Membeli Hp Android Baru :

1. Prosesor

Prosesor merupakan otak inti dari sebuah sistem smartphone Android. ika spesifikasi prosesor yang digunakan rendah maka jangan heran jika smartphone android akan terasa lemot dan sering lag walaupun masih baru dan tidak banyak menginstal aplikasi di dalamnya. Pilih prosesor dengan merk ternama seperti Qualcomm Snapdragon, Exynos, Nvidia Tegra jika anda memiliki budget yang tinggi. Jika sebaliknya, anda dapat memilih prosesor dengan merk mediatek (MTK) atau Intel. Pilih chipset dengan clockspeed tinggi minimal 1 GHz, lebih tinggi lebih baik.

7 Tips Saat Membeli Hp Android

Prosesor Qualcomm Snapdragon

2. RAM

Ram berguna ketika sedang menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. Semakin banyak aplikasi yang digunakan maka semakin besar juga memory yang dibutuhkan. Dengan Ram yang besar, pengguna dapat berpindah-pindah antar aplikasi dengan lancar. Namun apakah RAM 8GB lebih baik dibanding RAM 4GB? Sebenarnya tidak juga karena semua bergantung pada pemakaiannya karena RAM akan berfungsi jika kapasitasnya digunakan. Sementara, RAM yang bebas alias kosong justru tidak akan ada efeknya. Untuk pengguna yang sering menggunakan aplikasi dan bermain game HD akan perlu menggunakan RAM yang besar, namun tetap saja RAM lebih besar akan lebih baik juga. Maka dari itu pastikan membeli smartphone sesuai dengan kebutuhan.

7 Tips Saat Membeli Hp Android

Ram pada Android

3. Layar

Layar merupakan hal lain yang perlu diperhatikan saat akan membeli smartphone Android baru, karena layar merupakan output utama yang berfungsi menampilkan informasi yang telah diproses oleh kedua komponen diatas. Karena jika kualitas layarnya jelek akan mengurangi keindahan saat melihat foto, video, bermain game maupun saat membuka aplikasi lainnya.  Pilihlah kualitas layar terbaik seperti Super Amoled, IPS, atau TFT. Dan juga pilih layar dengan resolusi 1280×720 HD keatas. Yang tidak kalah penting, jangan lupa pilih smartphone android dengan layar yang dilengkapi pelindung anti gores seperti Gorilla Glass agar layar anda aman dari goresan-goresan

4. Baterai

Smartphone dengan kapasitas baterai besar umumnya lebih banyak dipilih oleh konsumen karena akan bisa menemani aktifitas seharian. Pilihlah baterai berkapasitas besar minimal sebesar 2500 mAh. Dan jika bisa pilih smartphone Android dengan fitur fast charging agar pengisian baterai lebih cepat. Pilihlah jenis baterai sesuai kebutuhan, ada baterai dengan tipe removeable (bisa dicopot) atau non removeable (baterai tanam). Tentu keduanya tipe baterai tersebut memiliki kelebihan dan kelemaha masing-masing, tapi untuk smartphone sekarang lebih banyak menggunakan baterai non removeable.

7 Tips Saat Membeli Hp Android7 Tips Saat Membeli Hp Android

Baterai pada smartphone

5. Ruang Penyimpanan

Memori internal sangat penting karena dengan internal storage yang besar pengguna dapat dengan bebas menyimpan berbagai file. Berbagai vendor smartphone Android menawarkan ruang penyimpanan mulai dari 16GB hingga 32GB. Pilihlah android dengan internal minimal 16GB, jika bisa pilih smartphone dengan internal 32GB atau lebih karena pada saat ini android membutuhkan banyak ruang kosong untuk menyimpan berbagai file aplikasi dan juga game. Dan juga cek ketersediaan slot micro-sd, karena dengan adanya sdcard external maka kita tidak perlu khawatir tentang masalah storage jika nanti internal storagenya penuh.

6. Kamera

Fitur ini merupakan salah satu yang paling wajib pada sebuah smartphone. Dengan adanya kamera pengguna dapat mengabadikan moment kapanpun dan disetiap saat. Kamera depan dengan ukuran 5 megapixel biasanya sudah cukup bagus untuk menghasilkan foto selfie yang indah. Dan untuk kamera belakang ukuran standarnya adalah sekitar 8 megapixel. Selain itu fitur stabilization di lensa atau kamera juga penting untuk memotret pada kondisi lowlight. Jika tidak terkadang getaran tangan akan mudah membuat foto menjadi blur. Dan untuk pengguna yang sudah handal dalam kegiatan memotret, pilihlah smartphone dengan pengaturan seperti DSLR contohnya seperti pengaturan ISO, Shutter Speed, Bukaan Lensa, WB, Exposure, Metering dan Focus Manual.

7 Tips Saat Membeli Hp Android

Kamera pada smartphone Android

7. Desain dan Sensor

Tips saat membeli hp Android yang terakhir adalah pilihlah smartphone Android dengan design yang elegan agar tetap terlihat indah untuk dipakai beberapa waktu kedepan. Lebih baik lagi jika memilih smartphone yang memiliki sertifikasi IP78 agar tahan air. Pilih smartphone Android dengan Sensor lengkap seperti sensor sidik jari, Accelerometer, Proximity, Gyroscope, Compass, Magnetic field (Magnetometer), Barometer, Ambient Light, Heart Rate dan Sensor yang lainnya.

Baca Juga : Tips Memilih Smartphone Yang Tepat

Demikian 7 tips saat membeli hp Android yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Semoga sekarang para pembaca dapat menentukan pilihan untuk membeli smartphone Android yang diinginkan.