Review Xiaomi Redmi Note 3 : Berfitur Sensor Sidik Jari

Detekno.com –  Kembali memperoleh satu smartphone terbaru dari Xiaomi yaitu Xiaomi Redmi Note 3 rasanya itu senang bukan main, karena ponsel ini merupakan ponsel pertama Xiaomi yang mengusung teknologi sensor sidik jari sebagai fitur unggulannya. Memiliki desain unibody yang di buat menggunakan material metal menjadikan tampilan keseluruhan ponsel ini terlihat lebih menarik. Apalagi dengan harga Xiaomi Redmi Note 3 yang dibandrol 3 jutaan ponsel ini sudah menawarkan sebuah layar berukuran 5.5 inci yang ditawarkan dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels dengan kepadatan pixels mencapai ~403 ppi dan sudah mengusung sistem Operasi Android Lollipop 5.1 yang di percantik dengan tampilan user interface MIUI 7 secara langung.

Hanya saja Xiaomi Redmi Note 3 yang kami dapatkan ini bukanlah produk resmi yang dipasarkan untuk Indonesia, karena porduk ini memiliki garansi distributor yang kami dapatkan dari salah satu toko online ternama di Indonesia. Xiaomi Redmi Note 3 yang tim detekno.com dapatkan ini merupakan versi Ram 3GB dengan internal seluas 32 GB bukan versi Ram 2GB dengan Internal 16GB yang saat kami beli keduanya hanya memiliki selisih harga 400 ribu rupiah, selain itu dengan kapasitasnya yang besar rasanya selama menggunakan phablet ini saya pribadi merasa lega dan puas dengan kapasitas yang di milikinya. Nah buat sobat deteknokers yang penasaran dengan handset ini yuk simak Review Xiaomi Redmi Note 3 dari Detekno.com berikut ini.

Review Xiaomi Redmi Note 3

Review Xiaomi Redmi Note 3

Review Xiaomi Redmi Note 3

1. Paket Penjualan :
  • 1 Unit Xiaomi Redmi Note 3
  • Head Charger
  • Kabel USB
  • Kerta Panduan Pengguna
  • Kartu Garansi (Garansi Distributor)
  • Sim Card Injector
Head Charger dan Kabel USB Xiaomi Redmi Note 3

Head Charger dan Kabel USB Xiaomi Redmi Note 3

Kesan pertama yang kami dapatkan ketika mengunboxing smartphone yang satu ini, bisa di bilang cukup wah karena beda dari yang sebelumnya, kali ini Xiaomi membuat boxnya berwarna putih, dan setelah kami buka ternyata di dalamnya terdapat 1 Unit Xiaomi Redmi Note 3, kemudian beragam kitab-kitab panduan baik bahasa Indonesia maupun bahasa Mandarin juga termasuk kartu garansi (garansi distributor) serta ada juga kabel USB dan kepala charger.

Oya tak tertinggal ada juga satu slot sim card yah sob, karena dengan desain unibody yang di bawanya menjadikannya memiliki slot sim card yang di tempatkan di sisi samping sama seperti Xiaomi Mi 4c kemarin. Untuk kepala chargernya sendiri memiliki output 5 Volt dengan daya 2 Ampere yang menjadikannya dapat mengecas ponsel ini cukup cepat sob. Syangnya kepalan charger tersebut belum memiliki tambahan jek untuk ke stop kontak jadi sobat harus membelinya sendiri.

2. Video Unboxing :

3. Desain dan Body :

Okey sebelum kita mereview smartphone ini lebih detail mari kita Review Xiaomi Redmi Note 3 ini mulai dari desain dan body-nya. Memiliki layar seluas 5.5 inci dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels menjadikannya terasa lebih mudah dan nyaman saat di gunakan karena jari-jemari dapat dengan mudah menjangkau setiap menu aplikasi yang ada. Selain itu bodynya yang di buat menggunakan material metal (Magnesium Alloy & Alumunium Alloy) juga membuatnya terasa lebih elegan. Dimana pada urusan desain, ponsel ini memiliki dimensi panjang 150mm, lebar 76mm dan tebal 8.7mm dengan bobotya 164 gr yang memang sih terasa sedikit berat.

Tampak Depan

Tampak Depan Xiaomi Redmi Note 3

Tampak Depan Xiaomi Redmi Note 3

Keseluruhan tampilan depan dari Xiaomi Redmi Note 3 ini hampir tak berbeda jauh dari seri Note sebelumnya, dimana dengan layar seluas 5.5 inci beresolusikan Full HD menjadikan setiap gambar yang mucul terasa lebih jelas dan jernih. Dan untuk melindunginya dari goresan benda tajam, Xiaomi sudah melapisinya dengan Scracth-resistant glass. Disamping itu pada bagian bawah Xiaomi juga meletakan 3 tombol capasitive yang dilengkapi dengan backlight sehingga akan terasa nyaman saat gi gunakan di malam hari. Lanjut pada bagian atas, terdapat lensa berukuran 5 MP, speaker telepone dan juga LED Notification.

Tampak Belakang

Tampak Belakang Xiaomi Redmi Note 3

Tampak Belakang Xiaomi Redmi Note 3

Review Xiaomi Redmi Note 3 selanjutnya pada tampilan belakang, seperti bisa sobat lihat pada sisi ini terdapat lensa kamera utama yang dibuat dengan bentuk membulat dengan persis di bawahnya terdapat dual LED Flash tone dan juga terdapat sensor sidik jari yang juga dibuat dengan bentuk membulat. Menariknya sensor ini dikemas dengan sedikit masik kedalam sehingga sisi metal yang berwarna mengkilap dari body terlihat jelas. Kemudian beralih ke sisi bawahnya, Xiaomi tetap meletakan logo MI yang diletakan tepat di atas speaker audio dengan bentuknya yang sama seperti Xiaomi Mi 4c. Menariknya disini, Xiaomi membuat dua garis horisontal di bawah speaker dan juga diatas lensa utama.

Tampak Samping

Tampak Samping Kanan Xiaomi Redmi Note 3

Tampak Samping Kanan Xiaomi Redmi Note 3

Membahas desain tampilan sisi samping Xiaomi Redmi Note 3, terlihat jelas pada sektor ini bodynya mempunyai desian curve atau sedikit melengkung bahkan bisa di bilang hampir menyerupai desain Meizu M2 Note yang sebelumnya juga sudah pernah kami review. Dan pada sisi samping kanannya, bisa dilihat bahwa ponsel ini memiliki tombol power dan juga tombol pengaturan volume yang dapat di jangkau dengan mudah.

Tampak Samping Kiri Xiaomi Redmi Note 3

Tampak Samping Kiri Xiaomi Redmi Note 3

Sementara Review Xiaomi Redmi Note 3 pada sisi samping kirinya, juga bisa sobat lihat, bahwa ponsel ini mempunyai slot sim card yang mana saat dibuka menggunakan sim injektor terdapat dua slot sim card, sama seperti halnya Xiaomi Mi 4c, jadi bagi sobat yang punya dua nomer pastinya ponsel ini akan terasa lebih cocok untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.

Tampak Atas

Tampak Atas Xiaomi Redmi Note 3

Tampak Atas Xiaomi Redmi Note 3

Beralih pada bagia atas secara keseluruhan hampir sama persis dengan produk Xiaomi lainnya, yang mana disisi ini, Xiaomi sudah meletakan port jack headset dengan ukuran 3.5 mm berikut lubang kecil yang merupakan lubang mic kedua serta bisa di lihat ada juga inframerah yang dapat menjadikan ponsel ini bisa di gunakan menjadi remote.

Tampak Bawah

Tampak Bawah Xiaomi Redmi Note 3

Tampak Bawah Xiaomi Redmi Note 3

Lanjut pada bagian bawah, berbeda dari Xiaomi Mi 4c yang sebelumnya kami review, pada bagian ini Xiaomi menempatkan port USB v2.0 di sisi bagian samping buka di tengah yang persis di sampingnya terdapat lubang mic yang mana berfungsi sebagai penghantar suara saat anda melakukan percaapan telepon ataupun juga saat melakukan record video.

Slot Kartu Sim

Slot Kartu Sim Xiaomi Redmi Note 3

Slot Kartu Sim Xiaomi Redmi Note 3

Oya sob, pada Review Xiaomi Redmi Note 3 ini kami juga mencoba membuka slot sim card yang di bawanya, di mana seperti terlihat pada gambar diatas, terdapat dua buah tempat untuk meletakan sim card berjenis Micro Sim yang mana dengan adanya fitur dual sim ini pastinya menjadikan urusan komunikasi anda dengan keluarga ataupun sahabat lebih menyenangkan tanpa perlu repot-repot membawa dua handphone sekaligus.

4. Layar :
Layar Xiaomi Redmi Note 3

Layar Xiaomi Redmi Note 3

Kemudian setelah kami merasa puas mengulik masalah desainnya, kami melanjutkan Review Xiaomi Redmi Note 3 ini ke bagian layar. Dimana seperti kami sampikan diatas, layar ponsel yang satu ini memiliki diagonal 5.5 inci sama persis seperti generasi Note sebelumnya bagik Redmi Note 3G, Redmi Note 4G ataupun Redmi Note 2 sereies. Bentang layar yang besar tersebut terasa cukup memuaskan untuk saya pribadi, apalagi sudah di tawarkan bersama panel IPS LCD dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels dengan kepadatan ~403 ppi. Sementara seperti diawal kami katakan, ponsel ini juga disertai dengan lapisan pelindung berjenis Scracth-resistant glass.

Multitouch Xiaomi Redmi Note 3

Multitouch Xiaomi Redmi Note 3

Sayangnya saat di gunakan di luar ruangan atau dibawah terik matahari langsung masih terasa kurang jelas, namun ketika dicoba menggunakan brighness full overall masih bisa terlihat jelas. Selain itu, pada sektor ini Xiaomi juga memberikan fitur display berupa read mode serta colors & contras yang dimulai dari Warm, Standard, hingga Cool. Menariknya lagi luasnya layar yang dimiliki ponsel ini juga menjadikan ponsel ini memiliki titik sentuhan hingga 10 jadi semua game yang ada pun dapat dijalankan dengan responsif.

5. Sistem Operasi dan User Interface :
Sistem Operasi Xiaomi Redmi Note 3

Sistem Operasi Xiaomi Redmi Note 3

Sistem Operasi

Setelah selesai dengan urusan layar, Review Xiaomi Redmi Note 3 selanjutnya kita masuk pada bagian sistem operasi, dimana berbeda dari seri-seri sebelumnya yang kami belim dari distributor, untuk smartphone ini kami langsung mendapati sebuah sistem operasi MIUI 7 original karena ketika kami menghubungkannya ke jaringan Wi-Fi ponsel ini secara otomatis langusung mengupdate versi MIUI terbaru. Sedangkan untuk basis sistem operasinya sendiri adalah Android Lollipop 5.0.2. Dengan demikian sobat tak perlu lagi flash ulang Xiaomi Redmi Note 3 ini.

Home Screen

Home Screen Xiaomi Redmi Note 3

Home Screen Xiaomi Redmi Note 3

Tampilan Home Screen Xiaomi Redmi Note 3 saya rasa hampir sama persis dengan smartphone Xiaomi lainnya, dimana pada sektor ini Xiaomi tak memiliki app drawer sehingga seperti biasa, sobat akan mendapati semua icon menu aplikasi yang ada di tampilan depan. Selain itu ketika sobat mencubit layar dengan dua jari, sobat akan menemukan beberpa pilihan fitur mulai dari pilihan untuk menambah widget, mengganti wallpaper hingga mengganti effect transisi tiap frame layar aplikasi yang ada, dan hal ini tentunya dapat mempermudah sobat untuk mengatur tampilan sesuai dengan selera.

Thema

Tema Xiaomi Redmi Note 3

Thema Xiaomi Redmi Note 3

Review Xiaomi Redmi Note 3 berikutnya adalah masalah tema, dimana thema yang di miliki user interface MIUI 7 ini meruapakan bagian terpenting dari tumbuh kembangnya Xiaomi di pasar global, karena selain tersedianya banyak sekali tema gratis ataupun berbayar di dalamnya, sobat juga bisa menkustomisasi sesuai dengan selera setiap tampilan yang diinginkan, mulai dari icon, font, status bar, hingga tampilan pesan dan tampilan dialer. Nah sebagai contoh ada beberpa tema yang sudah saya unduh dan coba terpakan nih sob, mau lihat silahkan scrol kebawah lagi yah heeee.

Thema Xiaomi Redmi Note 3 Pertama

Thema Xiaomi Redmi Note 3 Pertama

Thema Xiaomi Redmi Note 3 Kedua

Thema Xiaomi Redmi Note 3 Kedua

Thema Xiaomi Redmi Note 3 Ketiga

Thema Xiaomi Redmi Note 3 Ketiga

Semua tema yang bisa sobat gunakan, hampir keseluruhan menjadikan tampilan dari ponsel terbaru Xiaomi ini dapat berubah total, bahkan seperti bisa di lihat pada beberpa contoh gambar diatas, mulai dari bagian toogle hingga loockscreen pun turut terubah semaunya sehingga menjadikan tampilan yang di miliki semakin menarik dan memuaskan. Dan bahkan bagi sobat yang senang mengutak atik photoshop mungkin justru bisa membuat thema sendiri dengan kreasi sobat.

6. Performa dan Hardware :
Hardware Xiaomi Redmi Note 3

Hardware Xiaomi Redmi Note 3

Hardware

Nah ini Review Xiaomi Redmi Note 3 yang pasitnya sobat tunggu-tunggu, yapz dengan harga Xiaomi Redmi Note 3 yang dibandrol sekitar 3 jutaan, menggunakan aplikasi CPU-Z diketahui hardware ponsel ini menggunakan chipset Mediatek MT6795 atau dengan nama lain Helio X10, yang mana pada sektor ini chipset tersebut membawahi sebuah prosesor Octa core 64 Bit dengan kecepatan kerja 2.0 Ghz. Tak hanya itu saja, Xiaomi juga melengkapinya dengan pengolah grafis PowerVR G6200 dan Ram berukuran 3GB seperti yang kami katakan diatas.

Yang mana semua itu menjadikan performa gaming, dan juga multitasking sangat terasa lancar dan anti lag. Sedangkan untuk internal memorinya versi yang kami dapatkan merupakan versi 32GB jadi terasa lega pokoknya. Hanya saja tak seperti Xiaomi Redmi Note 2 yang di sertai dengan slot microSD card, kami ini tampaknya kami tak menjumpai fitur tersebut pada smartphone yang satu ini. Jadi mau tak mau bila sobat memilih membeli yang versi Ram 2GB dengan internal 16GB deteknokers harulah puas dengan apa yang ada.

Benchmark Antutu

Benchmark Antutu Xiaomi Redmi Note 3

Benchmark Antutu Xiaomi Redmi Note 3

Dibekalinya sederet spesifikasi yang cukup mempuni dan berkelas seperti bisa deteknokers lihat pada ulasan mengnai hardware diatas, menjadikan ponsel ini mampu meraih skor benchmark hingga 47.970 poin. Dari pengujian tersebut ternyata bila di bandingkan dengan score Xiaomi Redmi Note 2 Prime tak hampir berbeda jauh karena pada review yang kami lakukan beberapa waktu lalu, ponsel tersebut mampu mencapai skor 46.358. Sayangya bila di bandingkan dengan Xiaomi Mi 4c yang mengusung chipset Snapdragon 808 hasilnya masih terpaut jauh karena dia mampu meraih skor 49.423.

Benchmark Geekbench

Benchmark Geekbench 3 Xiaomi Redmi Note 3

Benchmark Geekbench 3 Xiaomi Redmi Note 3

Review Xiaomi Redmi Note 3 untuk urusan hardware kami coba menggunakan aplikasi Geekbench 3, dimana dari pengujian yang kami dapatkan, ponsel ini mampu meraih skor 803 untuk kinerja single core dan menjadikannya masih berasa di bawah LG Nexus 5 yang mampu mendapati skor 860. Sedangkan pada kinerja multi corenya, Xiaomi Redmi Note 3 ini mampu meraih skor yang cukup istimewa yakni 4661, dimana dengan hal ini menjadikannya 2 kali lipat dari scor yang di hasilkan Xiaomi Mi 4c dan seperti terlihat diatas, ponsel ini mampu mengalahkan Samsung Galaxy S5 yang memiliki score 2836.

Memori

Memori Xiaomi Redmi Note 3

Memori Xiaomi Redmi Note 3

Disaat kami mebuka Xiaomi Redmi Note 3 dan belum kami isi dengan apa-apa, di dapati ponsel yang memiliki kapasitas internal 32 GB ini menyisakan setidaknya 25.57 GB dari total yang tersedia setelah terpotong sistem sekitar 27.73 GB. Kapasitas tersebut membuat saya pribadi sangat merasa puas karena dapat menyimpan berbagai macam foto dan film kesukaan serta dapat menampung berbagai macam game berat sekelas Ashpalt 8, Mortal Kombat, dan juga Injuisti. Selain itu, ponsel ini juga menyediakan Ram 3GB dan juga port USB OTG yang dapat menjadikan sobat bisa mentransfers file dari Flashdisk ke smartphone ini langsung tanpa perantara PC ataupun Laptop.

Daya Tahan Baterai

Baterai Xiaomi Redmi Note 3

Baterai Xiaomi Redmi Note 3

Pastinya Review Xiaomi Redmi Note 3 pada sekto baterai juga banyak nih yang ingin tahu gimana kualitasnya. Yapz seharian penuh menggunakan ponsel yang satu ini terasa sangat puas karena saya pribadi hanya membutuhkan satu kali pengecesan, baik itu digunakan dengan jaringan Wi-Fi atau pun juga dengan Jaringan 4G LTE. Diberikannya kapasitas 4.000 mAh dengan tipe Li-Po Non Removable tentunya menjadi alasan kenapa ponsel ini cukup memuaskan. Sayangnya meskipun sudah di sertai dengan fitur Fast Charging dan juga kepala charger berdaya 2 Ampere, secara pribadi ketika melalukan pengecasan diperlukan waktu kurang lebih sekitar 2 jam untuk membuatnya full 100% dari kondisi 0%.

Sensor

Sensor Xiaomi Redmi Note 3

Sensor Xiaomi Redmi Note 3

Sayangnya berbeda dari Xiaomi Mi 4C yang di sertai dengan banyak sensor di dalamnya, ketika kami Review Xiaomi Redmi Note 3 ini menggunakan aplikasi CPU-Z diperlihatkan pada bagian sensor hanya tersedia beberpa sensor saja seperti Accelerometer, Proximity, Light, Gyroscope. Orientation, Magnetometer, BMI160 Rotation Vector Sensor, BSI160 Linear Accelerometer Sensor dan juga BMI 160 Grafity Sensor.

7. Multimedia :
Performa Gaming Xiaomi Redmi Note 3

Performa Gaming Xiaomi Redmi Note 3

Gaming

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 yang bisa di katakan sangat mempuni, dengan danya Ram 3GB, GPU PowerVR G6200 dan juga Chipset Mediatek Helio X10 menjadikan semua game yang ada di play store bisa berjalan dengan mulus dan lancar, bahkan game berat sekaipun seperti Ashpalt 8, Injuistice, Mortal Kombat dan juga Nova 3 yang sudah kami coba semuanya berjalan lancar tanpa adanya halangan apapun, apalagi ditambah adanya layar seluas 5.5 inci dan resolusi Full HD menjadikan setiap gambar dari permainan yang ada terlihat sangatlah jernih dan jelas.

Video

Video Xiaomi Redmi Note 3

Video Xiaomi Redmi Note 3

Sayangnya dengan harga Xiaomi Redmi Note 3 yang tergolong masih mahal, secara pribadi ketika di gunakan untuk menonton film saya merasa kesulitan ketika menggunakan aplikasi bawaan Xiaomi karena tak disediakannya pilihan penambahan subtitle, akan tetapi dari keseluruhan film yang saya putar, semuanya berjalan dengan baik meskipun film tersebut berkualitas Full HD. Nah menanggulangi akan tidak adanya fitur subtitle, saya menggunakan aplikasi pihak ketiga yakni VLC yang tentunya sudah support penambahan bahasa.

Musik

Kualitas Musik Xiaomi Redmi Note 3

Kualitas Musik Xiaomi Redmi Note 3

Review Xiaomi Redmi Note 3 selanjutnya pada urusan pemutar musik, yang mana seperti terlihat pada gambar diatas, aplikasi yang di miliki ponsel ini masihlah sama seperti smartphone Xiaomi pada umumnya, dimana selain dapat memutar musik dengan kualitas yang cukup keras meskipun masih sedikit kalah dari kualitas audio Mi 4c, menggunakan aplikasi musik bawaan Xiaomi juga akan mempermudah anda mencari lagu dan juga sudah di sertakan juga fitur lirik lagu.

Bahkan lebih menariknya lagi, Xiaomi juga menempatkan konfigurasi efect audio saat headset digunakan, yang mana didalam pengaturan ini sobat bisa mengatur sesuai dengan selera telinga sobat karena banyak di sediakan pilihan fiturheadphone yang masig-masih memiliki kualitas yang berbeda, dan inilah salah satu kelebihan utama dari smartphone Xiaomi yang mungkin tak akan pernah sobat datapkan di smartphone android lainnya.

8. Konektivitas dan Internet :
Konektivitas Xiaomi Redmi Note 3

Konektivitas Xiaomi Redmi Note 3

Internet

Akhirnya sampai juga pada Review Xiaomi Redmi Note 3 di sektor konektifitas, dimana setelah kami melakukan penggunaan selama beberapa hari ini, dengan adanya fitur dual sim yang di milikinya menjadikan penggunaan ponsel ini dalam urusan sms, ataupun telepon sangatlah mudah karena sobat tak perlu lagi membawa dua handphone sekaligus ketika bepergian. Menariknya lagi, dari dual sim yang di sertakan pada ponsel ini. Keduanya ternyata mendukung akses jaringan 4G LTE yang kebetulan saat ini di daerah kami sudah ada salah satu provider GSM yang menyediakan akses jaringan 4G LTE jadi secara langsung hal tersebut dapat kami buktikan. Selain adanya jaringan 4G ponsel ini juga mendukung jaringan 3G HSPA sob.

Test Kecepatan Jaringan 4G LTE Xioomi Redmi Note 3

Test Kecepatan Jaringan 4G LTE Xioomi Redmi Note 3

Hanya saja, dilakukan pengetasan menggunakan aplikasi speedtest.net berulang kali menlakukannya saya hanya mendapatkan akses keceptan download hanya 7.14 Mbps dan untuk kecepatan Uploadnya hanya 2.27 Mbps. Tapi overall untuk kebutuhan internet dengan kecepatan 4G LTE yang baru ada di daerah kami ini, cukup memuaskan dan membuat kami dapat memberikan review Xiaomi Redmi Note 3 ini lebih lengkap untuk sobat deteknokers. Hanya saja kami belum mencobanya dengan jaringan internet milik smartfren apakah bisa atau tidak. Oya satu lagi nih sob, sayangnya menggunakan internet dengan jaringan provider 4G LTE membuat body ponsel ini terasa cepat panas apalagi ditambah bodynya yang terbuat dari metal.

Konektivitas Nirkabel

Konektifitas Nirkabel Xiaomi Redmi Note 3

Konektifitas Nirkabel Xiaomi Redmi Note 3

Pada review Xiaomi Redmi Note 3 yang masih di bagian Konektifitas, setelah puas mencoba berbagai akes koneksi internet yang di miliki ponsel ini, kami juga langsung mencobanya dengan menggunakan beberapa fitur konektifitas tambahan lainnya, mulai dari Wi-Fi yang mendukung dual band dan juga beberpa fitur koneksi lainnya seperti GPS, yang menurut penggunaan pribadi cukup cepat mengunci posisi hanya dalam hitungan detik. Selain itu, seperti Xiaomi Redmi Note 2 dan Mi 4c, handset ini juga di lengkapi infrared di bagian atas, dan juga port USB v2.0 sebagai media pengiriman data danjuga charger baterai.

9. Kualitas Kamera :
Kamera Belakang Xiaomi Redmi Note 3

Kamera Belakang Xiaomi Redmi Note 3

Kamera Belakang

Yah ini nih satu lagi Review Xiaomi Redmi Note 3 yang pasti sobat deteknokers tunggu-tunggu yakni urusan kamera. Yapz Xiaomi Redmi Note 3 meruapakan sebuah ponsel android yang di hadirkan dengan lensa kamera utama seluas 13 MP yang di dalamnya memiliki beberpa fitur salah satunya aperture seluas F/2.2 yang mana fitur ini mampu menambah kualitas hasil foto saat malam hari. Selain itu, tepat di bagian bawah lensa terdapt juga Dual LED Flash tone yang mampu memancarkan warna kekuning-kuningan sehingga membuat gambar jadi lebih terang. Bahkan dengan harga Xiaomi Redmi Note 3 yang cukup mahal disertakan juga kemampuan phase detection autofocus yang mana terbukti mampu mempercepat pengambilan titik focus suat objek. Dan buat sobat yang penasaran bagaimana hasil dari jepretan foto kamera belakang Xiaomi Redmi Note 3 ini, nih dibawah ada beberapa foto yang bisa sobat jadikan sebagai referesni sebelum membelinya.

Foto Siang Hari Pakai Flash

Foto Siang Hari Pakai Flash

Foto Siang Hari Tanpa Flash

Foto Siang Hari Tanpa Flash

Foto Siang Hari Mode HDR

Foto Siang Hari Mode HDR

Resolusi Foto Kamera Belakang

Resolusi Foto Kamera Belakang

Cukup memuaskan menggunakan lensa kamera utama Xiaomi Redmi Note 3 di luar ruangan dan terbukti dapat dengan sempurna menghasilkan sebuah foto dengan hasil yang sangat optimal. Bahkan dengan mode HDR sekalipun. Disamping itu bisa di lihat hampir semua foto yang dihasilkan dengan menggunakan lensa kamera ini memiliki resolusi 4028 x 2368 px. Sebagai tambahan terdapat juga mode manual yang dapat menjadikan deteknokers bisa memotret dengan pengaturan ISO hingga 1600 dan White Bakance sesuai dengan selera. Selain itu ada juga mode Beauty yang dapat menjadikan setiap foto sobat terlihat lebih putih. Nah selanjutnya mari simak beberapa hasil Foto Xiaomi Redmi Note 3 di kondisi malam hari.

Foto Malam Hari Pakai Flash

Foto Malam Hari Pakai Flash

Foto Malam Hari Tanpa Flash

Foto Malam Hari Tanpa Flash

Foto Malam Hari Low Light

Foto Malam Hari Low Light

Dan seperti bisa sobat deteknokers lihat, hasil kamera Xiaomi Redmi Note 3 di malah hari dan juga low light bisa di katakan sangat banyak menghasilkan nois, meskipun pada kenyataanya sudah disertakan aperture seluas F/2.2 dan juga dual LED Flash Tone. Hal ini tentu saja sangat berbeda dari hasil kamera Xiaomi Mi 4c yang bisa di lihat pada review xiaomi mi 4c sebelumnya. Hal tersebut tentunya akan sedikit banyak memberikan dampak pada para pengguna nantinya, tetapi overall untuk kamera depan cukuplah memuaskan ko sob.

Kamera Depan

Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 3

Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 3

Setelah puas mengungkap fitur yang ada di kamera bagian belakang, Review Xiaomi Redmi Note 3 selanjutnya giliran urusan kamera depan Xiaomi Redmi Note 3. Dan sebanding dengan harga Xiaomi Redmi Note 3 yang cukup mahal, sudah di sediakan lensa berukuran 5.0 MP yang di sertai dengan sensor model OmniVision OV5670 dengan type PureCell dan aperture seluas F/2.0 sehingga mampu menghasilkan foto yang cukup jernih baik di luar ataupun di dalam ruangkan, penasaran bagaimana hasilnya yuk simak dibawah ini.

Foto Selfie Outdor Dengan Beauty

Foto Selfie Outdor Dengan Beauty

Foto Selfie Outdor Tanpa Beauty

Foto Selfie Outdor Tanpa Beauty

Foto Selfie Indor Dengan Beauty

Foto Selfie Indor Dengan Beauty

Foto Selfie Indor Tanpa Beauty

Foto Selfie Indor Tanpa Beauty

Resolusi Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 3

Resolusi Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 3

Menggunakan kamera depan yang memiliki lensa 5 MP ditambah adanya fitur beauty menjadikan hasil foto yang di dapatkan bisa terlihat lebih putih tanpa memerlukan aplikasi tambahan untuk mengeditnya. Dan bahkan bisa di lihat pada gambat di atas, baik indor ataupun outdor menggunakan fitur beauty atapun tidak tetap saja menjadikan hasil foto yang di dapatnya terlihat sempurna dan jernih. Hal ini tentu saja tak lepasanya dari adanya aperture seluas F/2.0. Nah pastinya ini menjadi ponsel yang pas dan tepat nih buat sobat yang punya hobi selfie 🙂

Video 

Kualitas Video Xiaomi Redmi Note 3

Kualitas Video Xiaomi Redmi Note 3

Mencoba membuat sebuah video menggunakan kamera belakang yang hanya mampu menghasilkan kualitas Full HD 1080p@30fps serta HD Slow motion 720p memang mampu menghasilkan kualitas gambar yang cukup jernih dan jelas, hanya saja tak adanya teknologi OIS (Optical Image Stabilization) menjadikan setiap gerakan yang di lakukan membuat sedikit getaran sangat terasa pada hasil videonya. Sementara dengan menggunakan lensa kamera depan, sobat juga bisa menghasilkan kualitas video dengan resolusi Full HD, HD dan SD sama seperti kemampuan kamera utamanya. Selain itu ada juga kemampuan untuk membuat video time lapse pada kamera belakangnya sob.

10. Fitur Unggulan:
Fitur Sensor Sidik Jari Xiaomi Redmi Note 3

Fitur Sensor Sidik Jari Xiaomi Redmi Note 3

Fingerprint Sensor

Menjadi produk pertama Xiaomi yang di bekali dengan teknologi sensor sidik jari, bisa dikatakan teknologi tersebut tak cukup mengecewakan, karena selain dapat mengamankan setiap data yang ada di dalam smartphone ini, sobat juga bisa menggunakan fitur ini sebagai loockscreen. Sayangnya ada satu nih yang menurut saya pribadi kurang yakni ketika kita mengaskes pesan private yang terletak pada belakang tampilan utama aplikasi sms fitur ini tak berfungsi melainkan hanya menggunakan kode pengaman pattem dan pin dan pasword, kan aman tuh kalo sobat yang sering smsan sama cewe lain 🙂

Setelah melakukan Review Xiaomi Redmi Note 3 pada fitur yang satu ini, ternyata sobat bisa menggunakan 5 sidik jari berbeda sekaligus dan bahkan penggunaanya pun dapat dilakukan semua sisi hingga 360 derajat. Menariknya lagi, Xiaomi memberikan kemampuan untuk membaca sidik jari sobat dengan cepat hingga 0.3 detik, dan itu ternyata benar adanya karena setelah menggunakannya saya pribadi sangat merasa asik menggunakan fitur ini karena dapat membaca dengan cepat bahkan dari berbagai sisinya.

Data Saver

Fitur Data Saver Xiaomi Redmi Note 3

Fitur Data Saver Xiaomi Redmi Note 3

Sebenarnya fitur ini juga teremat pada hampir semua seri smartphone Xiaomi yang sudah pernah kami pegang. Dimana fitur ini memiliki fungsi mengompres semua data yang berlalu-lalang di hadnset ini sehingga dapat membuat pemakaian data jauh lebih irit. Dan fitur ungulan ini merupakan fitur besuta Opera yang sudah terkenal sangat ampuh dalam menghemat penggunaan data. Sayangnya dalam beberapa hari ini saya tak mencoba menggunakan fitur tersebut. So, buat deteknokers yang penasaran coba deh di gunain fitur ini sapa tau benar-benar membuat irit pemakaian data.

11. Harga Xiaomi Redmi Note 3 :
Harga Xiaomi Redmi Note 3

Harga Xiaomi Redmi Note 3

Setelah mengulas keseluruhan Xiaomi Redmi Note 3, mungkin sobat deteknokers penasaran dan pengin tahu berapa harga Xiaomi Redmi Note 3 ini kan. Yah tim detekno.com sendiri mendapatkan ponsel terbaru Xiaomi ini dengan harga Rp 3.450.000 juta rupiah dari salah satu toko online ternama di Indonesia. Sayangnya produk yang kami dapatkan ini bukanlah produk resmi yang saat ini sudah ada di Indonesia melainkan merupakan produk atau barang distributor sehigga mungkin ketika anda satu kendala yang terjadi pada ponsel ini, sobat belum bisa menanganinya di service center resmi Xiaomi. Tetapi dengan melihat keseluruhan Review Xiaomi Redmi Note 3 diatas dan selama menggunakannya ponsel ini benar-benar memuaskan deh pokoknya.

12. Video Review Xiaomi Redmi Note 3 :

13. Kelebihan Xiaomi Redmi Note 3 :
  • Kualitas layar Xiaomi Redmi Note 3 sangatlah memuaskan dan sempurna
  • Daya tahan baterai cukup istimewa karen mampu bertahan hingga 1 hari full
  • Dilengkapi dengan fitur fast charging
  • Mempunyai dual sim card yang support dengan jaringan 4G LTE
  • Sudah menggunakan sistem operasi android lollipop dan tampilan antar muka MIUI 7
  • Memiliki dapur pacu yang super mantap
  • Mengadopsi Ram 3GB dan internal memori seluas 32 GB
  • Support dengan USB OTG
  • Desain terbuat dari metal yang menjadikannya terlihat sempurna dan elegan
  • Memiliki fitur sensor sidik jari yang mampu membaca 5 sidik jari berbeda sekaligus
  • Hasil Kamera Xiaomi Redmi Note 3 OK
14. Kekurangan Xiaomi Redmi Note 3 :
  • Harga Xiaomi Redmi Note 3 masih terlalu mahal karena masih barang distributor
  • Layar hanya berpelinung Scracth-resistant glass
  • Belum mendukung NFC
  • Serta tak di bekali slot microSD card
  • dan Tak di lengkapi dengan port microUSB Type-C

Baca Juga : Review Asus Zenfone Go : Hp 1.5 Juta RAM 2GB

Nah itulah Review Xiaomi Redmi Note 3 yang kali ini dapat tim detekno.com berikan untuk sobat deteknokers semuanya yang kami rangkumkan sesuai dengan pengalaman selama kami menggunakan ponsel ini. Semoga dengan di berikannya review lengkap diatas bisa menjadikan sobat deteknoers yang penasaran dengan performa dan kegaharan Xiaomi Redmi Note 3 ini bisa terjawab dengan jelas. Dan bila ada pertanayaan atau kritik saran, mungkin sobat bisa langsung komen saja di bawah ini. Serta tak terlewatkan kami juga mengucapkan terimakasih buat sobat deteknokers yang terus memberikan support kepada kami untuk bisa memberikan serangkaian informasi bermanfaat seperti Review Xiaomi Redmi Note 3 ini salah satunya.


Advertisement