Samsung Perkenalkan 2 Sensor Kamera Tipis Untuk Digunakan Smartphone Mana ?

Detekno.com – Tidak hanya membuat smartphone, tablet dan kamera saja. Samsung juga dikenal sebagai perusahaan teknologi yang membuat beraneka macam komponen smartphone, diantaranya chipset dan sensor kamera. Hari ini pabrikan asal Korea Selatan ini merilis 2 sensor kamera yang masing-masing mempunyai sensor 12 megapiksel dan 24 megapiksel.

Kedua sensor kamera ini hanya ditujukan untuk smartphone saja dan mempunyai bentuk yang tipis. Desainnya yang tipis difungsikan untuk supaya modul kamera ponselnya bisa rata dengan bodi ataupun tidak membuat modul kamera terlihat menonjol. Bisa jadi ke depan smartphone Samsung selanjutnya tidak akan terlihat menonjola di bagian kamera belakang tidak seperti Samsung Galaxy Note 5.

Samsung Perkenalkan 2 Sensor Kamera Tipis Untuk Digunakan Smartphone Mana

Samsung Perkenalkan 2 Sensor Kamera Tipis Untuk Digunakan Smartphone Mana

Lalu smartphone seri berapakah yang akan pertama kali menggunakan modul kamera teranyar Samsung ini ?. Ada beberapa media yang berspekulasi bahwa modul ini akan digunakan untuk Samsung Galaxy S9. Sensor 12 megapiksel ini bernama ISOCELL Fast 2L9 dan sudah dibekali teknologi dual pikxel untuk memungkinkan mengambil autofocus yang kencang. Dual pixel nya ini juga memakai dua fotodioda untuk setiap pixel di sensor yang digunakan untuk mendeteksi jarak subyek dengan cepat dan mudah layaknya mata manusia.

Dirangkum dari halaman DPReview, teknologi dual pixel buatan Samsung ini bisa menyimulasikan efek bokeh hanya dengan satu kamera saja. Jadi nantinya smartphone yang memakai sensor ini tidak memerlukan dua kamera. Tentu ini sangat berbeda dengan smartphone dual kamera yang kini sudah ada dipasaran.

Pada tiap piksel sensor ISOCELL Fast 2L9 ini mempunyai ukuran 1,28 nanometer. Sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan 1,4 nanometer yang ada di sensor kamera smartphone flagship Samsung seperti Galaxy S8 dan Galaxy Note 8. Lalu untuk sensor kedua yang bernama ISOCELL SLIM 2X7 mempunyai resolusi 24 megapiksel. Dimana ukuran tiap pixelnya mempunyai ukuran yang lebih kecil hanya 0.9 nanometer saja. Jika semakin besar ukuran pixel, maka basanya akan semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan oleh sebuah sensor kamera tersebut. Selain itu Samsung juga menyematkan teknologi yang bernama Depp Trench Isolation yang berguna untuk mengurasi crosstalk antar piksel yang di klaim dapat meningkatkan kualitas gambar yang diambil.