8 Tips Belanja Harbolnas Hemat, Aman dan Tidak Rugi

Tips Belanja Harbolnas – Buat sobat deteknokers yang gemar belanja online pastinya sudah tahu tentang Harbolnas alias Hari Belanja Nasional. Dimana pada hari tersebut banyak toko online di Indonesia memberikan sejumlah promo, diskon dan hadiah menarik untuk sobat deteknokers yang melakukan pembelian barang online di toko online mereka. Maka tidak heran jika banyak orang yang menunggu dan memanfaatkan Harbolnas untuk membeli smartphone, tablet, komputer, laptop atau barang elektronik maupun non elektronik.

Lalu kapan Harbolnas diadakan ? Harbolnas diadakan setiap 1 tahun sekali pada tanggal 12 Desember. Biasanya promo Harbolnas di buka lapak, tokopedia, lazada, dinomarket, JD.ID maupun toko online lainnya akan menutup Harbolnas pada tanggal 14 Desember. Setiap tahun, hari belanja online nasional terus meningkat bukan dari segi toko onlinenya yang kini sudah diperkirakan 200 situs e-commerce yang ikut berpartisipasi Harbolnas namun juga dari segi pembelinya yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Tentunya momen Harbolnas ini jangan sampai sobat deteknokers salah dalam mengikuti kegiatan tahunan ini. Jadi jangan sampai tidak membaca tips harbolnas supaya sobat hemat, aman dan tentunya tidak rugi alias harus untung.

Tips Belanja Harbolnas Hemat dan Tidak Rugi

Tips Belanja Harbolnas Hemat dan Tidak Rugi

Tips Belanja Harbolnas Hemat dan Tidak Rugi

1. Buat Sebuah Daftar Belanja

Sebelum sobat ingin membeli barang di Harbolnas pastikan bahwa barang yang ingin dibeli sudah masuk ke dalam daftar belanja. Manfaatkan Wishlist yang sudah ada di banyak situs e-commerce di Indonesia untuk menyimpan barang yang sobat inginkan. Daftar belanja ini sangatlah penting untuk sobat lakukan karena jangan sampai momen Harbolnas ini sobat membeli barang yang tidak diperlukan.

2. Online Pada Jam Istirahat

Tips belanja Harbolnas yang kedua adalah online pada saat orang beristirahat. Yah jika sobat ingin mendapatkan sebuah barang dan promo menarik maka sobat diharuskan untuk online pada tengah malam antara 11.00 WIB sampai dengan 03.00 WIB. Karena biasanya situs e-commerce mengadakan promo Harbolnas pada jam segitu. Biasanya kalau sudah masuk ke jam 06.00 WIB maka promo sudah habis alias barangnya sudah tidak ada lagi karena sudah terjual habis oleh para pembeli.

3. Cari dan Pakai Kupon atau Kode Voucher

Jika sobat ingin mengikuti Harbolnas biar hemat dan tidak rugi. Maka sobat harus mencari sebuah kupon atau kode voucher pada masing-masing situs e-commerce yang menyediakan barang yang sudah ada di daftar belanja sobat. Untuk mencari kupon tersebut cukuplah mudah, sobat tinggal buka halaman homepage setiap e-commerce maka sobat akan lihat kupon atau kode voucher dari situs e-commerce tersebut. Atau sobat juga bisa kunjungi flipit.com atau shopback.com pada situs tersebut menyediakan beragam kupon dan kode vouche dari seluruh e-commerce di Indonesia.

4. Bandingkan Harga Normal dengan Harga Diskon

Momen Harbolnas tidak hanya mengundang ketertarikan orang untuk melakukan pembelian barang secara online. Namun juga mengundang sejumlah penjual melakukan manipulasi harga normal yang berlebihan. Jadi ada beberapa kasus di Harbolnas, penjual menjual barang dagangannya di situs e-commerce lalu memberikan harga normal dari barang tersebut dengan nilai yang fantastis dan dalam harga diskon tertera seperti barang tersebut sudah didiskon sangat banyak. Misalnya : harga Xiaomi Redmi Note 3 yang sebelum ada Harbolnas alias harga normalnya 2.500.000, namun pada momen Harbolnas harga Redmi Note 3 yang normal mencapai 14 juta rupiah dan di harga diskon di tulis 2.500.000. Jadi jangan sampai sobat deteknokers tertipu, sebelum membeli dan melakukan pembayaran di Harbolnas maka sobat diwajibkan untuk membandingkan harga normal barang tersebut sebelum momen Harbolnas dan saat Harbolnas tiba.

5. Pastikan Barang Yang Dibeli Adalah Asli

Ada beberapa pengalaman dari beberapa konsumen saat melakukan pembelian barang pada momen Harbolnas. Dimana barang yang ia beli adalah palsu alias bukan asli yang tidak sesuai dengan keinginan konsumen tersebut. Jadi untuk mengantisipasi sobat deteknokers tidak tertipu saat momen hari belanja online nasional. Maka sobat diharuskan mengecek terlebih dahulu dan bertaya kepada penjual pada barang yang dijualnya asli dan bergaransi.

6. Ingat Jangan Sampai Boros

Tidak dipungkiri memang jika momen Harbolnas membuat banyak orang lupa diri saat membeli barang belanjaan mereka. Jadi kami sangat mengingatkan kepada sobat deteknokers untuk jangan boros pada hari belanja online nasional. Karena boros akan menjadi sobat deteknokers rugi bukan untung. Belilah barang yang sekiranya sangat bermanfaat dan benar-benar kebutuhan pokok.

7. Memilih Situs E-Commerce Yang Bagus untuk Harbolnas

Ada 200 e-commerce di Indonesia yang mengikuti hari belanja online nasional setiap tahunnya. Jadi sangat memungkinkan dari 200 situs e-commerce tersebut hanya ada beberapa situs yang memberikan keuntungan bagi sobat deteknokers. Oleh karena itu selalu kunjungi setiap e-commerce dan bandingkan antara e-commerce lainnya. Hal ini bisa membuat sobat tahu bahwa mana situs e-commerce yang mengadakan banyak promo dan diskon pada hari belanja online nasional.

8. Lakukan Pembayaran Cepat dan Aman

tips belanja Harbolnas yang terakhir adalah sobat diharuskan memilih metode pembayaran yang aman dan tidak banyak biaya adminnya. Kami menyarankan untuk memilih metode pembayaran secara transfer bank yang sama banknya. Karena jika melakukan pembayaran dengan pihak ketiga, maka sobat akan dibebankan biaya admin. Setelah melakukan pembayaran lalu konfirmasi pembayaran, simpanlah struk transfer sobat deteknokers karena siapa tahu struk tersebut nantinya akan berguna.

Baca Juga : 10 Smartphone Terpopuler di Dunia

Itulah beberapa tips hari belanja nasional yang perlu untuk sobat deteknokers ketahui. Ingat belilah barang sesuai dengan kebutuhan. Dan hitung jumlah keuangan yang saat ini sobat miliki. Jangan sampai boros karena adanya Harbolnas adalah untuk memberikan kita keuntungan bukan kerugian.