Review Xiaomi Xiaoyi Ants Smart Camera Night Vision

Banner

Detekno.com – Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision merupakan Kamera CCTV yang sudah lama di buat oleh Xiaomi untuk melengkapi produk-produk Smart Home mereka. Kegunaan kamera Xiaomi Xiaoyi Ants ini tentu sudah jelas yakni untuk memantau keadaan di sekeliling ruangan atau lingkungan yang dirasa perlu pengawasan yang lebih. Nah pada kesempatan kali ini team detekno berkesempatan untuk melakukan review Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision yang kami beli lewat penjual di Tokopedia.

Perlu sobat deteknokers ketahui bahwa ada 2 versi Xiaomi Xiaoyi Ants yang saat ini beredar dipasaran versi pertama Xiaomi Xiaoyi Ants biasa dan versi kedua Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision. Perbedaan yang sangat mencolok antara kedua versi tersebut adalah untuk versi kedua yakni Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision bisa secara otomatis berpindah ke mode infra merah saat kondisi minim cahaya atau malam hari, sehingga kualitas gambar yang dihasilkan akan tetap bagus sedangkan untuk Xiaomi Xiaoyi Ants biasa tidak bisa melakukan hal seperti itu sehingga kalau kondisi di malam hari hasilnya akan kurang bagus.

Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision yang kami review ini memiliki banyak fitur yang menarik untuk di coba diantaranya mendukung sensor gerakan, bisa diakses melalui Smartphone atau Tablet, ada speaker, lensa mendukung wide angle yang luas dan bisa berpindah ke mode Inframerah secara otomatis jika dalam kondisi kurang cahaya. Fitur sensor gerakan di Xiaomi Xiaoyi Ants ini berfungsi untuk merekam secara otomatis dan menyimpan file nya ke dalam microsd yang ada di Xiaomi Xiaoyi Ants jika ada gerakan yang tertangkap maka kamera ini akan segera mengambil rekaman pada saat itu juga jadi kamera ini tidak harus merekam setiap saat yang mengakibatkan boros kapasitas penyimpanan.

Fitur akses yang luas, sobat deteknokers bisa mengakses kamera Xiaomi Xiaoyi Ants hanya dengan Smartphone atau Tablet dari Android atau iOS yang sudah terinstall aplikasi Yi Home. Fitur Speaker, menariknya di kamera CCTV Xiaomi ini ia bisa mengeluarkan suara sehingga jika sobat ada di luar rumah dan melihat di aplikasi Yi Home ada seseorang yang masuk rumah sobat tanpa permisi sobat bisa melakukan peringatan lewat fitur speaker ini. Mendukung fitur Wide Angle yang luas, lensa yang digunakan Xiaomi Xiaoyi Ants ini tergolong berkelas walau harga Xiaomi Xiaoyi Ants sangat murah untuk sebuah kamera CCTV yang berfitur lengkap dengan lensa Wide Angle, Xiaomi Xiaoyi Ants mampu merekam video atau mengambil gambar dengan luas. Untuk lebih lanjut mengenai review Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision sobat deteknokers bisa melihatnya dibawah ini :

Review Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision

Review Xiaomi Xiaoyi Ants

Review Xiaomi Xiaoyi Ants

1. Paket Penjualan :
  • 1 Unit Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision
  • 1 Head Charger
  • 1 Kabel Micro USB
  • Buku Panduan Berbahasa China

Saat kami menerima paketan dari Kurir, kami melihat bentuk Dusbook Xiaomi Xiaoyi Ants ini terlihat biasa berwarna putih dan sangat berbeda dengan Dusbook Smartphone Xiaomi kebanyakan. Lalu kami buka dan yang pertama kami lihat adalah 1 unit Xiaomi Xiaoyi Ants yang memiliki desain cantik dan modern berbeda dengan kamera CCTV yang lainnya.

Paket Penjualan Xiaomi Xiaoyi Ants

Paket Penjualan Xiaomi Xiaoyi Ants

Setelah itu kami melihat dalam isi Dusbook tersebut sebuah Head Charger yang di desain untuk negara China karena memiliki colokan yang membutuhkan tambahan alat untuk bisa kita pakai. Lalu 1 unit micro USB yang memiliki panjang lebih panjang dari micro USB Smartphone. Terakhir 1 buku panduan yang berbahasa China, yang disitu menjelaskan bagaimana mengkoneksikan Xiaomi Xiaoyi Ants dengan jaringan Wifi dan Smartphone.

2. Desain:

Sobat deteknokers sudah pada tahukan isi paket penjualan Xiaomi Xiaoyi Ants ini, sekarang tinggal review Xiaomi Xiaoyi Ants dibagian desain. Dimana review pada bagian desain ini tak kalah menarik untuk di baca, karena Xiaomi Xiaoyi Ants ini memiliki desain yang cantik dan modern yang akan membuat sobat deteknokers terpikat untuk memilikinya selain karena fitur dan kebutuhan untuk pengamanan disekitar lingkungan rumah atau kantor.

Tampak Depan

Tampak Depan Xiaomi Xiaoyi Ants

Tampak Depan Xiaomi Xiaoyi Ants

Pada desain bagian depan, Xiaomi Xiaoyi Ants terlihat sangat unik kenapa unik ? sebab lensa kamera nya tersebut bisa dicopot dari tumpuan yang berwarna putih. Tumpuan lensanya ini memiliki material plastik dan menariknya lagi tumpuan yang berbentuk bulat tersebut bisa dicopot dan Xiaomi Xiaoyi Ants bisa dipasang di dinding rumah.

Desain Xiaomi Xiaoyi Ants

Desain Xiaomi Xiaoyi Ants

Gambar diatas bisa terlihat bagaimana desain Xiaomi kamera CCTV tersebut dirancang sedemikian rupa untuk mempermudah para penggunanya. Selain bisa dipasang dengan mode standar, Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision juga bisa dipasang di dinding. Tentu ini sangat menarik apalagi review Xiaomi Xiaoyi Ants ini sudah banyak yang mengakui bahwa kamera Smart CCTV ini sangat bagus dengan rentang harga yang terjangkau.

Lensa Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision

Lensa Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision

Lensa Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision

Desain lensanya berbentuk membulat dengan memakai material berbahan logam yang kuat. Tapi kami belum mengetahui apakah layar lensanya tersebut anti gores atau tahan terhadap segala kondisi. Jika sobat deteknokers perhatikan pada bagian atas, ada LED Notifikasi yang berfungsi untuk pengaturan saat kita melakukan koneksi Xiaomi Xiaoyi Ants ke Smartphone atau Tablet. Dan juga berfungsi untuk mengetahui posisi lensa yang benar.

Xiaomi Xiaoyi Ants

Tampak Samping Xiaomi Xiaoyi Ants

Pada bagian samping kiri terlihat tombol yang jika ditekan maka lensa Xiaomi Xiaoyi Ants akan terlepas dari tumpuannya. Bisa dilihat juga, bahwa warna hitam pekat dengan gaya halus yang mengkilau sangat terlihat di lensa tersebut.

Slot Microsd

Slot Microsd Xiaomi Xiaoyi Ants

Slot Microsd Xiaomi Xiaoyi Ants

Review Xiaomi Xiaoyi Ants selanjutnya adalah pada bagian slot Microsd. Seperti yang kami beritahukan sebelumnya bahwa Xiaomi Xiaoyi Ants ini mendukung slot microsd untuk ruang penyimpanannya, tapi kami dengar-dengar ia juga mendukung kapasitas penyimpanan menggunakan Wifi Router Xiaomi 1 TB yang saat ini sudah dijual di Indonesia tapi kami belum mengetahui apakah itu benar-benar bisa atau tidak mengingat unit Wifi Router Xiaomi 1 TB belum kami punya. Yang jelas untuk media penyimpanan nya disarankan menggunakan Microsd berkapasitas besar minimal 32 GB dengan kualitas Microsd yang memiliki kemampuan transfer data yang cepat.

Slot Microusb

Slot Microusb Xiaomi Xiaoyi Ants

Slot Microusb Xiaomi Xiaoyi Ants

Fungsi microusb ini adalah untuk menghidupkan kamera Xiaomi Xiaoyi Ants tanpa terhubung dengan microusb yang sudah dicolokkan ke listrik maka kamera tersebut tidak bisa digunakan jadi tidak ada baterai yang membuat Xiaomi Xiaoyi Ants bisa tetap hidup. Saat kami melakukan review Xiaomi Xiaoyi Ants ini, kami mencoba mencolokkan microusb tersebut ke komputer dan mencoba menghubungkan kamera tersebut ke komputer yang sudah terisi microsd, hasilnya microsd atau kamera nya tidak bisa terhubung dengan komputer. Jadi untuk mengetahui hasil video rekaman atau gambar yang diambil sobat deteknokers hanya bisa mengambilnya dengan melepaskan microsd dan menghubunkan microsd tersebut ke komputer secara manual lewat card reader.

Tampak Belakang

Tampak Belakang Xiaomi Xiaoyi Ants

Tampak Belakang Xiaomi Xiaoyi Ants

Pada bagian belakang terlihat barcode dengan logo Xiaomi Xiaoyi dan bahasa China. Barcode tersebut berfungsi untuk mengetahui aplikasi yang bisa mengkoneksikan Xiaomi Xiaoyi Ants ke Smartphone atau Tablet, tapi biar lebih gampang sobat deteknokers bisa men download aplikasi tersebut secara manual tanpa bantuan barcode.

Tombol Reset

Tombol Reset Xiaomi Xiaoyi Ants

Tombol Reset Xiaomi Xiaoyi Ants

Xiaomi Xiaoyi Ants juga menyediakan tombol reset yang disematkan dibagian samping slot microsd. Fungsinya tentu untuk mengatur ulang kembali setingan kamera tersebut dari awal saat membeli, jadi jika sobat salah mengatur kamera atau ingin mengulang kembali setingan kameranya nanti sobat tinggal menekan tombol reset tersebut dengan bantuan injector SIM Card atau alat lainnya yang bisa dimasukkan ke dalam lubang tombol reset tersebut. Sayangnya dalam paket penjualan Xiaomi Xiaoyi Ants yang kami dapatkan tidak ada Injector SIM Card.

Charger dan Alat Tambahan

Charger Xiaomi Xiaoyi Ants

Charger Xiaomi Xiaoyi Ants dan Alat Tambahan

Charger kamera ini adalah versi China sehingga membutuhkan alat tambahan yang bisa sobat beli di toko listrik, kisaran harganya bervariatif ada yang 30 ribu rupiah dan ada juga yang 50 ribu rupiah. Tanpa alat tersebut cukup sulit untuk menghubungkan charger ke stop kontak.

3. Aplikasi Yi Home :

Review Xiaomi Xiaoyi Ants selanjutnya adalah tentang aplikasi Yi Home yang disediakan oleh Xiaomi untuk para pengguna Xiaomi Xiaoyi Ants yang memiliki Smartphone atau Tablet Android maupun iOS. Dengan aplikasi Yi Home, sobat deteknokers bisa menghubungkan aplikasi tersebut dengan Xiaoyi Ants dan bisa melihat situasi dilingkungan rumah hanya dengan Smartphone atau Tablet. Saat menggunakan aplikasi ini, sobat memerlukan akun Xiaomi jika sobat deteknokers belum memilikinya maka nantinya akan disuruh mendaftarkan. Menariknya dari Aplikasi ini selain bisa melihat hasil video dari Xiaomi Xiaoyi Ants dan mengatur kamera Xiaoyi Ants ia juga bisa terhubung dengan Smartphone atau Tablet Android atau iOS lainnya jadi tidak hanya satu saja asalkan pengguna login dengan akun yang sama.

Fitur ini sebenarnya sangat baik karena kita bisa membagikan kondisi dalam atau luar rumah kita dengan orang kepercayaan kita salah satunya Istri atau orang Tua tapi ada berbahayanya juga jika akun kita diketahui oleh orang lainnya dan orang lain tersebut login dengan akun kita. Oleh sebab itu sobat deteknokers diwajibkan mendaftar akun Xiaomi dengan keamanan yang tinggi semisal password yang sulit dengan kombinasi huruf, angka, besar kecil huruf atau tanda.

Aplikasi Yi Home

Aplikasi Yi Home

Untuk versi aplikasi Yi Home ini kami download melalui link manual bukan di Play Store mengingat Xiaomi Yi Ants yang kami dapatkan ini versi China dan sepengetahuan kami tidak support aplikasi Yi Home yang ada di Google Play Store.

Fitur Alerts atau Peringatan

Fitur Peringatan Yi Home

Fitur Peringatan Yi Home

Jika sobat deteknokers membuka aplikasi Yi Home pertama kali, maka sobat akan melihat beberapa fitur salah satunya Alerts yang terletak dibagian menu bawah. Jika sobat klik fitur tersebut maka sobat akan ditujukan ke beberapa video dari Xiaomi Xiaoyi Ants yang dianggap ada gerakan yang mencurigakan yang perlu sobat lihat. Fitur ini akan secara otomatis menyimpan video yang dianggap ada gerakan yang mencurigakan. Dalam fitur Alerts ini sobat juga bisa melihat jam berapa video tersebut diambil.

Menu Album

Menu Album Yi Home

Menu Album Yi Home

Pada menu Album sobat bisa melihat gambar dan video yang diambil secara manual bukan otomatis. Pengambilan video atau gambar yang secara manual masuk ke dalam menu album tersebut akan memakan banyak kapasitas penyimpanan sehingga disarankan jika sobat memanfaatkan fitur ini untuk kebutuhan yang penting-penting saja.

Menu Settings

Menu Settings Yi Home

Menu Settings Yi Home

Dalam menu settings sobat deteknokers bisa mengatur kamera Xiaomi Xiaoyi Ants dengan lengkap dari nama kamera, settings kamera yang juga memiliki menu men nonaktifkan LED Notifikasi dan image Rotation, Password kamera, Activity Alerts, jadwal rekam kamera , Activity Detection Recording dan status Microsd.

Menu Lainnya

Menu Lainnya

Menu Lainnya

Pada gambar sebelah kiri adalah menu Pin, jika sobat mengaktifikan setingan kamera di menu Pin maka ketika sobat atau orang lain ingin mengakses atau melihat kamera akan diperlihatkan menu enter your pin ini sebagai keamanan tambahan antisipasi jika ada orang yang tidak bertanggung jawab mengakses kamera Xiaomi Xiaoyi Ants yang sobat taruh didalam atau diluar ruangan rumah sobat deteknokers.

Pada gambar sebelah kanan, sobat bisa melakukan beragam fitur dari merekam video mengambil gambar, mengaktifikas audio, setting kamera, memperbesar gambar kamera dan mengaktifkan speaker. Yang menarik dari review Xiaomi Xiaoyi Ants di fitur ini adalah adanya fitur speaker yang mampu mengeluarkan suara kita dari kamera Xiaomi Xiaoyi Ants.

3. Hasil Kamera Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision

Setelah kami melakukan review Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision lebih mendalam, sekarang giliran kami memperlihatkan hasil jepretan kamera Xiaomi Xiaoyi Ants. Berikut hasil jepretan kamera Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision yang sudah kami ambil :

Dalam Ruangan Siang Hari

Dalam Ruangan Siang Hari

Luar Ruangan Malam Hari

Luar Ruangan Malam Hari

Luar Ruangan Pagi Hari

Luar Ruangan Pagi Hari

Luar Ruangan

Luar Ruangan

4. Harga Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision

Setelah membahas review Xiaomi Xiaoyi Ants kini giliran kami memberitahukan soal harga Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision. CCTV Xiaomi ini kami dapatkan dengan harga Rp.380.000 belum termasuk ongkir dan asuransi. Kami membelinya lewat tokopedia di salah satu seller yang memiliki reputasi baik. Jika sobat deteknokers tertarik untuk memiliki Smart Camera ini, kami sarankan untuk membelinya lewat situs E-commerce terpercaya di Indonesia salah satunya Jakartanotebook atau juga bisa lewat Tokopedia dan Bukalapak. Khusus untuk Tokopedia dan Bukalapak carilah seller yang memiliki reputasi baik dan sudah menjual banyak uni Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision.

4. Kelebihan Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision
  • Harga Xiaomi Xiaoyi Ants Night Visioan murah
  • Memiliki Microphone 2 way talking yang sebelumnya kami sebutkan di fitur speaker, fitur ini memungkinkan sobat deteknokers bisa mengirimkan pesan suara hanya dengan menekan tombol mic pada aplikasi Yi Home yang sudah dijelaskan diatas.
  • Memiliki fitur sensor gerakan alias Auto Motion Detection
  • Memiliki fitur peringatan
  • Desain cantik dan portable
  • Spek lensa sudah Wide Angle
  • Lensa mendukung kondisi malam hari atau kurang cahaya
  • Hasil rekaman video atau jepretan kameranya tergolong bagus
  • Ada fitur replay rekaman video
5. Kekurangan Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision
  • Ketahanan kamera masih kami ragukan jika dipakai diluar ruangan (terkena air atau debu)
  • Setup kamera yang cukup memakan banyak waktu

Bisa sobat deteknokers lihat bahwa akhir dari kesimpulan review Xiaomi Xiaoyi Ants ini adalah kamera ini memiliki banyak kelebihan dan memiliki banyak fitur ketimbang kekurangan yang ada pada kamera tersebut. Dengan harga yang murah, sobat deteknokers sudah bisa memiliki kamera CCTV berfitur lengkap dengan desain yang sangat cantik dan portable. Berhubung dalam melakukan setup alias setting Xiaomi Xiaoyi Ants ini cukup panjang, maka artikel yang membahas cara setting Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision versi China akan kami bahas pada artikel lainnya yang akan kami publikasikan.

Baca Juga : Review Xiaomi Yi Action Camera

Jika ada pertanyaan atau kritikan soal review Xiaomi Xiaoyi Ants ini sobat deteknokers bisa kirimkan melalui form komentar di bawah ini. Xiaomi Xiaoyi Ants ini kami rekomendasikan untuk sobat deteknokers yang membutuhkan kamera CCTV yang bisa diakses melalui Smartphone atau Tablet kapan saja dimana saja dan juga memiliki banyak fitur. Karena kami lihat masih belum ada kamera CCTV yang dibanderol dengan harga 300 ribuan yang mampu bersaing dengan fitur yang ada pada kamera Xiaomi Xiaoyi Ants Night Vision.


Advertisement