Smartphone Digicoop Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

Detekno.com – Pasar smartphone android di Indonesia kembali kedatangan tamu baru. Dimana tamu baru itu adalah Koperasi Digital Indonesia Mandiri alias KDIM yang baru saja merilis smartphone android bernama Digicoop. Bisa dikatakan smartphone Digicoop ini adalah asli hasil karya anak bangsa dan patut kita dukung. Pihak KDIM sendiri resmi merilis smartphone ini pada tanggal 20 Januari 2017 dan secara resmi juga mengatakan bahwa para anggota KDIM akan mendapatkan smartphone Digicoop secara gratis.

Dilansir dari halaman Kompas Tekno, Henry Kasfy selaku Ketua KDIM mengungkapkan bahwa Digicoop adalah smartphone android pertama yang benar-benar hasil karya anak Bangsa. Karena memang dibuat dari manfaat sebuah koperasi Indonesia. Acara perilisan Digicoop sendiri dilakukan di Pabrik V.S Technology yang terletak di Bekasi, Jawa Barat. Lebih lanjutnya Henry mengatakan bahwa Digicoop tidak hanya dibekali spesifikasi cukup menggiurkan untuk sebuah smartphone entry level namun smartphone android ini juga mempunyai aplikasi buatan lokal.

Smartphone Digicoop Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

Smartphone Digicoop Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

Bicara mengenai spesifikasi Digicoop, ia hadir dengan layar berukuran 5.7 inci. Sayangnya belum diketahui apakah resolusi layar yang diberikannya sudah HD atau belum. Begitu juga pelindung layar pada Digicoop apakah sudah ada atau belum. Sektor dapur pacunya diperkuat oleh prosesor Quad Core 1.5 Ghz dan RAM 1 GB. Cukup standar memang untuk sebuah smartphone kelas entry level. Namun karena ponsel ini adalah ponsel pertama dari KDIM, maka hal ini wajar.

Digicoop juga mempunyai kamera utama beresolusi 5 MP dan kamera depan 2 MP. Untuk menyimpan foto ataupun penyimpanan aplikasinya, Digicoop mengandalkan memori internal 8 GB. Salah satu yang menarik dari Digicoop adalah ia sudah didukung oleh sistem operasi Android Marshmallow. Cukup mengesankan karena biasanya produk buatan lokal masih dibekali android lollipop. Meskipun dipasarkan untuk kelas bawah, namun dari segi konektivitas Digicoop sudah mempunyai dukungan jaringan 4G LTE dan slot kartu Dual SIM.

Sayangnya untuk sokongan daya baterainya masih tergolong kecil hanya 1800 mAh saja. Jadi sobat deteknokers diwajibkan untuk mempunyai powerbank karena pastinya sangat diperlukan saat sobat melakukan perjalanan keluar kota dengan Digicoop. KDIM memang akan membagikan secara gratis Digicoop bagi semua anggota KDIM. Buat yang menginginkan smartphone ini maka bisa melakukan pendaftaran anggota KDIM baru yang diwajibkan bagi setiap anggota KDIM melakukan iuran pokok sebesar Rp 100.000,- dan iuran wajib Rp 100.000,- atau Rp 1.200.000,- per tahun. Perlu sobat ketahui ini bukan biaya cicilan Digicoop namun merupakan biaya iuran anggota.

Jika sobat menjadi anggota KDIM sobat tidak hanya akan mendapatkan smartphone Digicoop secara gratis. Melainkan juga akan mendapatkan seluruh manfaat Koperasi. Beberapa manfaat koperasi adalah dari bagi hasil, bagi keuntungan dari layanan iklan. Saat dikonfirmasi kapan KDIM akan menjual Digicoop secara bebas dipasaran, pihak KDIM mengatakan masih belum ada rencana sampai saat ini untuk menjual Digicoop secara bebas.