Smartphone Entry-Level Panasonic P9 Resmi Dirilis, Spesifikasinya ?

Detekno.com – Panasonic baru saja merilis smartphone bernama P9. Smartphone ini dipasarkan untuk mengisi segmen-entry level dengan mengusung layar 5 inci yang memiliki resolusi 854 x 480 pixels. Layar tersebut dilindungi kaca Asahi Dragon Trail Glass, sehingga lebih kuat dalam menahan gorean ataunpun benturan. Sayangnya resolusi layar Panasonic P9 terlalu rendah untuk sebuah smartphone yang dirilis pada tahun 2017, karena seharusnya smartphone ini memakai layar HD 720p.

Panasonic P9

Panasonic P9

Dapur pacunya juga penuh keterbatasan. Hanya tersedia processor Quad Core 1.1 Ghz dan chipset Mediatek MT6747M. Untungnya smartphone ini telah memakai processor 64-Bit dan tersedia GPU Mali-T720 sebagai pengolahan grafisnya. Lalu ada pula Ram berkapasitas 1GB dan memori internal 16GB yang bisa diperluas dengan menambahkan microSD kedalam slot memori eksternal hingga kapasitas 32GB. Menariknya, smartphone ini juga sudah mengadopsi OS Android Nougat 7.0.

Hadirnya sistem operasi Android Nougat menjadi salah satu kelebihan utama Panasonic P9. Selain itu, smartphone ini juga memiliki baterai berkapasitas 2.210 mAh yang kemungkinan bisa kita lepas. Kemudian untuk kameranya, Panasonic P9 memiliki kamera depan beresolusi 5 Megapixel dan kamera belakang 8 Megapixel yang dilengkapi fitur autofocus, LED Flash dan memiliki aperture f/2.0. Untuk merekam video kemungkinan hanya bisa menghasilkan video HD 720p.

Spesifikasi Panasonic P9 masih dibawah Xiaomi Redmi 4A yang sama-sama dibanderol dibawah 1.5 Juta Rupiah. Untungnya smartphone ini sudah mendukung jaringan 4G LTE dan teknologi VoLTE. Lalu ada pula dua slot kartu sim yang akan mempermudah kita berkomunikasi dengan dua nomer telepon berbeda. Selain itu, tersedia pula konektivitas pendukung berupa WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, dan navigasi GPS. Alhasil fitur konektivitasnya cukup lengkap dan sebanding dengan harga Panasonic P9.

Panasonic P9 tersedia dalam pilihan warna emas dan hitam. Smartphone ini telah dirilis di Indonesia dengan harga Rs. 6290 (USD$98) atau setara Rp. 1.3 Jutaan. Harganya hampir setara Xiaomi Redmi 4A atau Redmi 4X yang bisak kita dapatkan di Indonesia dengan harga dibawah 1.5 Juta Rupiah.