Terungkap, Xiaomi Redmi Note 5 Usung Chipset Snapdragon 617

Detekno.com – Dalam waktu dekat ini Xiaomi akan merilis Redmi Note 5 sebagai smartphone entry-level terbarunya. Rumor keberadaan Redmi Note 5 sudah beredar luas di dunia maya. Beragam prediksi juga dilontarkan oleh berbagai media. Bahkan sebelumnya smartphone ini dikabarkan memakai chipset Qualcomm Snapdragon 660 seperti yang dipakai Xiomi Mi Note 3. Namun kabar tersebut terbantahkan oleh hasil benchmark Geekbench yang memperlihatkan Redmi Note 5 memakai chipset Qualcomm MSM8952 atau Snapdragon 617.

Xiaomi Redmi Note 5

Sumber : Geekbench

Performa chipset Snapdragon 617 jauh dibawah Snapdragon 660 ataupun Snapdragon 625. Namun bocoran tersebut masih sebatas Benchmark, jadi tidak menutup kemungkinan Xiaomi Redmi Note 5 memakai spesifikasi hardware lebih tinggi. Pada benchmark tersebut juga terungkap Redmi Note 5 mengadopsi sistem operasi Android Nougat 7.1.2 dan memiliki Ram berkapasitas 3GB. Kami yakin akan ada varian lebih tinggi, karena biasanya Xiaomi merilis beberapa varian berbeda dari smartphone yang mereka pasarkan.

Sebelumnya smartphone ini dikabarkan memiliki layar berukuran 5.5 inci. Ukuran layarnya sama dengan Redmi Note 4 dan Note 3. Namun Xiaomi menyuguhkan layar bezel-less dengan aspek rasio 18:9 yang membuat tepian layarnya sangat tipis. Sedangkan untuk resolusinya sebesar 1080 x 2160 pixels, sehingga menghasilkan kerapatan sebesar 439 ppi. Inilah salah satu kelebihan yang akan dimiliki Xiaomi Redmi Note 5. Bermodalkan layar bezel-less, tentu smartphone ini akan sangat diminati masyarakat Indonesia.

Rumor lain juga menyebutkan Xiaomi Redmi Note 5 mengadopsi setup dual kamera. Tersedia dua kamera belakang yang tersedia dari 16 Megapixel dan 5 Megapixel. Kameranya dioptimalkan fitur Phase Detection Autofocus dan Dual Tone LED Flash. Sedangkan untuk baterainya memiliki kapasitas 4.000 mAh yang memubuat Redmi Note 5 bisa bertahan dalam waktu sangat lama. Lalu ada pula sensor pemindai sidik jari yang terpasang pada bodo belakang Redmi Note 5.

Bocoran desain Redmi Note 5

Bocoran desain Redmi Note 5

Informasi diatas memang masih sebatas bocoran, jadi jangan heran apabila Xiaomi Redmi Note 5 dirilis dengan spesifikasi lebih baik ataupun lebih buruk. Sayangnya belum ada informasi lebih lanjut mengenai tanggal perilisan dan harga Xiaomi Redmi Note 5 secara resmi. Sebelumnya Xiaomi terlebih dahulu merilis Redmi Note 5A yang mengusung kamera depan 16 Megapixel. Semoga fitur tersebut juga dimiliki Redmi Note 5, sehingga smartphone ini memiliki kemampuan selfie lebih baik.