5 Smartphone Ternama Yang Dirilis 5 Tahun Lalu

Detekno.com – Daftar Smartphone ternama ini menjadi daftar Smartphone yang pastinya sobat ingat saat masa kejayaannya. Kenapa dipilih 5 tahun yang lalu ? karena pada tahun 2011 adalah tahun yang penting bagi industri Smartphone Dunia karena di tahun tersebut banyak vendor yang hengkang dan ada yang naik di industri tersebut.

Dilansir dari halaman Phonearena, ditahun 2011 Nokia kehilangan tempat dibisnisnya menjadi vendor Smartphone setelah mereka kalah dengan Samsung dan Apple. Di Tahun itu tepatnya bulan Februari 2011 Nokia secara mengejutkan mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan Windows Mobile sebagai OS Smartphone utamanya. Dan akan menjual OS Symbian yang menjadi OS yang berjasa menaikkan kepopuleran mereka.

Setelah resmi mengumumkan akan menggunakan OS Windows, Nokia membuat seri Nokia Lumia 800 dan Lumia 710 hasilnya tetap tidak mendongkrak kepopuleran Nokia kembali. Dan akhirnya Nokia menjual Smartphone dan jasa unitnya ke Microsoft sehingga sekarang Microsoft bisa membuat seri Lumia sendiri dan Symbian OS nokia tersebut ditinggalkan.

Tahun 2011 memang menjadi tahun yang sulit bagi Nokia, tapi untuk para vendor lainnya sepertinya menjadi tahun yang bagus untuk memperkenalkan Smartphone terbaik mereka. Hal ini bisa sobat lihat di daftar Smartphone ternama di tahun 2011 pada ulasan ini.

Daftar Smartphone Ternama Tahun 2011

5 Smartphone Ternama Yang Dirilis 5 Tahun Lalu

5 Smartphone Ternama Yang Dirilis 5 Tahun Lalu

  1. Samsung Galaxy S II

Seri pertama Galaxy S diperkenalkan pada tahun 2010 lalu dilanjutkan dengan seri Samsung Galaxy S II yang dirilis tahun 2011. Handset ini menawarkan desain dan spesifikasi yang sempurna yang mampu membuat pasar tertarik untuk menaikkan kepopuleran handset tersebut. Memiliki ketebalan 8.49 mm membuat Galaxy S II dijuluki sebagai salah satu Smartphone tertipis di tahun 2011.

Samsung Galaxy S II

Samsung Galaxy S II

Berkat prosesor Dual Core 1.2 GHz dari chipset Exynos 4210 dan RAM 1 GB. Handset yang satu ini memiliki kekuatan yang patut diperhitungkan kala itu. Ia memiliki layar berukuran 4.3 inches berpanel Super AMOLED membuatnya mampu menyuguhkan gambar yang tajam walau masih kalah dengan iPhone Retina. Sistem operasinya memakai Android 2.3 Gingerbread yang sudah di upgrade ke Android 4.1 Jelly Bean. Selama 1 tahun sejak diluncurkan Samsung berhasil menjual 20 juta unit Samsung Galaxy S II diseluruh Dunia.

  1. HTC Sensation

HTC Sensation dirilis setelah satu bulan Samsung merilis Samsung Galaxy S II. Smartphone ini di tahun 2011 dijuluki sebagai Smartphone paling tampan di tahun 2011 karena dirinya dibuat oleh materal aluminium dan memiliki sisi yang melengkung.

HTC Sensation

HTC Sensation

Soal layar, ia menggunakan layar 4.3 inches S-LCD dengan resolusi 540 x 960 pixels yang merupakan resolusi layar tertinggi saat itu di sebuah Smartphone Android tahun 2011. Dibagian lainnya, ia mengusung prosesor Dual Core dari chipset Qualcomm Snapdragon S3 dan memiliki kecepatan 1.2 GHz. Soal RAM ia hanya dibekali RAM 768 MB dan memakai UI Android 2.3 yang sudah bisa upgrade ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

  1. Apple iPhone 4S

IPhone 4S memiliki spesifikasi dan fitur yang lebih baik dari genersi iPhone 4. Fitur yang perlu sobat deteknokers ketahui salah satunya adalah fitur Siri yang  merupakan asisten pribadi para pengguna iPhone 4S cara kerjanya seperti Google Now dan Cortana. IPhone 4S menjadi Smartphone ternama di tahun 2011 karena dirinya dibekali prosesor Dual Core dari chipset Apple A5, ini adalah chipset pertama iPhone yang ber prosesor Dual Core di Dunia.

Apple iPhone 4S

Apple iPhone 4S

Kamera belakangnya beresolusi 8 MP yang sudah mampu merekam video beresolusi Full HD. Handset ini juga memiliki RAM 512 MB dengan layar 3.5 inches Retina Display dan resolusi 640 x 960 pixels.

  1. Motorola Droid Razr

Motoro Droid Razr adalah Smartphone yang mengusung jaringan 4G LTE yang ber desain tipis. Kemunculan Droid Razr membuat vendor tersebut mampu naik daun kembali setelah sebelumnya turun pamor dipasaran.

Motorola Droid Razr

Motorola Droid Razr

Smartphone ternama di tahun 2011 ini mengusung layar 4.3 inches beresolusi 540 x 960 pixels yang sudah memakai layar Super AMOLED. Mendukung prosesor Dual Core berkecepatan 1.2 GHz dan menjadi Smartphone High End kala itu karena sudah membawa RAM berkapasitas 1 GB dan kamera belakang 8 MP berfitur video recording Full HD.

  1. Samsung Galaxy Nexus

Galaxy Nexus dirilis pada bulan November 2011. Ini adalah Smartphone pertama yang memakai Android 4.0 Ice Cream Sandwitch dan memperkenalkan fitur navigasi pada layar, pengenalan wajah, konektivitas NFC dan tampilan user interface yang jernih.

Samsung Galaxy Nexus

Samsung Galaxy Nexus

Smartphone ternama ini juga menjadi Smartphone pertama di Dunia yang dibekali resolusi layar Full HD dengan ukuran 4.65 inches Super AMOLED dan memiliki kerapatan pixel hingga 316 ppi. Soal dapur pacunya, Galaxy Nexus membawa prosesor Dual Core berkecepatan 1.2 GHz dan RAM 1 GB yang menjadi handset tercepat kala itu.

Baca Juga : 7 HP Android Anti Air Terbaik Dari Berbagai Vendor

Itulah daftar Smartphone ternama di tahun 2011, dari daftar diatas apakah sobat sudah pernah memiliki salah satu Smartphone tersebut ? . Dari ulasan ini bisa terlihat Samsung, HTC, Apple masih menjadi vendor yang patut untuk diperhitungkan. Sedangkan Motorola sudah dibeli oleh Lenovo dan nama Motorola dikabarkan akan dihilangkan secara perlahan lahan oleh Lenovo.


Advertisement