Spesifikasi Final Bluetooth 5 Usung Kemampuan Mengagumkan

Detekno.com – Perkembangan teknologi memang selalu menarik untuk disimak, jaman dahulu untuk transfer data berkapasitas kecil saja diperlukan waktu yang lama sedangkan saat ini semuanya sudah ekstra cepat. Bluetooth memang salah satu media legendaris untuk transfer data karena sampai saat ini masih dipergunakan dalam semua smartphone. Bulan Juni lalu Bluetooth Special Interest Group (SIG) pertama kali memperkenalkan Bluetooth 5 beserta spesifikasinya yang memang beberapa kali lipat lebih baik performanya dibanding versi sebelumnya.

Dilansir dari GSMArena (8/12/2016) kini spesifikasi Bluetooth 5 sudah difinaliasi oleh industry group dan siap dipasang disemua perangkat seluruh dunia. Bluetooth 5 datang dengan 2 kali lipat bandwidth, 4 kali lipat jarak jangkauan dan 8 kali lipat kapasitas broadcasting jika dibandingkan dengan Bluetooth 4.2. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi aktivitas pengguna yang selama ini masih merasakan terbatasi oleh kecepatan transfer data maupun jarak penggunaan Bluetooth.

Bluetooth 5

Bluetooth 5

Maximum speed Bluetooth 5 kini mencapai 2Mbps dimana baik dari versi sebelumnya yang hanya menyajikan setengahnya yaitu 1Mbps. Kemudian soal bandwidth mampu melakukan order dan memperoleh jaran 4 kali lipat lebih jauh ketika sama sama dalam keadaan daya rendah. Bluetooth 5 support paket data yang lebih besar dibanding pendahulunya karena bekerja pada 255-octet packages bukan 31-octet. Hal ini mencipatkan kemudahan transfer data besar bagi pengguna dimanapun berada.

Bluetooth 5 mampu secara efisien memanfaatkan jaringan 2.4GHz band dengan waktu broadcast time yang sedikit sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan responsif.  Bebrapa vendor smartphone dapat menggunakan slot yang tersedia untuk mendeteksi gangguan jaringan dan mencegahnya. Kemampuan lain yang dimilikinya adalah konsumsi daya rendah alias/ low power consumption sehingga melakukan transfer data dalam waktu lama tak akan menguras baterai smartphone.

Peningkatkan kinerja pada Bluetooth 5 berfokus untuk membawa fungsionalitas yang lebih baik kearah Internet-of-Things (IoT) devices. Dengan kata lain dapat memperluas konsep internet yang tersambung secara terus menerus melalui kemampuan berbagi data maupun remote. Bluetooth 5 sendiri kabarnya akan mulai diluncurkan secara global pada tahun 2017 nanti jadi kita tunggu saja apa performa yang disajikan sesuai dengan kabar yang beredar saat ini.