Tips Mengetahui Baterai HP Drop pada iPhone dan Android

Tips Mengetahui Baterai HP Drop – Baterai yang ada di Smartphone memiliki umur yang susah di tebak karena hal tersebut tergantung dari cara perawatan baterai yang dilakukan. Masalah baterai yang drop selalu menjadi keluhan pengguna Smartphone. Masalah baterai HP drop memang tidak bisa dihindari karena setiap perangkat memiliki umur masing-masing. Maka dari itu pengguna Smartphone tidak hanya mementingkan kinerja prosessor dari sebuah Smartphone, namun juga mempertimbangkan kualitas baterai dari Smartphone tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, kali ini Detekno akan memberitahukan Tips Mengetahui Baterai HP Drop, sehingga pengguna dapat mengetahui kondisi baterai.

Baca Juga : 5 Kelebihan USB Type C yang Perlu Kamu Ketahui!

Tips Mengetahui Baterai HP Drop pada iPhone dan Android

 

1. Lihat Tampilan Luar Baterai

Langkah ini hanya bisa dilakukan pada Smartphone yang baterainya bisa dilepas. Pertama lepaskan baterai dari Smartphone kemudian lihat sekeliling baterai tersebut apakah terlihat mnggelembung atau terdapat semacam korosi. Namun korosi ini hanya bisa dilihat dari warna logam yang terlihat berwarna putih atau sedikit hijau dan jika ciri-ciri korosi ini terlihat, maka segeralah untuk mengganti baterai agar tidak bedampak buruk untuk Smartphone.

Tips Mengetahui Baterai HP Drop

Tips Mengetahui Baterai HP Drop Android

2. Daya Tahan Baterai

Lakukan pengamatan terhadap daya baterai Smartphone apakah cepat habis atau tidak, cara melakukannya sangat mudah. Pertama amati seberapa cepat daya baterai berkurang apakah 1 sampai 3 persen dalam keadaan Smartphone digunakan dan tidak digunakan. Setelah itu amati waktu baterai Smartphone saat kondisi penuh hingga kosong apakah cepat habis dalam masa pemakaian biasa. Jika daya baterai Smartphone sudah full lalu tiba-tiba habis padahal tidak digunakan maka baterai tersebut bisa dikatakan sudah drop.

Tips Mengetahui Baterai HP Drop

Tips Mengetahui Baterai HP Drop

3. Tools Cek Baterai Khusus iPhone

Tips Mengetahui Baterai HP Drop

iBackupBot | Sumber : Phonearena

Untuk pengguna iPhone terdapat cara yang mudah mengetahui kondisi baterai karena ada tools yang disediakan yaitu iBackupBot. Aplikasi ini tersedia di Windows dan juga Mac. Pengguna iPhone hanya perlu menghubungkan iPhone ke laptop atau komputer yang terpasang aplikasi iBackupbot. Lalu buka aplikasi iBackupBot dan nantinya aplikasi tersebut akan memberi informasi secara detail bagaimana kondisi baterai iPhone.

5. Tools Cek Baterai Khusus Android

Tips Mengetahui Baterai HP Drop

Dialer App Baterai Android | Sumber : Phonearena

Cara cek baterai untuk pengguna Smartphone Android hanya perlu melakukan dialer angka *#*#4636#*#*. Setelah itu lakukan panggilan ke nomer tersebut dan nantinya pengguna Android akan menerima secara lengkap kondisi baterai Smartphone apakah dalam kondisi yang baik atau buruk. Namun cara ini tidak selalu berhasil di semua HP Android, sehingga pengguna smartphone Android disarankan untuk mengunduh aplikasi battery yang tersedia di Google Play Store. Beberapa kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat menampilkan informasi suhu baterai, volt baterai, dan  juga kondisi baterai.

Artikel Tips Lainnya : Cara Agar Baterai Android Tetap Awet

Demikian Tips Mengetahui Baterai HP Drop yang bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan aman. Semoga informasi ini bisa membantu para pembaca untuk mendeteksi apakah baterai smartphone yang digunakan sudah drop atau belum.