Sony Xperia X Ada 3 Varian Yaitu X, X Performance Dan XA


Detekno.com – Hari ini menjadi kabar yang menggembirakan untuk Xperia Fans karena sederetan Sony Xperia X Series mulai diperkenalkan. Memang sampai H-1 jelas event MWC berita seputar semartphone terbaru besutan Sony belum muncul kepermukaan. Beberapa jam jelang Event justru berita seputar seri terbaru Sony Xperia X mulai menghiasi beberapa situs ternama di dunia.

Dilansir dari GSMArena (22/2/2016) Sony Xperia X akan menghadirkan 3 varian yaitu Sony Xperia X, Xperia XA dan tentunya Xperia X Performance. Kehadiran Sony Xperia X Series tentunya menjadi awal yang baik bagi Sony untuk mempertahankan seri smartphone flagshipnya di pasar Internasional.

Sony Xperia X

Sony Xperia X

Memang ketiga Sony Xperia X series ini memiliki bentang layar 5 inch namun resolusi yang dibawa berbeda. Seri X dan X Performance mengusung Full HD sedangkan XA hanya mengusung HD.  Kemampuan kamera Xperia XA juga berbeda karena harganya yang lebih murah. Sedangkan Sony Xperia X dan X Performance menawarkan fitur menarik yang bertajuk Future Focus Smart Capture.

Slogan Future Focus Smart Capture memang sangat sesuai dengan seri Sony Xperia X dan X Performance karena kemampuan Sony’s Predictive Hybrid Autofocus alias memungkinkan pengguna memilih dan melakukan track terhadap objek yang akan ditangkap. Dengan kamera utama berkemampuan 23 MP rasanya tak mustahil Sony akan kembali merajai kelas smartphone berkamera mumpuni.

Kamera belakang ini mampu melakukan pengambilan gambar dalam jangka waktu hanya 0,6 detik saja jadi termasuk cepat dan responsif. Sony Xperia X dan X Performnce juga membawa fitur kamera selfie terbaik berkat kemampuan kamera depan 13MP jadi untuk masalah hasil jepretan tak usah diragukan lagi.

Sony Xperia X

Sony Xperia X akan didukung chipset Snapdragon 650 yang dipadu dengan RAM 3GB sehingga performanya maksimal. Media simpan yang disajikan berkapasitas 32GB dan dapat ditambah karena memiliki slot MicroSD. Untuk operasi sistemnya akan didukung Android 6.0 Marshmallows ehingga performa secara global akan jauh lebih baik. Tak ketinggalan fingerprint juga disematkan pada tombol power yang sama dengan seri X Performance.

Baterai yang disajikan Sony Xperia X memang tergolong cukup kecil 2.620mAh namun sudah dilengkapi fitur Baterai Ultra agar dapat bertahan hingga 2 hari. Soal Audio juga mumpuni sob karena dukungan speaker yang mumpuni terlebih dengan paduan kualitas Hi-Res Audio dan DNC tentunya tak akan mengecewakan jika dimiliki

Sony Xperia X Performance

Jika deteknokers membutuhkan performa yang jauh lebih optimal maka dapat beralih ke seri Sony Xperia X Performance. Spesifikasi yang dibawa saja sudah optimal karena didukung chipset Snapdragon 820 yang dipadukan dengan RAM 3GB. Sedangkan untuk media simpan yang disajikan berkapasitas 32GB jadi serta disajikan Micro SD jadi optimal untuk menyimpan berbagai file yang sobat miliki.

Seri yang satu ini sudah dibekali dengan sertifikat IP68 yang membuktikan bahwa ponsel ini tahan air serta debu. Sony Xperia X Performance membawa bentang layar 5 inch beresolusi Full HD 1080p sehingga performanya sangat optimal untuk berbagai aktivitas yang deteknokers jalani.

Sony Xperia X Performance

Sony Xperia X Performance

Untuk kemampuan kamera juga sama dengan seri Xperia X sob karena dibekali kemampuan kamera utama 23MP dengan Hybrid AF serta kamera depan 13MP selfie. Kamera utama bisa merekam video hingga resolusi 4K dan dapat meningkatkan ISO hingga angka 12.800. Seperti pada seri Xperia X pada tombol power juga suidah terintegrasi dengan fingerprint.

Sony Xperia XA

Sony Xperia XA adalah versi yang lebuh murah dibanding seri X dan X Performance. memang soal bentang layar yang diabawa sama ya sob dengan penl 5 inch namun nampaknya soal resolusi seri XA ini diturunkan menjadi HD 720p. Untuk kualitas kamera utama juga turun menjadi 13MP sehingga kemampuanya terkesan standar.

Sedangkan dari sisi kamera depan didukung oleh kemampuan 8MP yang memang turun. Soal spesifikasi lainya nampaknya Sony menginginkan ponsel ini menjadi produk yang lebih terjangkau dan terbukti karena pemakaian chipset MediaTek MT6755.

Sony Xperia XA

Sony Xperia XA

Untuk RAM yang disajikan juga turun menjadi 2 GB dan media simpanya 16GB. Namun jangan kawatir karena OS yang diusung adalah Android Marshmallow sehingga performanya dapat dikatakan lebih baik. Memang seri XA tak dilengkapi Fingerprint terbukti dari desain tombol yang menyerupai seri M5 maupun C5.

Daya baterai yang dibawa juga lebih kecil yaitu 2.300mAh jadi pemakaian rasanya akan lebih boros. Ketiga seri Xperia X terbaru ini dapat menjadi andalan Sony untuk meraup pasar lebih luas lagi karena pilihan segmen harga yang disajikan. Kita tunggu saja ketiga seri X ini datang secara resmi ke Indonesia.


Advertisement