4 Tips Menggunakan Kuota Data Agar Hemat Saat Menonton YouTube

Tips Menggunakan Kuota Data Agar HematTidak dapat dipungkiri smartphone kini sering digunakan untuk aktifitas streaming video di YouTube, namun beberapa orang terkadang khawatir karena takut kehabisan kuota data internet. Sering kali untuk tetap dapat menonton video di Youtube, subscriber rela menuju ke tempat yang memiliki akses Wi-Fi, dengan cara ini maka dapat menghemat pemakaian kuota data internet. Lalu selain itu apakah ada tips menggunakan kuota data agar hemat saat menonton YouTube lainnya yang dapat dilakukan?

 

Baca Juga : Hadir dengan Tampilan Tanpa Bingkai dan Sembunyikan Kamera di Balik Layar, Inilah Desain Doogee Mix 4 Selengkapnya

 

4 Tips Menggunakan Kuota Data Agar Hemat Saat Menonton YouTube

 

Namun bagaimana cara untuk menghitung kuota data internet yang terpakai pada saat streaming YouTube? Hal pertama yang perlu diketahui adalah setiap pengaturan kualitas video di YouTube mempunyai besaran bitrate yang berbeda. Disini bitrate biasanya dihitung dalam satuan bit per detik, dimana akan dinyatakan dalam ribuan (Kilobit per detik = Kbps) atau dalam jutaan (Megabit per detik = Mbps). Semakin tinggi kualitas resolusi video yang dipilih, maka bitrate pun akan semakin besar. Maka secara otomatis, hal ini akan membuat kuota data yang terpakai lebih meningkat.

Tips Menggunakan Kuota Data Agar Hemat

Tips Menggunakan Kuota Data Agar Hemat

Biasanya sebelum pengguna mengunduh video, YouTube secara langsung akan memberikan pilihan untuk kualitas video yang ingin di tonton dalam satuan megabyte. Namun sebenarnya disini YouTube telah menyediakan aplikasi yang lebih “ringan” yakni YouTube Go yang dapat menghemat paket data internet. Tapi tidak hanya dengan cara itu saja, karena sebenarnya ada beberapa yang bisa dilakukan agar tetap bisa menonton video di Youtube namun juga bisa menghemat kuota internet. Simak ulasan berikut ini :

 

  1. Atur Penggunaan Data

Tips menggunakan kuota data agar hemat saat menonton YouTube yang pertama adalah dengan cara memberi batasan penggunakan kuota data internet. Di ponsel Android, pengguna dapat mengaturnya pada menu Settings -> Penggunaan Data. Sedangkan di iOS, masuk ke menu Pengaturan -> Seluler atau Data Seluler. Dengan begitu ponsel akan memberikan notifikasi mengenai pemakaian kuota data internet yang telah digunakan.

 

  1. Pilih Kualitas Video

Untuk menghemat kuota bias dilakukan dengan cara menurunkan kualitas video yang akan ditonton. Namun akan ada kekurangan jika menggunakan cara ini yakni membuat kualitas video yang ditonton tidak begitu tajam.

 

  1. Gunakan Wi-Fi dan Simpan Video

Jika ingin menonton video dengan kualitas HD namun tidak ingin kuota cepat habis maka, bisa manfaatkan akses wifi gratis yang biasanya tersedia di beberapa lokasi. Manfaatkan dengan bijak dan sebaik-baiknya untuk menyimpan video yang ada di YouTube. Nantinya video bisa ditonton setelah selesai terunduh dan tidak perlu lagi terkoneksi dengan internet untuk membukanya.

Tips Menggunakan Kuota Data Agar Hemat

Youtube Go

  1. Manfaatkan Aplikasi YouTube Go

Youtube sebenarnya memiliki aplikasi khusus untuk menghemat kuota saat digunakan untuk streaming, yaitu YouTube Go. Aplikasi ini akan mengakses video dan akan memunculkan pilihan berapa kuota yang akan terpakai untuk menonton satu video. Sehingga hal ini bisa disesuaikan dengan kuota yang dimiliki oleh penggunanya.