Tips Mengatasi Zoom Tidak Dapat Terhubung

Tips Mengatasi Zoom Tidak Dapat Terhubung – Popularitas Zoom baru-baru ini membuat beberapa pengguna mendaftar di platform karena semua orang dipaksa untuk bekerja dan belajar dari rumah. Saat menggunakan klien desktop Zoom, salah satu masalah yang sering ditemui pengguna adalah kode kesalahan 5003. Kode kesalahan berbunyi “Tidak dapat terhubung” bersama dengan beberapa teks tambahan yang menyediakan beberapa langkah pemecahan masalah. Pesan kesalahan terjadi ketika pengguna mencoba untuk bergabung dengan rapat melalui aplikasi desktop. Masalahnya tampaknya hanya terbatas pada klien desktop karena rapat berfungsi dengan baik di browser.

Pada artikel ini, kami akan membahas kode kesalahan 5003 untuk memberi Anda beberapa metode yang dapat menghindari masalah tersebut. Ternyata, kode kesalahan tersebut muncul ketika sistem Anda tidak dapat membuat koneksi dengan server Zoom. Ini berarti ada sesuatu di sistem Anda yang mengganggu klien desktop dan dengan demikian, mencegahnya membuat koneksi. Akibatnya, Anda tidak dapat bergabung dengan rapat dan pesan kesalahan yang disebutkan muncul. Ada beberapa faktor berbeda yang sebenarnya bisa memicu perilaku ini. Mari kita bahas satu per satu. Berikut beberapa Tips Mengatasi Zoom Tidak Dapat Terhubung yang bisa sobat Detekno coba :

 

Tips Mengatasi Zoom Tidak Dapat Terhubung

 

Metode 1: Copot Pemasangan Antivirus Pihak Ketiga

Seperti yang mungkin Anda sadari saat ini, pesan kesalahan muncul saat klien desktop Anda tidak dapat berhasil membuat sambungan dengan server Zoom. Ini terjadi ketika sesuatu di sistem Anda memblokir proses ini atau hanya mengganggu proses tersebut. Perangkat lunak antivirus secara luas diketahui mengganggu aplikasi lain yang diinstal di sistem Anda untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut aman digunakan. Meskipun hal ini cukup berarti, seringkali mereka dapat memicu alarm palsu yang menghentikan aplikasi tertentu agar tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dalam skenario seperti itu, Anda harus mematikan perangkat lunak antivirus di sistem Anda dan kemudian mencoba bergabung dengan pertemuan di Zoom.

Tips Mengatasi Zoom Tidak Dapat Terhubung

Zoom Tidak Dapat Terhubung

Seandainya berhasil dan Anda tidak mendapatkan pesan kesalahan, artinya masalahnya disebabkan oleh perangkat lunak antivirus pihak ketiga di sistem Anda. Jika ini berlaku untuk Anda, yang dapat Anda lakukan adalah menghapus antivirus sepenuhnya dari sistem Anda dan mencari pengganti yang lebih baik. Anda disarankan untuk menghapus perangkat lunak antivirus dan kemudian reboot sistem Anda sebelum memeriksa apakah masalah telah teratasi. Selain itu, jika Anda memiliki VPN yang berjalan di latar belakang, mematikannya mungkin juga membantu karena VPN tertentu memiliki koneksi yang buruk atau koneksi bisa saja diblokir. Setelah Anda mematikannya, periksa apakah itu menyelesaikan masalah untuk Anda.

Tips Mengatasi Zoom Tidak Dapat Terhubung

Antivirus

Metode 2: Setel Ulang Pengaturan Adaptor Jaringan

Dalam beberapa skenario, masalah juga dapat disebabkan oleh pengaturan jaringan Anda seperti yang telah kami sebutkan di atas. Apa yang harus Anda lakukan, dalam kasus seperti itu, adalah dengan hanya mengatur ulang pengaturan adaptor jaringan pada sistem Anda dan kemudian mencoba untuk melihat apakah masalah telah diselesaikan. Pengaturan adaptor jaringan dapat dengan mudah diatur ulang, cukup ikuti instruksi yang diberikan di bawah ini:

  • Pertama-tama, Anda harus membuka prompt perintah yang ditinggikan. Untuk melakukan ini, cari prompt perintah di Start Menu dan kemudian klik kanan di atasnya. Pilih Jalankan sebagai administrator dari menu tarik-turun.
  • Setelah Anda selesai melakukannya dan jendela prompt perintah diluncurkan, ketik perintah berikut untuk membersihkan DNS di sistem Anda : ipconfig / flushdns
  • Setelah itu, masukkan perintah berikut untuk mereset Windows Socket (winsock) : netsh winsock reset
  • Setelah Anda selesai melakukannya, lanjutkan dan setel ulang sistem seperti yang diinstruksikan pada layar prompt perintah.
  • Saat sistem Anda melakukan boot, buka aplikasi Zoom dan periksa apakah masalah masih berlanjut.
Tips Mengatasi Zoom Tidak Dapat Terhubung

Tips Mengatasi Zoom Tidak Dapat Terhubung

Metode 3: Ubah DNS

Ternyata, masalah ini juga dapat dipicu oleh pengaturan DNS Anda. Dalam beberapa kasus, pengaturan DNS dari ISP Anda dapat memblokir koneksi dengan server Zoom yang menyebabkan Anda tidak dapat membuat koneksi. Ini dapat dengan mudah dihindari hanya dengan mengubah DNS atau Server Nama Domain dari jendela pengaturan Jaringan. Untuk melakukan ini, cukup ikuti petunjuk di bawah ini:

  • Pertama-tama, klik kanan pada ikon Jaringan di sudut kanan bawah pada bilah tugas Anda dan pilih Buka pengaturan Jaringan & Internet.
  • Pada jendela Pengaturan, klik opsi Ubah opsi adaptor.
  • Ini akan memunculkan jendela Network Connections. Klik kanan pada adaptor jaringan Anda dan pilih Properties dari menu drop-down.
  • Kemudian, sorot opsi Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4) dan klik tombol Properties.
  • Di bagian bawah, klik opsi Gunakan alamat server DNS berikut.
  • Masukkan 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 masing-masing di bidang server DNS Pilihan dan Alternatif.
  • Terakhir, klik OK.
  • Setelah Anda selesai melakukannya, lanjutkan dan buka aplikasi Zoom. Lihat apakah masalah terus berlanjut.
Tips Mengatasi Zoom Tidak Dapat Terhubung

DNS

Demikian rangkuman beberapa Tips Mengatasi Zoom Tidak Dapat Terhubung yang telah Detekno rangkumkan. Semoga informasi ini dapat membantu sobat dalam mengatasi masalah yang terjadi pada aplikasi Zoom. Selamat mencoba!