Review Xiaomi Mi Note : Versi Natural Bamboo Edition

Detekno.com – Xiaomi Mi Note Natural Bamboo Edition merupakan versi khusus Mi Note yang dilengkapi casing belakang (Back Cover) bertexture bambu. Smartphone buatan Xiaomi tersebut menawarkan layar berukuran 5.7 inch dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels dan kerapatan pixel sebesar -386 ppi. Untuk ukuran phablet berlayar cukup besar, kualitas layar yang ditampilkan Mi Note sangat memuaskan, dan tak kalah tajam dibandingkan smartphone sekelasnya yang mengadopsi layar Quad HD.

Desain merupakan kunci dari ketangguhan Xiaomi Mi Note, karena smartphone ini dibuat sangat tipis dengan ketebalan 7 mm, dan dilengkapi frame metal yang kuat dan kokoh. Pemilihan materai premium membuat tampilan luar Xiaomi Mi Note semakin menawan, dan ditambah dengan desain body belakang betexture bambu yang terasa memiliki serat texture sehingga semakin nyaman saat digenggaman. Walaupun memiliki ukuran layar sangat besar, nyatanya berat ponsel ini tetap ringan saat digenggam dengan satu tangan.

Selain desain premium yang menjadi kelebihannya, Mi Note juga memiliki peforma luar biasa sebagai salah satu smartphone premium di Indonesia. Bagi sobat detekno.com yang ingin tahu bagaimana kesan pertama kami dalam menjajal ketangguhan smartphone Xiaomi Mi Note Natural Bamboo Edition, silahkan simak review selengkapnya yang dirangkum redaksi detekno.com berikut ini.

Review Xiaomi Mi Note Natural Bamboo Edition

Paket Penjualan Xiaomi Mi Note

Paket Penjualan Xiaomi Mi Note

Paket Penjualan

  • Smartphone Xiaomi Mi Note Natural Bamboo Edition
  • Head Charger
  • Kabel USB
  • Buku Manual
  • Buku Garansi
  • Injector Sim Card

Desain Dan Body

Tampak Depan Xiaomi Mi Note

Tampak Depan Mi Note

Pada bagian depannya terlihat layar berukuran 5.7 inch dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels, dan kerapatan pixel -386 pixel per inci. Gambar yang dihasilkan layar berteknologi JDI mampu membius kami karena gambarnya begitu tajam, terutama saat digunakan untuk membuka foto atau video beresolusi besar. Selain itu, rasio layarnya juga sangat besar dengan perbandingkan ~74.4% dari body berdimensi 155.1 x 77.6 x 7 mm, sehingga terlihat tepi layarnya sangat tipis. Body tipis berketebalan 7 mm, membuatnya memiliki berat ringan sekitar 161 gram.

Tak ketinggalan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 3 juga menghiasi bagian depan Xiaomi Mi Note, yang membuat layarnya terlindung sempurna saat terjatuh dan terbentur. Detekno.com sempat membuktikan kehebatan Gorilla Glass 3 milik Xiaomi Mi Note dengan menggoreskannya pada pisau, dan hasilnya layar tetap utuh tanpa adanya goresan. Kemudian pada bagian bawah layarnya terletak 3 tombol navigasi yang responsif, sementara pada bagian atas layar terdapat sensor kamera 4 megapiksel dan lubang speaker depan.

Tampak Belakang Xiaomi Mi Note

Tampak Belakang Mi Note

Pada bagian belakang, terletak logo MI pada back cover bertexture bambu. Berbeda dengan Mi Note versi reguler yang bagian belakangnya dilengkapi panel kaca Corning Gorilla Glass 3, pada versi Natural Bamboo Edition, Xiaomi tak melengkapinya dengan panel kaca sehingga akan terasa serat texture bambu yang membuatnya tak terasa licin dan memiliki grip lebih baik. Bagian belakang Xiaomi Mi Note juga dibuat sedikit melengkung untuk meningkatkan kenyamanan saat di pegang dengan satu tangan. Kemudian, agak bergeser kebagian atas, sudah diletakan kamera berkekuatan 13 Megapixel beresampingan dengan lampu kilat berjenis dual-LED (dual tone) flash.

Tampak Atas Xiaomi Mi Note

Tampak Atas

Tampak Bawah Xiaomi Mi Note

Tampak Bawah

Frame metal mengelilingi setiap sisi Mi Note yang membuatnya tampak menawan dengan balutan body premium yang dimilikinya. Beralih ke sisi bagian atas, diletakan port jack audio 3,5 mm untuk menghubungkan Xiaomi Mi Note dengan perangkat audio earphone, atau headset. Kemudian untuk sisi bagian bawahnya terletak slot microUSB 2.0 bersebelahan dengan lubang speaker yang memiliki kualitas suara Hi-Fi sehingga keluaran suara terdengar nyaring dan jernih.

Tampak Samping Xiaomi Mi Note 2

Tampak Samping Kiri

Tampak Samping Xiaomi Mi Note

Tampak Samping Kanan

Dengan frame metal berketebalan 7 mm membuat tampak samping kanan dan kiri Mi Note terlihat begitu elegan. Pada sisi bagian kanan, sudah terletak tombol power dan volume yang gampang terjangkau walaupun dipegang dengan satu tangan. Kemudian pada sisi kirinya terdapat slot untuk Dual SIM card berjenis Micro SIM dan Nano Sim yang dapat dibuka dengan sim injektor pada paket penjualan smartphone ini.

Sistem Operasi Dan User Interface

User Interface Miui V6

User Interface Miui V6

Review Xiaomi Mi Note selanjutnya beralih kesektor sistem operasi dan user interface yang dibawanya. Pada bagian ini, sudah disediakan sistem operasi Android Kitkat 4.4.4 yang disajikan dengan tampilan antar muka Miui 6. Antar muka buatan Xiaomi tersebut tampil sangat simple tanpa adanya app drawer, artinya semua icon aplikasi akan tersaji pada layar homecreeen, dan cukup menggeserkan layar home screen untuk melihat aplikasi yang terinstal pada Xiaomi Mi Note.

Theme Manager

Theme Manager

Pada sistem operasi Android Kitkat oprekannya, Xiaomi menyediakan ribuan thema secara gratis dan berbayar untuk mempermudah penggunanya berkreasi menghasilkan tampilan user interface terbaik. Hadirnya fitur theme manager memang menjadi kelebihan smartphone buatan Xiaomi, karena penggunanya bisa berkreasi dengan merubah setiap aspek user interface mulai dari icon, lock screen, font, status bar, hingga tampilan menu sms dan telepon juga bisa dirubah sesuai selera.

Tampilan Menu Sms

Thema SMS & Telepon

Tampilan Menu Sms

Thema Lock Screen

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, tampilan antar muka Miui V6 terlihat sangat sempurna, jadi sudah Tidak perlu lagi berburu aplikasi launcher Android di Google Play Store. Selain itu Xiaomi juga menawarkan fitur one hand mode, untuk mempermudah penguna Xiaomi Mi Note mengoperasikan smartphonenya dengan satu tangan. Untuk mengaktifkan fitur ini cukup swipe tombol home kebagian kanan ataupun kiri, maka otomatis ukuran layar akan mengecil dengan 3 pilihan ukuran layar yang berbeda yaitu 4.5 inch, 4 inch, dan ukuran 3.5 inci.

Performa Dan Benchmark

Benchark Antutu Xiaomi Mi Note

Benchmark Antutu Xiaomi Mi Note

Bermodalkan spesifikasi hardwarre yang mengadalkan processor Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 berkecepatan Quad Core 2.5 Ghz, yang dipadukan dengan Ram 3 GB beserta pengolahan grafis Adreno 330, hasil benchmark Antutu Xiaomi Mi Note tergolong menakjubkan dengan pencapai skor sebesar 46.157. Skor tersebut menunjukan bahwa Xiaomi Mi Note memiliki peforma diatas One Plus One, dan Xiaomi Mi4 yang notabennya memiliki spesifikasi hardware yang sama.

Secara keseluruhan performa Mi Note Natural Bamboo Edition tergolong sangat cepat, saat membuka aplikasi, transisi antar layar, ataupun menjalankan game-game HD terbaru. Pada kesempatan yang sama, kami juga mencoba ketangguhan mobile gaming Xiaomi Mi Note dengan menjalankan game Nova 3 dan Asphalt 8, hasilnya semua game mampu berjalan secara lancar tanpa adanya kendala lag. Selain itu keluaran suaranya juga sangat menajubkan berkat dukungan teknologi Hi-Fi yang terkandung didalamnya.

Sayangnya Xiaomi Mi Note Natural Bamboo Edition yang kami uci coba, hanya dibekali memory internal 16 GB tanpa adanya dukungan slot memory ekternal. Dari memory internal tersebut, hanya tersisa 12 GB karena sebagian besar digunakan untuk menyimpan aplikasi bawaan, dan file sistem operasinya, sehingga tak terlalu banyak game dan aplikasi yang bisa kami instal. Untungnya Xiaomi menyediakan penyimpanan Mi Cloud sebesar 10 GB yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan foto secara online agar tak membebani memory internal.

Benchmark Geekbench 3 Xiaomi Mi Note

Benchmark Geekbench 3 Xiaomi Mi Note

Pengujian selanjutnya kami lakukan dengan aplikasi Geekbench 3. Pada pengujian ini, Xiaomi Mi Note meraih skor 3023 untuk pengetesan Multi Core, dan skor 991 untuk pengetesn single core. Hasil tersebut menunjukan bahwa peforma Xiaomi Mi Note Natural Bamboo Edition mengungguli Samsung Galaxy S5 yang notabennya dijual lebih mahal dibandingkan harga Xiaomi Mi Note, dan sama-sama menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 801.

Benchmark Quadrant Xiaomi Mi Note

Benchmark Quadrant Xiaomi Mi Note

Peforma menakjubkan peforma Xiaomi Mi Note juga terlihat pada hasil benchmark Quadrant yang mampu meraih skor 23.622. Sementara saat diuji dengan aplikasi multitouch tester, membuktikan bahwa layar smartphone ini sangat responsif dengan mendukung 10 titik sentuhan. Tak salah apabila harga Xiaomi Mi Note dibanderol lebih mahal dari Xiaomi Mi4 ataupun Xiaomi Mi3, karena berdasarkan uji peforma dan benchmark yang dilakukan detekno.com, menujukan bahwa peforma Xiaomi Mi Note mampu menandingi smartphone Xiaomi terdahulu.

Kamera Depan

User Interface Kamera Depan

User Interface Kamera Depan

Review Xiaomi Mi Note selanjutnya akan memperlihatkan bagaimana kualitas dari kamera depan smartphone ini. Pengujian detekno.com lakukan dengan aplikasi kamera bawaan Miui V6 yang terbukti memiliki tampilan antar muka simple, dan mudah digunakan. Kelebihan kamera tersebut adalah dilengkapi algoritma khusus yang mampu membaca usia objek foto, dan memiliki fitur beautify yang secara otomatis mampu mencerahkan dan mempercantik objek foto.

Hasil Kamera Depan Xiaomi Mi Note 2

Hasil Kamera Depan

Hasil Kamera Depan Xiaomi Mi Note

Hasil Kamera Depan

Berbekal kamera depan 4 Megapixel dengan bukaan lensa F/2.0, ISO 100, dan Exposur time 1/244, kamera tersebut mampu menghasilkan foto selfie dengan resolusi 2688 x 1520 pixel yang memiliki kualitas tajam, dan jernih. Seperti yang anda lihat diatas, hasil foto selfie yang di ambil dari kamera depan Xiaomi Mi Note menunjukan naturalisasi warna yang baik, walaupun tak menggunakan LED Flash.

Selain itu kamera depannya juga dilengkapi fitur Timer dengan pengaturan sampai 10 detik ataupun menggunakan perintan suara. Bagi anda yang suka berkreasi saat berfoto selfie, tersedia banyak mode filter seperti mirror, autumn, indigo, fish eye, dan warna vivid yang bisa dipilih sesuai selera. Kesimpulannya, kamera depan Xiaomi Mi Note tergolong sangat mumpuni, dan mampu menghasilkan foto selfie terbaik, melebihi smartphone berkamera depan 5 Megapixel.

Kamera Belakang

User Interface Kamera Belakang

User Interface Kamera Belakang

Beralih kekamera bagian belakang, Xiaomi Mi Note memiliki sensor CMOS Sony IMX214 generasi kedua dengan kekuatan lensa 13 Megapixel. Selain itu tersedia pula bukaan lensa F/2.0 dengan focal lenght sebesar 3.8 mm. Untuk mencegah terjadi blur saat memotret dan merekam video, Xiaomi juga menyediakan teknogoi OIS (optical image stabilization) sebagai sensor penstabil gambar, dan menambahkan Dual Tone LED Flash buatan Philips untuk meningkatkan kecerahan foto, dan memberikan warna lebih natural saat memotret di berbagai kondisi pencahayaan.

Foto Low Light Xiaomi Mi Note Dengan Flash

Foto Low Light Dengan Flash

Foto Low Light Xiaomi Mi Note Tanpa Flash

Foto Low Light Tanpa Flash

Pengujuan kamera belakang Xiaomi Mi Note kami lakukan dimalam hari untuk menunjukan kualitas foto low light Xiaomi Mi Note. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, kamera belakangnya mampu memotret cukup baik saat memotret dengan lampu LED Flash, namun disaat tanpa menggunakan LED Flash, terlihat bahwa gambarnya cukup gelap walaupun memiliki bukaan lensa F/2.0 dan menggunakan iso sebesar 3215.

Foto HDR  Xiaomi Mi Note

Foto HDR

Terlihat hasil foto HDR Xiaomi Mi Note menunjukan warna lebih tajam, walaupun sedikit agak kekuningan. Secara keseluruhan hasil fotonya memang memuaskan, asalkan tidak memotret HDR dimalam hari, karena akan warnya akan terlihat tampak tak natural.

Foto Xiaomi Mi Note Dengan LED Flash

Foto Outodor Kamera Dengan LED Flash

Foto Outdor Tanpa LED Flash

Foto Outdor Kamera  Tanpa LED Flash

Hasil foto terakhir yang kami ambil dengan kamera belakang Xiaomi Mi Note bisa anda lihat diatas. Seperti yang anda lihat, perpaduan warna antara satu objek dengan objek yang lain terlihat begitu jelas walaupun memotret diluar ruangan tanpa led flash ataupun menggunakan led flash, jadi kesimpulannya kamera belakang berlensa 13 Megapixel milik Xiaomi Mi Note mampu tampil memuaskan dengan kualitas foto terlihat tajam, dan memiliki warna lebih natural.

Video Recording

Video Recording Xiaomi Mi Note

Video Recording

Tersedia 4 pilihan resolusi dalam merekam video pada aplikasi kamera bawaan Xiaomi Mi Note yaitu video beresolusi 4K, Full HD, HD, dan beresolusi SD. Ketajaman videonya tentu akan dipengaruhi dari resolusi yang dipilih, dan pengalaman kami saat memilih resolusi 4K (2160p) mampu menghasilkan sebuah video sangat tajam, namun ukurannya menjadi sangat besar. Sehingga lebih baik memilih resolusi Full HD, mengingat ukuran memory internal yang kecil akan habis apabila harus menyimpan video beresolusi 4K.

Konektivitas

Konektivitas Xiaomi Mi Note

Konektivitas

Beralih kebagian konektivitas, disediakan 2 slot kartu sim berbentuk nano sim, dan micro sim yang diletakan pada satu slot yang sama. Kedua kartu tersebut bisa aktif secara bersamaan, dan penggunanya bisa mengantur mana kartu sim yang dikhususkan untuk akses internet, dan mana yang dikhususkan untuk kebutuhan komunikasi sms atau telepon. Sementara untuk akses internetnya disediakan 3 pilihan yaitu 4G LTE, 3G, dan 2G.

Jaringan 4G LTE milik Xiaomi Mi Note sudah support jaringan LTE di Indonesia yang rencananya akan berada pada frekuensi 1800 mhz dengan kecepatan 150 mbps. Namun untuk sementara ini kami hanya bisa menikmati jaringan 3G HSDPA dengan kecepatan maksimum 42.2 mbps, karena belum meratanya jaringan LTE di Indonesia. Hal ini tentu menjadi PR bagi operator seluler agar masyarakat Indonesia bisa merasakan konektivitas LTE secara merata.

Kemudian untuk dukungan konektivitas yang lain, Xiaomi Mi Note mendukung Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac berteknologi Dual Chanel yang terbukti memiliki jangkauan lebih luas dibandingkan Wifi pada smartphone biasanya. Sementara untuk konektivitas transfer data ataupun file, sudah disediakan Bluetooth V4.1, dan fitur Wifi Direct. Tak ketinggalan port microUSB 2.0 yang kami coba berhasil membaca file dari dalam flashdisk lewat kabel usb otg.

Saat digunakan membuka aplikasi pemetaan seperti Google Maps, Waze, dan Nokia Here, Xiaomi Mi Note juga terbukti sangat cepat dalam mengunci lokasi yang kami tinggali karena sudah ada teknologi GPS yang mengadalkan 3 satelit berbeda yaitu A-GPS, GLONASS, dan Beidou. Sayangnya sektor konektivitas Mi Note memiliki satu kekurangan, yaitu tidak adanya NFC, padahal fitur ini sering kami pakai untuk mengirim file secara instan.

Multimedia

Pemutar Musik Xiaomi Mi Note

Pemutar Musik

Selain digunakan untuk bermain game, tentu pengguna smartphone akan memutar musik sebagai media hiburan sehari-hari. Untuk itulah Xiaomi menyediakan aplikasi pemutar musik terbaiknya, dengan memberikan banyak fitur didalamnya. Salah satu fitur yang paling kami sukai, adalah dukungan lyric lagu secara otomatis saat memutar musik barat, namun saat memutar lagi Indonesia lyric tidak akan muncul. Selain itu Xiaomi juga menyediakan konten musik online yang terintegrasi dengan Baidu Music.

Pemutar Video Xiaomi Mi Note

Pemutar Video

Keluaran suara Xiaomi Mi Note saat memutar musik, dan video terdengar sangat keras namun tetap jernih berkat teknologi Hi-Fi yang dimilikinya. Selain itu Xiaomi juga menyediakan pengaturan Equalizer secara manual dan otomatis, beserta fitur Mi Sound Enhancer yang otomatis akan menyesuaikan dengan perangkat headset atau earphone. Dengan begitu sudah jelas bahwa Mi Note merupakan perangkat hiburan yang sangat lengkap, terlebih dengan ukuran layar besar yang dimilikinya tentu semua hiburan bisa diputar secara sempurna.

Daya Tahan Baterai

Daya Tahan Baterai Xiaomi Mi Note

Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai Xiaomi Mi Note patut di acungi jempol. Bermodalkan baterai Li-Ion berukuran 3000 mah, baterai tersebut mampu bertahan lebih dari 1 hari pemakaian normal, tanpa bermain game. Saat kami coba bermain game Nova 3 ataupun Asphalt 8, baterainya juga tak terlalu tersedot dan hanya menghabiskan baterai sekitar 20% untuk pemakaian selama 1-2 jam, dan saat kami lakukan uji coba kamera, hanya menghabiskan baterai sekitar 5% dalam pemakaian selama 30 menit. Yang perlu anda ketahui, baterai Mi Note tidak bisa dicopot dikarenakan ponsel ini menganut desain unibody. Selain itu Xiaomi juga menghadirkan fitur Quick Charge 2.0 yang terbukti mampu mempercepata pengisian daya baterai, karena kami hanya membutuhkan waktu satu jam sampai baterai Mi Note mencapai 100 %.

Harga Xiaomi Mi Note Natural Bamboo Edition

Harga Xiaomi Mi Note

Harga Xiaomi Mi Note

Smartphone ini kami dapatkan dengan harga 5.5 Juta Rupiah lewat situs belanja terkemuka di Indonesia. Harga Xiaomi Mi Note Natural Bamboo Edition yang kami dapatkan tergolong sangat murah, karena rata-rata penjual lainnya menjualnya dengan harga diatas 6 Jua Rupiah. Sayangnya produk ini merupakan produk dengan garansi ditributor, bukannya produk resmi yang dijual Xiaomi Indonesia, jadi kemungkinan akan ada sedikit kesulitan dalam melakukan klaim garansi.

Harga 5.5 Juta Rupiah memamg jauh lebih mahal dibandingkan harga Xiaomi Mi Note Natural Bamboo Edition resmi di China yang dibanderol 2.299 CNY atau sekitar 4,8 Jutaan. Tak apa walaupun harganya lebih mahal, yang penting kepuasan kita bisa merasakan sensasi texture bambu pada bagian belakang  Mi Note yang tak dimiliki smartphone premium yang lain. Bagaimana apakah anda juga tertarik merasakan sensasi yang kami rasakan saat memegang smartphone ini ?

Kesimpulan 

[wp-review]

Total : 8.6 / 10

Kelebihan Xiaomi Mi Note

  • Peforma sangat cepat dengan processor Snapdragon 801 berkecepatan Quad Core 2.5 Ghz dan Ram 3GB
  • Desain sangat tipis berketabalan 7 mm, dan back cover betexture bambu yang tak licin dan memiliki berat ringan
  • Kameranya mampu memotret dengan kualitas gambar tajam, dan warna natural berkat teknologi OIS, Aperture F/2.0 pada kamera utama berlensa 13 Megapixel, dan depan 4 Megapixel
  • Mampu merekam video beresolusi 4K
  • Pemutar musik mendukung lyric
  • Dilengkapi teknologi 4G LTE dan dukungan fitur Dual Sim
  • Baterai awet dengan daya tahan lebih dari 1 hari lebih

Kekurangan Xiaomi Mi Note

  • Memory internal hanya sebesar 16 GB
  • Tidak disediakan NFC
  • Harga Xiaomi Mi Note di Indonesia dibanderol lebih mahal

Di Indonesia sendiri sudah banyak yang menjual Xiaomi Mi Note dengan kapasitas memory internal 64 GB, namun harganya jauh lebih mahal sekitar 6.8 Juta Rupiah. Versi manapun yang anda pilih, anda akan tetap mendapatkan kualitas terbaik dari Xiaomi. Sebagai salah satu fans Xiaomi di Indonesia, detekno.com berani menjamin anda tak akan kecewa apabila membeli smartphone ini walaupun harga Xiaomi Mi Note yang harus dibayarkan cukup menguras kantong.


Advertisement