Storm Mirror Matrix, VR Standalone Headset Dengan 3K Display

Detekno.com – Tahun ini merupakan masa kejayaan Virtual karena perusahaan besar banyak merilis perangkat VR terbaru yang saling bersaing memperebutkan tempat terbaik di hati konsumen. Di tahun ini juga banyak headset VR khusus untuk smartphone sehingga dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Menggunakan smartphone untuk menikmati Virtual Reality memang menjadi cara hemat dibanding harus membeli powerfull headset seperti HTC Vive, Oculus Rift dan PlayStation VR  yang dibandrol jauh lebih mahal.

Untuk soal grafis memang HTC Vive, Oculus Rift dan PlayStation VR paling oke namun untuk menjalankan nya diperlukan perangkat utama yaitu PC atau PlayStation berspesifikasi mumpuni. Sementara itu ditengah pilihan antara VR smartphone atau VR PC dan Playstation terdapat opsi lain yaitu VR Standalone. Jenis VR Standalone ini mampu bekerja sendiri tanpa adanya perangkat tambahan seperti smartphone, PC maupun Playstation. Didalamnya sudah built-in hardware dan menawarkan kebebasan pemakaian seperti pada VR smartphone.

Storm Mirror Matrix

Storm Mirror Matrix

Dilansir dari GizmoChina (21/12/2016) muncul VR Standalone baru bernama Storm Mirror Matrix. Sisi desain memang perangkat ini memiliki perbedaan baik dari sisi lensa, headband maupun tombol navigasi yang diletakkan di bagian atas. Storm Mirror Matrix sendiri mengusung kemampuan layar 3K dengan resolusi 1620 x 2880 pixel sehingga tampilan grafisnya lebih mumpuni.

Dengan kerapatan layar mencapai 705 ppi menyajikan tampilan yang solid dan jernih. Selain itu dengan kemampuan 110° field of view mampu menyajikan sensasi yang maksimal ketika melihat ke sekitar. Spesifikasi utama Storm Mirror Matrix mengandalkan chipset Snapdragon 820 yang banyak dipakai pada smartphone flagship masa kini dimana soal performa tak perlu diragukan lagi.

Untuk multitaskingnya VR Standalone Headset yang satu ini dibekali RAM sebesar 4 GB jadi mampu mengerjakan berbagai aplikasi maupun game VR dengan optimal. Sementara itu juga terdapat fitur adjustable focus yang dapat sobat gunakan hingga tingkatan 600° via knob yang terletak diatas headset. Storm Mirror Matrix sendiri akan menggunakan custom user interface yang dinamakan Magic UI 2.0.

Spesifikasi Storm Mirror Matrix

Spesifikasi Storm Mirror Matrix

Storm Mirror Matrix memiliki baterai yang mumpuni berdaya 5000mAh sehingga dapat digunakan hingga jangka waktu 4 jam sekali charge. Mengisi baterainya juga tak akan lama karena sudah didukung fitur Quick Charge 3.0. Soal harga, Storm Mirror Matrix sendiri dibandrol dengan harga ¥2499 atau sekitar 4,8 jutaan yang tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan Oculus Rift dan HTC Vive. Sayangnya informasi detail soal rincian fitur dan spesifikasi belum terungkap secara detail jadi kita tunggu beberapa minggu kedepan untuk mengetahuinya.