Snapdragon X16, Chipset Mumpuni Berkecepatan 1 Gbps

Banner

Detekno.com – Awal tahun ini Qualcomm benar benar sedang membara memproduksi chipset terbaru uang membawa teknologi tinggi. Kemampuan seri Snapdragon memang tk dapat diragukan lagi karena sudah menyertai beberapa smartphone berkelas high end saat ini. Dilansir dari situs FoneArena (12/2/2016) Qualcomm mengumumkan seri chipset terbaru bertajuk Snapdragon X16.

Snapdragon X16 membawa perubahan besar dari sisi konektifitas yaitu mempunyai dukungan LTE Cat.16 yang mampu menghasilkan kecepatan download hingga 1 Gbps dan upload hingga 150 Mbps. Wow sungguh mencengangkan karena sampai saat ini hitungan untuk smartphone kebanyakan mencapai Megabyte. Sudah pasti Snapdragon X16 akan menjadi chipset andalan untuk smartphone di masa depan.

Snapdragon X16

Chipset Snapdragon X16

Konektifitas Snapdragon X16 LTE dibangun oleh proecssor 14nm FinFET dan tentunya Qualcomm RF Transceiver WTR 5975. Qualcomm sendiri menyatakan bahwa Snapdragon X16 adalah chipset kelas Gigabit  LTE pertama yang memang dirancang untuk mendukung tipe jaringan LTE Cat 16. Kecepatan yang dihasilkan kurang lebih dapat menyamai jaringan fiber karena kecepatan download yang mencapai 1 Gbps.

Snapdragon X16 juga mendukung hingga 4 × 20 MHz downlink Carrier Aggregation (CA) pada spektrum FDD dan TDD dengan 256-QAM. Performa Snapdragon X16 juga support uplink mencapai 2 × 20 MHz untuk Carrier Aggregation (CA) dengan 64-QAM untuk kecepatan hingga 150 Mbps.

Kecepatan Gigabit Kelas LTE akan memungkinkan pengguna memanfaatkan fitur seperti live streaming 360 derajat dari konten VR. Akses cepat sudah pasti disajikan untuk menuju aplikasi maupun layanan berbasis cloud disamping lisensi LAA yang dimilikinya (Licensed Assisted Access).

Chipset ini mampu menerima 10 user yang berbeda dengan hanya menggunakan tiga buar carrier 20 MHz. Bersamaan dengan sisi konektifitas Qualcomm juga mengumumkan transceiver WTR5975 RF yang merupakan single chip pertama RF IC.

Transceiver ini support Gigabit Kelas LTE, LTE-U dan LAA dengan 5 GHz dukungan frekuensi berlisensi. Sample Snapdragon X16, WTR5975 dan QET4100 kini memang sudah tersedia namun pemakaian untuk produk komersial seperti smartphone diharapkan dapat terjadi pada pertengahan tahun 2016.


Advertisement