Robot Lenovo Smart Assistant Resmi Diperkenalkan

Detekno.com – Buat para penggemar film Marvel khususnya Iron Man, pastinya sangat mengenal nama Jarvis. Jarvis yang merupakan sebuah robot asisten dari Iron Man ini dibekali sebuah kecerdasan yang luar biasa yang bisa menjawab beragam pertanyaan dan bisa melakukan urusan rumah milik Tony Stark sang Iron Man. Mungkin bagi sebagian orang sosok Jarvis di Dunia nyata bisa jadi sebuah ilusi saja. Namun buat sebagian orang lagi, sosok Jarvis ini bisa jadi akan terbukti ada di Dunia nyata.

Kabar baiknya, Lenovo baru memperkenalkan sebuah robot Smart Assistant yang mempunyai kemampuan mirip dengan Jarvis. Dilansir dari halaman Kompas Tekno, Lenovo Smart Assistant ini mempunyai bentuk menyerupasi sebuah tabung. Lewat Lenovo Smart Assistant sobat deteknokers bisa menanyakan berbagai macam pertanyaan dari informasi cuaca, kurs mata uang terkini dan masih banyak pertanyaan yang bisa dijawab oleh robot asisten buatan Lenovo ini. Selain itu ia juga bisa mematikan ataupun menghidupkan lampu dan memutar musik favorit para penggunanya.

Lenovo Smart Assistant

Lenovo Smart Assistant

Lenovo Smart Assistant memakai sebuah aplikasi Amazon Alexa yang tidak lain aplikasi tersebut buatan dari Amazon. Layanan ini akan memungkinkan pengguna bisa berinteraksi dengan sebuah alat hanya lewat suara saja. Di ajang CES 2017 yang berlangsung di Las Vegas, Lenovo memperagakan bagaimana Lenovo Smart Assistant ini bekerja. Robot ini dilengkapi dengan kecerdasaran yang bisa mengenali suara serta memahami kalimat dalam bahasa Inggris serta bahasa Mandarin. Nantinya si Robot ini akan mengubahnya menjadi sebuah kode dan selanjutnya ia akan menerima perintah tersebut lalu menjalankan perintah itu.

Lenovo Smart Assistant akan mencari data dari Cloud lewat koneksi Wifi. Jika data yang tepat sudah ditemukan maka robot ini akan memberikan jawaban berupa suara. Interaksi yang diberikan oleh Robot ini akan membuat pengguna berbicara dengan robot tersebut dengan nyaman dan tidak merasa kaku. Lalu untuk menjalankan perintah menyalakan lampu atau memutar sebuah musik. Lenovo Smart Assistant diwajibkan untuk terhubung dengan sistem rumah pintar milik penggunanya. Lewat sistem rumah pintar itulah Lenovo Smart Assistant bisa mengatur segala hal yang ada di rumah tersebut.

Pada acara perkenalannnya itu Lenovo sangat nyakin bahwa kebutuhan manusia akan teknologi robot asisten ini sangatlah diperlukan pada masa yang akan datang. Pasalnya mereka sudah melakukan beragam eksperimen serta pengumpulan data. Yang menunjukkan bahwa masyarakat khususnya di Amerika Serikat sangat tertarik dengan robot asisten yang mirip Jarvis. Lenovo Smart Assistant direncanakan akan mulai debutnya pada Mei 2017 dan harga Lenovo Smart Assistant ditaksir mencapai USD $130 atau Rp 1,7 jutaan saja.