Review Xiaomi Mi 4i dan Unboxing : Versi Putih


Detekno.com – Kemarin (26/5/2015) saat penjualan pertama Xiaomi Mi 4i di situs resmi Xiaomi Indonesia, dari team Detekno alhamdullillah bisa mendapatkan 1 unit Xiaomi Mi 4i yang bisa kami review dan bisa sebagai tambahan referensi bagi agan-agan yang sedang melirik HP Xiaomi terbaru ini. Xiaomi Mi 4i yang kami dapatkan sendiri adalah versi warna putih dengan kapasitas internel 16 GB yang dibanderol dengan harga 2,8 juta. Menariknya pada saat penjualan Flash Sale kemarin, sebanyak 10.000 unit Xiaomi Mi 4i ludes terjual hanya dalam waktu 11 menit saja hal ini menandakan antusiasme masyarakat Indonesia terhadap HP Xiaomi ini.

Yang belum tahu tentang Mi 4i ini adalah Smartphone Android Flagship terbaru Xiaomi yang dibekali chipset Octa Core 64 Bit, kamera belakang 13 MP dan kamera depannya 5 MP. Smartphone Flagship ini sudah menggunakan OS Android Lollipop dan memakai desain unibody yang hanya memiliki ketebalan 7,8 mm dan berat 130 gram ukuran layarnya sendiri berukuran 5 inches. Ingin tahu seperti apa team Detekno dalam menjajal HP Flagship ini? berikut Unboxing dan Review Xiaomi Mi 4i :

Review Xiaomi Mi 4i Warna Putih

Paket Penjualan Xiaomi Mi 4i

Paket Penjualan Xiaomi Mi 4i

Paket Penjualan Xiaomi Mi 4i :

  • 1 Unit Xiaomi Mi 4i warna putih
  • Kabel USB
  • Manual Book
  • Injector SIM Card
  • Perdana Simpati
  • Head Charger
  • Kartu Garansi

Desain dan Body

Kesan pertama yang sangat tampak dari HP Xiaomi tersebut adalah nyaman digenggam dan dioperasikan menggunakan 1 tangan. Tampilan bodi belakangnya juga sangat halus karena memakai bahan Polycarbonate dan bagian belakangnya tidak mudah kotor. Desainnya sangat tampak kelas premium, rentang layar dengan bodinya juga tipis sekali membuat layarnya tampil mewah.

Review Xiaomi Mi 4i

Review Xiaomi Mi 4i

Layarnya berukuran 5 inches yang memiliki resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels dengan kepadatan layar 441 ppi. Tampilan MIUI 6 nya juga membuat kami tertarik untuk menggunakan HP ini selain warna yang tajam, pilihan tema nya juga sangat banyak dan gratis lagi. Teknologi layarnya sudah menggunakan IPS dan ia menggunakan tipe layar LCD untuk memperkaya warna yang dihasilkan oleh layar Xiaomi Mi 4i. Rasio antara layar dengan bodinya bisa sampai ~71.7%. Walau berbeda sedikit dengan Xiaomi Mi Note yang sudah kami review dan unboxing juga di website kami detekno.com.

Untuk ukuran bodinya secara keseluruhan adalah 138.1 x 69.6 x 7.8 mm, dan beratnya lebih ringan dari Mi Note yang sampai 161 gram. Pada bagian depannya tersedia kamera depan dan speaker yang terletak dibagian tengah atas dan tepat disamping kiri tersedia logo Xiaomi yang menjadi ciri khas setiap HP Xiaomi yang telah dibuat. Sedangkan untuk bagian belakangnya tersedia kamera belakang beresolusi 13 MP dan Dual LED yang siap menemani hobi fotografi para penggunanya. Untuk bagian bawah belakangnya tersedia speaker yang bersuara jernih.

Tampak Depan

Tampak Depan

Tampak Belakang

Tampak Belakang

Untuk bagian samping kiri sendiri tersedia slot kartu SIM yang menggunakannya harus memakai SIM Injector yang sudah disediakan dalam paket penjualan. Caranya cukup mudah, pengguna tidak memasukkan SIM Injector tersebur ke bagian lubang SIM Card nya lalu ditekan nantinya slot SIM Card nya akan keluar dengan sendirinya. Bagian kirinya tersedia 2 tombol yakni tombol power, tombol volume.

Tampak Samping Kanan

Tampak Samping Kanan

Tampak Samping Kiri

Tampak Samping Kiri

Terakhir pada bagian bodi bawahnya sama halnya dengan HP Android kebanyakan, ia dibagian atas terdapat lubang port jack audio 3,5 mm yang berfungsi untuk menghubungan Mi 4i dengan headset. Mi 4i juga mendukung fungsi Active noise cancellation with dedicated mic. dan pada bagian bawahnya terdapat lubang USB yang berfungsi untuk memindahkan data ataupun untuk mencharge. Untuk spesifikasinya sendiri, USB pada Xiaomi Mi 4i menggunakan microUSB v2.0 dan USB Host.

Tampak Atas

Tampak Atas

Tampak Bawah

Tampak Bawah

Sistem Operasi dan User Interface

User Interface

User Interface

Tampilan user interface menjadi nilai lebih yang dimiliki oleh semua perangkat Xiaomi tak terkecuali Xiaomi Mi 4i ini. Selain dibekali banyak tema gratis yang bagus dukungan penuh oleh Xiaomi juga membuat nilai tambah yang membuat pecinta gadget menyukai HP Xiaomi. Dukungan ini tak hanya omong kosong belaka, karena sewaktu pertama kali muncul Xiaomi Mi 4i dikeluhkan oleh para penggunanya akan panas yang dihasilkan oleh HP tersebut. Setelah mendapat pemberitahuan itu, Hugo Barra langsung memberikan update Rom khusus untuk Mi 4i yang diklaim dalam mengatasi masalah panas yang dihasilkan oleh Mi 4i ini.

Dari kami sendiri setelah mengupdate Rom Xiaomi Mi 4i ini, panasnya tidak terlalu terasa walau saat bermain game seperti Asphalt dan  Real Racing 3. Ciri khas dari tampilan antar muka MIUI besutan Xiaomi adalah ia tampil lebih simple yang tidak menggunakan app drawer. Dimana semua icon aplikasi diletakkan pada layar homescreennya. Pengguna cukup menggeser layar home untuk mencari atau melihat aplikasi yang sudah ada pada Xiaomi Mi 4i.

Tema Xiaomi Mi 4i

Tema Xiaomi Mi 4i

Pada gambar diatas anda bisa melihat bahwa pilihan tema pada Xiaomi Mi 4i sangatlah banyak dan dibisa dipakai secara gratis. Ini membuat anda tidak perlu menginstall aplikasi launcher yang malah bisa membuat performa HP anda berkurang. Sistem operasi yang digunakan oleh Mi 4i ini sendiri sudah memakai Android Lollipop yang terbaru.

Performa dan Antutu Benchmark

Antutu Benchmark Xiaomi Mi 4i

Antutu Benchmark Xiaomi Mi 4i

Dari hasil antutu skor diatas bisa dipastikan performa Mi 4i sangatlah bagus karena hampir sama dengan Samsung Galaxy S5 yang dibanderol lebih mahal dari Mi 4i yang hanya 2,8 juta. Hasil ini tentu dipengaruhi oleh pemakaian hardware yang ada pada Xiaomi Mi 4i yang mana ia sudah menggunakan prosessor Octa Core 64 bit dan RAM diberi kapasitas 2 GB. Ia menggunakan chipset Snapdragon 615 dari Qualcomm yang menurut kami ini adalah salah satu faktor kenapa pada Xiaomi Mi 4i terlalu panas kemarin.

Hasil Stabilitas dan Multitouch

Hasil Stabilitas dan Multitouch

Hasil HTML dan Geekbench

Hasil HTML dan Geekbench

Yang cukup disayangkan dari perangkat satu ini adalah tidak adanya slot microsd sehingga pengguna harus pintar-pintar dalam menginstall game maupun aplikasi pada perangkat Mi 4i. Dari review Xiaomi Mi 4i yang kami dapatkan, kapasitas 16 GB di Xiaomi Mi 4i hanya ada ruang 10 GB untuk dipakai oleh penggunanya. Sedangkan untuk 6 GB nya sendiri sudah dipakai untuk aplikasi bawaan dari Google dan Xiaomi. Dari tes yang lainnya, kami mendapati hasil yang cukup bagus untuk penggunaan Xiaomi Mi 4i dalam hal stabilitas dan dukungan 10 jari pada Mi 4i.

Xiaomi Mi 4i dalam hal konektivitasnya sudah mendukung jaringan 4G namun tidak semua slot mendukung jaringan 4G hanya pada slot kartu SIM 1 yang mendukung 4G yang keduanya hanya mendukung 3G.

Tes Pemakaian dan Baterai

Baterai Mi 4i

Baterai Mi 4i

Pemakaian

Pemakaian

Dari uji diatas, deteknokers bisa menyimpulkan sendiri terkait daya tahan baterai Xiaomi Mi 4i. Selama team detekno memakai HP Xiaomi Mi 4i, ketahanan baterai nya terbilang sangat baik. Xiaomi Mi 4i yang dijajal oleh kami ini mampu bertahan selama 1 hari jika digunakan dalam pemakaian yang tidak terlalu aktif seperti sosial media dan menyetel musik.

Tes Kamera Depan Mi 4i

Selanjutnya dari review Xiaomi Mi 4i ini adalah team detekno melakukan tes kualitas kamera depannya yang beresolusi 5 MP. Sama halnya dengan HP Xiaomi lainnya, kamera Xiaomi bisa mendeteksi usia penggunanya. Ia memiliki fitur Beauty yang berguna untuk mencerahkan wajah agar gambar selfie yang dihasilkan berkualitas bagus tak kalah dengan HP Android kelas premium lainnya. Ada fitur timer juga untuk memudahkan pengguna dalam berselfie menggunakan perangkat tersebut, untuk mengatur nya anda hanya perlu menggeser layar kamera ke kanan. Menariknya lagi dari Tes ini kami mendapati banyak filter yang ada pada kamera depan Xiaomi Mi 4i yang bisa anda lihat dibawah ini.

Hasil Kamera Depan Xiaomi Mi 4i

Hasil Kamera Depan Xiaomi Mi 4i

Tes Kamera Depan

Tes Kamera Depan

Kamera depana Xiaomi Mi 4i sangat cocok untuk selfie di siang hari maupun sore. Saat kami uji dalam kondisi minim cahaya, hasilnya kurang bagus mengingat Mi 4i dibagian depannya tidak disediakan LED Flash. Kamera depannya bisa mencetak foto berkualitas 2592 x 1458 pixels.

Tes Kamera Belakang Mi 4i

Dari spesifikasinya, kamera belakang Mi 4i beresolusi 13 MP yang mampu mencetak foto berkualitas 4128 x 3096 pixels. Sudah dilengkapi Autofocus dan Dual LED, fitur Dual LED ini dirasa sangat membantu dalam memfoto suatu objek di kondisi minim cahaya. Terdapat juga fitur-fitur lainnya seperti Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR.

Kamera Belakang Mi 4i

Kamera Belakang Mi 4i

Selain fitur-fitur diatas, kamera belakang Mi 4i juga memiliki pilihan mode manual dari imbangan putih, focus, waktu cahaya, dan pilihan ISO. Terdapat juga mode kamera gerak cepat dan gerak lambat di kamera belakang Mi 4i.

Mode Kamera Belakang

Mode Kamera Belakang

Hasil Kamera Belakang Mi 4i

Hasil Kamera Belakang Mi 4i

Hasil Kedua Kamera Belakang

Hasil Kedua Kamera Belakang

Hasil Ketiga Kamera Belakang

Hasil Ketiga Kamera Belakang

Kamera Belakang LED Flash

Kamera Belakang LED Flash

Dari ketiga hasil ini kami rasa sangat bagus, di Xiaomi Mi 4i pengguna bisa mengatur pencahayaan secara manual. Sehingga kualitas foto akan sangat baik jika pengguna bisa mengatur secara manual kamera belakang Mi 4i. Kamera belakang Mi 4i juga mampu merekam video beresolusi HD [email protected]

Harga Xiaomi Mi 4i Warna Putih Di Indonesia

Waktu pertama kali diadakan flash sale Mi 4i di Indonesia di situs resmi Mi.com/id, harga Xiaomi Mi 4i kurang lebih 2,8 juta itu sudah termasuk biaya ongkos kirim. Dari segi respon pasarnya, Xiaomi Mi 4i ini cukup banyak peminatnya mengingat 10 ribu unit Mi 4i terjual ludes hanya dalam waktu 11 menit saja. Dari pihak Mi.com/id juga dalam memberikan pelayanannya sangat cepat terbukti dengan tgl pengiriman yang kami dapatkan, unit Mi 4i ini sudah sampai hanya dalam waktu 3 hari saja.

Harga Xiaomi Mi 4i Putih

Harga Xiaomi Mi 4i Putih

Menurut kabar yang kami dapatkan, bahwa Xiaomi akan melakukan penjualan Xiaomi Mi 4i kembali yang kali ini akan dilakukan di Lazada. Jika anda tertarik untuk membeli Xiaomi Mi 4i ini maka jangan sampai ketinggalan Flash Sale Xiaomi Mi 4i di Lazada.

Kelebihan Xiaomi Mi 4i

  • Performa memuaskan untuk gaming dan multitasking
  • Desain sangat nyaman dan mudah dioperasikan menggunakan 1 tangan
  • Harga Xiaomi Mi 4i terjangkau
  • Sudah mendukung jaringan 4G
  • Kapasitas baterai tahan lama

Kekurangan Xiaomi Mi 4i

  • Terkadang masih panas
  • Tidak ada microsd
  • Ruang penyimpanan yang disediakan hanya 10 GB untuk user saja, selebihan yang 6 GB untuk aplikasi bawaan

Lihat Juga Review Lainnya : Review Xiaomi Mi Note : Versi Natural Bamboo Edition.

Bagaimana pendapat anda tentang Review Xiaomi Mi 4i setelah menyimak informasi diatas? jika anda tertarik membelinya anda bisa menunggu flash sale Mi 4i selanjutnya yang akan segera di buka oleh pihak Xiaomi Indonesia.


Advertisement