6 Tips Mengatasi Sinyal 4G LTE Hilang di HP Android

Tips Mengatasi Sinyal 4G LTE Hilang di HP AndroidSinyal menjadi salah satu faktor penting pada saat sedang menggunakan ponsel, karena tanpa adanya sinyal pengguna tidak akan bisa berkomunikasi ataupun mengakses berita terbaru. Ada beberapa hal yang menyebabkan hilangnya sinyal contohnya seperti posisi yang diluar cakupan jaringan, faktor cuaca, perbaikan jaringan, kerusakan hardware pada ponsel, atau terdapat software yang bermasalah. Lalu apa yang harus dilakukan ketika sinyal 4G LTE hilang? Jangan khawatir karena Detekno memiliki beberapa tips mengatasi sinyal 4G LTE hilang di HP Android yang dapat dilakukan dengan mudah.

 

Baca Juga : Akan Hadir di Indonesia, Berikut Harga dan Detail Performa Oppo F7 128GB

 

6 Tips Mengatasi Sinyal 4G LTE Hilang di HP Android

 

Pada saat sinyal 4G LTE hilang maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari titik utama permasalahan terlebih dahulu. Kesalahan bisa terjadi pada SIM Card atau ponsel tersebut yang bermasalah. Namun jika masalah terjadi pada SIM card maka pengguna bisa melakukan pengecekan dengan cara berikut ini :

 

1. Aktifkan Airplane Mode (Mode Pesawat)

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan jaringan ke mode Airplane atau Mode Pesawat. Dengan mengaktifkan Airplane Mode, maka secara otomatis ponsel tidak akan bisa terhubung ke internet dan hal tersebut membuat jaringan ter-refresh sehingga akan bisa mengembalikan sinyal 4G pada saat mode Airplane ini dinonaktifkan.

Tips Mengatasi Sinyal 4G LTE Hilang di HP Android

Mode Airplane

2. Ubah ke 3G

Cara kedua adalah dengan memindahkan koneksi jaringan ke pilihan 3G. Setelah merubahnya selama beberapa menit, maka bisa kembali memilih jaringan 4G LTE. Pada proses pergantian jenis jaringan ini akan me-refresh agar dapat menemukan kembali jaringan yang stabil.

Tips Mengatasi Sinyal 4G LTE Hilang di HP Android

Ubah Ke 3G

3. Cari Ruang Terbuka

Jika sinyal 4G LTE hilang saat berada di dalam ruang, kemungkinan besar ponsel yang digunakan tidak dapat sepenuhnya menangkap sinyal 4G di tempat tersebut. Solusi yang bisa dilakukan saat berada dikondisi yaitu dengan pindah ke luar ruangan dan menuju ke tempat yang terbuka. Dengan demikian, sinyal 4G LTE akan muncul kembali dan pengguna bisa menggunakan untuk browsing ataupun bermain game online.

 

4.   Lepas dan Pasang Kembali SIM Card

Cara mengatasi sinyal 4G LTE hilang selanjutnya adalah dengan cara melepas dan memasang kembali SIM Card. Cara ini banyak digunakan oleh banyak orang karena sering membuahkan hasil dengan munculnya kembali jaringan yang tadinya hilang.

Tips Mengatasi Sinyal 4G LTE Hilang di HP Android

Lepas SIM Card

5.   Restart HP

Cara ini cukup umum dilakukan oleh pengguna yang mendadak ponselnya kehilangan sinyal 4G. Dengan memilih restart maka semua chace yang ada di dalam ponsel akan dimuat ulang kembali termasuk juga koneksi jaringan. Setelah di restart, besar kemungkinan sinyal 4G akan muncul kembali dengan sinyal penuh.

Tips Mengatasi Sinyal 4G LTE Hilang di HP Android

Restart HP Android

6.   Cari Jaringan Manual

Jika semua cara sudah dilakukan namun sinyal 4G LTE belum muncul maka bisa melakukan pengaturan jaringan secara manual. Masuk ke menu pengaturan jaringan, pilih Settings > Network & Connections > Mobile Network > Operator > dan Select Automatically. Setelah itu ponsel akan terkoneksi pada jaringan yang sudah disetting.

Demikian  6 Tips Mengatasi Sinyal 4G LTE Hilang di HP Android dari Detekno, semoga informasi ini bisa membantu dan mengatasi permasalahan sinyal 4G LTE yang hilang.

Sumber : Liputan6