Spesifikasi Huawei Mate 8, Usung Chipset Kirin 950 Ram 4GB

Banner

Detekno.com – Dilansir dari GSMarena, akhirnya Huawei merilis smartphone flagship terbarunya, yaitu Huawei Mate 8. Smartphone ini hadir membawa dukungan teknologi lebih canggih dibandingkan pendahulunya, bahkan tak kalah canggih dibandingkan smartphone flagship vendor lain yang dirilis ditahun 2015. Pasalnya, didalamnya sudah ada Chipset Kirin 950 dengan processor Octa Core yang diklaim menjadi processor dengan performa tercepat saat ini. Selain itu, Huawei Mate 8 juga dilengkapi layar 6 inci beresolusi Full HD 1080p.

Rumor sebelumnya yang menyebutkan bahwa Huawei Mate 8 akan memakai layar 6 inci beresolusi Quad HD rupanya tak terbukti. Smartphone ini hanya mengadopsi layar Full HD 1080p, sehingga otomatis kerapatan layarnya jauh lebih kecil. Namun sobat deteknokers tak perlu kecewa, karena Huawei mengoptimalkan layar Mate 8 dengan teknologi layar 2.5D yang menghasilkan tepian layar sangat tipis, serta memberikan body berbahan metal yang terbuat dari aerospace-grade aluminum yang memberikan tampilan luar mewah dan terkesan premium.

Huawei Mate 8

Huawei Mate 8

Smartphone ini hadir dalam 4 pilihan warna yang terdiri dari,  Champagne Gold, Moonlight Silver, Space Gray, dan Mocha Brown. Semua warna tersebut terlihat premium dengan balutan body metal yang bagian belakangnya terpasang sensor pemindai sidik jari berbentuk lingkaran. Menariknya lagi, smartphone ini berjalan pada sistem operasi Android Marshmallow 6.0 dengan tampilan antarmuka EMUI 4.0 yang didalamnya menawarkan fitur kontrol suara, defragmenter, and eRecovery, dan mode power-saving untuk menghemat daya baterai.

Processor Kirin 950 menjadi daya tarik utama Huawei Mate 8. Pasalnya processor tersebut berhasil mengungguli performa processor Exynos 7420 milik Samsung. Performa powerfull Kirin 950 tak lepas dari konfigurasi 2 inti processor yang terdiri dari Quad Core 2.3 Ghz Cortex-A72, dan Quad Core 1.8 Ghz Cortex-A53. Selain itu, disediakan pula pengolahan grafis Mali T880MP4 yang menghasilkan kualitas grafis tiga dimensi lebih realistis. Menariknya lagi, Huawei Mate 8 juga dilengkapi coprocessor i5 yang berguna untuk mengatur pengenalah suara, dan mengurangi konsumsi daya saat memakai GPS.

Kemudian untuk kamera, sudah ada kamera utama 16 Megapixel bersensor Sony IMX298 dilengkapi aperture f/2.0, Dual LED Flash, OIS, dan fitur Phase Detection Autofocus. Lalu pada bagian depan, memakai kamera 8 Megapixel dengan sensor Sony IMX179 Exmor dan memiliki aperture F/2.4. Kedua kamera tersebut sama-sama berkualitas dan mampu mengabadikan setiap momen dalam bentuk gambar dan video berkualitas tinggi. Selanjutnya untuk sektor baterai, sudah disediakan baterai berdaya 4.000 mah yang diklaim dapat bertahan selama 1.65 hari untuk pemakaian berat, dan 2.36 hari untuk pemakaian normal.

Daya tahan baterai Huawei Mate 8 memang mengagumkan. Rupanya hal ini tak lepas dari pemakaian chipset dan processor Hisilicon Kirim 950 yang dibuat dengan proses TSMC’s 16 nm FinFET yang membuatnya semakin efesien dan powerfull. Kemudian untuk sektor konektivitas, sudah disediakan 2 slot kartu sim dan kemampuan mengakses jaringan 4G LTE kategori 6 dengan kecepatan mencapai 300 mbps. Selain itu, disediakan pula GPS, Wi-Fi Dual Band, Bluetooth v4.1, namun sayangnya belum ada teknologi USB-Type C.

Desain Huawei Mate 8

Desain Huawei Mate 8

Sayangnya belum ada informasi mengenai harga Huawei Mate 8 secara resmi. Namun smartphone ini akan dipasarkan dalam 3 varian berbeda. Dimana untuk versi Ram 3GB membawa memori internal 32GB. Sedangkan untuk versi Ram 4GB akan dipasarkan dalam pilihan memori 64GB dan 128GB. Melihat spesifikasi Huawei Mate 8, tentunya harga smartphone ini akan dibanderol sangat mahal, dan semoga saja nantinya pihak Huawei merilisnya di Indonesia.


Advertisement