Simak! Berikut 3 Tips Memperbaiki Sdcard yang Rusak

Detekno.com – Pemakaian SDcard atau biasanya disebut memori eksternal sampai sekarang masih digunakan beberapa orang untuk menyimpan file di perangkat yang digunakan, baik pada ponsel, tablet, ataupun juga kamera digital. Tapi terkadang ada beberpa masalah yang terjadi misalnya memori tidak dapat terbaca. Namun jangan panik, berikut tips Memperbaiki Sdcard yang Rusak atau yang tidak dapat terbaca.

3 Tips Memperbaiki Sdcard yang Rusak

  1. Bersihkan Kartu Memori

Cara yang pertama yakni keluarkan kartu memori dari perangkat gadget, kemudian lempengan tembaga yang berwarna kuning sedikit keemasan bersihkan secara perlahan dengan menggunakan penghapus pensil yang warna putih, gosok pelan- pelan hingga bersih dan warna kuning terlihat cerah. Setelah itu masukkan kembali memori ke dalam slot perangkat yang digunakan dan cek apakah kartu memori sudah bisa kembali  terbaca.

 

Simak! Berikut 3 Tips Memperbaiki Sdcard yang Rusak

Tips Memperbaiki Sdcard yang Rusak

  1. Format
  • Di Perangkat

Langkah kedua agar kartu memori dapat terdeteksi kembali adalah dengan cara memformatnya. Langkah ini sangat mudah, pengguna hanya perlu masuk ke menu Setting setelah itu pilih menu opsi Storage. Pada menu tersebut terdapat menu hapus SDcard dan pilih menu tersebut. Dengan cara menghapus atau memformat SD card maka memori akan kembali bersih seperti semula dan kartu memori pun dapat kembali terbaca dan dapat digunakan lagi.

  • Di Laptop/ PC

Pastikan untuk membackup terlebih dahulu isi file pada kartu memori yang rusak. Jika sudah maka dapat melakukan format kartu memori yang rusak tersebut. Caranya tinggal klik kanan dan pilih menu format. Jika sudah berhasil kembalikan seperti semula data yang tadi telah di back up untuk dipindah kembali pada kartu memori.

 

Simak! Berikut 3 Tips Memperbaiki Sdcard yang Rusak

Memperbaiki Sdcard yang Rusak

  1. Cek Error di Laptop/PC

Selain kedua cara diatas, pengguna dapat mengecek error pada kartu memori melalui laptop ataupun PC. Caranya cukup mudah yakni hubungkan perangkat (ponsel, tablet, atau kamera) ke laptop dengan menggunakan kabel data dan pastikan untuk terhubung pada mode Mass Storage (MSC). Setelah itu buka menu Windows Explorer klik kanan pada kartu memori, klik Properties, kemudian klik Tools dan pilih Error Checking. Tunggu sebentar hingga proses selelai dan eject memori Sdcard, setelah itu cek apakah kartu dapat terdeteksi kembali.

Baca Juga : Cara Cepat Mendownload Video Di Instagram Dengan Hp