Tips Memperbaiki Mikrofon iPhone Tidak Berfungsi

Tips Memperbaiki Mikrofon iPhone Tidak Berfungsi – Mikrofon iPhone Anda mungkin tidak berfungsi jika OS ponsel Anda sudah usang. Selain itu, konfigurasi yang salah dari pengaturan ponsel Anda (pengaturan jaringan, pembatalan bising, Siri, Perutean Audio Panggilan, dll.) Juga dapat menyebabkan kesalahan dalam pembahasan. Pengguna mengalami masalah saat dia mencoba menggunakan mikrofon ponselnya (baik untuk melakukan panggilan telepon biasa atau di aplikasi lain seperti Skype, dll) tetapi tidak ada audio yang dikirim / direkam. Masalah ini dilaporkan pada hampir semua model iPhone dan biasanya setelah pembaruan OS.

Sebelum melanjutkan dengan solusi untuk memperbaiki mikrofon iPhone Anda, matikan iPhone Anda dan tunggu selama 3 menit, lalu hidupkan telepon untuk memeriksa apakah masalah tersebut disebabkan oleh kesalahan sementara. Selain itu, pastikan volume mikrofon Anda tidak disetel ke nol. Jika Anda tidak dapat mengubah volume telepon, pasang jack headphone dan coba atur volume. Selain itu, pastikan aplikasi yang bermasalah memiliki hak akses ke mikrofon dalam pengaturan privasi ponsel Anda. Berikut Tips Memperbaiki Mikrofon iPhone Tidak Berfungsi :

 

Tips Memperbaiki Mikrofon iPhone Tidak Berfungsi

 

Solusi 1: Bersihkan iPhone Anda dari Debu dan Debu

Mikrofon ponsel Anda mungkin tidak berfungsi jika ditutupi dengan plastik, stiker, puing-puing, debu, serat, dll. Selain itu, beberapa pengguna lupa melepas plastik / stiker pelindung pada ponsel yang menyebabkan masalah yang dihadapi. Dalam kasus ini, membersihkan iPhone Anda dapat menyelesaikan masalah.

  1. Temukan lokasi mikrofon yang bermasalah (iPhone Anda memiliki lebih dari satu mikrofon) dan pastikan tidak tertutup plastik, stiker, dll. Mikrofon dapat ditemukan di dekat port pengisian daya, lubang suara, atau kamera.
  2. Sekarang pastikan mikrofon yang bermasalah tidak tertutup plastik, stiker, dll.
  3. Kemudian gunakan benda seperti Q Tip, tusuk gigi, atau jarum (gerakkan melingkar di lubang mikrofon) untuk membersihkan kotoran / serat / debu dari mikrofon. Anda juga dapat meniupkan udara kompres ke mikrofon untuk membersihkannya.
  4. Kemudian periksa apakah masalah mikrofon telah teratasi.

    Tips Memperbaiki Mikrofon iPhone Tidak Berfungsi

    Mikrofon iPhone

 

Solusi 2: Perbarui OS Ponsel Anda ke Versi Terbaru

iOS terus diperbarui untuk menambahkan fitur baru dan menambal bug yang diketahui. Masalah mikrofon mungkin muncul jika Anda menggunakan iOS versi lama dan OS sebelumnya tidak berfungsi dengan baik dengan modul perangkat keras. Dalam konteks ini, memperbarui iOS ponsel Anda ke versi terbaru dapat menyelesaikan masalah.

  1. Cadangkan informasi / data penting iPhone Anda dan letakkan ponsel Anda dalam pengisian daya (jangan lanjutkan hingga terisi hingga 90%).
  2. Sekarang, sambungkan ke jaringan Wi-Fi. Anda dapat menggunakan opsi data seluler tetapi jangan lupa untuk memeriksa ukuran unduhan.
  3. Kemudian luncurkan Pengaturan iPhone Anda dan buka Umum.
  4. Sekarang, pilih Pembaruan Perangkat Lunak, dan jika pembaruan ditampilkan, unduh dan instal.
  5. Kemudian restart telepon Anda dan setelah restart, periksa apakah mikrofon iPhone Anda berfungsi dengan baik.

 

Solusi 3: Nonaktifkan Bluetooth Telepon Anda

Pengguna yang berbeda menggunakan perangkat Bluetooth yang berbeda dengan ponsel mereka karena berbagai alasan. Mikrofon ponsel Anda mungkin tidak berfungsi jika ponsel “berpikir” bahwa ia terhubung ke perangkat Bluetooth dan mencoba untuk merutekan audio melalui itu. Dalam hal ini, menonaktifkan Bluetooth ponsel Anda dapat menghapus kesalahan dan dengan demikian menyelesaikan masalah mikrofon.

  1. Luncurkan Pengaturan telepon Anda dan kemudian pilih Bluetooth.
  2. Sekarang, nonaktifkan Bluetooth dengan mengalihkan sakelar ke posisi mati.
  3. Kemudian periksa apakah mikrofon ponsel Anda berfungsi dengan baik.

 

Solusi 4: Nonaktifkan Akses Mikrofon untuk Aplikasi yang Bertentangan atau Hapus Instalasi

Dalam lingkungan iOS, aplikasi hidup berdampingan dan berbagi sumber daya sistem (termasuk mikrofon). Anda mungkin gagal menggunakan mikrofon jika ada aplikasi pihak ketiga yang mengganggu pengoperasian mikrofon Anda atau memaksa untuk menggunakan mikrofon lain di telepon Anda. Dalam hal ini, menonaktifkan akses ke mikrofon untuk aplikasi yang bentrok atau mencopot pemasangan aplikasi tersebut dapat menyelesaikan masalah. Snapchat adalah salah satu aplikasi yang menyebabkan masalah tersebut.

  1. Buka Pengaturan iPhone Anda lalu pilih Privasi.

    Tips Memperbaiki Mikrofon iPhone Tidak Berfungsi

    Tips Memperbaiki Mikrofon iPhone Tidak Berfungsi

  2. Sekarang, pilih Mikrofon dan kemudian nonaktifkan akses semua aplikasi (kecuali aplikasi di mana Anda harus menggunakan mikrofon) ke mikrofon.
  3. Kemudian periksa apakah masalah telah teratasi. Jika demikian, maka aktifkan akses mikrofon untuk aplikasi satu per satu hingga Anda menemukan yang bermasalah. Dan begitu ditemukan, perbarui aplikasi yang bermasalah atau izinkan akses mikrofonnya hanya jika diperlukan.
  4. Jika masalah terus berlanjut, coba copot pemasangan aplikasi bermasalah yang memerlukan akses mikrofon untuk mengesampingkan masalah kompatibilitas.

 

Solusi 5: Nonaktifkan Waktu Layar Ponsel Anda

Apple Screen Time adalah fitur praktis yang dapat digunakan untuk membatasi penggunaan ponsel harian atau mingguan Anda (aplikasi tunggal atau seluruh kategori seperti media sosial). Tetapi itu dapat menyebabkan kesalahan jika mengganggu pengoperasian mikrofon (atau aplikasi di mana Anda mencoba menggunakan mikrofon). Dalam skenario ini, menonaktifkan Durasi Layar dapat menyelesaikan masalah.

  1. Buka Pengaturan telepon Anda dan pilih Durasi Layar.
  2. Sekarang ketuk “Matikan Waktu Layar” untuk menonaktifkan Waktu Layar.
  3. Kemudian periksa apakah mikrofon ponsel Anda berfungsi dengan baik.

 

Solusi 6: Atur Ulang Pengaturan Jaringan Telepon Anda ke Default

Pengaturan jaringan telepon Anda digunakan untuk mengontrol koneksi terkait jaringan dari telepon Anda (mis., Wi-Fi dan jaringan seluler). Kesalahan konfigurasi pengaturan jaringan telepon Anda dapat menyebabkan kesalahan dalam pembahasan. Dalam konteks ini, mengatur ulang pengaturan jaringan ke default dapat menyelesaikan masalah. Ingatlah bahwa Anda akan kehilangan semua kata sandi / jaringan Wi-Fi yang disimpan, pengaturan seluler / APC, dan pengaturan VPN.

  1. Buka Pengaturan iPhone Anda dan pilih Umum.

    Tips Memperbaiki Mikrofon iPhone Tidak Berfungsi

    Setting

  2. Kemudian pilih Reset dan ketuk Reset Pengaturan Jaringan.
  3. Sekarang konfirmasikan untuk mengatur ulang pengaturan jaringan dan kemudian periksa apakah iPhone Anda bersih dari kesalahan mikrofon.

 

Solusi 7 : Atur Ulang Semua Pengaturan Telepon Anda ke Default

Mikrofon iPhone Anda mungkin tidak berfungsi jika pengaturan telepon Anda tidak dikonfigurasi dengan benar. Akan sangat sulit untuk memilih pengaturan yang bermasalah. Dalam hal ini, mengatur ulang semua pengaturan telepon Anda ke default dapat menyelesaikan masalah. Ingatlah bahwa Anda akan kehilangan semua penyesuaian ponsel Anda (termasuk kartu di dompet / Apple Pay, tata letak Layar Beranda, kamus papan ketik, pengaturan privasi, pengaturan lokasi, dll.).

  1. Cadangkan informasi dan data penting iPhone Anda (jika Anda ingin mengembalikannya ke pengaturan saat ini setelah mengatur ulang semua pengaturan).
  2. Luncurkan Pengaturan iPhone Anda dan buka Umum.
  3. Kemudian pilih Atur Ulang dan ketuk Atur Ulang Semua Pengaturan.
  4. Sekarang masukkan kode sandi telepon Anda (jika diminta) dan kemudian konfirmasi ke Reset Semua Pengaturan.
  5. Sekarang periksa apakah masalah mikrofon sudah teratasi.

 

Bagaimana Tips Memperbaiki Mikrofon iPhone Tidak Berfungsi dapat membantu menyelesaikan masalah anda bukan? Semoga informasi ini dapat bermanfaat, terimakasih telah berkunjung dan nantikan tips menarik lainnya.