Smartphone Project Ara Kembali Tertunda Sampai 2016

Detekno.com – Kabar buruk bagi sobat deteknokers yang menantikan kehadiran Smartphone Project Ara buatan Google, yang sebelumnya di kabarkan akan dirilis pada tahun 2015 ini. Proyek ambisius buatan Google yang memungkinkan smartphone yang diganti-ganti komponennya sesuai kebutuhan tersebut, memang layak ditunggu. Namun sudah 2 tahun lamanya Project Ara belum rampung digarap untuk dipasarkan secara massal.

Apabila Smartphone Project Ara benar-benar dirilis kepasaran, pastinya bisa menjadi solusi untuk mempermudah pengguna smartphone dalam mendapatkan smarpthone terbaik, sesuai kebutuhan spesifikasi yang mereka inginkan. Sebagai gambaran, apabila sobat ingin mengganti sensor kamera, chipset, baterai, processor, ataupun komponen lainnya maka tinggal menggantinya tanpa perlu membeli smartphone baru.

Smartphone Project Ara

Smartphone Project Ara

Teknologi yang dikembangkan oleh Google ini, pastinya bisa merubah industri smartphone secara drastis yang selama ini masih dikuasai vendor smartphone sekelas Samsung, LG, Apple, dan Lenovo. Terbukti saat Google memperkenalkan prototipe Project Ara pada acara Google I/0 2015, terlihat antusiasme penggunjung yang tertarik akan kemampuan smartphone “Jangkrik” yang bisa dibongkar pasang tersebut.

Layaknya sebuah komputer, kita akan diberi kebebasan melakukan upgrade smartphone projek ara dengan komponen yang kita idamkan. Namun kabarnya baru tahun 2016 Project Ara baru siap dirilis kepasaran, sesuai kecauan twitter @ProjectAra yang mengatakan bahwa Project Ara tertunda karena masih dibutuhan pengembangan lagi, dan kemungkinan Project Ara baru akan hadir pada tahun 2016.

Penundaan ini pastinya membuat sobat deteknokers kecewa berat, namun menurut kami hal ini sangat wajar, mengingat kerumitan dalam membuat sebuah smartphone modular yang bisa dibongkar pasang. Pastinya dibutuhkan ketelitian tingkat tinggi dan percobaan berulang kali agar nantinya Smartphone Project Ara bisa berjalan dengan lancar dalam menjalankan sistem operasi Android yang didesain khusus untuk Smartphone Project Ara.

Seperti detekno lansir dari Detik Inet, meyebutkan bahwa kemungkinan Project Ara baru akan hadir pada gelaran Google I/O tahun 2016 yang biasanya diselenggarakan pada bulan Mei atau Juni. Jadi masih butuh waktu satu tahun lamanya untuk merasakan kehabatan smartphone modular buatan Google tersebut. Bagaimana, apakah sobat deteknokers sabar menunggu ?, atau lebih memilih membeli smartphone biasa ?


Advertisement