Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro : Android Kamera 16 MP


Detekno.com – Pengen HP murah terbaru dengan fingerprint sensor ? inilah jawabannya, Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Xiaomi, merupakan salah satu brand yang bisa dikatakan belum lama dipasaran kalau kita bandingkan dengan samsung ataupun sony. Meski demikian, soal smartphone, Xiaomi tidak bisa kita anggap sebelah mata sekalipun berasal dari China. Pasalnya untuk performa maupun desain yang berhasil diciptakan oleh Xiaomi dalam setiap pembuatan smartphone, tidak kalah dibanding dengan brand besar lainnya. Malah justru sebaliknya, Xiaomi bisa dibilang setara bahkan lebih dalam berbagai hal.

Salah satunya yang sekarang banyak dibicarakan sekaligus diminati banyak orang, ya ini dia, Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Perbedaan dari versi reguler, terus terang tidak terlalu jauh berbeda, cuma pada bagian chipset mendapatkan peningkatan dari yang tadinya menggunakan mediatek, sedangkan di versi Pro di dukung oleh Qualcomm Snapdragon 650 dengan Processor Hexa Core didalamnya. Lalu di sisi kamera, tepatnya dibagian utama diperbesar menjadi 16 MP. Kemudian di lini penyimpanan, Xiaomi memberikan akses perluasan melalui slot eksternal memory yang ditempatkan satu slot bersama SIM Card. Penasaran ? langsung aja cek ulasan Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro dibawah ini.

Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro

1. Paket Penjualan :
  • 1 Unit Xiaomi redmi Note 3 Pro
  • 1 Kepala Charger dengan Output 2A
  • 1 Kabel microUSB v2.0
  • 1 Kartu Garansi dari Dstributor
  • 1 Buku panduan navigasi tombol Redmi Note 3 Pro
  • 1 Kartu Garansi dari Xiaomi China
  • 1 Unit Sim Injector

Kesan pertama kami dapatkan smartphone terbaru dari Xiaomi ini tidak ada yang berbeda dengan versi terdahulu, karena pada dusbook sama persis dengan varian reguler, yakni berbentuk kotak berwarna putih dengan logo MI pada pojok kanan atas berwarna orange putih. Kemudian di bagian depan dusbook didapati gambar smartphone lalu dibawagian bawah serta di sisi samping kanan kiri tertulis bbahasa mndarin bersamaan dengan Note 3. Setelah kita cek dus, selanjutnya kita mulai masuk kedalam. Disini kami mendapati satu unit smartphone yakni Xiaomi Redmi Note 3 pro, dimana pada bagian bawahnya terdapat satu pack buku garansi dan panduan tombol navigasi dari Xiaomi dan satu buah sim injector yang tertata rapi pada satu lembar kertas.

Setelah kami kesampingkan unit beserta satu pack buku tadi. Kami temukan satu buah kabel microUSB v2.0 dan kepala charger yang mendukung fast charging dengan output 2000 Miliampere atau sama saja dengan 2A. Dari sinilah nantinya sobat bisa mendapatkan asupan pengisi daya baterai cepat. Hal ini sengaja diberikan oleh Xiaomi tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberikan kenyamanan terhadap pengguna, agar tidak perlu lagi menunggu lama charge. Apa jadinya bila charge yang sobat gunakan hanya berkekuatan 1A saja, bisa bisa untuk mencharge, sobat membutuhkan waktu hingga 3 jam. Namun dengan adanya unit + fitur charge ini, waktu atau lama charge akan terpangkas hingga setengahnya dibanding menggunakan charger dengan output 1A.

2. Video Unboxing :

3. Desain dan Body : 

Seperti yang sudah kami katakan dan bukan lagi kata orang, karena kami disini membelinya dan memilikinya langsung. Desain dari Xiaomi Redmi Note 3 Pro ini tidak jauh beda dengan versi reguler, karena secara keseluruhan baik itu pada bagian depan maupun belakang menggunakan material yang sama. Dimana untuk bagian belakang atau back cover dibuat dari material magnesium alloy, yang menunjukan bahwa dirinya tidak bisa dianggap sama dengan smartphone lain meskipun membawa harga sama. Dan pastinya dengan adanya material utama tersebut membuatnya lebih terkesan HP berkelas yang biasanya hanya ditemukan pada smartphone dengan harga terjangkau yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 3 Pro.

Tak hanya itu saja, demi dapat mempertahankan unsur kenyamanan yang ada, dibagian belakang ini pula Xiaomi membentuknya dengan desain lengkung yang dapat membuat deteknokers atau pengguna mudah menggunakannya. Tapi ada satu yang kurang pas menurut kami, harusnya di bagian depan Xiaomi membuang list chrome yang terdapat pada bagian frame, tetapi tampaknya hal itu masih dipertahankan oleh Xiaomi dan sejauh kami menggunakannya tidak menemukan perbedaan yang berarti di bagian ini, dan pada bagian belakang Xiaomi menempatkan fingerprint sensor atau sensor pemindai sidik jari dengan tingkat responsitifitas tinggi, yang akan membuat proses unlocking dapat sobat lakukan hanya dalam sekejap mata.

Tampak Depan

Tampak Depan Xiaomi Redmi note 3 Pro

Tampak Depan Xiaomi Redmi note 3 Pro

Mulai dari bagian depan, review Xiaomi Redmi Note 3 pro mendapati adanya panel layar terbilang luas dengan bentang 5,5 inch yang dilapisi oleh adanya Scratch Resistance Glass guna meminimalisir goresan akibat kesalahan pemakaian maupun jika tergores benda keras, sehingga layar tetap tampak bening setiap saat. Lalu pindah ke bagian atas layar, ada satu buah kamera dengan lensa 5 Megapixel yang tertanam di bagian paling kanan, kemudian di sisi tengah tersemat sensor proximity dan pada bagian paling kiri ada lubang speaker telfon. Next pindah ke bagian bawah layar, terdapat 3 tombol cappsitive button yang menyala putik jika kita hidupkan ini smartphone. Oiya, di sisi kanan kamera ternyat ada LED Notification.

Tampak Belakang

Tampak Belakang Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Tampak Belakang Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Lanjut ke bagian belakang, kami langsung disambut oleh back cover bergaya mewah layaknya smartphone mahal, alasan kami mengatakan begitu, karena dibagian ini Xiaomi sendiri menggunakan material magnesium alloy sebagai bahan utama pembuatan back cover. Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro pun kami terusakan, dan kami menemukan adanya lensa kamera utama yang lebih besar dibanding pendahulunya, dengan ukuran sebesar 16MP. Lalu ada Dual Tone LED Flash dan dibagian bawahnya lagi tertanam sensor pemindai sidik jari berbentuk bulatan yang masuk kedalam atau cekung dan sangat mudah untuk kita jangkau hanya dengan satu tangan. Logo MI diatas speaker utama berdesain titik-titik yang membentuk kotakan persegi panjang.

Tampak Samping

Tampak Samping Kiri Xiaomi Redmo Note 3 Pro

Tampak Samping Kiri Xiaomi Redmo Note 3 Pro

Tampak Samping Kanan Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Tampak Samping Kanan Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Review Xiaomi redmi Note 3 Pro kami lanjutkan ke sisi samping smartphone ini, yang mana di semua sisinya di buat dengan desai melengkung yang sengaja Xiaomi buat untuk memudahkan sobat deteknokers sewaktu menggenggamnya serta memberikan kenyamanan lebih sewaktu deteknokers menggunakan yang terbaru dari Xiaomi ini dalam rentan waktu lama tanpa terasa tajam atau apapun itu, dan yang akan sobat rasakan hanyalah nyaman serta tidak licin meskipun material utama pembuatan bagian ini dibuat dari magnesium alloy. Di sisi kanan, Xiaomi menempatkan satu tombol power dan 2 tombol pengaturan volume yang dijadikan satu / segaris. Beralih kebagian kiri sangatlah halus, namun dibalik kehalusannya agak ke atas sedikit sobat akan temukan dimana slot SIM Card berfitur hybrid disematkan oleh Xiaomi.

Tampak Atas

Tampak Atas Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Tampak Atas Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Sama dengan sisi kanan dan kiri, review Xiaomi Redmi Note 3 Pro dapati satu lubang jack audio dengan diameter 3.5 dan sensor infra red yang berfungsi sebagai penghubung antara smartphone ini dengan perangkat lain. Misal saja kegunaan dari fitur ini untuk jadikan Redmi Note 3 Pro sebagai remote dari perangkat lain, sebut saja TV, tentunya dengan perantara aplikasi yang ada didalam Xiaomi. Sehingga sobat tidak perlu lagi repot-repot mencari remote hanya untuk mengganti chanel maupun mengatur volume dan menu-menu lainnya yang ada di sebuah TV, karena semua itu bisa sobat lakukan hanya dengan menggunakan smartphone yang terbaru dari Xiaomi satu ini.

Tampak Bawah

Tampak Bawah Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Tampak Bawah Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Tidak banyak yang ditempatkan oleh Xiaomi dibagian ini, dikarenakan Xiaomi hanya menempatkan satu lubang port microUSB v2.0, yang disisi kirinya terdapat satu lubang semacam microphone minim noise, yang diperuntukan bila kita melakukan panggilan baik itu melewati provider sim-card maupun dengan aplikasi dari pihak ketiga, bakal membuat suara yang akan kita dengar di lawan bicara terdengar lebih jernih biarpun dalam posisi keadaan ramai, seperti di kerumunan orang, dipasar, ditempat rekreasi yang banyak pengunjungnya, dan ditempat ramai lainnya, kita akan tetap merasa nyaman melakukan panggilan.

4. Layar : 
Layar Xiaomi Redmi note 3 Pro

Layar Xiaomi Redmi note 3 Pro

Nama boleh saja ada tambahan pro di akhirnya, tetapi untuk kualitas layar yang di usung oleh Xiaomi Redmi Note 3 Pro sama dengan pendahulunya. Hal itu dikarenakan, di versi Pro ini Xiaomi masih mempertahankan panel layar dengan luas 5,5 inch yang memiliki kemampaun menampilkan gambar dalam resolusi maksimal 1080 x 1920 pixel atau setara full HD dan tidak ketinggalan, Xiaomi juga mengadopsi teknologi In Plane Switching atau sering disebut nama IPS, yang akan memastikan sobat deteknokers bisa menikmati berbagai konten multimedia yang secara jelas dan memiliki warna yang kaya plus tajam, serta sobat bisa pula melihat seluruh isi layar dari berbagai sisi, abik itu dari sisi samping kanan, kiri, atas, dan bawah tanpa ada pengurangan ketajaman warna.

Sementara itu, Scratch Resistance Glass tak lupa dilapiskan di bagian paling depan dari Redmi Note 3 Pro, yang dapat mengantisipasi layar dari goresan akibat pemakaian. Sejauh kami menggunakan dan dalam melakukan review Xiaomi Redmi Note 3 Pro, layar ini cukup tangguh yah sob, karena pada smartphone yang kami miliki ini berulang kali keluar masuk saku dimana kita menyimpannya, entah itu saku berbahan kasar atau tidak, layar tetap terlihat bening, yang secara tidak langsung juga sangat berperan terhadap tampilannya, karena dengan layar yang bening secara otomatis cahaya layar akan terlihat lebih jernih dan menggunakan Redmi Note Prime semakin terasa menyenangkan.

Multitouch Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Multitouch Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Sayangnya walaupun hadir dalam varian tertinggi dari Redmi Note 3, rentan jarak antara layar dengan bagian frame tidak jauh berbeda, tetap saja memiliki rentan yang lumayan jauh, sehingga bagian bezel akan terlihat jelas ketika pada saat digunakan. Tapi overall, hal itu tidak terlalu berpengaruh terhadap performa, karena sobat masih bisa merasakan kenyamanan lebih pada saat melihat apa yang bergerak atau terlihat diatas layar dengan tingkat detail tinggi, yang bisa dilihat dari berbagai sisi secara jelas, dan Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro dibagian layar tidak sebatas itu saja, kita juga uji respositifitas layar dengan jari menggunakan multitouch test, yang hasilnya 10. Itu berarti layar ini mendukung semua jari yang kita miliki, sehingga bisa kita simpulkan layar ini sangat cocok untuk memainkan berbagai game-game terkini, terutama game strategi.

5. Sistem Operasi dan User Interface : 
Software Xiaomi Rdmi Note 3 Pro

Software Xiaomi Rdmi Note 3 Pro

Berjalan pada sistem operasi Android v5.1.1 aka Android Lollipop yang dijadikannya sebagai dasar tampilan antar muka khas Xiaomi yakni MIUI 7 (Terbaru), menjadi satu daya tarik lebih yang dimiliki oleh Xiaomi redmi Note 3 Pro. Pasalnya dengan adanya perpaduan tersebut, sobat bukan hanya bisa dapatkan tampilan menarik, tetapi sekaligus dapat kepuasan yang tidak bisa sobat dapat ketika menggunakan perangkat smartphone dari merek lain. Karena pada dasarnya Xiaomi lah yang pertama memiliki pengaturan thema yang dapat mengganti seluruh bagian tampilan, mulai dari bagian telfon, pesan, bagian notifikasi, pilihan menu dan masih banyak lainnya yang memang diberikan oleh Xiaomi untuk membuat siapa saja nyaman menggunakan perangkat smartphone dari Xiaomi dalam waktu lama.

Home Screen

Home Screen Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Home Screen Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Tentunya ciri khas dari Xiaomi sudah bisa sobat lihat pada bagian awal ini. Review xiaomi redmi note 3 pro tidak menemukan keanehan atau berbeda dari perangkat smartphone xiaomi lainnya. Karena disini sobat tidak akan menjumpai app drawer dibagian manapun karena pada dasarnya semua aplikasi yang terinstal akan langsung masuk ke bagian depan, jadi sobat tidak perlu repot maupun bingung-bingung lagi untuk mencari aplikasi yang tersimpan, karena cukup geser kanan maupun kiri, semua aplikasi sudah terlihat, dan tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan. Jelasnya, dengan tanpa adanya app drawer, sobat akan terasa jauh lebih mudah untuk menemukan aplikasi maupun berbagai fitur menu yang dibawa oleh Xiaomi Redmi Note 3 Pro.

Thema

Thema Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Thema Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Pengen tampilan beda atau ingin mendapatkan suasana berbeda dalam smartphone? Xiaomi sudah siapakan lewat menu thema yang terpampang jelas di bagian homescreen, ataupun pada saat masuk menu option. Lewat menu bawaan dari Xiaomi ini, sobat bisa mengganti tampilan dengan berbagai pilihan thema yang ada, dan seperti biasa, ada thema grati dan ada pula thema berbayar. Tapi bukan berarti yang gratis itu jelek, justru kami lihat yang gratis juga banyak yang keren kox sob, tinggal rajin-rajin aja masuk ke mnu thema untuk mencari yang terbaru, dan pilih sesuai dengan selera. Lebih dari puluhan thema tersedia didalamnya, dan pastinya selalu ada yang baru pastinya.

Thema 1 Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Thema 1 Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Thema 2 Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Thema 2 Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Thema 3 Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Thema 3 Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Font Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Font Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Perlu kami tekankan disini, bukan hanya tampilan home screen saja yang berubah, tetapi keseluruhan tampilan yang ada akan berubah ketika kita menerapkan sebuah thema berbeda. Begitu pula untuk urusan font, sama halnya dengan thema, sobat akan menemukan banyak pilihan, tetapi lagi dan lagi ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Selain mengandalakan pilihan yang tersedia di menu thema, sobat juga bisa membuat thema sesuai dengan selera, tetapi dengan syarat, harus punya keahlian terlebih dahulu, karena banyak yag harus di otak atik agar nantinya sewaktu dipasang, pas serta presisi dengan bagian layar.

6. Performa dan Hardware :
Hardware Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Hardware Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Hardware

Perbedaan cukup mencolok kami temui di bagian yang satu ini. Pasalnya dari yang versi sebelumnya didukung chipset dari mediatek, tetapi untuk yang terbaru / versi pro, Xiaomi berikan chipset arsitektur terbaru dari Qualcomm berupa Snapdragon 650 dengan enam inti processor didalamnya, untuk pembagiannya sendiri setelah kami review Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan CPU X, kami menemukan clock speed yang berbeda dikarenakan ada dua pembagian inti yang terdiri dari Dual-core berkecepatan 1.8 GHz Cortex-A72 dan satunya lagi Quad-core yang mampu berlari dengan kecepatan maksimal 1.4 GHz Cortex-A53. Hasil dari kerja dari chipset ini terbukti mampu menjalankan berbagai fitur serta menu yang ada dengan gerakan cepat, terlebih sudah jelas-jelas menggunakan arsitektur 64 Bit, yang notabennya lebih baik ketimbang 32 Bit.

Lalu pada bagian RAM Xiaomi redmi Note 3 Pro yang kami miliki menggunakan 2GB, padahal si ada pilihan lain yaitu 3GB. Tetapi untuk RAM sendiri sepertinya tidak terlalu berpengaruh besar terhadap performa, karena pada saat kami lakukan review Xiaomi Redmi Note 3 Prime, multitasking tetap terasa lancar, perpindahan antara slide satu ke slide lainnya terasa begitu lancar. Membuak aplikasi dalam jumlah banyak dalam sekali waktu pun masih lancar-lancar saja, sekalipun aplikasi itu berformat besar dan membutuhkan grafis tinggi, tetap saja lancar.

Akan tetapi ada yang kami rasa kurang dengan bagian penyimpanan, dikarenakan kami pilih yang versi RAM 2GB, internal yang kami dapat hanya 16 GB, dimana yang tersisa setelah termakan sistem serta aplikasi bawaan hanya menyisakan ruang 11 GB, dan itu menurut kami kurang cocok buat sobat yang suka koleksi game-game berformat besar, terbukti kami hanya bisa menyimpan game format besar hanya 4 buah, dan itupun kami tidak bisa menginstal aplikasi medsos. Walupun pada versi yang pro menyediakan ruang simpan tambahan, dan bisa di isi hingga batas maksimum 128GB tetap saja tidak terlalu berpengaruh, karena game yang kami instal tidak bisa kami pindah ke bagian eksternal (Perlu Akses Root untuk memindah). Saran kami sebaiknya sobat beli aja yang ram 3GB, agar bisa dapetin internal lebih luas, serta agar lebih leluasa ketika ingin mengoleksi game dan mengintal aplikasi lainnya.

Benchmark AnTuTu

AnTuTu Xiaomi Redmi Note 3 Pro

AnTuTu Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro terus berlanjut hingga saatnya kami uji smartphone ini menggunakan aplikasi Benchmark AnTuTu, hasilnya kami katakan sangat memuasakan, karena lebih unggul dibanding versi terdahulu yang menggunakan mediatek, karena setelah kami coba berulang-ulang kali, akhirnya kami dapatkan skor yang menurut kami sudah maksimum sekali dengan posisi internal tersisa hanya sekitar 800 Mb saja, yaitu 74.575. yang mana skor tersebut berhasil mengalahkan Nubia Z9 Max dan iPhone 5S. Sedangkan untuk hasil skor diatasnya, ada Sony Xperia Z5 dengan skor 76.862. Dari ketiga smartphone lain yang kami sebutkan, sudah jelas, bahwa HP powerfull tidaklah harus mahal, terbukti dengan harga terjangkau, Xiaomi Redmi Note 3 Prima bisa kalahkan HP-HP mahal.

Benchmark GeekBench

GeekBench Xiaomi Redmi Note 3 Pro

GeekBench Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Tadi kan udah pake AnTuTu, sekarang giliran pakai benchmark GeekBench. Hasil yang sangat amat memuaskan ada pada hasil yang kami dapat menggunakan aplikasi satu ini, karena dalam review Xiaomi Redmi Note 3 Pro, smartphone yang satu ini berhasil dapatkan skor single core terbilang tinggi, dengan skor 1377 milik Redmi Note 3 Pro berhasil kalahkan telah samsung galaxy S6 yang hanya mampu memberikan hasil 1264. Lalu untuk hasil multi-core redmi note 3 pro dapatkan 3381 sedangkan S6 4108. Bagaimana menurut sobat ? hasilnya mantabs banget kan? pokoknya performa yang terbaru dari Xiaomi ini sangatlah memuaskan dan patut untuk dijadikan sebagai prioritas pilihan utama di range bdget terjangkau.

Memori

Memori Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Memori Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Sempat kami singgung diatas, kalau internal perlu sobat perhatikan lebih jauh ketika akan membeli smartphone yang satu ini, karena disini sobat akan dihadapkan dua opsi pilihan penyimpanan dengan disesuaikan pilihan RAM yang sobat pilih : RAM 2GB + Internal 16GB dan RAM 3GB + Internal 32GB. Terbukti dengan pilihan yang kami lakukan, yakni memilih internaol 16 GB, yang tersisa setelah terpakai sistem dan aplikasi bawaan hanya menyisakan ruang 11 GB, dan disini kami hanya bisa instal aplikasi AnTuTU Benchmark, CPU-X, Sensor BOx, GeekBench3, Multitouch, DH5, EvilBane, Fifa 2015, Sniper Fury dan PCmark. Tapi untung saja ada eksternal memory, meski internal sudah habis dan hanya tersisa 548 MB, sobat bisa tambah penyimpanan melalui slot eksternal yang sudah tersedia dengan kapasitas maksimal bisa di isi dengan microSd sampai 12GB. Disamping itu juga, sobat masih bisa perluas lagi menggunakan USB OTG.

Daya Tahan Baterai

Daya Tahan Baterai Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Daya Tahan Baterai Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Ketahanan baterai yang kami rasa saat review Xiaomi Redmi Note 3 Pro tidak jauh beda dengan Redmi Note 3 versi reguler / mediatek, kami juga sempat lakukan test battery menggunakan PC Mark pada posisi baterai 80%. Penopang daya dengan kapasitas 4000 mAh milik Redmi Note 3 Pro bisa bertahan 10 jam 12 menit pada kategori Work battery life. Dengan hasil demikian sangatlah memuaskan, karena dalam waktu begitu lamanya, kita bisa lakukan aktifitas apa saja yang berhubungan dengan smartphone dalam rentan waktu hingga seharian. Adapan untuk waktu charge, adanya fitur fast-charging dan charger dengan output sebesar 2A, sewaktu kami lakukan review Xiaomi Redmi Note 3 Pro, kami hanya waktu butuh waktu sekitar 2 jam saja untuk mencapai penuh dari posisi baterai 5% ke 100%.

Sensor

Sensor Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Sensor Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Untuk mengecek kelengkapan akan sensor yang di usung oleh smartphone ini, review Xiaomi Redmi Note 3 Pro pun kami menggunakan aplikasi sensor box Android, dan yang diperlihatkan pada apalikasi ini, yang terbaru dari Xiaomi atau Redmi Note 3 Pro membawa sensor Accelerometer, Light sensor, orientation sensor, proximity sensor, Gyrocope sensor, sound sensor, dan magnetic sensor. Lalu untuk yang tidak ada diantaranya temperature sensor dan pressure sensor. Bisa dikatakan cukup lengkap, dan dengan adanya sensor Gyro, sobat pastinya bisa memadukannya bersama VR untuk sensasi lebih sru ketika memainkan game.

7. Multimedia : 
Sniper Fury

Sniper Fury

DH5

DH5

Evil Bane

Evil Bane

Gaming

Berbekal adanya RAM 2GB dan Chipset arsitektur terbaru berkat digunakannya chipset Snapdragon 650 dengan Processor Hexa core plus GPU Adreno 510, gaming 3D menggunakan Redmi Note 3 Pro terasa begitu menyenangkan, karena selama kita mencoba berbagai game-game 3D terkini, semua berjalan lancar, hanya saja pada saat kami review xiaomi redmi note 3 pro dengan memainkan game fifa 2016, game sebenarnya tidak ada kendala, hanya saja suara atau bagian audio terdengar putus-putus, kayak telat gitu sob, tapi overall untuk gamenya sendiri berjalan lancar tanpa menjumpai grafis tersendat. Selainitu, game yang kami mainkan ada DH5, Sniper fury dan EvilBane, semuanya dapat berjalan lancar tanpa ada kendala berarti, yang kendala hanyalah penyimpanan karena kita pilih yang internal 16 GB.

Video

Video Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Video Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Sejauh kami lakukan review Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan memutar berbagai video, support maksimal dari smartphone ini paling atas bisa memutar video Full HD, tapi sayangnya kalau kita memutar dengan player bawaan, ada satu yang kurang, kami sendiri tidak bisa menambahkan subtitle dalam video meski sudah menyisipkannya didalam file, yang akhirnya kami memutuskan untuk mendownload player VLC, dan baru dari aplikasi inilah kita bisa putar film plus menambahkan subtitle didalamnya, maklum sob, efek kagak ngerti sama bahasa asing 🙂 .

Musik

Musik Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Musik Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Menariknya, smartphone dari Xiaomi selalunya memberikan aplikasi pemutar musik yang terbilang memiliki fitur lengkap, karena bukan saja kita bisa memutar musik yang kita punya, tetapi sobat juga bisa streeming lagu melalui aplikasi bawaan ini lengkap dengan lirik lagu, tapi dengan satu syarat, sobat harus terkoneksi dengan internet terlebih dahulu jika ingin melakukan dua hal yang kami sebutkan tadi. Kemudian review Xiaomi Redmi Note 3 Pro soal speaker, apa yang dimiliki oleh smartphone ini terbilang memuaskan telinga, dan kerennya lagi sobat bisa sesuaikan efek audio bila menggunakan headset melalui fitur menu bawaan dari Xiaomi.

8. Konektifitas dan Internet : 
Konektifitas Internet Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Konektifitas Internet Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Internet

Sobat tak perlu kawatir lagi ketika menjelajah dunia maya, karena dengan menggunakan Xiaomi Redmi Note 3 Pro, sobat bisa melakukan segala hal yang berhubungan dengan internet, termasuk membuka plus menjalankan aplikasi media sosial seperti facebook, bbm, whats app, twitter, dan streeming youtube. Akan bisa berjalan lancar di atas layar Redmi Note 3 Pro. Dikarenakan bukan hanya fitur koneksi internet 3G saja yang bisa sobat sambung dengan smartphone ini, tetapi sobat juga bisa hubungkan Redmi Note varian pro ini dengan fitur koneksi 4G LTE dengan kecepatan maksimum download hingga 150 Mbps dan upload 50 Mbps. Tapi perlu sobat ketahui, untuk kecepatan 4G LTE dimasing-masing daerah itu berbeda, dan tidak semuanya sama. Namun yang jelas jika terhubung dengan jaringan 4G, rasanya lebih baik dibanding bila hanya terkoneksi hanya dengan 3G saja. Selain itu ada satu yang kurang, yakni meski memiliki Dual SIM, sayangnya berfitur Hybrid, jadi apabila sobat menginginkan dua sim-card secara bersamaan digunakan, berarti harus rela tidak menggunakan MicroSD, begitu juga sebalaiknya.

Konektifitas Nirkabel

Konektifitas Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Konektifitas Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Buat yang hobi travelling, review Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang kami lakukan membuktikan kalau proses lock tempat atau lokasi menggunakan aplikasi maps yang terhubung dengan konektifitas GPS yang dibawa oleh Note 3 Pro sangatlah cepat, apalagi jika terhubung dengan 4G LTE, untuk mengetahui seberapa jauh, dan estimasi waktu berikut dengan penunjuk arah, smartphone ini cukup recomended, soalnya waktu searching tempat dan mengunci tempat maupun lokasi tujuan tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekali klik, lokasi akan langsung ditemukan secara mudah. Selain GPS, ada juga konektifitas nirkabel lain, diantaranya VoLTE, Wi-fi, Blutooth v4.1, dan Infrared yang bisa difungsikan sebagai penghubung smartphone untuk dijadikan sebagai remote suatu perangkat, sebut saja televisi. Terakhir, Xiaomi benamkan port microUSB v2.0 yang telah support USB On The Go, sehingga sobat bisa langsung saja hubungkan flashdisk ke smartphone yang satu ini.

9. Kualitas Kamera : 
Menu Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Menu Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Kamera Depan

Berbekal kamera dengan lensa 5 Megapixel yang bisa menghasilkan resolusi gambar maksimal 2592 x 1944 pixel, serta membawa focal length 1.9 mm dan aperture yang lebih besar dibanding versi mediatek atau yang bukan pro dengan f/2.2, sobat bisa dapatkan hasil foto selfie dengan hasil cukup tajam serta kaya akan warna, baik itu pada siang hari maupun pada saat posisi di dalam ruangan. Untuk mengetahui hasil dari kamera depan ini, review Xiaomi Redmi Note 3 Pro menghasilkan beberapa foto yang bisa langsung sobat cek dibawah ini.

Hasil Kamera Depan Beauty Off

Hasil Kamera Depan Beauty Off

Hasil Kamera Depan Beauty Low

Hasil Kamera Depan Beauty Low

Hasil Kamera Depan Beuty Mid

Hasil Kamera Depan Beuty Mid

Hasil Kamera Depan Beauty High

Hasil Kamera Depan Beauty High

Namun bila sobat merasa pada saat foto muka terlihat agak hitam, sobat dapat aktifkan mode beautify yang langsung tersaji pada awal sobat membuka kamera di sebelah pojok kiri bawah, bisa diatur mulai dari kualitas low hingga High, sebenarnya adanya fitur ini adalah hanya untuk membuat hasil terlihat lebih terang dan menyamarkan warna hitam, yang biasanya si terlihat kalau kita belum mandi sob, hehee 🙂 . Selain fitur beauty, sobat juga akan temukan beberapa filter kamera bilapada bagian layar, sobat usap ke sisi kiri, setidaknya ada 12 mode yang terdiri dari : Mono, Vivid, Yesteryear, Sketch, Blur, Mosaic, Dawn, Japanese, Autumn, Indigo, Normal dan Miror, yang akan membuat hasil foto terlihat tidak monoton.

Kamera Belakang

Menu Kamera Utama Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Menu Kamera Utama Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Tidak mau kalah dengan kamera depan maupun dari pendahulunya, review Xiaomi Redmi Note 3 pro menemukan perbedaan paling mendasar pada bagian kamera utama, yang mana ukuran lensa Note 3 Pro jauh lebih besar dibanding yang terdahulu dengan lensa sebesar 16 MP. Dimana hal itu akan sangat berpengaruh terhadap hasil foto nantinya, yang pasti akan lebih baik dari pendahulunya. Terlebih dipadukannya bersama sensor CMOS, Aperture f/2.0, focal length 4.2 mm plus Dual Tone LED Flash, sobat bisa abadikan setiap momen dengan kualitas foto berkualitas. Sekalipun sobat mengambilnya dimalam hari. Tak berhenti sampai disitu saja, Xiaomi bekali smartphone miliknya ini dengan fitur phase detection autofocus (PDAF), yang mana fitur ini akan bekerja secara otomatis sewaktu kita menyentuh bagian layar pada titik fokus, dan hanya dalam hitungan detik, fokus pun akan langsung terkunci dengan tanda lingkaran berwarna hijau. Tapi untuk jelas soal hasil dari kamera utama Redmi Note 3 Pro ini, sobat dapat cek langsung hasil review Xiaomi redmi note 3 pro kamera belakang dibawah ini.

Hasil Kamera Utama Di Luar Ruangan Siang hari

Hasil Kamera Utama Di Luar Ruangan Siang hari

Hasil Kamera Utama HDR On Kondisi Gelap

Hasil Kamera Utama HDR On Kondisi Gelap

Hasil Kamera Utama Menggunakan Flash Dalam Ruangan

Hasil Kamera Utama Menggunakan Flash Dalam Ruangan

Hasil Kamera Utama Menggunakan Flash

Hasil Kamera Utama Menggunakan Flash

Hasil Kamera Utama Tanpa Flash Didalam Ruangan Siang

Hasil Kamera Utama Tanpa Flash Didalam Ruangan Siang

PDAF Kamera Utama

PDAF Kamera Utama

Adapun fitur menu lainnya yang terdapat padasaat kita slide layar ke bagian kiri, sobak akan menjumpai adanya mode kamera panorama, timer, manual, straighten, beauty sama dengan kamera depan, HHT untuk mode malam, scene mode, tilt-shift, dan fish eye dengan efek melengkung, yang semua itu bisa dikombinasikan pada waktu sobat akan mengabadikan momen, agar bisa terlihat berbeda dari pada hasil menggunakan efek normal atau auto. Nah tadi kan udah hasil di siang hari atau pada posisi cahaya cukup, sekarang giliran malam hari deng beberapa mode, yang bisa sobat cek berikut ini.

Video

Video Xiaomi Redmi Note 3 pro

Video Xiaomi Redmi Note 3 pro

Menggunakan kamera belakang, review Xiaomi Redmi Note 3 Pro menemukan 2 mode kamera diantaranya Time lapse serta slow motion. Kedua mode yang dimiliki oleh smartphone ini sangat membantu ketika kita sedang menginginkan efek video unik untuk kita selipkan pada sebuah render video menggunakan komputer, dan hasilnya terbilang memuaskan, tetapi sayangnya bila kita mencoba time lapse, unutk bisa mengetahuinya paling tidak membutuhkan waktu cukup lama. Sedangka kualitas video yang bisa dihasilkan dari kamera utama mupun kamera depan, keduanya sama-sama mendukung akan kualitas video SD, HD dan Full HD. Jadi sobat tak usah tanyakan lagi hasil videonya jelas atau tidak, karena sudah pasti jelas. Tapi karena fitur OIS tidak dibawakan oleh Xiaomi, membuat hasil rekam video pada saat pergeseran atau dengan kata lain sewaktu memindah posisikan smartphone, akan terasa getarannya.

10. Fitur Unggulan :
Fingerprint Sensor Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Fingerprint Sensor Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Fingerprint Sensor

Fitur utama yang sangat diunggulkan oleh Redmi Note 3 Pro yakni sensor pemindai sidik jari yang ditempatkan pada bagian belakang. Adanya fitur ini keamanan data didalam smartphone akan sangat terjamin, karena hanya kita yang memiliki smartphone dan yang melakukan verifikasi sidik jari, yang bisa membuka lock screen. Hebatnya lagi, paling tidak kita bisa menyimpan hingga 5 sidik jari didalam menu ini, jadi bukan satu jari saja kita bisa unlocking smartphone ini, tetapi 5 jari bisa masuk didalamnya. Dan menurut kami proses unlocking ponsel cerdas besutan Xiaomi ini sangat cepat, hanya membutuhkan waktu 3 detik dari posisi layar mati ke posisi menyala dan langsung masuk ke menu home screen.

Dan dalam penggunaannya, sensor pemindai sidik jari dari Redmi note 3 Pro dapat dilakukan hingga 360 derajat. Mungkin hal inilah yang membuat proses unlocking menjadi lkebih cepat ktimbang yang berada di tombol home. Tingkat sensitivitasnya pun terbilang tinggi. Selain fitur lock screen tersebut ada juga fitur lainnya, yakni pin, pattern dan pasword. Jadi, sobat mau pilih pake yang mana ? ketiganya sama-sama mendukung kemanan cukup tinggi dalam soal penyimpanan data didalam sebuah smartphone.

Data Saver dan Battery Saver

Data Saver Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Data Saver Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Dalam review Xiaomi Redmi Note 3 Pro, dan setelah kami sendiri membongkar hais semua menu yang ada didalamnya, kami temukan pula fitur cukup unik yang sangat bermanfaat untuk menghemat pemakaian data atau kuaota, disini sobat bisa membatasi pemakaian data, serta bila mengaktifkannya akan secara otomatis data internet yang akan kita terima itu bakal terkompres hingga ukuran terkecil, sehingga data yang kita perlukan sewaktu mendownload sebuah halaman memiliki ukuran kecil dan tentunya membuat kuota menjadi lebih irit pastinya sob. Beralih ke penggunaan daya, ada satu fitur yang memiliki sifat penghemat yakni Battery saver, tetapi adanya fitur ini menurut kami tidak terlalu berpengaruh terhadap daya, karena pada dasarnya Baterai yang digunakan oleh Redmi Note 3 Pro ini besar, jadi tampaknya fitur ini tidak perlu di aktifkan, karena terbukti cukup lama dalam pemakaiannya.

11. Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro :
Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Tertarik untuk bisa dapatkan dan membawa smartphone ini pulang ke rumah ? tenag saja, sobat tak perlu lagi rogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menjadikannya hak milk, karena hanya cukup dengan Rp.2.499.000,- sobat sudah bisa memilikinya secara utuh. Dan untuk yang kami dapatkan ini, merupakan garansi distributor, tapi lumayan lah, meskipun tidak resmi, tetapi paling tidak kami mendapatkan garansi selama satu tahun dari distributornya, yang bila ada kerusakan nantinya bisa langsung klaim, tapi tentunya dengan syarat plus kondisi tertentu untuk bisa melakukan proses garansi.

12. Video Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro :

 

13. Kelebihan Xiaomi Redmi Note 3 Pro :
  • Performa jauh lebih baik dibanding versi biasa karena sudah jelas terlihat di skor AnTuTu
  • Chipset yang digunakan jauh lebih baik dengan arsitektur terbaru berupa Snapdragon 650
  • RAM yang di usungnya besar 2GB dan Internal cukup luas dengan 16GB
  • Disertai fitur Fast Charging yang akan sangat membantu pengisian daya menjadi lebih cepat
  • Layar tergolong tajam dengan resolusi 1080 x 1920 pixel / Full HD
  • Mendukung akan adanya fitur USB On The Go
  • Dilengkapi adanya fingerprint sensor
  • Kamera utama jauh lebih besar dibanding pendahulunya dengan 16 Megapixel
  • Berjalan pada sistem Android Lollipop dan menggunakan MIUI 7
  • Hasil jepret foto sangat memuaskan untuk kisaran harga dikelasnya
  • Penyimpanan dapat diperluas menggunakan microSD up to 128 GB
  • Material utama yang digunakannya adalah Magnesium Alloy, yang jauh lebih baik dibanding plastik
  • Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro termasuk terjangkau
14. Kekurangan Xiaomi Redmi Note 3 Pro :
  • Layar hanya dilindungi dengan scratch resistance glass
  • Tidak mendukung adanya konektifitas NFC
  • Fitur Dual SIM yang dibawanya bersifat Hybrid
  • Masih menggunakan port microUSB v2.0 dan belum USB Type-C

Baca juga : Review Samsung Galaxy S7 Edge : Ponsel Terbaik Tahan Air

Bagaimana sob? dari review Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang kami ulas diatas sudah jelas bukan ? Perlu kami tekankan disini, ini merupakan hasil review yang kami lakukan setelah berhari-hari menggunakannya, dan berdasar pengalaman sendiri bukan dari orang lain. Yang jelas untuk smartphone varian Pro dari Redmi Note 3 ini jelas-jelas sangat memuaskan, dibanding dengan smartphone lain dengan harga yang sama, biasanya sobat hanya akan mendapatkan spesifikasi dibawahnya, jadi menurut kami smartphone yang terbaru dari Xiaomi ini snagatlah recomended buat sobat yang menginginkan ponsel kaya fitur harga terjangkau plus berfitur fingerprint sensor. Ditambah lagi kameranya besar, so tunggu apalagi, langsung aja cek toko online kesayangan buat cek harga terkini dan langsung beli, dijamin puas deh. Demikian Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang dapat kami berikan buat sobat deteknokers semoga bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan acuan sebelum menentukan pilihan akan smartphone yang bakal dibeli pada tahun ini.


Advertisement