Review Xiaomi Redmi Note 2, Phablet Murah Performa Mumpuni


Detekno.com – Perangkat ponsel cerdas baru dari Xiaomi kembali menghiasi beranda detekno, dimana pada tanggal 26 Agustus bulan kemarin kami bisa mendapatkan sebuah perangkat ponsel pintar terbaru dari Xiaomi dengan nama Xiaomi Redmi Note 2, yang notabennya belum secara resmi di perkenalkan di negri kita ini indonesia. Produk terbaru dari Xiaomi tersebut juga bisa dikatakan sebagai phablet, dikarenakan panel layar berukuran lebar hingga 5.5 inch terlihat pada tampak muka dari Xiaomi Redmi Note 2.

Banyak orang mengatakan, kalau phablet terbaru dari Xiaomi ini memiliki kemampuan hebat, ternyata sewaktu kami buktikan, semua itu benar adanya. Performa tangguh dari dalam dapur pacu yang di dukung penuh oleh chipset dari Mediatek dengan serie MT6759 tipe Helio X10, yang membawaih delapan inti processor berasitektur 64 Bit, membuat phablet terbaru dari Xiaomi ini dapat menyumbulkan performa dan kinerja secara optimal. Ditambah pengolah grafis dari PowerVR, menjadikan phablet ini sangat bisa diandalkan untuk memainkan game-game berat.

Perlu sobat deteknokers ketahui, ada dua versi Xiaomi Redmi Note 2, yang dibedakan atas penyimpannya. Pertama ada dari versi china, dimana versi ini memberikan ruang penyimpanan tambahan yang dapat di isi dengan menggunakan micro sd, sedangkan untuk versi global, tidak memberikan akses perluasan memory terhadap pengguna untuk menambah penyimpanan. Kebetulan team Detekno kali ini mendapatkan versi china atau dengan akses jaringan TD-LTE, yang penyimpananya dapat di ekspansi. Untuk mengetahui lebih jelas dan lengkapnya mengenai phablet Xiaomi yang satu ini, sobat dapat simak ulasannya dalam Review Xiaomi Redmi Note 2 yang kami buat berdasar pengalaman pribadi, dengan melihat dari segala sudut pandang pada rangkuman dibawah ini.

Review Xiaomi Redmi Note 2

Review Xiaomi Redmi Note 2

Review Xiaomi Redmi Note 2

1. Paket Penjualan :
  • Buku Petunjuk Pemakaian
  • Kartu Garansi
  • 1 Set Charger + USB Data
  • Baterai
  • Unit Xiaomi Redmi Note 2
2. Video Unboxing : 

3. Desain dan Body : 
Tampak Depan Xiaomi Redmi Note 2

Tampak Depan Xiaomi Redmi Note 2

Kesan pertama kali memegang pahablet terbaru dari Xiaomi ini, terasa nyaman, apalagi dengan dimensi ukuran panjang 152 dan lebar 76, membuat kami cukup mudah untuk menggunakan dengan satu tangan. Ditambah ketebalan yang hanya meraih angka 8.3 mm, tidak membuat sesak tempat penyimpanan dan terlihat ramping serta tipis. Sekilas, bentuk dan desain dari Xiaomi Redmi Note 2 terlihat seperti Xiaomi Mi41, dengan desain mengkotak, yang mana pada setiap sisi pojok dibuat lengkung secara presisi di ke empat sudutnya.

Rasa nyaman yang kami dapat sewaktu menggunakan Xiaomi Redmi Note 2 ternyata bukan hanya dari ukuran dan desain dan bentuk saja, melainkan balutan material plastik dipadukan dengan magnisium alloy yang membungkus seluruh bagian tubuhnya, membuat Xiaomi Redmi Note 2 terasa kesat dan tidak licin. Tak sampai disitu saja, Xiaomi Redmi Note 2 yang menggunakan dasar material berbahan plastik berkualitas tinggi, membuat bobot tubuhnya terasa ringan, dan kokoh serta kuat dengan berat yang mencapai nilai 160g.

Tampak Samping Kanan dan Kiri Xiaomi Redmi Note 2

Tampak Samping Kanan dan Kiri Xiaomi Redmi Note 2

Menilik lebih jauh akan penempatan tombol-tombol dari phablet terbaru dari Xiaomi ini, review Xiaomi Redmi Note 2 berlanjut pada sisi bagian kanan, yang mana pada bagian ini oleh Xiaomi di isi dengan tombol Volume Up dan volume down, yang dibawahnya juga ditambahkan tombol standby. Namun, pada sisi bagian kiri, kami tidak mendapati apapun di bagian ini, yang terlihat hanya back cover bagian samping yang menutup rangka bergaris lurus.

Tampak Atas dan Bawah Xiaomi Redmi Note 2

Tampak Atas dan Bawah Xiaomi Redmi Note 2

Kemudian review Xiaomi Redmi Note 2 dilanjutkan pada bagian bawah dan atas. Kedua bagian ini cukup simple, dengan bagian atas terdapat lubang jack audio berukuran besar dengan dimensi 3.5mm di sisi pojok bagian kiri. Lalu pada bagian paling kanan di sisi oleh lubang microphone. Lanjut kebagian bawah, Xiaomi menempatkan port microUSB v2.0, yang juga didampingi oleh lubang microphone dengan diameter sangat kecil, sama seperti di bagian atas.

Tampak Depan dan Belakang Xiaomi Redmi Note 2

Tampak Depan dan Belakang Xiaomi Redmi Note 2

Lanjut kebagian sisi belakang,atau bisa disebut juga back cover, di sisi ini kami melihat Xiaomi menempatakn audio speaker utama dibawah logo “MI”, dan kamera utama lengkap dengan LED Flash di bagian atasnya. Berlanjut review Xiaomi Redmi Note 2 di bagian depan, Xiaomi Redmi Note 2 menempatkan panel layar dengan ukuran 5.5 inch, yang dibagian atasnya disematkan speaker kedua dan led indikator, dan 3 tombol capasitive berwarna merah, dengan urutan palingkanan sebagai tombol recent, tengah “home”, dan paling kanan berupa back.

Selain memiliki layar berukuran luas, review Xiaomi Redmi Note 2 kami lanjutkan pada kemampuan layar. Bukan hanya luas, tetapi panel layar ini dapat memvisualisasikan gambar secara jelas dan bening, dengan resolusi gambar maksimal mencapai Full HD 1080 x1920 pixel, yang mnemiliki tingkat kerapatan pixel hingga ~401ppi. Untuk bagian ini, Xiaomi membuatnya dengan Ratio layar 72,2% screen to body ratio, sehingga Xiaomi Redmi Note tampak seperti tidak memperlihatkan ruang sisa dari jarak layar dengan sisi bagian tepi.

4. Sistem Operasi dan User Interface : 
Sistem Operasi dan User Interface

Sistem Operasi dan User Interface

Review Xiaomi Redmi Note 2 terus belanjut pada sisi bagian depan. Sewaktu awal kami menjajalnya dengan menyalakan phablet terbaru dari Xiaomi ini, tampilan awal seperti biasa, terdapat logo khas Xiaomi, yang selanjutnya menyusul hingga tampilan Home Screen, dimana pada sisi bagian ini terlihat banyak icon bawaan yang terlihat menarik dan unik dari sistem UI MIUI 6, yang nantinya sobat deteknokers juga dapat mengupgradenya menjadi tampilan MIUI 7.

Sistem UI yang unik pada tampilan icon dan menu pada Xiaomi Redmi Note 2 berdasar atas sistem operasi Android terbaru dengan versi 5.0.2, atau yang sering disebut dengan kata Android Lollipop. Berkat penggunaan OS ini, perpindahan slide terasa lebih enteng dan smooth, padahal semua aplikasi terdapat di bagian depan, tanpa adanya app drawer seperti android pada umumnya. Jadi jangan harap sobat dapat menyimpan aplikasi di bagian dalam, karena apa yang sobat instal akan langsung terlihat di tampak bagian depan.

Menu Thema Xiaomi Redmi Note 2

Menu Thema Xiaomi Redmi Note 2

Menariknya, seperti pada produk ponsel cerdas lainnya yang dibuat oleh Xiaomi, sobat deteknokers dapat mengganti tampilan secara keseluruhan dengan thema, yang bisa sobat dapatkan ketika sudah melewati registrasi akun Xiaomi, disitu sobat diberikan akses penuh untuk mengubah setiap tampilan yang dikehendaki pada menu thema, ada yang berbatyar, ada juga yang gratis, tersedia hingga lebih dari ratusan thema dengan tampilan unik dan tidak membosankan.

Sebagai tambahan, kami sarankan sobat deteknokers melakukan flash ulang terhadap sitem operasi Xiaomi Redmi Note 2. Pasalnya, sitem operasi pada Redmi Note 2 yang kami beli sudah di modifikasi oleh pihak distributor, sehingga banyak aplikasi yang tidak bisa di uninstal dan kami mengalami kesulitan ketika melakukan update ke MIUI 7. Untuk cara updatenya, sobat bisa mengunjungi forum MIUI pad link berikut : http://en.miui.com/download-274.html . Owh ya, bagi sobat yang ingin memakai MIUI 7 harus memiliki versi china (Developer Rom)

5. Performa : 
Hasil AnTuTu Benchmark Xiaomi Redmi Note 2

Hasil AnTuTu Benchmark Xiaomi Redmi Note 2

Berikutnya berlanjut Review Xiaomi Redmi Note 2 pada sektor performa. Tak perlu sobat ragukan lagi akan performa dari Xiaomi Redmi Note 2. Phablet terbaru dari Xiaomi ini telah diperkuat dengan adanya chipset dari Mediatek MT6759 Helio X10, dengan Processor Octa-core yang memiliki kemampuan clock speed 2.0 GHz, yang berjalan pada sistem pengoprasian 64 Bit, dengan demikian semua fitur yang dibawanya dapat dijalankan secara lancar dan cepat.

Ranking AnTuTu Video Tester 3.0 Xiaomi Redmi Note 2

Ranking AnTuTu Video Tester 3.0 Xiaomi Redmi Note 2

Terlebih pada posisi bagian RAM, Xiaomi mengisinya dengan 2GB, yang bila kedua komponen Hardware tersebut dipadukan, membuat sobat deteknokers dapat menjalankan multitasking tanpa ada hambatan yang berarti. Sementara untuk urusannya dengan grafis, Xiaomi Redmi Note 2 mempercayakannya pada GPU PowerVR G6200, dan review Xiaomi Redmi Note 2 dengan menjalankan game dengan semua komponen hardware yang sibawanya, game berat seperti Modern Combat terbaru, dilibasnya tanpa menyisakan “Lag”.

Tampilannya terbilang sangat bagus, dan berada di atas rata-rata. Harga Xiaomi Redmi Note 2 yang murah, tidak memberikan pengaruh apapun, yang ada hanya performa hebat dan tangguh pada dirinya. Soal panas ketika memainkan game, kami anggap itu masih dalam bilangan wajar, karena semakin berat tugas yang diterima oleh processor dan komponen hardware pada dapur pacu, memberikan efek panas yang cukup teras di tangan. Tetapi meski panas, game berat yang kami mainkan tetap lancar.

Kapasitas Internal Xiaomi Redmi Note 2

Kapasitas Internal Xiaomi Redmi Note 2

Beruntungnya team Detekno mendapatkan versi china, karena sewaktu review Xiaomi Redmi Note 2, meskipun penyimpanan internal mencapai hingga 16 GB, ruang tersisa pada memory Xiaomi Redmi Note 2 setelah di pakai oleh sistem hanya tersisa 12.51 GB, yang mana untuk kebutuhan gamer dengan game berformat besar akan terasa kurang. Akan tetapi dengan Xiaomi Redmi Note 2 versi China, kami diberikan akses perluasan memory dengan penyimpanan eksternal hingga batasan 32GB.

6. Konektifitas dan Internet : 
Konektifitas Xiaomi Redmi Note 2

Konektifitas Xiaomi Redmi Note 2

Review Xiaomi Redmi note 2 beralih ke bagian fitur konektifitas, yang bisa dibilang, phablet harga terjangkau ini memiliki kemampuan mumpuni di segala sektor yang dimilikinya, termasuk pada sisi konektifitas. Apa yang dimiliki oleh phablet terbaru dari Xiaomi terbilang lengkap, seperti adanya fitur Dual SIM, yang dapat digunakan dengan Micro SIM provider GSM berbeda atau GSM dengan kartu CDMA, yang bisa sobat deteknokers hubungkan untuk mengakses koneksi LTE dari kartu CDMA (Bolt atau Smartfren).

Konektifitas dan Internet Xiaomi Redmi Note 2

Konektifitas dan Internet Xiaomi Redmi Note 2

Selebihnya, sobat dapat dijadikan media kases internet lancar menggunakan koneksi 3G yang mencapai kecepatan maksimal HSPA plus. Sedangkan fitur lain ketika kami melakuakan Review Xiaomi Redmi Note 2 terlihat standard, mungkin dikarenakan harga Xiaomi Redmi Note 2 yang terjangkau, membuatnya tidak dibekali NFC, yang ada hanyalah Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Blutooth v4.0 berfitur A2DP dan LE, Compass, FM Radio, GPS dan Port microUSB v2.0.

7. Kamera
Menu Kamera Xiaomi Redmi Note 2

Menu Kamera Xiaomi Redmi Note 2

Ini nih sesi yang paling ditunggu, yakni review Xiaomi Redmi Note 2 pada sektor fotografi, yang mana kami langsung melakukan uji coba secara langsung dengan menggunakan kedua kamera resolusi tinggi dari Redmi Note 2 pada saat siang dan malam, hasilnya sangat memuaskan, orang tidak akan menyangka kalau Xiaomi Redmi Note 2 ini merupakan HP murah, karena kualitas hasilnya itu lhoo sangat bagus layaknya hp dengan banderol mahal.

Kamera Depan Siang, Xiaomi Redmi Note 2

Kamera Depan Siang, Xiaomi Redmi Note 2

Review Xiaomi Redmi Note 2 kami awali dari kamera bagian depan yang mengusung lensa berukuran 5MP. Seperti biasanya kami lakukan mulai dari Siang dan malam hari pada kondisi Low Light, di bagian ini Xiaomi Redmi Note 2 dilengkapi dengan beberapa pilihan menu edit secara langsung, diantaranya Mono, Vivid, yesteryear, Blur, Fish eye, Mosaic, Dawn, Japanese, autumn, Indigo, Normal dan Miror, tapi kami sewaktu melakukan test kamera depan tanpa adanya efek apapun, yang dapat sobat lihat diatas.

Perlu sobat ketahui, selain pilihan efek, Xiaomi telah terlebih dahulu menyematkan fitur bawaan, yang menjadikannya dapat menghasilkan kualitas gambar foto yang seperti sobat lihat diatas, yakni adanya phase detection (fitur ini memudahkan pengguna untuk emndapatkan objek secara akurat dalam waktu yang cepat), 5-element lensa (adanya bagian ini membuat apa yang kita peroleh menjadi telihat lebih tajam), dan kamera depan Xiaomi redmi Note 2 juga memliki fitur Wide-angle lens hingga kemiringan 78 derajat.

Hasil Kamera Belakang Malam, Xiaomi Redmi Note 2

Hasil Kamera Belakang Malam, Xiaomi Redmi Note 2

Kemudian Review Xiaomi Redmi Note 2 kami lanjutkan ke bagian kamera utama / belakang, yang oleh Xiaomi dibenamkan kamera berukuran 13MP lengkap dengan auto fokus dan LED Flash pada fitur utama, dan disematkan pula sensor model Omni-vision OV5670 tipe PureCel, yang memiliki ukuran 2.9457 x 2.214mm, dengan aperature F/2.2, yang dari semua itu membuat hasil dari kamera utama initerlihat jelas dan bening meski sobat deteknokers mengambil objek di malam hari.

Dan bila kita melihat jauh lagi mengenai Review Xiaomi Redmi Note 2 di kamera bagian belakang, sobat akan menemukan beberapa menu pilihan seperti, Continious shotting, Digitam Image Stabilization, Geotagging, HDR, Touch Focus, White Balance Setting, ISO Setting, Scene Mode, Beautify,Timer, Panorama, Gradient, dan Exposure setting, yang semuanya itu dapat sobat atur sesuai dengan kebutuhan pada saat pengambilan foto maupun video. Rekam video juga dpat dilakukan dengan kamera belakang in dengan hasil 1080p@30fps.

8. Baterai : 
Baterai Xiaomi Redmi Note 2

Baterai Xiaomi Redmi Note 2

Sesi terakhir kami alihkan Review Xiaomi Redmi Note 2 pada penopang daya atau baterai. Xiaomi memberikan bekal cukup besar di bagian ini, yang mana untuk baterainya sendiri menggunakan jenis removable atau bisa dilepas, dan untuk kapasitasnya sendiri mencapai 3060 mAh dari Li-po. Ketahananya cukup bagus, malah sangat bagus, karena sekali charger setidaknya bila di standbykan akan bertahan sekitar 2 hari’an bila terkoneksi wi-fi, sedangkan bila terkoneksi akses 3G pada mode talk time, setidaknya Redmi Note 2 dapat bertahan 11 jam lebih, dan untuk memutar musik berkisar 46 jam.

Daya Tahan Baterai Xiaomi Redmi Note 2

Daya Tahan Baterai Xiaomi Redmi Note 2

Hebatnya lagi, pada saat Review Xiaomi Redmi Note 2, kami menemukan fitur fastercharging, yang dengan fitur tersebut sobat deteknokers dapat mengisi baterai sebesar 60 % dalam hitungan 30 menit, keren bukan sobat deteknokers ?.

9. Harga Xiaomi Redmi Note 2
Harga Xiaomi Redmi Note 2

Harga Xiaomi Redmi Note 2

Untuk mendapatkannya tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena sewaktu kami membeli pada tanggal 26 Agustus 2015, kami mendapatkan harga Rp.2.225.000,- dari sebuah toko online ternama di negri kita ini, dengan kapasitas internal 16 GB, dan ada pula internal dengan 32GB. Tapi sayangnya untuk kapasitas 32GB, kami tidak bisa mengetahu secara pastinya, karena minimnya informasi yang kami dapatkan. Kemudian dari semua sesi Review Xiaomi Redmi Note 2 yang kami lakukan tadi, kami menarik kesimpulan seperti dibawah ini.

Baca Juga : Review Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

10. Kelebihan Xiaomi Redmi Note 2
  • Performa Mumpuni berkat adanya Chipset Mediatek MT6759 tipe Helio X10, yang membawahi Processor Octa-core dengan clock speed 2.0 GHz, dan RAM 2GB
  • Xiaomi Redmi Note 2 berjalan pada sistem pengoprasian 64 Bit, yang jauh lebih cepat dibanding 32 Bit
  • Performa gaming dan memutar video kualitas tinggi cukup memuaskan, dengan adanya Layar Full HD 1920 x 1080 berfitur IPS
  • Internal luas dengan kapasitas 16GB yang dapat di Ekspansi dengan Micro SD up to 32GB
  • Kemampuan kedua kamera, yakni kamera utama 13MP lengkap dengan auto fokus plus LED flash, dan kamera depan 5MP, keduanya dapat menghasilkan foto berkualitas diberbagai kondisi, baik siang maupun malam.
  • Baterai berkapasitas besar 3060 mAh dengan daya tahan bagus dan lama dan dapat dilepas
  • Enak di genggam dan digunakan dengan satu tangan
11. Kekurangan Xiaomi Redmi Note 2
  • Layar belum menggunakan pelindung yang efektif, dimana hanya menggunakan jenis full lamination yang tergabung pada bagian LCD, jadi kalau terjadi kerusakan harus di ganti semua.
  • Xiaomi Redmi Note 2 yang kami beli hasrus kami flash ulang, karensa sistem operasinya sudah dimodifikasi oleh pihak distributor.

Dengan kesimpulan yang kami utarakan diatas dan setelah melihat Review Xiaomi Redmi Note 2 yang kami lakukan, bagaimana ? sobat berminat ?, jika berminat, langsung saja beli lewat toko online, karena untuk sementara ini hanya tersedia di situs jual beli online, yang penting harus ada rekber agar tetap aman ketika bertransaksi, dan terpenting lagi sobat deteknokers tidak akan rugi bila membelinya, selain Harga Xiaomi Redmi Note 2 yang terjangkau, performa jauh diatas rata-rata alias mumpuni. Demikian Review Xiaomi Redmi Note 2 dengan internal 16GB semoga dapat dijadikan bahan acuan yang tepat sebelum berangkat untuk membelinya.


Advertisement