Review Xiaomi Redmi 2 Prime : Ram 2GB Internal 16GB


Detekno.com – Xiaomi akhirnya resmi merilis Xiaomi Redmi 2 Prime di Indonesia, yang notabennya merupakan penyempurnaan dari Redmi 2. Smartphone ini membawa spesifikasi setingkat lebih tinggi, dimana kapasitas memori Ram dan memori Internal ditingkatkan agar performa Xiaomi Redmi 2 Prime semakin responsif dan cepat. Adapun peningkatan yang dilakukan oleh Xiaomi adalah merubah Ram 1GB menjadi 2GB, lalu menambahkan memori internal dari 8GB menjadi 16GB, sehingga otomatis peforma mulitaskingnya akan jauh lebih cepat, dan lebih mempermudah sobat deteknokers dalam menyimpan beragam konten favorit kedalamnya.

Owh ya, smartphone ini kami dapatkan lewat flash sale di situs e-commerce Lazada. Untuk harganya sendiri berselisih 300 ribu rupiah dari harga Xiaomi Redmi 2 versi pertama. Walaupun dari segi harga lebih mahal, namun performa yang ditawarkan smartphone Xiaomi Redmi 2 Prime benar-benar memanjakan kami dalam bermain game, menonton film, mengakses internet, dan kebutuhan mobile lainnya. Jadi bagi sobat yang tertarik membelinya tak perlu ragu-ragu lagi. Namun ada baiknya sobat terlebih dahulu menyimak Review Xiaomi Redmi 2 Prime yang kami sampaikan, agar semakin mantap menjatuhkan hati pada si “beras merah” asal China ini.

Review Xiaomi Redmi 2 Prime

Review Xiaomi Redmi 2 Prime

Review Xiaomi Redmi 2 Prime

1. Paket Penjualan :
  • 1 Unit Xiaomi Redmi 2 Prime
  • Head Charger + USB Data
  • Baterai
  • Buku Petunjuk Penggunaan

Tampilan Dusbook alias kotak pembungkus Xiaomi Redmi 2 Prime tidak berbeda jauh dari smartphone Xiaomi yang lain, karena sama-sama memakai bahan kertas karton berwarna coklat muda. Seperti biasa, pada bagian depan telah terpampang logo “MI”, dan dibagian belakang tertulis spesifikasi, nomer imei, dll. Kemudian setelah kami buka, rupanya didalamnya berisi 1 unit Xiaomi Redmi 2 Prime, dan sebuah ampol kecil yang didalamnya berisikan beberapa dokumen terceat, dan buku panduan penggunaan. Namun kami tak menjumpai adanya buku garansi yang biasanya diberikan saat kita membeli smartphone baru.

Selain itu, tersedia pula baterai Li-Po berkapasitas 2.200 mAh dengan warna orange yang diletakan pada dasar kemasan. Kemudian tersedia pula kabel micro-usb, dan kepala charger yang disampingnya tertuliskan input daya sebesar (100-240v-50/60Hz0.2A), sementar untuk output daya tertulus sebesar (5V-1000mA). Sayangnya, didalam dusbook Xiaomi Redmi 2 Prime tidak disediakan headset bawaaan, jadi sobat deteknokers harus membelinya secara terpisah. Nah itulah isi dari Dusbook Xiaomi Redmi 2 Prime, bagi sobat yang penasaran ingin melihatnya langsung, bisa menyimak video unboxingnya dibawah ini.

2. Video Unboxing :

3. Desain dan Body :
Tampak Depan Xiaomi Redmi 2 Prime

Tampak Depan Redmi 2 Prime

Tampak Depan

Sebelum melangkah lebih jauh ke review Xiaomi Redmi 2 Prime pada bagian hardware maupun kamera, mari kita terlebih dahulu membahas desain dan body si “Beras Merah” ini. Perlu sobat ketahui, bahwa desain Xiaomi Redmi 2 Prime dibuat sama persis dengan Redmi 2 generasi pertama. Dimana dimensinya memiliki ukuran panjang 134 mm, lebar 67.2 mm, ketebalan 9.4 mm, dan bobot seberat 133 gram.  Kemudian pada bagian depan Xiaomi Redmi 2 Prime telah terpampang layar seluas 4.7 inci yang terlihat cukup jernih karena memakai panel IPS dan resolusi HD 720p. Lalu dibawah layarnya disediakan 3 tombol capacitive tanpa adanya lampu backlight, selain itu tersedia pula lampu Led Notification pada bagian tengah. Berlanjut ke sisi bagian atas layar, Xiaomi memberikan sebuah lensa berkekuatan 2 Megapixel, dan lubang speaker telepon.

Tampak Belakang

Tampak Belakang Xiaomi Redmi 2 Prime

Tampak Belakang Redmi 2 Prime

Beralih kebagian belakang, terlihat sebuah lensa kamera berkekuatan 8 Megapixel yang dihimpit lubang speaker dan lampu flash. Bergeser sedikit kebagian atas kamera, telah tersedia sebuah lubang speaker telepon. Sayangnya body belakang Xiaomi Redmi 2 Prime menurut kami terasa sedikit licin, karena tidak diberikan texture khusus yang bisa menambah grip ketika dipegang memakai satu tangan. Namun secara keseluruhan kami sudah merasa puas dengan material plastik yang diberikan Xiaomi, karena tidak terkesan murahan dan terasa cukup solid.

Back Cover

Back Cover Xiaomi Redmi 2 Prime

Back Cover Redmi 2 Prime

Menariknya back cover Xiaomi Redmi 2 Prime bisa kita lepas, sehingga sobat bisa menggantinya dengan back cover pengganti yang dijual secara terpisah. Kemudian dibalik back cover tersebut, telah disematkan 2 lubang slot sim card yang keduanya sama-sama telah didukung jaringan 4G LTE dan 3G HSDPA. Selain itu, tersedia pula slot microSD dengan kapasitas mencapai 32GB, serta sebuah baterai berdaya 2.200 mah yang bisa kita lepas.

Tampak Samping

Tampak Samping Kanan Xiaomi Redmi 2 Prime

Tampak Samping Kanan Redmi 2 Prime

Seperti yang deteknokers lihat diatas, pada bagian samping kanan Xiaomi Redmi 2 Prime telah disediakan 2 tombol, yakni tombol volume up dan down, serta tombol power. Kedua tambol tersebut memiliki warna metalic yang terasa empuk dan nyaman saat kami menambah dan mengurangi volume. Owh ya tombol volume dan power pada Redmi 2 Prime dibuat menempel pada back cover. Selain itu, Xiaomi juga menyediakan sebuah lubang kecil yang berguna untuk mempermudah sobat deteknokers saat melepas back cover.

Tampak Samping Kiri Xiaomi Redmi 2 Prime

Tampak Samping Kiri Xiaomi Redmi 2 Prime

Bagian samping kiri Redmi 2 Prime tampil polos tanpa adanya tombol maupun port tambahan. Menariknya setiap sisi samping Redmi 2 Prime dibuat sedikit melengkung, sehingga memberikan kenyamanan maksimal yang akan mempermudah sobat deteknokers mengoperasikan smartphone Android berlayar 4.7 inci ini.

Tampak Atas

Tampak Atas Xiaomi Redmi 2 Prime

Tampak Atas Redmi 2 Prime

Beralih ke sisi bagian atas, hanya disediakan satu port jack audio berukuran 3.5 mm yang siap sobat masukan Headphone atau Headset yang sobat miliki. Seperti yang kami sampiakan diatas, Xiaomi tidak menyediakan Headset pada paket penjualan Redmi 2 Prime, jadi sobat harus membelinya secara terpisah. Saran kami belilah  headset original dari Xiaomi, seperti Xiaomi Piston 3, Mi In-Ear Headphones, ataupun Mi Mi Headphones HiFi Edition, agar keluaran suara yang dihasilkan Xiaomi Redmi 2 Prime semakin maksimal.

Tampak Bawah

Tampak Bawah Xiaomi Redmi 2 Prime

Tampak Bawah Redmi 2 Prime

Selanjutnya review Xiaomi Redmi 2 Prime pada sisi bagian bawah, telah disediakan sebuah port microUSB 2.0 yang bisa sobat pakai untuk menghubungkan Redmi 2 ke charger, kabar data komputer, dan kabel USB-OTG. Selain itu, dibagian tengah juga diletakan lubang microphone berbentuk kecil. Menariknya lagi, smartphone ini telah dibekali kemampuan noise-cancelling dengan menggunakan microphone silikon, sehingga suara telepon tetap jernih meski dipakai pada kondisi lingkungan bising.

4. Layar
Tampak Depan Xiaomi Redmi 2 Prime

Layar Xiaomi Redmi 2 Prime

Seperti yang kami sampaikan diatas, Xiaomi Redmi 2 Prime memiliki ukuran layar sama persis dengan Redmi 2 generasi pertama, yakni layar berukuran 4.7 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels. Meskipun layarnya belum beresolusi Full HD 1080p, namun kami sudah sangat puas dengan kualitas gambar yang di keluarkan layar Redmi 2 Prime, karena setiap konten yang kami putar terlihat sangat jernih dan mampu menampilkan warna yang terlihat lebih natural. Rupanya ketajaman layar Redmi 2 Prime tak lepas dari pemakaian panel layar IPS berteknologi full laminated yang mampu menghasilkan kerapatan layar mencapai -312 pixel per inci.

Multitouch

Multitouch

Menariknya lagi, layar Xiaomi Redmi 2 Prime tetap terlihat jelas meski dipakai dibawah sinar matahari, walaupun tak sebaik Xiaomi Mi 4i yang dilengkapi teknologi sunlingt display. Namun bukan itu saja kehebatan layar ponsel ini, karena bagian luarnya juga dilapisi pelindung anti gores bertipe Dragon Trail Glaass, yang terbukti mampu menahan goresan saat kami tak sengaja menjatuhkan smarphone ini. Tidak sampai disitu saja, Layar Redmi 2 Prime juga mendukung 10 titik sentuhan yang mebuatnya semakin responsif saat kami uji bermain game. Selain itu, tersedia pula pengaturan color temperature yang berguna untuk mengatur warna dan sutuarsi layar Redmi 2 Prime.

5. Sistem Operasi dan User Interface
Sistem Operasi Redmi 2 Prime

Sistem Operasi Redmi 2 Prime

Sistem Operasi

Xiaomi Redmi 2 Prime yang kami dapatkan telah berjalan pada sistem operasi Android Kitkat 4.4.4. Walaupun belum memakai Android Lollipop layaknya Xiaomi Mi 4i, namun peforma yang kami dapatkan sudah cukup memuaskan karena terasa smooth saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Sayangnya, Redmi 2 Prime ini masih memakai antar muka MIUI V6. Namun sobat deteknokers tak perlu khawatir, karena Xiaomi telah memberikan update software MIUI 7, namun untuk sementara ini hanya tersedia versi Developer Rom yang bisa sobat instal dengan mengikuti instruksi pada link forum Miui berikut ini “MIUI 7 Redmi 2 Prime

Home Screen

Home Screen Redmi 2 Prime

Home Screen Redmi 2 Prime

Review Xiaomi Redmi 2 Prime pada bagian Home Screen terlihat bahwa MIUI 6 tidak memiliki App Drawer, sehingga semua icon aplikasi yang sobat instal akan terpampang semuanya di home screen. Agar layar homescreen terlihat lebih rapi, sobat bisa mangatur icon menjadi satu folder. Selain itu, Xiaomi juga menyediakan beberapa efek transisi, yang bisa sobat pilih sesuai selera dengan cara mencubit layar. Menariknya lagi, kita diberi kebabasan untuk merubah tampilan homescreen maupun icon dengan ribuan thema gratis yang disediakan pada aplikasi theme manager.

Tema

Tema Xiaomi Redmi 2 Prime

Tema Xiaomi Redmi 2 Prime

Salah satu kelebihan smartphone Xiaomi adalah hadirnya ribuan tema menarik yang mampu merubah semua aspek user interface, mulai dari wallpaper, icon, lock screen, status bar, favorit tray, font, boot animation, sampai dengan user interface menu sms dan dialpad. Namun sayangnya MIUI 6 yang dipakai Xiaomi Redmi 2 Prime merupakan versi global, sehingga tidak menyediakan pengaturan secara manual. Berbeda dengan MIUI 6 versi developer rom yang memberikan kita kebebasan untuk mengatur setiap aspek user interface.

Contoh Thema Redmi 2 Prime

Contoh Tema Redmi 2 Prime 1

Contoh Thema Redmi 2 Prime 2

Contoh Tema Redmi 2 Prime 2

Contoh Thema Redmi 2 Prime 3

Contoh Tema Redmi 2 Prime 3

Seperti yang sobat lihat pada gambar diatas, setiap thema yang sobat pilih akan merubah tampilan user interface menjadi semakin cantik, dan membuat kita tak bosan memakainya. Namun saran kami lebih baik sobat deteknokers lansung melakukan pembaharuan sistem memakai MIUI 7, agar performa Xiaomi Redmi 2 Prime semakin maksimal dan lebih terasa smooth saat berpindah dari satu menu ke menu lainnya.

User Interface Aplikasi

Menu Dialer Redmi 2 Prime

Menu Dialer Redmi 2 Prime

Menu Redmi 2 Prime

Menu Redmi 2 Prime

Tampilan user interface aplikasi bawaan yang dimiliki Xiaomi Redmi 2 Prime, seperti menu dialer, menu sms, contact, kalender, sampai pengaturan setting, akan ikut berubah mengikut thema yang kita instal. Kesimpulan kami, tampilan user interface Redmi 2 Prime memang yang terbaik saat ini, karena terbukti tidak memobasankan dan disediakan banyak sekali pilihan thema menarik yang bisa kita pilih sesuai selera. Menariknya lagi, ada banyak thema buatan “MI Fans Indonesia” yang memiliki kualitas desain tak kalah baik dari thema buatan MI Fans luar negeri.

6. Performa dan Hardware :
Hardware Xiaomi Redmi 2 Prime

Hardware Xiaomi Redmi 2 Prime

Hardware 

Berlanjut ke review Xiaomi Redmi 2 Prime pada bagian hardware. Pada sektor ini, Redmi 2 Prime telah lengkapi processor 64 Bit berkecepatan Quad Core 1.2 Ghz Cortex A-53 yang ada didalam chipset Qualcomm Snapdragon 410. Yups benar sekali, chipset yang dipakai smartphone ini memang sama persis dengan yang dipakai Redmi 2 versi biasa, sehingga performa yang dihasilkan mampu menjamin kinerja mulitasking yang lancar, dan mobile gaming lebih mulus, meski menjalankan game-game berat.

Namun yang membuat performa Xiaomi Redmi 2 Prime semakin special adalah hadirnya memori Ram sebesar 2GB yang didukung penyimpan internal sebesar 16GB. Sebagai pembanding, Redmi 2 versi biasa hanya dilengkapi Ram 1GB dan memori internal 8GB, sehingga otomatis performa Redmi 2 Prime akan jauh lebih cepat. Nah untuk membuktukan performa smartphone yang mengandalkan pengolahan grafis Adreno 306 ini, silahkan sobat simak review Xiaomi Redmi 2 Prime dari hasil benchmark AnTuTu dan GeekBench.

Benchmark Antutu :

Benchmark Antutu Xiaomi Redmi 2 Prime

Benchmark Antutu Xiaomi Redmi 2 Prime

Pengujuian performa Xiaomi Redmi 2 Prime yang kami lakukan dengan aplikasi Antutu Benchmark v5.7.1, menujukan bahwa smatphone ini mampu meraih skor sebesar 21.084. Skor tersebut menempatkan Redmi 2 Prime setara dengan Samsung Galaxy J5 yang memiliki skor benchmark sebesar 21.281. Namun rupanya peningkatan Ram 2GB dan memori internal 16GB tidak memberikan perubahan skor secara signifikan saat kami bandingkan dengan skor Antutu Benchmark Redmi 2 versi Ram 1GB yang mampu meraih skor mencapai 20.690.

Skor Antutu benchmark memang bukan segalanya, karena masih banyak faktor yang memengaruhi performa sebuah smartphone. Terbukti, walaupun skor benchmark antara Xiaomi Redmi 2 Prime dan Redmi 2 versi Ram 1GB hanya berselisih 1 ribu, namun performa yang kami rasakan pada Redmi 2 Prime jauh lebih smooth, dan lebih cepat. Nah selanjutnya mari kita simak hasil benchmark dari aplikasi Geekbench yang sudah kami instal pada smartphone berteknologi 64 Bit ini.

Benchmark Geekbench 

Benchmark Geekbench Xiaomi Redmi 2 Prime

Benchmark Geekbench Xiaomi Redmi 2 Prime

Review Xiaomi Redmi 2 Prime yang kami dapatkan dari pengujian Geekbench, menujukan bahwa smartphone ini mampu mengalahkan Sony Xperia Z pada pengujian Multi-Core. Sementara pada pengujian Single Core, Xiaomi Redmi 2 Prime berhasil meraih skor 484 yang membuatnya satu tingkat lebih baik dari Samsung Galaxy S3 dan hanya berselisih sedikit dengan Sony Xperia Z yang memiliki skor sebesar 487. Jadi bisa dikatakan performa Xiaomi Redmi 2 Prime memang sudah cukup memuaskan, dan terbukti mampu bersaing melawan smartphone premium yang dahulu dibanderol jauh lebih mahal.

Memori Internal dan RAM 

Memori dan Ram Redmi 2 Prime

Memori dan Ram Redmi 2 Prime

Memori internal yang diberikan Xiaomi pada Redmi 2 Prime adalah sebesar 16GB, sehingga cukup lega ketika sobat menginstal banyak aplikasi dan game. Nah apabila tak cukup, sobat bisa menambahkan memori microSD dengan kapasitas mencapai 32GB, maupun memakai fitur USB OTG untuk menyimpan file kedalam flashdisk. Kemudian untuk sektor Ram, sudah disediakan Ram sebesar 2GB yang mampu memenuhi kebutuhan managemen memori saat kami menjalankan banyak game secara bersamaan. Bahkan saat kami bermain Asphalt, Modern Combat 5 dan Dead Trigger 2, sisa Ram yang dimiliki Redmi 2 Prime masih sekitar 568 mb, jadi sobat tak usah meragukan kemampuan mulitasking smartphone ini.

Daya Tahan Baterai 

Daya Tahan Baterai Xiaomi Redmi 2 Prime

Daya Tahan Baterai Xiaomi Redmi 2 Prime

Xiaomi Redmi 2 Prime dibekali baterai Li-Ion berkapasitas 2.200 mAh yang bisa deteknoker lepas. Menurut kami, daya tahan baterai cukup memuaskan saat kita pakai menikmati film maupun video. Saat kami uji dalam waktu satu jam saat menonton film dengan kondisi intenrnet aktif melalui Wi-Fi, baterai Daya Tahan Baterai Xiaomi Redmi 2 Prime berukurang dari 50 persen menjadi 30 persen, sehingga bisa dikatakan cukup irit asal digunakan dalam pemakaian normal.  Paling tidak smartphone ini mampu bertahan sekitar +-12 jam saat sobat pakai beraktivitas seharian penuh.

Penghemat Baterai Redmi 2 Prime

Penghemat Baterai Redmi 2 Prime

Menariknya, Redmi 2 Prime telah dibekali fitur pengisian baterai cepat Quaick Charge 1.0 yang mampu mengisi baterai 0-30% dalam waktu 30 menit. Untuk mengoptimalkan sektor daya baterai, kami juga menjumpai adanya fitur pengehemat baterai dengan 3 profil yang terdiri dari default, marathon, dan sleep. Fitur ini tentunya akan sangat membantu disaat baterai Redmi 2 Prime mau habis karena secara otomatis mampu membersihkan background aplikasi, dan menonaktifkan wi-fi serta layanan data.

Sensor 

Sensor dan Kompas Xiaomi Redmi 2 Prime

Sensor dan Kompas Redmi 2 Prime

Sensor yang dimasukan kedalam Xiaomi Redmi 2 Prime cukup lengkap. Saat kami mengujinya memakai CPU-Z, terlihat bahwa smartphone ini memiliki beberap sensor yang terdiri Accelerometer, gyro, proximity, dan compass. Nah hadirnya sensor Gyroscope pad Redmi 2 Prime, bisa sobat manfaatkan untuk bermain game dan menonton film memakai kacamata VR (Virtual Reality), ataupun Google Cardboards yang bisa sobat beli dibeberapa toko online terpercaya di Indonesia.

7. Multimedia :
Audio Redmi 2 Prime

Audio Redmi 2 Prime

Musik

Review Xiaomi Redmi 2 Prime pada sektor multimedia, mari kita awali pada kemampuannya memutar musik. Nah setelah kami menguji secara langsung, rupanya speaker bawaan smartphone ini mampu mengelurkan suara sangat jernih dan terdengar nyaring, mesikupun hanya disediakan satu buah speaker pada bagian belakang. Bagi sobat yang ingin mendapatkan keluaran suara lebih maksimal, bisa memakai headset atau hedphone, lalu mengatur ekualiser sesuai genre musik yang sobat putar. Selain itu, Xiaomi juga menyedikan fitur Mi Sound Enchancer yang berisi beberapa profil earphone buatan Xiaomi. Menariknya lagi, aplikasi musik bawaan Xiaomi Redmi 2 Prime sudah mendukung lyric, sehingga sobat tak perlu menginstal aplikasi musik pihak ketiga.

Video

Video Redmi 2 Prime

Video Redmi 2 Prime

Video beresolusi Full HD 1080p dan HD 720p yang kami putar pada aplikasi video bawaan Xiaomi Redmi 2 Prime mampu berjalan dengan lancar, dan tanpa adanya lag. Selain itu, format video seperti 3GP, MP4, MKV, dan MOV juga mampu di eksekusi secara sempurna lewat aplikasi video bawaan Xiaomi. Namun sayangnya kami tak menjumpai adanya pengaturan subtitle, dan hanya disediakan pengaturan volumer, brightness, dan aspect rasio. Jadi saran kami, lebih baik sobat menginstal aplikasi seperti VLC maupun MX Player, agar konten video yang diputar bisa semakin maksimal.

Gaming

Performa Gaming Redmi 2 Prime

Performa Gaming Redmi 2 Prime

Kami sudah membuktkan bahwa Xiaomi Redmi 2 Prime mampu menjalankan berbagai game HD dengan sangat lancar. Game yang pertama yang kami mainkan adalah Asphlat 8, yang terbukti mampu berjalan mulus meski kami setting dengan kualitas grafis High. Kemudian kami mencoba memainkan game Modern Combat 5 yang memiliki kualitas grafis tak kalah keren dari consol game sekelas PSP, dan lagi-lagi terbukti Xiaomi Redmi 2 Prime mampu menjalankan game HD tersebut dengan mulus. Menariknya lagi, smartphone ini tak terlalu panas ketika dipakai bermain game, walaupun kami pakai dalam waktu cukup lama. Owh ya, sebelum sobat deteknokers bermain game, jangan lupa ubah setelah daya ke mode performa yah. 😀

Peforma Gaming Redmi 2 Prime 2

Performa Gaming Redmi 2 Prime 2

Kemampuan processor 64 Bit dengan kecepatan Quad Core 1.2 Ghz yang diperkuat Ram 2GB, dan GPU Adreno 306, terbukti membuat Redmi 2 Prime memiliki performa mobile gaming memuaskan. Jadi bagi sobat deteknokers yang suka bermain game, tak perlu rag-ragu untuk memutuskan membeli smartphone murah berbanderol dibawah 2 Juta ini. Selanjutnya, mari kita simak Review Xiaomi Redmi 2 Prime pada bagian konektivitas dan internet.

8. Konektivitas dan Internet :
Konektifitas Xiaomi Redmi 2 Prime

Konektivitas Redmi 2 Prime

Internet

Review Xiaomi Redmi 2 Prime pada sektor konektivitas terasa masih kurang, karena kami tidak bisa mencoba langsung kecanggihan teknologi 4G LTE pada smartphone ini. Harap maklum, soalnya kami tinggal di kota Purwokerto yang belum support jaringan 4G LTE terkecuali milik Smartfren hehe. Namun saat kami uji memakai jaringan 3G HSDPA, Redmi 2 Prime mampu mengaksesnya dengan sangat cepat. Bahkan, kami bisa mengakses jaringan 3G HSDPA dari dua slot kartu sim yang disediakan Redmi 2 Prime, sehingga akses internet bisa berjalan lancar memakai 2 operator seluler yang berbeda.

GPS dan Wi-Fi

GPS Xiaomi Redmi 2 Prime

GPS Redmi 2 Prime

Dalam hitungan detik, GPS Xiaomi Redmi 2 Prime mampu mengunci lokal yang kami tinggali. Hasilnya juga sangat akurat, meskipun kami memakai jaringan seluler. Kemampuan GPS ini tak lepas dari teknologi A-GPS dan Glonass yang diberikan Xiaomi pada perangkatnya, sehingga sobat deteknokers bisa mengandalkan Redmi 2 Prime sebagai navigasi saat berpergian. Kemudian untuk konektivitas nirkabel yang lain, Redmi 2 Prime telah dibekali Wi-Fi 802.11 b/g/n dengan fitur Wi-Fi Direct serta Wi-Fi Hotspot. Tidak ketinggalan konektivitas Bluetooth dan USB-OTG juga dimilikinya.

9. Kualitas Kamera :
Kamera Belakang Xiaomi Redmi 2 Prime

Kamera Belakang Xiaomi Redmi 2 Prime

Kamera Belakang

Review Xiaomi Redmi 2 Prime pada sektor kamera belakang berhasil membuat kami berdejak kagum. Pasalnya lensa 8 Megapixel yang dibawanya mampu menghasilkna foto-foto yang tajam dan jernih. Rupanya hal ini tak lepas dari teknologi backside ilumination (BSI) yang diperkuat oleh sensor OmniVision OV8825 dengan bukaan lensa sebesar F/2.2. Selain itu, pada bagian belakang Xiaomi Redmi 2 Prime juga disediakan lampu LED FLash untuk mengoptimalkan pengambilan foto dimalam hari, maupun pada ruangan rendah cahaya. Bagi sobat deteknokers yang penasaran bagiamana hasil foto kamera belakang Xiaomi Redmi 2 Prime, silahkan lihat dibawah ini.

Foto Siang Hari Mode HDR

Foto Siang Hari Mode HDR

Foto Siang Hari Pakai Flash

Foto Siang Hari Pakai Flash

Foto Siang Hari Tanpa Flash

Foto Siang Hari Tanpa Flash

Ketiga foto diatas kami ambil disiang hari, dengan menggunakan model flash, tanpa flash, dan memakai fitur HDR. Menariknya, setiap foto yang kami hasilkan memiliki resolusi 3200 x 2400 pixels dengan kualitas sangat jernih. Bahkan menurut kami kualitasnya jauh lebih baik dibandingkan smartphone sekelasnya, seperti Smartren Andromax R maupun Lenovo A6000. Nah untuk ukuran foto yang kami dapatkan adalah sekitar 3 mb, dan memiliki panjang focus 3.85 mm, serta bukaan lensa f/2.2. Kemudian untuk ukuran ISO nya secara otomatis akan memakai ISO 100. Namun sobat deteknokers bisa memakai mode manual dengan besaran ISO mencapai 800.

Foto Light Tanpa Flash

Foto Light Tanpa Flash

Foto Low Light Pakai Flash

Foto Low Light Pakai Flash

Tidak hanya hasil foto outdoor yang memuaskan. Hasil foto pada kondisi low light dengan intensitas cayaha kurang juga terbukti begitu menawan. Hasil fotonya tetap terlihat jernih, meski kami tak memakai lampu LED Flash. Inilah bukti kecanggihan teknologi teknologi backside illumination (BSI) yang sengaja diberikan untuk memaksimalkan pengambilan foto di malam hari atau kondisi low light. Selain itu, kabarnya Xiaomi juga membekali kamera Redmi 2 Prime dengan sensor pelindungan inframerah untuk meningkatna kualitas foto disiang hari, dan memang terbukti hasil fotonya sangat berkualitas. Setuju ?

Kamera Depan

Kamera Depan XiaKamera Depan Xiaomi Redmi 2 Prime

Kamera Depan Xiaomi Redmi 2 Prime

Berlanjut ke review Xiaomi Redmi 2 Prime pada bagian kamera depan. Pada sektor ini, Xiaomi telah menyediakan lensa berkekuatan 2 Megapixel yang memiliki bukaan lensa sebesar F/2.4, panjang focus 2.18 mm. Selain itu, kamera depan Redmi 2 Prime juga dilengkapi fitur Beutify yang bisa menebak umur dan jenis kelamin untuk menghasilkan foto selfie terbaik. Owh ya, selain itu tersedia pula fitur timer dan beberapa filter foto. Nah bagi yang penasaran bagaimana hasil foto selfie kamera depan Redmi 2 Prime, silahkan sobat lihat dibawah ini.

Foto Selfie Outdoor

Foto Selfie Outdoor

Foto Selfie Indoor

Foto Selfie Indoor

Hasil foto Indoor memakai kamera depan memang kurang memuaskan. Namun saat kami pakai di luar rungan, hasilnya benar-benar menajubkan. Meski kameranya hanya berkekuatan 2 Megapixel, namun hasilnya bisa diadu dengan kamera 5 Megapixel. Owh ya, untuk hasil foto yang kami ambil dengan kamera depan memiliki resolusi 1600 x 1200 pixels, dan ukuran foto sekitar 507 kb.

Rekaman Video

Rekaman Video Redmi 2 Prime

Rekaman Video Redmi 2 Prime

Seperti yang bisa sobat lihat diatas, sudah disediakan 3 opsi resolusi video pada Xiaomi Redmi 2 Prime. Dimana resolusinya adalah Full HD 1080p, HD 720p, dan SD 480p. Untuk kualitas rekaman videonya tergolong memuaskan, dengan gambar jernih dan stabil. Menariknya lagi, kamera bagian depan bisa kita pakai merekam video pada resolusi HD 720p, sehingga sangat cocok bagi sobat deteknokers yang hobi narsis lalu menguploadnya kejejaring social.

10. Fitur Unggulan
Fitur Unggulan Xiaomi Redmi 2 Prime

Fitur Unggulan Xiaomi Redmi 2 Prime

Selain mengandalkan fitur Tema yang mempermudah kita mengkustomisasi tampilan antar muka, Xiaomi Redmi 2 Prime juga dilengkapi aplikasi security atau keamanan yang berisi enam fitur utama, yang berisi cleaner, data usage, bloacklist, virus scan, dan app permisions. Selain itu, ponsel ini juga dibekali fitur FM Radio, Compass, dan fitur Mi Cloud dengan space mencapai 10 GB. Menariknya, fitur Mi Cloud mampu kita setting agar bisa mem-backup foto secara otomatis, akan tetapi sobat harus terlebih dahulu membuat akun Xiaomi (Mi Account) agar bisa memakai fitur tersebut.

11. Harga Xiaomi Redmi 2 Prime
Harga Xiaomi Redmi 2 Prime

Harga Xiaomi Redmi 2 Prime

Nah setelah membaca review Xiaomi Redmi 2 Prime yang kami sajikan diatas, tentunya deteknokers penasaran berapa sebenarnya harga smartphone ini. Smartphone ini kami dapatkan dengan harga resmi sebesar Rp. 1.799.000 pada acara flash sale disitus e-commerce Lazada. Sayangnya total biaya yang harus kami bayar untuk membeli Redmi 2 Prime mencapai 1.9 Juta Rupiah, karena entah mengapa saat kami chackout dikenakan ongkos kirim sebesar 100 ribu rupiah ke wilayah Purwokerto. Setelah sobat mengetahui harga Xiaomi Redmi 2 Prime, selanjutnya mari kita simak kesimpluan mengenai kelebihan dan kekurangan smartphone ini, berdasarkan Review Xiaomi Redmi 2 Prime diatas.

12. Kelebihan Xiaomi Redmi 2 Prime
  • Harga Xiaomi Redmi 2 Prime ini terbilang cukup terjangkau dan murah
  • Sudah memiliki fitur dual sim dan mendukung jaringan 4G LTE
  • Kualita layar sangat baik, dan terbukti mampu menahan goresan saat tak sengaja kami jatuhkan.
  • Desain yang cukup nyaman di gunakan meskipun menggunakan satu genggaman tangan
  • Memiliki Slot MicroSD card yang dapat menambah kemudahan penyimpanan file
  • Kualitas kamera belakang sangat baik, meski kami gunakan didalam ruangan
  • Sudah bisa merekam video beresolusi Full HD
  • Performa mobile gaming sangat lancar, dengan adanya prosesor 64 Bit berkecepatan Quad Core 1.2 Ghz dan Ram 2GB.
  • Memiliki memori internal 16 GB, dan mendukung USB OTG serta MicroSD
  • Tampilan user interface mudah di kustomisasi, dengan hadirnya pilihan thema yang sangat banyak
13. Kekurangan Xiaomi Redmi 2 Prime
  • Kualitas kamera depan kurang optimal saat kami coba pakai didalam ruangan
  • Tidak disediakan fitur NFC dan Wifi Dual Band
  • Tombol kapasitif di bawah layar tak di lengkapi backlight
  • Masih memakai material plastik, dan body belakangnya cukup licin

Baca Juga : Review Samsung Galaxy J5, Ponsel Android Berkualitas

Harga Xiaomi Redmi 2 Prime yang dibanderol dibawah 2 Juta Rupiah, menjadikannya sebagai salah satu smartphone terbaik di kelas entry level. Apalagi didalamnya juga dilengkapi beragam fitur canggih, sepeti teknologi 4G LTE, processor 64 Bit, Ram 2GB, dan layar beresolusi HD 720p. Deteknokers pastinya tak akan menyesal apabila membeli smartphone asal Tiongkok ini, jadi jangan menunggu terlalu lama apabila sobat tertarik membelinya, dan semoga review Xiaomi Redmi 2 Prime yang kami sampaikan bisa menjadi referensi.


Advertisement