Simak Tips Untuk Mengatasi Lag Saat Bermain Game HD

Detekno.com – Bermain game HD sangatlah menyenangkan namun terkadang lag menjadikan salah satu hal yang menyebalkan pada saat sedang seru- serunya bermain karena pergerakan game akan terpatah- patah. Masalah seperti ini bisa sangat mempengaruhi jalannya game dan juga bisa membuat kalah dalam permainan.

Berikut  tips dapat mengatasi lag saat bermain game HD.

 

Cek daya baterai, untuk menjalankan game dengan resolusi tinggi komponen smartphone seperti prosesor, GPU, dan RAM akan membutuhkan daya baterai yang cukup tinggi. Inilah penyebab baterai menjadi lebih boros saat digunakan untuk bermain game berat. Saat baterai berada pada posisi lebih dari 20%, kebutuhan akan daya ini tidak akan ada masalah. Namun jika kapasitas baterai sudah menyentuh 20% atau di bawah itu, dapat dipastikan performa smartphone-mu akan berkurang.

Tips Untuk Mengatasi Lag Saat Bermain Game HD

Tips Untuk Mengatasi Lag Saat Bermain Game HD

Sebaiknya tutup semua aplikasi yang sedang berjalan sebelum memainkan game HD. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan sumber daya smartphone seperti CPU, GPU dan RAM agar bisa lebih focus untuk menjalankan game HD. Dengan menutup aplikasi lain, RAM yang tersedia juga akan lebih besar dan mampu memenuhi kebutuhan untuk menjalankan game HD yang akan dimainkan.

 

Pada pengaturan bawaan dari sistem akan menyesuaikan setting grafis game sesuai dengan kemampuan smartphone. Namun jika lag masih terjadi maka solusinya bisa dengan menurunkan setting grafis yang digunakan. Untuk smartphone kelas menengah saat ini menggunakan setting grafis medium sebenarnya sudah mampu untuk menampilkan performa grafis yang baik dan lancar. Pada sisi grafisnya sendiri, settingan medium juga sudah cukup untuk memanjakan mata saat bermain game

 

Suhu yang tinggi juga dapat berdampak pada performa smartphone. Semakin lama menggunakan smartphone akan semakin panas pula temperaturnya. Kenaikan suhu ini bisa lebih cepat pada saat digunakan untuk memainkan game HD. Semakin panas suhunya, juga akan semakin parah lagnya. Jika sudah panas solusinya bisa mengistirahatkan smartphone sejenak untuk kebaikan performa smartphone itu sendiri. Namun jika masih ingin bermain, bisa mengakalinya dengan menggunakan pendingin pada sisi smartphone yang terasa panas.

 

Tips selanjutnya untuk mengatasi lag saat bermain game HD dengan optimal bisa juga menggunakan aplikasi game booster. Aplikasi ini bekerja dengan cara menutup aplikasi lain yang sedang berjalan di latar belakang sehingga prosesor dan RAM memiliki ruang lebih banyak untuk menjalankan game. Game booster ada yang hanya bisa diinstal pada smartphone yang telah di-root. Namun ada juga game booster yang dapat diinstal tanpa harus melakukan root terlebih dahulu contohnya seperti CM Game Booster, Game Bosster & Launcher, Game Bosster Puzzle Mania, Game Booster PerfoMAX, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan mengikuti beberapa tips diatas akan ada beberapa perubahan minimal game yang sedang dimainkan pasti akan jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

 

Demikian ulasan mengenai Tips Untuk Mengatasi Lag Saat Bermain Game HD yang dapat kita bagikan. Sekarang bisa bermain game HD tanpa khawatir akan ng-Lag lagi. Semoga informasi ini bisa membantu dan juga bermanfaat.