Rumor : Samsung Galaxy S9 Dibekali Chipset Snapdragon 845?

Detekno.com –  Tahun 2018 nanti tentunya persaingan smartphone flagship dari berbagai vendor akan semakin ketat terjadi. Banyak pihak berspekulasi chipset keluaran terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 845 yang akan menjadi komponen utama smartphone flagship tahun depan. Seri yang kabarnya akan muncul adalah Samsung Galaxy S9 dan Xiaomi Mi 7 dimana akan memiliki fitur andalah seperti fitur full-screen design dan tentunya 3D face recognition.

Informasi terbaru yang didapatkan dari leakster asal China mengungkap chipset Snapdragon 845 sudah dipesan untuk smartphone flagship Samsung yaitu Galaxy S9 dan Galaxy S9+. Pada bulan Juli lalu Qualcomm mengajukan pengaduan ke Komisi Perdagangan Internasional terhadap Apple dan dokumen yang diajukan berisi beberapa referensi seputar chipset Snapdragon 845 yang akan dirilis pada masa mendatang. Snapdragon 845 akan menjadi chipset 7nm berfitur processor octa-core processor dengan GPU Adreno 630.

Samsung Galaxy S9

Samsung Galaxy S9

Tentunya Snapdragon 845 akan menjadi suksesor bagi pendahulunya Snapdragon 835 dan kemungkinan besar akan diumumkan pada akhir tahun ini. Sejak Samsung membuat kesepakatan dengan Qualcomm tahun ini untuk mendapatkan stok awal chipset Snapdragon 835 untuk seri Galaxy S8 dan Galaxy S8 +. Leakster dari China mengklaim bahwa Samsung telah bersepakat dengan Qualcomm untuk mulai mendapatkan stock Snapdragon 845 yang akan dipasangkan pada Samsung Galaxy S9 duo.

Hal tersebut menunjukkan bahwa smartphone flagship dari vendor lain sepertinya akan rilis dengan Snapdragon 845 sebelum pengumuman rilis resmi Galaxy S9 dan S9+. Sementara itu pada situs Geekbench juga terungkap spesifikasi Galaxy S9 yang memang benar benar memakai chipset Snapdragon 845. Kabar lain menyatakan bahwa Xiaomi Mi 7 akan menjadi smartphone flagship China pertama yang memakai Snapdragon 845. Jadi akan terjadi persaingan yang ketat antara Galaxy S9 dan Xiaomi Mi 7 di tahun depan.

Dalam berita terkait, LG V30 akan memulai debutnya pada tanggal 31 Agustus besok sehingga semakin meramaikan persaingan smartphone flagship. Sementara itu untuk flagship lain itu LG G7 kemungkinan akan dirilis pada bulan Januari 208 pada event CES atau MWC. Tentunya hal ini mengindikasikan bahwa LG G7 tak akan menggunakan chipset Snapdragon 845 karena dirilis lebih dulu dibanding Samsung Galaxy S9 duo. Namun rumor lain mengklaim bahwa LG juga akan mendapatkan stock Snapdragon 845, jadi kita tunggu saja kejutan apa yang akan disajikan seri flagship di tahun depan.