Snapdragon 830 Jadi Next Chipset Flagship Qualcomm?

Detekno.com – Qualcomm memang menjadi vendor chipset ternama karena banyak dipakai di berbagai smartphone flagship masa kini. Tahun ini Qualcomm menghadirkan 2 buah seri powerfull chipset yaitu Snapdragon 820 dan Snapdragon 821. Hampir semua smartphone flagship yang ada di pasaran saat ini menggunakan 2 chipset tersebut dimana tak mengejutkan soal performa yang disajikan memang optimal

Kabar terbaru yang kami dapatkan dari situs Gizmochina (4/10/2016) menyatakan bahwa Snapdragon 830 akan menjadi seri chipset flagship berikutnya dari Qualcomm. Banyak spekulasi beredar bahwa chipset ini akan rilis pada awal tahun depan. Chipset ini lebih kuat serta efisien jika dibandingkan dengan Snapdragon 821 dan rumornya akan digunakan pada Samsung Galaxy S8.

Rumor Snapdragon 830

Rumor Snapdragon 830

Ketika MediaTek akan merilis high-end chipset  terbarunya yaitu Helio X30 tentunya Qualcomm tak mau kalah. Persaingan akan bertambah sengit ketika Qualcomm mengerjakan Snapdragon 830 yang digadang gadang sebagai chipset generasi berikutnya. Rumor seputar Chipset ini memang telah terdengar baik sampai segi spesifikasi nya.

Snapdragon 830 kabarnya akan menggunakan 10nm FinFET process dan Kyro 200 architecture. Sedangkan untuk segi grafis diperkuat oleh GPU Adreno 540 GPU sehingga performa gaming jauh lebih baik. Sisi konektifitas didukung oleh Cat. 16 LTE dengan X16 baseband yang mampu mencapai downlaod speed hingga 980Mbps.

Soal memori menggunakan LPDDR4X dan mampu melakukan video recording beresolusi 4K × 2K / 60fps. Performa dual lifting performance dan functionality mampu menyajikan kinerja lebih cepat serta responsif. Informasi seputar Snapdragon 830 juga tergambar jelas dalam akun twitter analyst asal China yaitu Kevin Wang.

Twitter Seputar Rumor Snapdragon 830

Twitter Seputar Rumor Snapdragon 830

Kevin Wang mempercayai bahwa chipset Qualcomm berikutnya bernama Snapdragon 835, saayangnya ia tak memberi alasan mengapa melewatkan name tag Snapdragon 830. Kemungkinan kemampuan Snapdragon 830 dibekali dengan clock speed yang lebih lambat jika dibandingkan dengan Snapdragon 835.

Kemungkinan hal tersebut berlaku sehingga mirip dengan apa yang terjadi dengan Snapdragon 820 dan 821. Tapi untuk saat ini memang terlalu dini untuk memprediksi apa yang akan terjadi. Waktu rilis Snapdragon 830 masih beberapa bulan lagi sehingga lebih baik menunggu rincian yang lebih jelas melalui Qualcomm.


Advertisement