Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 820 Kini Terungkap


Detekno.com – Sebagai salah satu pabrikan penyuplai chip terbrik untuk smartphone, tampakanya Qualcomm yang menjadi manufactur chipset asal Amerika ini tak akan pernah letih dan lelah dalam menghadirkan generasi terbaru chipset yang mereka miliki dengan kemampuan kerja yang lebih mempuni. Dan kini setelah lamanya penantian tampaknya spesifikasi Qualcomm Snapdragon 820 mulai terungkap.

Seperti Detekno.com kutip dari laman resmi GSMarena (10/11/2015) spesifikasi Qualcomm Snapdragon 820 diketahui kembali menggunakan prosesor Core yang dirancang jauh berbeda dari seri Qualcomm 810 yang hadir menggunakan desain ARM. Pada penjelasan yang disebutkan, chipset Qualcomm Snapdragon 820 ini memiliki sebuah dapur pacu Quad Core 64 Bit Kryo Core yang mana memiliki kecepatan kerja hingga 2.2 GHz.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 820

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 820 (Foto : GSMarena)

Bahkan menariknya dikatakan pula Prosesor tersebut memiliki kinerja yang lebih cepat dan lebih baik dari Qualcomm Snapdragon 810. Didalam perakitannya, disematkan pula teknologi bernama Hexagon 680 DSP yang mana teknologi ini di ketahui mampu membuat pengolahan daya tahan baterai smartphone yang menggunakan chipset ini akan lebih irit sehingga efisiensi yang di hasilkan semakin meningkat.

Peningkatan yang juga cukup mempuni pada chipset Qualcomm Snapdragon 820 juga datang dari sektor pengolah grafisnya, dimana pada chipset Snapdragon 820 SoC, pabrikan manufaktur dari Amerika ini menyematkan GPU Adreno 530, yang diketahui juga akan dapat meningkatkan daya kerja grafisnya hingga 40% lebih prima. Sehingga untuk bermain game dengan kualitas tiga dimensi pastinya lebih baik dari Adreno 430.

Sedangkan bila membahas konektifitasnya, spesifikasi Qualcomm Snapdragon 820 sepertinya menawarkan pokok penggunaan yang lebih sempurna dan lengkap, karena chipset ini mendukung akses internet berkecepatan 4G LTE Cat12 untuk download dengan kecepatan maksimal 600 Mbps dan 4G LTE Cat13 untuk upload dengan kecepatan 150 Mbps. Dengan demikian pastikan setiap ponsel yang menggunakanya akan dapat menjadi pilihan yang sangat sempurna untuk dimiliki.

Kemudian lebih menariknya lagi Qualcomm Snapdragon 820 juga mendukung beberpa teknologi jaringan, mulai dari FDD dan TDD LTE untuk jaringan DB-DC-HSDPA, HSUPA DC-, TD-SCDMA, EV-DO dan CDMA 1x, serta GSM / EDGE. Bahkan lebih menarik lagi chipset ini juga mendukung agregasi link LTE / Wi-Fi seperti dukungan untuk LTE-U, LTE Broadcast, dual-SIM, VoLTE, dan panggilan Wi-Fi.

Detail Spesifikasi Snapdragon 820

Detail Spesifikasi Snapdragon 820

Dimana dalam uraian spesifikasi chipset Qualcomm Snapdragon 820 yang ada, ditakakan juga bahwa Wi-Fi dari chip yang satu ini sudah mendapatkan dukungan untuk koneksi 2×2 MIMO MU-802.11ac, yang mana ini merupakan akses tercepat yang ada saat ini. Hanya saja untuk menggunakannya router yang di gunakan juga haru mendukung MU-MIMO. Dengan adanya hal ini pastinya semua kinerja akan terhandle dengan baik.

Kemudian spesifikasi Qualcomm Snapdragon 820 yang lainnya adalah adanya dukungan S820 yang mampu menampilkan gambar 4K dan juga mampu menempatkan lensa kamera hingga 28MP melalui teknologi 14-bit dual-ISP. Tak hanya itu chipset ini juga bekerja dengan UFS 2.0 atau penyimpanan flash 5.1 eMMC, LPDDR4 1866MHz memory dual-channel, serta USB 3.0 atau 2.0, dan NFC.

Menariknya disini Qualcomm juga menempatkan pengisian baterai cepat dengan versi 3.0 yang memungkinkan empat kali lebih cepat atau 38% dari versi 2.0. Selanjutnya pada bagian terpenting, Qualcomm sudah membuat chipset ini dengan proses 14nm FinFET. Nah bagi yang penasaran dengan performa chipset terbaru ini, tampaknya masih harus menunggu karena kabarnya baru akan di pergunakan pada smartphone android di tahun depan.


Advertisement