Samsung Galaxy S8 Diperkuat Exynos 8895 SoC + ARM Mali-G71?


Detekno.com – Hampir tak ada jeda bagi samsung untuk selalu berinovasi, setidaknya kabar terbaru seperti dilansir dari laman GSMarena, menyebutkan beberapa spesifikasi inti dari flagship milik produsen smartphone asal korea selatan tersebut, yang akan mengusung sebutan nama Samsung Galaxy S8. Sobat deteknokers yang selalu mengikuti perkembangan flagship ini dihalaman detekno, pastinya tau akan kabar yang berkembang mengenai Exynos 8895, sebuah chipset terbaru garapan samsung dengan clock speed lebih tinggi dan lebih baik dari generasi sebelumnya.

Selain memiliki akan dua hal itu tadi, menurut sumber, bagian inti tersebut bakal ditemani dengan pengolah grafis Mali-G71. Dari segi perubahan, memang terkesan biasa, tapi tidak jika sobat mengetahui kemampuan yang ditawarkan olehnya, pasalnya GPU ini di klaim lebih cepat ketimbang GPU ARM terbaru dari Qualcomm yang akan dibawa oleh Snapdragon 830 nantinya. Tentunya hal itu menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi para pengguna smartphone dunia, mengingat chipset Qualcomm yang digunakan oleh Samsung, seringkali hanya mampir di amerika saja.

GPU Samsung Galaxy S8 | Sumber : GSMarena

GPU Samsung Galaxy S8 | Sumber : GSMarena

Terlepas dari itu semua, dikatakan GPU satu ini kompatibel dengan Vulkan API, OpenGL ES 3.2, GPU Compute, dan Android RenderScrip. Kemudian dirinya juga berjalan pada 850MHz it provides 27.2Gpix/s, serta di buat dengan proses 16nm. Alhasil dengan racikan sedemikian, bukan tak ada kata tidak mungkin baginya untuk bisa visualisasikan gambar di atas layar dengan tampilan super jernih, bahkan kabar terahir menyatakan kalau GPU ini telah mendukung adanya perangkat VR dan resolusi 4K lebih baik dari apa yang digunakan oleh generasi sebelumnya.

Tak cukup berhenti sampai disitu saja, guna mengoptimalkan sektor GPU, bagian CPU Exynos 8895 juga akan di garap oleh samsung pada proses 10nm. Meski belum resmi dinyatakan oleh pihak pengembang, tapi hal ini haruslah dilakukan oleh samsung, agar chipset yang kini tengah masuk dalam tahap pengembangan lebih ramah terhadap pemakaian baterai. Terlebih clock speed pada CPU mencapai 3 GHz, angka yang terbilang tinggi untuk sekarang ini, atau bisa pula disebut lebih tinggi dari Exynos 8890.

Bagaimanan menurut sobat akan racikan spesifikasi bagian inti dari flagship terbaru samsung tersebut ? mantap banget kan ? apalagi bila samsung tambahkan RAM berukuran ekstra besar dan ruang simpan ektra, tentunya Samsung Galaxy S8 dapat memberikan performa serta kinerja sesuai dengan apa yang kebanyakan pengguna smartphone inginkan, akan tetapi itu semua belumlah final, masih ada proses lagi yang harus dilewati oleh samsung dalam membuat bagian inti dari S8, yang selengkapnya bisa sobat ketahui hanya di detekno.


Advertisement