3 Tips Membuka Smartphone Android yang Lupa Password

Tips Membuka Smartphone Android yang Lupa Password – Sebagian besar pengguna smartphone Android pasti menggunakan fitur password yang bisa berupa angka ataupun pola kunci. Namun ternyata ada beberapa orang yang terkadang mengalami masalah karena smartphone yang dimiliknya tidak bisa diakses. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan pengguna lupa password atau kemungkinan smartphone Android tersebut telah dibuka beberapa kali oleh orang lain dengan menggunakan password atau pola yang salah dengan berulang kali. Sehingga hal ini mengakibatkan perangkat menjadi terkunci dan tidak bisa diakses, namun Detekno memiliki tips membuka smartphone Android yang lupa password atau pola.

 

3 Tips Membuka Smartphone Android yang Lupa Password

 

  1. Menggunakan Forgot Password

Langkah pertama yakni dengan menggunakan fitur ‘Forgot Password` dan cara ini hanya bisa dilakukan untuk smartphone yang telah dipaksa dibuka oleh orang lain dengan memasukan password atau pola yang salah. Pengguna bisa membuka smartphone yang terkunci dengan memilih menu forgot password dan kemudian masukkan username dan password akun Google, setelah itu pilih Sign in. Namun sebelum melakukan cara ini pastikan smartphone tersebut terhubung dengan akses internet.

Tips Membuka Smartphone Android yang Lupa Password

Forgot Password

  1. Menggunakan Panggilan Telepon

Namun jika smartphone tidak dapat mengakses jaringan internet, maka bisa menggunakan cara panggilan telepon dari smartphone lain ke smartphone Android yang sedang terkunci atau bermasalah. Selanjutnya pengguna dapat menjawab panggilan telepon tersebut dan jangan ditutup, kemudian lanjut dengan menekan tombol Home dan masuk pada menu Setting. Jika sudah bisa masuk di dalam menu setting, pengguna bisa mengaktifkan fitur internet agar dapat memasukan password dan email agar pengguna dapat Sign in kembali. Disini pengguna juga dapat membuat password yang baru berupa kata sandi angka atau pola kunci yang tersedia di menu Setting.

 

Tips Membuka Smartphone Android yang Lupa Password

Panggilan Telepon

  1. Menggunakan Factory Data Reset

Jika pengguna benar-benar lupa gambar pola atau password akun Googlenya, maka bisa menggunakan tips membuka smartphone Android yang lupa password selanjutnya yakni dengan melakukan factory data reset.

Tips Membuka Smartphone Android yang Lupa Password

Akun Google

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara non-aktifkan terlebih dahulu smartphone Android kemudian secara bersamaan tekan dan tahan tombol Volume up dan tombol Power lalu lepas setelah kira-kira mencapai waktu 3 sampai 5 detik. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menekan secara bersamaan tombol Volume down dan tombol Power, atau menggunakan kombinasi tombol Volume UP, button Home dan tombol Power secara bersamaan juga.

Tips Membuka Smartphone Android yang Lupa Password

Factory Data Reset

Baca Juga : 5 Cara Mengamankan Data Facebook dengan Mudah dan Cepat

Selanjutnya, pengguna bisa masuk ke menu `Recovery Mode` dan memilih `Data Factory Reset’. Kemudian pilih menu `Reboot system now` dalam proses ini sistem akan memperbaiki masalah agar pengguna dapat menggunakan perangkat tersebut kembali. Jika semua proses reboot telah selesai, maka perangkat akan menyala kembali dengan kondisi seperti pada saat pertama kali membeli dan pengguna dapat menggunakan smartphone tersebut tanpa memerlukan konfirmasi sandi atau pola terlebih dahulu.

Sumber : Liputan6