5 Tips Mengatasi Unfortunately Has Stopped di Android

Tips Mengatasi Unfortunately Has Stopped di Android –  Berbagai macam aplikasi yang tersedia gratis di Google Play Store membuat para pengguna smartphone Android sering melakukan download dan men-install banyak aplikasi contohnya seperti aplikasi game, media sosial, photo editor ataupun aplikasi untuk musik. Namun dengan seringnya pengguna mendownload dan melakukan install aplikasi ataupun juga men-uninstall aplikasi, maka sering muncul masalah ‘error’. Hal tersebut terjadi karena terdapat crash pada beberapa aplikasi yang terdapat pada smartphone dan salah satu contoh masalah yang sering muncul adalah “Unfortunately App Has Stopped” atau Aplikasi telah berhenti. Berikut beberapa Tips Mengatasi Unfortunately Has Stopped di Android :

Baca Juga : Tips Mengisi Daya Baterai Smartphone Agar Awet

5 Tips Mengatasi Unfortunately Has Stopped di Android

  1. Force Stop

Tips pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menghentikan aplikasi yang sering mengalamai error saat akan dibuka. Caranya dengan membuka menu setting, kemudian pilih menu App atau manajemen aplikasi. Selanjutnya carilah aplikasi yang sering menampilkan pesan ‘Unfortunately Has Stopped’ dan klik aplikasi tersebut. Kemudian lanjutkan dengan klik button Force Stop dan aplikasi tersebut tidak akan menampilkan pesan itu kembali.

Tips Mengatasi Unfortunately Has Stopped di Android

Force Stop

 

 

  1. Clear Cache

Cara kedua untuk mengatasi permasalahan ‘Unfortunately Has Stopped’ dapat dilakukan dengan cara menghapus cache pada aplikasi yang sering menampilkan pesan tersebut. Caranya juga cukup mudah, pengguna hanya perlu membuka aplikasi yang sering bermasalah kemudian klik menu Clear Cache dan Clear Data.

Tips Mengatasi Unfortunately Has Stopped di Android

Tips Mengatasi Unfortunately Has Stopped di Android

  1. Uninstall Aplikasi yang Error

Jika kedua TIPS diatas belum mengatasi maka cobalah untuk men-uninstall aplikasi yang sering mengalami error dan setelah itu cobalah untuk menginstal kembali aplikasi tersebut. Pastikan untuk mendownload aplikasi di situs resmi seperti Google Play Store untuk menghindari rusaknya data saat di unduh.

Tips Mengatasi Unfortunately Has Stopped di Android

Tips Mengatasi Unfortunately Has Stopped di Android

  1. Wipe System Cache

Wipe System Cache menjadi salah satu tips untuk mengatasi masalah ‘Unfortunately Has Stopped’. Cara ini juga cukup mudah untuk dilakukan, pertama pengguna harus masuk ke menu Recovery Mode dan setelah masuk pada Recovery Mode, pilih menu ‘Wipe Cache’. Selanjutnya perangkat akan reboot dan dapat digunakan seperti semula.

 

  1. Reset Factory
Cara Cepat Mengatasi Unfortunately Has Stopped Pada Android

Reset Factory

Jika semua cara diatas telah dilakukan namun belum berhasil maka cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan reset factory sehingga sistem pada ponsel akan kembali ke awal seperti saat membeli baru. Namun sebelum melakukan langkah ini pastikan untuk mem-backup semua data-data penting di ponsel terlebih dahulu. Cara ini terbilang cukup ampuh untuk mengatasi masalah Unfortunately Has Stopped.

Baca Juga : Tips BBM di Android Lemot, Biar Chatting Makin Lancar!

 

Demikian informasi mengenai Tips Mengatasi Unfortunately Has Stopped di Android yang bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan aman agar ponsel Android dapat berfungsi kembali dengan lancar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi para pembaca yang ingin mengetahui bagaimana cara untyuk Mengatasi Unfortunately Has Stopped di Android. Namun perlu di ingat sebelum melakukan tips ke-5, pastikan untuk membackup data-data penting di  ponsel ke laptop atau komputer.