Snapdragon 830 Akan Usung Super Fast Quick Charge 4.0?


Detekno.com – Jika deteknokers amati seri Snapdragon 820 dan 821 memang menjadi andalan mayoritas smartphone flagship pada tahun ini. Dapat dikatakan keduanya adalah chipset tercepat yang tersedia di pasaran saat ini. Rumor yang beredar Snapdragon 821 yang dikatakan powerful ini akan diganti dengan generasi baru yang lebih mantap kinerjanya yaitu Snapdragon 830.

Dilansir dari GizmoChina (12/11/2016) kabarnya Snapdragon 830 akan mengusung fitur baru yaitu Quick Charge 4.0. Ini adalah generasi keempat teknologi pengisian cepat dimana beberapa detail informasi menyatakan performanya lebih cepat dibandingkan Quick Charging 3.0. Saat ini memang kebanyakan orang belum menikmati Quick Charging 3.0 karena hanya disertajan pada seri menengah sampai flagship semata.

Snapdragon 830

Snapdragon 830 Berfitur Quick Charge 4.0

Performa pengisian daya cepat dari Quick Charge 4.0 terjadi karena asupan daya 28W. Quick Charge 4.0 dikatakan akan memiliki konfigurasi 5V/4.7A~5.6A, 9V/4A yang membenarkan performa ekstra cepat.  Menurut Intelligent Negotiation for Optimum Voltage (INOV) teknologi ini harusnya tersedia untuk mengusi daya baterai yang lebih besar.

Hal ini masuk akal karena trend smartphone flagship masa kini memiliki baterai yang besar sehingga agak susah jika tak diimbangi dengan pengisian cepat. Jika diingat smartphone pertama yang menggunakan Snapdragon 820 yaitu Le Max Pro Rilis pada awal tahun lalu tepatnya bulan Januari. Jadi terbuka kemungkinan bahwa seri smartphone pertama yang menggunakan Snapdragon 830 akan rilis pada bulan January 2017 nanti.

Namun hal ini bisa juga meleset mengingat tahun lalu Qualcomm mengalami hambatan overheating pada Snapdragon 810 sehingga dengan cepat merilis 820. Quick Charge 4.0 akan menjadi inovasi terbaru pada smartphone flagship berikutnya. Namun voltase daya yang tinggi pada Quick Charge 4.0 juga menimbulkan resiko lain diantaranya overheat yang mempengaruhi kinerja smartphone.

Tahun ini memang banyak hal berbeda dan positif yang disajikan beberapa chipmaker terkhususnya pada Snapdragon 821 yang menjadi andalan beberapa smartphone flagship. Sayangnya untuk detail lain dari chipset Snapdragon 830 belum terungkap sehingga masih menimbulkan rasa penasaran beberapa pihak.  Jadi kita lihat saja kedepannya apakah teknologi baru ini aman digunakan dan memiliki performa yang optimal.


Advertisement