Review Xiaomi Mi4 : Hp Android Berkamera Depan 8 MP

Banner

Detekno.com – Menjadi salah satu perusahaan terbaik dunia dalam tahun 2015 ini, Xiaomi benar-benar mampu memberikan pengalaman bari bagi sebagian besar masyarakat dunia termasuk juga bagi masyarakat Indonesia dengan deretan smartphone yang sudah mereka hadirkan. Beragam tipe dan jenis ponsel android Xiaomi yang ada, kali ini Detekno.com berhasil mendapatkan salah satu ponsel terbarik Xiaomi yang juga menjadi ponsel yang banyak di Idam-idamkan masyarakat Indonesia yakni “Xiaomi Mi4 Putih veri 3G” dari salah satu toko online terbaik Indonesia dengan bandrol harga 3 jutaan.

Hadir dengan desain yang elegan dengan perpaduan warna putih mengkilap dan juga Full Frame berbahan metal benar-benar membuat ponsel ini terlihat sangat ciamik. Performanya sendiri terbilang sangat mempuni karena Hp Android Xiaomi Mi4 ini memiliki prosesor Quad-core 2.5 GHz Krait 400 dengan Cipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801. Hadir menjadi generasi Xiaomi Mi3, ponsel ini memiliki Ram berukuran 3GB yang itu artinya lebih besar 1GB dari Xiaomi Mi3. Diberi kesempatan menggunakan Xiaomi Mi4, kali ini Detekno.com akan memberikan Review Xiaomi Mi4 yang dapat deteknokers simak dibawah ini.

Review Xiaomi Mi4 Putih versi 3G

Review Xiaomi Mi4

Review Xiaomi Mi4

1. Paket Penjualan :
  • 1 Unit Xiaomi Mi4 Putih
  • Buku Petunjuk Pemakaian
  • Kartu Garansi (Distributor)
  • Head Charger + USB Data
  • Sim Injektor

Sama seperti ponsel android Xiaomi yang lainnya, tampilan simple box Xiaomi Mi4 ini tetap terlihat warna coklat dengan hanya terdapat logo MI di sisi kanan atas pada bagian depan. Sedangkan pada sisi bagian belakang terdapat detail spesifikasi yang di miliki Xiaomi Mi4 serta kode Imei dan Serial Number yang bisa biasanya digunakan untuk mengetahui keaslian dari Xiaomi Mi4 dengan memasukannya di situs “http://order.xiaomi.com/service/imei”. Kemudian dibagian dalamnya terdapat paket penjualan seperti 1 Unit Xiaomi Mi4 Putih, Buku Petunjuk, Kartu Garansi dan Sim Injektor.

Sayangnya sudah menjadi cirikhas dari Xiaomi bahwa dalam setiap penjualan smartphone-nya mereka tak melengkapinya dengan headset karena Xiaomi menjualnya secara terpisah. Oya didalam box Xiaomi Mi4 ini juta terdapat Head Charger dan kabel USB dengan output 5 volt dengan daya 2 Ampere yang bisa dibilang cukup besar dan cukup cepat dalam mengisi bateri dari Xiaomi Mi4, menariknya selain daya keluaran yang besar, Xiaomi juga melengkapi smartphone yang satu ini dengan fitur Quick Charge 2.0 yang membuat pengisian daya baterai sebesar 3080 mAh terbilang sangat cepat.

2. Video Unboxing :
3. Desain dan Body  :
Tampak Depan Xiaomi Mi4

Tampak Depan Xiaomi Mi4

Tampak Depan : 

Review Xiaomi Mi4 yang kemudian kami uji adalah tampilan desain yang di berikan Xiaomi pada ponsel yang satu ini. Dari spesifikasi yang tertulis Xiaomi Mi4 memiliki dimensi 139.2 x 68.5 x 8.9 mm dengan bobot 149 gr yang membuatnya sedikit berat dibandingkan Xiaomi Mi Note yang notabennya memiliki desain lebih besar meskipun untuk bodinya sendiri sebenarnya masih menggunakan material plastik. Kemudian dari sisi bawah layarnya, Xiaomi menempatkan 3 tombol capacitive touchscreen yang cukup responsif dan enak digunakan diantaranya tombol Home, Back dan juga Recent. Beralih ke bagian atas, terlihat jelas logo MI yang berada disisi kiri atas berdampingan dengan sensor proximitry dan lubang speaker untuk melakuakn panggilan serta satu buah kamera depan.

Tampak Belakang Xiaomi Mi4

Tampak Belakang Xiaomi Mi4

Tampak Belakang :

Berlanjut ke sisi bagian belakang, seperti terlihat digambar, ponsel ini mempunyai warna full putih yang terlihat cukup mengkilap sehingga terkesan lebih elegan. Sayangnya ketika di genggam tubuh ponsel ini terasa sangat licin dan cukup menyulitkan saya ketika menggunakan ponsel ini, dan ini menjadi salah satu kekurangan yang di bawa Xiaomi Mi4. Kemudian pada sisi belakangnya juga terdapat lensa kamera yang tepat dibawahnya terdapat LED Flash dan logo MI yang juga sudah menjadi cirikhas dari semua ponsel Xiaomi. Oya untuk menyikapi licin yang terasa, deteknokers dapat mengganti backcover Xiaomi Mi4 ini dengan selera yang deteknokers miliki karena saat ini banyak yang menjual bermacam tipe backcover yang menarik.

Tampak Samping :

Tampak Samping Kanan Xiaomi Mi4

Tampak Samping Kanan Xiaomi Mi4

Kemudian dari sisi kanan dapat deteknokers lihat, bahwa Xiaomi Mi4 ini memiliki dua buah tombol dimana yang di atas merupakan tombol volume untuk up dan down sedangkan pada bagian bawahnya merupakan tombol power. Penempatan posisi tombol tersebut benar-benar sangat pas sehingga memudahkan pengguna untuk mengurangi atau menaikan volume ketika sedang menonton film ataupun mendengarkan lagu.

Tampak Samping Kiri Xiaomi Mi4

Tampak Samping Kiri Xiaomi Mi4

Sementara pada sisi bagian kirienya, hanya terdapat satu slot Micro Sim card yang bisa deteknokers gunakan untuk memasukan kartu provider deteknokers dengan cara menekan lubang tersebut dengan sim injektor yang terdapat didalam kemasan. Berbicara soal provider, Xiaomi Mi4 yang kami dapat sudah mendukung akses internet berkecepatan 3G HSPA 42.2/5.76 Mbps yang cukup memuaskan. Oya tak tertinggal pada ponsel ini juga tersedia fitur WiFi 802.11 a/b/g/n/ac berteknologi dual-band dan hotspot sehingga deteknokers dapat terkoneksi ke internet di area hotspot.

Tampak Atas :

Tampak Atas Xiaomi Mi4

Tampak Atas Xiaomi Mi4

Review Xiaomi Mi4 berikutnya berlanjut pada sisi bagian atas, memiliki frame berbahan metal benar-benar membuat tampilan Xiaomi Mi4 ini terlihat sangat elegan. Apalagi selain sisi kanan dan kiri yang menarik, pada bagian atas Xiaomi juga terbilang cukup menarik karena di bagian ini detenokers akan mendapatkan satu port jack audio berukuran 3.5mm untuk meletakan headset sebagai media mendengarkan musik dan juga infrared yang dapat difungsikan sebagai remot untuk perangkat elektronik seperti TV atau DVD.

Tampak Bawah :

Tampak Bawah Xiaomi Mi4

Tampak Bawah Xiaomi Mi4

Nah menariknya pada bagian bawah Xiaomi Mi4 menyediakan satu port USB v2.0 yang berteknologikan USB Host sehingga memungkinkan deteknokers dapat menambah ruang simpan pada Xiaomi Mi4 dengan menggunakan USB-OTG. Selain port USB, terdapat juga satu buah speaker yang memliki kualitas cukup sempurna. Hanya saja diletakannya speaker pada sisi bawah cukup merepotkan karena ketika Xiaomi Mi4 digunakan untuk bermain game karena selalu tertutupi dengan telapak tangan.

4. Layar :
Layar Xiaomi Mi4

Layar Xiaomi Mi4

Review Xiaomi Mi4 selanjutnya yakni bagian layar, seperti diktahui Xiaomi Mi4 memiliki layar berukuran 5.0 inch yang mampu memberikan tampilan gambar super jernih dengan adanya resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels dengan kepadatan piksel yang mencapai ~441 ppi. Oya untuk sisi layarnya sendiri menggunakan panel JDI IPS yang memiliki teknologi OGS (One Glss Solution) Full Laminating atau teknologi layar sentuh yang sangat responsif dengan yang di buat satu paket dengan layar touchscreennya sehingga membuat panel layar Xiaomi Mi4 ini cukup tipis. Kemudian untuk perlindungannya sendiri kita ketahui Xiami Mi4 menggunakan Corning Gorilla Glass 3, namun alangkah baiknya pergunakanlah tempereted glass sebagai pelindungnya.

Multitouch Xiaomi Mi4

Multitouch Xiaomi Mi4

Kelebihan lain yang di berikan Xiaomi pada ponsel unggulannya yang satu ini adalah kemampuannya dalam urusan sentuhan diaman review layar xiaomi mi4 yang kami uji menggunakan aplikasi multitouch tester menunjukan bahwa layar tersebut memiliki sentuhan hingga 10 titik. Yang itu artinya ponsel ini dapat digunakan untuk semua jenis permainan yang ada di play store karena mampu memberikan kemudahan yang cukup enak ketika deteknokers gunakan apalagi ditambah tingkat sensitifitas yang di miliki layar ini pun cukup apik, jadi bisa kami bilan tak akan sia-sia memilh Xiaomi Mi4 ini sebagai ponsel kesayangan deteknokers.

5. Sistem Operasi dan User Interface :
Home Screen Xiaomi Mi4

Home Screen Xiaomi Mi4

Home Screen :

Sepertinya hampir sobat deteknokers tau bahwa Xiaomi Mi4 ini sudah secara resmi mendapatkan User Interface MIUI 7 atau bisa dibilang user Intercface terbaru yang penuh dengan kelebihan di dalamnya. Menariknya dari User Interface MIUI disini deteknokers benar-benar bisa mengaplikasikan suasana hati dengan tampilan homescreen Xiaomi Mi4 ini karena Xiaomi sendiri memberikan customisasi yang sangat mudah dan simple. Berbeda dari smartphone android lainya, Xiaomi Mi4 atau handset Xiaomi lainnya tak dilengkapi dengan app drawer sehingga penempatan icon semuanya terdapat pada homescreen tersebut. Oya pada bagian ini deteknokers juga dapat menambahkan beberpa Widget dengan mudah hanya dengan mencubit layar tersebut kemudian bisa deteknokers lihat pada bagian bawa yang menyediakan berbagai macam pilihan menu seperti More Apps, Widget, Wallpaper dan Effects.

Lock Screen Xiaomi Mi4

Lock Screen Xiaomi Mi4

Keunikan dari Device Xiaomi juga terdapat pada bagian lockscreen yang di miliki, karena pada bagian ini deteknokers dapat langsung membuka aplikasi kamera dengan hanya menggeser lockscreen tersebut ke arah kiri sedangkan ketika detaknokers menggeserkannya ke sisi kanan maka deteknokers akan membuka sebuah aplikasi Smart Device seperti terlihat pada gambar diatas yang sepertinya dapat digunakan untuk membuka sebuah aplikasi secara cepat namun hanya dibatasi beberpa saja. Dan saat dicobanya saya hanya menemukan 1 Device yakni infrared remote controller. Selain itu keunikan dari user interface MIUI ini adalah dapat merubah secara cepat wallpaper pada homescreen sesuai dengan selera deteknokers pastinya.

Sistem Operasi :

Sistem Operasi Xiaomi Mi4

Sistem Operasi Xiaomi Mi4

Seperti terlihat pada hasil screenshot yang ada diatas, Xiaomi Mi4 ini masih menggunakan sistem operasi Android Kitkat v4.4.4 dengan basis User Interface Xiaomi versi 5.9.1 yang mana ini versi rom Dev China yang baru saja terupdate. Meskipun belum menggunakan OS Android Lollipop namuan overal performa yang diberikan cukup sempurna dan cukup berkelas. Apalagi tampilannya juga bisa di ubah sesuai dengan selera karena terdapat fitur Theme Manager yang mana dari sinilah deteknokers dapat mengunduh berbagai macam tema yang tersedia cukup banyak baik yang gratis ataupun berbayar.

Tema :

Menu Tema Xiaomi Mi4

Menu Tema Xiaomi Mi4

Review Xiaomi Mi4 yang selanjutnya menganai tema, yapz menyinggung pembahasan diatas mengenai tema, mungkin ada dari deteknokers yang ingin tahu bagaimana tampilan tema yang ada pada Xiaomi Mi4 ini. Jadi pada kesempatan ini saya memberikan beberpa menu tampilan tema yang bisa di lihat dari hasil screenshot diatas. Dari gambar yang ada, bisa deteknokers lihat bahwa Xiaomi Mi4 ini memiliki banyak sekali tema baik berbayar maupun gratis yang bisa deteknokers coba, begitu pula pada customisasi yang bisa deteknokers lakukan melalui menu customisasi yang ada pada aplikasi themes manager seperti gambar yang terlihat diatas. Nah saya sendiri sudah mencoba mengganti beberapa tampilan baik dari lockscreen ataupun homescreen dan dibawah ini adalah beberapa hasilnya.

Percobaan Tema Pertama Xiaomi Mi4

Percobaan Tema Pertama Xiaomi Mi4

Percobaan Tema Kedua Xiaomi Mi4

Percobaan Tema Kedua Xiaomi Mi4

Percobaan Tema Ketiga Xiaomi Mi4

Percobaan Tema Ketiga Xiaomi Mi4

Oya deteknokers,  pada User Interface MIUI 7 yang belum lama ini diupdate oleh pihak Xiaomi juga memberikan beberpa tema bawaan yang cukup fresh dan cukup apik dengan desain yang lebih menarik, terlihat ada sekitar 4 tambahan tema default dari Xiaomi yakni High Life, Pink Blush, Rose dan Ocean Breeze yang semuanya mampu memberikan tampilan lebih menarik. Selain itu pada update MIUI 7 kemarin, Xiaomi juga merubah desain toogle yang ada sehingga lebih jelas antara aktif dan nonaktif, dan ini jelas berbeda dari MIUI 6 yang sebelumnya tak meperlihatkan perbedaan apa-apa ketikan toogel tersebut di aktifkan atau di nonaktifkan. Untuk lebih jelasnya deteknokers bisa melihatnya di screenshot yang ada dibawah ini.

Tampilan Toogel Baru MIUI 7

Tampilan Toogel Baru MIUI 7

User Interface Aplikasi :

Tampilan Menu Seting Xiaomi Mi4

Tampilan Menu Seting Xiaomi Mi4

Menggunakan Xiaomi Mi4 yang notabennya memiliki user Interface MIUI 7 memang benar-benar mengasikan karena selain mempunyai kelebihan yang tak di miliki User Iterface lain, pada Xiaomi Mi4 ini juga dapat mengubah beberpa tampilan dari menu aplikasi yang ada seperti menu SMS, menu Panggilan dan juga Menu Seting yang kini jauh lebih simple dalam menu seting ini karena sudah ada beberapa fitur yang dirasa tak penting dihilangkan oleh Xiaomi pada saat berada di MIUI 6.

Tampilan Menu SMS dan Dialer Xiaomi Mi4

Tampilan Menu SMS dan Dialer Xiaomi Mi4

Selain tampilan seting yang bisa deteknokers ubah, pada penggunaan MIUI 7 di Xiaomi Mi4 ini juga membuat berapa aplikasi lain seperti yang sudah saya singgung diatas juga bisa diubah sesuai dengan selera dan salah satu contohnya adalah pada menu dialera atau panggilan dan juga tampilan menu SMS. Tentunya dengan adanya hal ini rasa nyaman dan rasa senang mengguakan Xiaomi Mi4 akan lebih terasa, selain itu dengan harga Xiaomi Mi4 yang detekno.com dapatkan juga cukup terjangkau. Nah dibawah ini adalah tampilan menu dialera dan menu sms.

6. Peforma dan Hardware :
Hardware Xiaomi Mi4

Hardware Xiaomi Mi4

Berbicara menganai performa dari Xiaomi Mi4 seperti sudah kami singgung diatas, Xiaomi Mi4 ini memiliki performa yang cukup sempurna dan cukup gahar mengingat spesifikasi yang di berikannya pun cukup tinggi seperti digunakannya chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 yang di barengi dengan penggunaan prosesor Quad-core 2.5 GHz Krait 400 dan GPU Adreni 330 dan Ram berukuran 3GB dan kapasitas internal memori seluas16 GB.

Yah memang sih bisa dikatkan memori ini cukup kecil karan Xiaomi juga tak membekali slot microSD card pada ponsel ini, namun untungnya Xiaomi Mi4 ini dapat mengunakan USB-OTG seperti sebelumnya kami sampikan sehingga tak menyulitkan bagi kami namun yah deteknokers harus puas dengan adanya internal memori 16 GB tersebut.

Oya pengecekan kami mengenai spesifikasi juga kami tes menggunakan aplikasi CPU Z yang hasilnya bisa dilihat diatas. Satu lagi, selain dapat digunakan untuk menetahui hardware yang yang terdapat pada Xiaomi Mi4, aplikasi yang satu ini juga dapat menjadi media pengecekan keaslian dari Xiaomi Mi4 ini dengan ditandai terdapatnya chipset Qualcomm di sisi atas.

Benchmark Antutu :

Benchmark Antutu Xiaomi Mi4

Benchmark Antutu Xiaomi Mi4

Setelah puas mendapatkan hasil Xiaomi Mi4 ini dari sisi hardware yang kita dapatkan dari tampilan di aplikasi CPU Z, Review Xiaomi Mi4 ini kembali kami jalankan dan kali ini kami coba untuk pengetesan Benchmark Antutu. Dimana pada pengetesan yang satu ini kami mengunakan aplikasi Benchmark Antutu terbaru yakni versi 5.7.1 dan dari pengetesan tersebut menampilkan skor yang cukup memuaskan yakni berkisan 46.105 yang tentu akan memberikan performa yagn super tangguh dalam beragam penggunaan. Dari gambar diatas juga bisa terlihat bahwa Xiaomi Mi4 ini mampu mengungguli OnePlus One dan HTC One M8 namun sayangnya masih berada di bawah Asus Zenfone 2, Samsung Galaxy Note 4 dan Meuzu Mx4 yang mampu mencapai raihan paling tinggi.

Benchmark Geekbench :

Benchmark Geekbench 3 Xiaomi Mi4

Benchmark Geekbench 3 Xiaomi Mi4

Review Xiaomi Mi4 berikutnya kami lakukan dengan aplikasi GeekBench 3. Dan hasilyang cukup menakjubkan pun benar-benar diberikan Xiaomi Mi4 ini dimana untuk kinerja single core sendiri mencapai skor 872 dimana hasil tersebut tentu memberikan bukti bahwa Xiaomi Mi4 ini mampu mengalahkan Samsung Galaxy S5 yang hanya memperoleh skor 938. Kemudian pada pengujian multi core nya Handset ini mendapati hasik 2186 yang mana hasil ini memperlihatkan bahwa Xiaomi Mi4 masih terpaut sedikit dari Samsung Galaxy S5 namun sudah berada diatas Samsung Galaxy S4

Memori Internal dan RAM :

Memori dan Ram Xiaomi Mi4

Memori dan Ram Xiaomi Mi4

Sayangnya seperti tertulis diatas, Xiaomi hanya di bekali dengan memori internal seluas 16 GB saja yang membuat kami cukup kesulitasn ketika ingin menginstal berbagai macam aplikasi karena terbenturnya ruang yang ada hal ini terjadi ketika saya ingin menginstal aplikasi game HD Ashpalt 8 yang mengalami eror downloading. Sayangnya untuk mengakali hal ini saya harus menghapus beberpa file yang sudah tersimpan sehingga proses download kembali lancar. Yang cukup disayangkan Xiaomi Mi4 ini tak dilengkapi dengan slot microSD card sehingga deteknokers harus benar-benar puas dengan kapasitas 16 GB yang ada tersebut.

Sementara seri Xiaomi yang satu ini cukup handal ketika digunakan bermain game Ashpalt yang sudah terdownload tadi serta beberpa game HD lainnya seperti Modern Combat karena seperti terlihat diatas ponsel ini memiliki spesifiaski hardware yang cukup baik apalagi didalamnya juga tersedia Ram berukuran 3GB yang notabennya cukup sempurna dalam membuat perform gaming dan multitasking pada ponsel ini. Berbicara soal multitasking, dapat dilihat sisa kapasitas Ram yang tersedia sendiri masih 643 MB padahal dalam pemakaiannya sudah banyak sekali aplikasi yang terbuka. Inilah kelebihan dari Xiaomi Mi4 yang perlu deteknokers tahu.

Daya Tahan Baterai :

Baterai Xiaomi Mi4

Baterai Xiaomi Mi4

Bagi deteknokers yang gila akan gaming, dapat dipastikan Xiaomi Mi4 cukup bisa di andalkan karena seperti diketahui pada ponsel ini terdapat batarai non-removabler berukuran 3080 mAh yang mampu membuat ponsel ini bertahan cukup lama. Menariknya setelah mendapatkan update MIUI 7 membuat daya tahan baterai Xiaomi Mi4 yang saya gunakan ini juga cukup awet dan seperti terlihat diatas penggunaan daya baterai pun tak menguras banyak. Oya tak tertinggal pada Xiaomi Mi4 ini juga terdapat fitur Quick Charger 2.0 seperti yang sudah disampikann diatas, diman adanya fitur ini membuat pengisian daya baterai jauh lebih cepat.

7. Multimedia :
Pemutar Musik Xiaomi Mi4

Pemutar Musik Xiaomi Mi4

Musik :

Setiap pengguna smartphone pastinya pernah merasakan bosan ketika menggnakan ponsel hanya untuk internet, gaming dan chating. Untuk itu Review Xiaomi Mi4 yang detekno.com uji kali ini berlangsung pada aplikasi musik yang di miliki sebagai media penghilang suntuk ketika anda bosa menggunakan ponsel ini sebagai media itu-itu saja. Yapz dari tampikannya sendiri aplikasi musik yang diberikan cukup simple, bahkan tersedia pula fitur musik online. Namun yang lebih mengasikan adalah terdapatnya fitur lirik pada aplikasi musik bawaan Xiami Mi4 ini sehingga deteknokers tak perlu repot-repot mencai aplikasi musik lain.

Pemutar Video Xiaomi Mi4

Pemutar Video Xiaomi Mi4

Video :

Penggunaan ponsel ini dalam urusan video memang cukup mengasikan, hal ini didasari pada Review XiaomI Mi4 yang sudah kami lakukan. Dimana dengan menggunakan aplikasi video bawaan Xiaomi Mi4 mampu memutar hampir semua video yang kami coba dan salah satunya adalah fil San Andreas yang memiliki resolusi HD, sayangya aplikasi bawaan Xiaomi ini tak bisa menyisipkan subtitle sehingga cukup merepotkan. Namun bila hanya digunakan untuk melihat video musik player viceo tersebut cukup memuaskan apalagi di lengkapi dengan suara atau audio yang cukup baik sehingga bisa dikatkan ponsel ini cukup memuaskan sekali baik untuk memutar video.

Performa Gaming Xiaomi Mi4

Performa Gaming Xiaomi Mi4

Gaming :

Seperti yang sudah kami sampikan diatas, ponsel ini benar-benar mampu membrikan perform gaming yang cukup mantap karena memang didalamnya sudah tersedia berbagai macam spesifikasi yang mempui. Dan Review Xiaomi Mi4 pad urusan gaming yang kami coba dengan menjalankan game Modern Combat hampir semuanya berjalan lancar tanpa tersendat sedikitpun, hal ini tentu yang banyak di harapkan dari semua pencari smartphone termasuk juga deteknokers pastinya.

8. Konektifitas :
Konektivitas Xiaomi Mi4

Konektivitas Xiaomi Mi4

Seperti yang sudah kami samapikan diatas, Xiaomi Mi4 ini hanya di bekali dengan satu sim card saja dimana berbentuk micro sim. Dengan mengandalkan sim card yang deteknokers miliki, ponsel ini mampu memberikan kepuasan tersendiri karena untuk kebutuhan internetnya cukup lengkap dimana sudah tersedia jaringan internel 3G HSPA 42.2/5.76 Mbps dan beberpa pendukung lain yang cukup lengkap seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac berteknologi dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, dan hotspot serta bluetooth v4.0, A2DP. Sayangnya pada ponsel ini tak dilengkapi dengan NFC seperti pada Xiaomi Mi3 yang menjdi seri sebelumnya.

9. Kualitas Kamera :
Tampilan Kamera Belakang Xiaomi Mi4

Tampilan Kamera Belakang Xiaomi Mi4

Review Xiaomi Mi4 selanjutnya akan mengulas mengenai kamera yang di miliki Xiaomi Mi4 ini. Yapz seperti diketahui Xiaomi Mi4 merupakan ponsel android yang mempunyai kamera berukuran 13 MP di sisi belakang dan 8 MP di sisi depan. Dimana setelah kami pergunakan untuk beberpa kami percobaan pemotretan benar-benar membuktikan bahwa Xiaomi mampu menghasilkan gambar yang cukup tajam. Apalagi pada sisi belakagnnya kami mendapati hasil yang cukup jernih baik dimalam hari maupun siang hari. Hal ini tentu juga tak lepas dari adanya fitur autofokus. LED Flash dan aperture F/1.8. Kemudian bagaimana hasilnya silahkan lihat di bawah ini.

Kamera Belakang :

Hasil Kamera Belakang Malam Hari Dengan Flash

Hasil Kamera Belakang Malam Hari Dengan Flash

Hasil Kamera Belakang Malam Hari Tanpa Flash

Hasil Kamera Belakang Malam Hari Tanpa Flash

Hasil Kamera Belakang Siang Hari Mode HDR

Hasil Kamera Belakang Siang Hari Mode HDR

Hasil Kamera Belakang Mode Refocus

Hasil Kamera Belakang Mode Refocus

Hal yang menarik dari Review Xiaomi Mi4 dari sektor kamera adalah terdapatnya banyak sekali fitur yang cukup membuat kami sangat betah menggunakannya. Yang mana salah satunya adalah fitur refocus yang dapat membuat hasil gambarnya terlihat seperti menggunakan kamera DSLR. Selain itu ada pula beberapa pengaturan yang dapat deteknokers sesuaikan dengan selera nah bagaimana penampilan dari hasil kamera belakang ini ?? deteknokers dapat melihat hasinya diatas.

Kamera Depan :

Kamera Depan Xiaomi Mi4

Kamera Depan Xiaomi Mi4

Hasil Kamera Depan Xiaomi Mi4

Hasil Kamera Depan Xiaomi Mi4

Hasil Kamera Depan Xiaomi Mi4 Menggunakan Filter Yesteryear

Hasil Kamera Depan Xiaomi Mi4 Menggunakan Filter Yesteryear

Untuk Review Xiaomi Mi4 kamera depan, bisa dikatakan cukup mempuni selain mampu menghasilkan gambar yagn cukup jelas dengan resolusi 2448 x 3264 piksel, kamera depan ini juga disertai banyak fitur menarik yang dapat membuat hasil tamngkapannya semakin memuaskan. Dengan kamera berukuran 8 MP deteknkers pastinya dapat membuat momen selfie dengan keluarga semakin menarik. Selain dapat digunakan untuk selfie kamera ini juga dapat anda gunakan untuk merekam video dengan kualitas yang cukup baik.

10. Harga Xiaomi Mi4 :
Hardware Xiaomi Mi4

Hardware Xiaomi Mi4

Melihat spesifikasi dan juga kemampuan yang cukup memuaskan dari Xiaomi Mi4 diatas pastinya banyak pangguna smartphone yang mungkin tertarik untuk memilikinya. Adapun bagi deteknokers yagn memang menginginkannya seperti sudah kami singgung diatas, deteknokers hanya perlu mengeluarkan budget sekitar 3 juta rupiah atau tepatnya Rp 3.075.000 ribu rupiah. Harga tersebut memang cukup terjangkau namun juga cukup memuaskan dari segala sisi. Hanya saja garansi yang di dapat bukan garansi resmi melainkan garansi distributor mengingat Xiaomi Mi4 sendiri tak di pasarkan secara resmi di Indonesia.

11. Kelebihan Xiaomi Mi4 :
  • Memiliki Layar 5 inch dengan resolusi Full HD berlapis Corning Gorilla Glass 3
  • Desain yang cukup elegan dengan menggunakan frame metal
  • Harga Xiaomi Mi4 cukup terjangkau
  • Memiliki Performa yang cukup berkualitas karena adanya prosesor Quad-core 2.5 GHz dan Chipset Snapdragon 801
  • Sudah di bekali dengan Ram berukuran 3GB
  • Memiliki kamera utama berukuran 13 MP dan kamera depan 8 MP
  • Baterai yang cukup tahan lama + Sudah di bekali Quick Charging v2.0
12. Kekurangan Xiaomi Mi4 :
  • Bodinya cukup licin ketika digenggam
  • Belum mendukung jaringan 4G LTE
  • Hanya di lengkapi satu sim card
  • Tak dilengkapi dengan slot microSD card
  • Baterai tak bisa dilepas

Baca Juga : Review Meizu M2 Note, Ponsel Layar IGZO Full HD

Dengan harga sekitar 3 juta rupiah tentu saja deteknokers benar-benar akan mendapatkan kepuasan tersendiri ketika menggunakan ponsel yang satu ini. Jad tak ada salahnya bila memang deteknokers sedang mencari hp android murah dengan kualtias dan kuantitas yang cukup memuaskan. Nah semoga dengan adanya Review Xiaomi Mi4 dari Detekno.com diatas bisa menambah referensi bagi sobat yang sedang merasa bingung memilih ponsel apa yang paling tepat untuk deteknokers.


Advertisement