Serem, Snapdragon 820 SoC Menang Telak Pada Uji Benchmark

Detekno.com – Belum jelas mengenai akan kepastian kemunculan dari chipset terbaru milik Qualcomm dengan nama Snapdragon 820, banyak kabar mengatakan kalau otak smartphone terbaru yang dibuat oleh Qualcomm ini akan dirilis pada akhir tahun 2015, ada pula yang bilang muncul di kuartal pertama tahun 2016. Seperti dilansir dari laman GSMarena yang didapat dari gizchina, mengatakan chipset terbaru dari Qualcomm ini telah melakukan dua uji coba benchmark menggunakan Geek Bench dan GFX Bench.

Uji GeekBench Snapdragon 820 | Sumber : GSMarena, tomshardware

Uji GeekBench Snapdragon 820 | Sumber : GSMarena, tomshardware

Penasaran akan hasilnya? kita mulai dari uji coba snapdragon 820 dengan menggunakan alat tes uji GeekBench. Menggunakan alat uji tersebut terlihat kalau pada uji single core terlihat Sanpdragon 820 memang kalah dibanding Apple A9, tetapi tidak dengan pendahulunya, karena dirinya mampu menghasilkan score 2366. Sedangkan untuk Multi-core, terpampang jelas Snapdragon 820 memberikan hasil 5477, dan Apple A9 berada pada urutan no 5 kebawah, sedangkan Helio X10 menempati urutan ke tiga dibawahnya.

Dengan demikian saja sudah terlihat jelas, bahwa performa dan kinerja yang dihasilkan oleh snapdragon 820 begitu seram dan ngeri, yang kemungkinan besar lebih negeri lagi jika sudah diterapkan pada sebuah perangkat smartphone, entah itu dari samsung ataupun perangkat lain yang dikatakan sudah memesan menjadi yang pertama untuk menggunakan otak paling canggih tersebut. Selanjutnya giliran uji benchmark menggunakan GFXBench.

Ada banyak tes yang dilakuakn menggunakan alat uji kedua ini, muali dari tes layar menggunakan resolusi hingga 2560 x 1600 pixel, yang dibandingkan bersama kualitas layar 2560 x 1440 pixel serta kualitas layar 1080p, yang mana pada halam tersebut dikatakan, penguji menggunakan Adreno 530 pada bagian GPU. Dan hasilnya begitu menakjubkan. Bagaimana tidak, hasil skor yang muncul membuktikan kalau Exynos meraih skor hingga 131.648 poin, yang dengan demikian berarti hasil tersebut mengalahkan telak chipset dari pengembang smartphone no 1 di dunia, yakni Apple dengan chipset anyarnya yang dinamai “A9”.

UJI GFXBench Snapdragon 820 | Sumber : GSMarena, tomshardware

UJI GFXBench Snapdragon 820 | Sumber : GSMarena, tomshardware

Akan tetapi sayangnya, untuk uji benchmark diatas banyak yang meragukan, apakah itu benar, atau hasil dari editan. Semua itu bisa sobat ketahui jika nantinya Qualcomm telah benar-benar dan secara resmi merilis serta mengumumkan akan spesifikasi yang dibawa oleh chipset terbarunya, yang semua informasi tersebut bisa sobat dapatkan melalui laman berita yang ada di Detekno.


Advertisement