Review Xiaomi Mi 4c : Bertenaga Snapdragon 808 Ram 3GB

Banner

Detekno.com – Penantian panjang menunggu kehadiran Xiaomi Mi 4c di Indonesia akhirnya terbayar lunas setelah tim detekno bisa menguji langsung smartphone flagship murah meriah dari Xiaomi ini. Sayangnya Xiaomi Mi 4c yang kami beli dengan harga 3 Jutaan bukanlan produk resmi yang dirilis di Indonesia, melainkan produk dengan garansi distributor. Yups inilah satu-satunya jalan untuk menjajal kemampun Xiaomi Mi 4c yang digadang-gadang memiliki performa setara LG G4, karena keduanya sama-sama mengadopsi chipset Snapdragon 808 dan Ram 3GB. Apabila menungu Xiaomi Mi 4c dirilis di Indonesia, mungkin sampai gajah bertelur aja ga bakalan dirilis sob. hihihi.

Owh ya sob, sebenarnya ada 2 tipe Xiaomi Mi 4c yang bisa sobat dapatkan di Indonesia, yaitu versi Ram 2GB dengan memori intrernal 16GB, dan versi Ram 3GB dengan memori internal 32GB. Nah yang kami review sekarang merupakan versi Ram 3GB, sehingga otomatis harganya lebih mahal dibandingkan versi Ram 2GB. Untuk selisih harganya sendiri sebenarnya tidak terlalu banyak, yakni sekitar 400 Ribuan. Namun untuk segi performa tentu akan berbeda jauh, soalnya sudah ada Ram 3GB yang siap menopang kinerja multitasking lebih mulus dan kinerja gaming lebih powerfull. Nah yang penasaran bagaimana performa keseluruhan smartphone ini. Yuk, simak Review Xiaomi Mi 4c secara ekslusif di detekno.com.

Review Xiaomi Mi 4c

Review Xiaomi Mi 4c

Review Xiaomi Mi 4c

1. Paket Penjualan :
  • 1 Unit Xiaomi Mi 4c
  • Adaptor Charger
  • Kabel Data USB Type-C
  • Kerta Panduan Pengguna
  • Kartu Garansi (Garansi Distributor)
  • Sim Card Injector
Adaptor dan USB Type-C

Adaptor dan USB Type-C

Setelah kami melakukan unboxing Xiaomi Mi 4c yang videonya bisa sobat lihat dibawah. Rupanya isinya cuma ada 1 unit smartphone, kartu garansi dari distributor, lalu ada buku petunjuk dalam bahasa indonesia dan mandarain. Nah yang menariknya, didalam box Xiaomi Mi 4c disediakan kabel USB-Type C dan sebuah adaptor. Inilah salah satu kelebihan smartphone ini, karena masih jarang ada smartphone yang memakai USB-Type C sebagai konektor untuk mengirim file dan isi daya baterai.

Seperti yang sobat lihat pada gambar diatas, USB Type-C bisa dipakai bolak balik, berbeda dengan MicroUSB 2.0 yang hanya bisa dipakai pada satu sisi. Owh yah yang menarik, kali ini box Smartphone Xiaomi berwarna orange, padahal biasanya memiliki warna coklat. Selain itu, didalamnya juga tidak disediakan headset, jadi sobat harus membelinya secara terpisah. Hampir ketinggalan, Xiaomi juga menyediakan sim card injector untuk membuka slot sim card yang terletak dibagian samping.

2. Video Unboxing :
3. Desain dan Body :

Review Xiaomi Mi 4c pada bagian desain dan body mari kita awali dari bagian depan. Smartphone ini memiliki layar berukuran 5 inci dengan resolusi Full HD 1080p, jadi sobat ga usah meragukan ketajaman warna dan kejernihan layarnya. Sementara untuk desainnya, smartphone ini memiliki body berbahan polycarbonat dengan ukuran pajang 138.1 mm, lebar 69.6 mm, dan ketebalan 7.8 mm, sementara untuk beratnya mencapai 132 gram. Nah setelah kami mmegang smartphone ini, kesan yang kami dapatkan adalah terasa begitu nyaman, meskipun masih memakai body berbahan plastik namun terasa tidak licin dan mantap digenggaman. Bahkan menurut kami desain Xiaomi Mi 4c sama persis dengan Xiaomi Mi 4i, baik itu penempatan tombol, ukuran layar, dan penempatan kamera.

Tampak Depan

Layar Xiaomi Mi 4c

Tampak Depan Mi 4c

Pada bagian depan kita akan menjumpai layar berdiagonal 5 inci dengan resolusi Full HD. Dibagian bawah layar juga ditempatkan 3 tombol capacitive yang befungsi sebagai back, menu, dan recent App. Owh ya, tombol capacitive tersebut akan menyala ketika sobat operasikan. Lalu dibagian atas layar, sudah disediakan lensa kamera 5 Megapixel, lubang speaker telepon, sensor proximity, logo Xiaomi, dan lampu LED Notification sebagai tanda apabila ada pesan masuk ataupun notifikasi penting lainnya.

Tampak Belakang

Tampak Belakang Xiaomi Mi4c

Tampak Belakang Xiaomi Mi4c

Selanjutnya pada bagian belakang Xiaomi Mi 4c telah diletakan lubang speaker utama dan logo Xiaomi. Dibagian atasnya juga disematkan sensor kamera berkekuatan 13 Megapixel yang dibarengi Dual Tone LED Flash beserta lubang mic. Seperti yang sobat lihat pada gambar diatas, Xiaomi Mi 4c yang kami dapatkan berwarna putih, sehingga terkesan cepat kotor. Owh yah, back cover smartphone ini tidak bisa dilepas, karena didesain dengan kontstruksi unibody.

Tampak Samping

Tampak Samping Kanan Xiaomi Mi4c

Tampak Samping Kanan Xiaomi Mi4c

Pada sisi samping kanan, diletakan tombol volume dan power berwarna metalic. Kedua tombol tersebut terasa nyaman ketika di operasikan, karena cukup empuk saat dipakai menaikan volume ataupun menurunkan volume. Menariknya lagi, pada bagian sisi kanan dan kiri Xiaomi Mi 4c telah disediakan sensor untuk mendukung fitur Edge Tap yang nantinya bisa sobat pakai untuk kembali ke menu sebelumnya (Recent), dan sebagai perintah shutter ketika mengambil foto.

Tampak Samping Kiri Xiaomi Mi4c

Tampak Samping Kiri Xiaomi Mi4c

Selanjutnya pada sisi samping kiri, disediakan slot kartu sim yang bisa dibuka dengan sim card injector. Nah itulah penempatan tombol di sisi samping Xiaomi Mi 4c. Seperti yang sobat lihat diatas, ketebalan smartphone ini cukup tipis, sehingga terasa semakin mantap saat kami pegang dan tetap terasa nyaman ketika kami operasikan dengan satu tangan.

Tampak Atas

Tampak Atas Xiaomi Mi4c

Tampak Atas Xiaomi Mi4c

Kemudian pada sisi bagian atas kami menjumpai adanya lubang jack audio dan port infra merah. Kegunaan inframerah tersebut bisa sobat pakai sebagai remote control untuk mengatur perangkat elektronik seperti televisi, dvd, ataupun lainnya. Bahkan bagi sobat deteknokers yang memiliki MI TV bisa mengoptimalkan Xiaomi Mi 4c dalam mengoperasikan televisi besutan Xiaomi tersebut.

Tampak Bawah

Tampak Bawah Xiaomi Mi4c

Tampak Bawah Xiaomi Mi4c

Beralih ke sisi bagian bawah, Xiaomi menempatkan sebuah port USB-Type C dan sebuah lubang mic. Hadirnya port USB Type-C menjadi kelebihan Xiaomi Mi 4c yang tak dimiliki smartphone Xiaomi lainnya, dan terbukti membuat smartphone ini semakin cepat ketika kami melakukan isi ulang baterai dan mentranfer file ke komputer. Selain itu, kita juga tak perlu khawatir memasukan port usb secara terbalik, karena USB Type-C menganut sistem reversible connector atau artinya bisa dibolak balik.

Slot Kartu Sim

Slot Sim Card Xiaomi Mi4c

Slot Sim Card Xiaomi Mi4c

Slot kartu sim ditempatkan pada sisi bagian samping. Untuk membukanya Xiaomi sudah menyediakan sim card injector pada paket penjualan Mi 4c. Setelah dibuka sobat akan menjumpai dua slot kartu sim yang mengharuskan sobat untuk memakai sim card berjenis micro-sim. Jadi siap-siap memotong kartu sim apabila selama ini sobat mamakai smartphone dengna sim card berjenis mini sim.

4. Layar :
Tampak Depan Xiaomi Mi4c

Layar Xiaomi Mi4c

Review Xiaomi Mi 4c selanjutnya mari kita lihat kualitas layar smartphone ini. Seperti yang kami sampaikan diatas, smartphone ini memakai layar berbentang 5 inci dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Menariknya layar tersebut telah memakai panel IPS Display yang digabungkan dengan teknologi OGS (One Glass Solution) dan teknologi Full Lamanition, sehingga menghasilkan layar super tajam yang terlihat begitu jernih meskipun dilihatpada sudut 178 derajat. Sayangnya Xiaomi tidak menyebutkan adanya lapisan pelindung anti gores pada smartphone ini. Namun biasanya layar bertipe OGS sudah dilindungi Dragontraill Glaass, jadi sobat deteknokers tak perlu khawatir layar Xiaomi Mi 4c akan tergores.

Multitouch Xiaomi Mi4c

Multitouch Xiaomi Mi4c

Tidak hanya terlihat tajam ketika dipakai didalam ruangan, layar Xiaomi Mi 4c juga tetap terlihat jernih ketika kami pakai diluar ruangan ataupun dibawah terik matahari. Hal ini tak lepas dari pemakaian teknologi Sunlight Display seperti yang dimiliki Xiaomi Mi 4i. Sementara untuk tingkat responsifitas layarnya tergolong sangat baik, karena mendukung 10 titik sentuhan (Multitouch) sehingga terasa lebih responsif ketika dipakai bermain game yang mengharuskan beberapa titik sentuhan saat dimainkan.

5. Sistem Operasi dan User Interface :
Sistem Operasi

Sistem Operasi Xiaomi Mi4c

Sistem Operasi

Selanjutnya mari kita lakukan review Xiaomi Mi 4c pada bagian sistem operasi dan user interface yang dibawanya. Nah untuk sistem operasinya sendiri telah memakai OS Android Lollipop 5.1.1 dengan tampilan antarmua MIUI 7. Namun saat kami mendapatkan smartphone ini, rupanya sistem operasinya telah dirubah oleh distributor, sehingga kami harus melakukan flash ulang agar performa Xiaomi Mi 4c lebih stabil. Nah bagi sobat deteknokers yang bingung bagaimana cara melakukan flash ulang Xioami Mi 4c, bisa simak video berikut ini.

Tutorial diatas memang kami buat secara khusus untuk Xiaomi Redmi Note 2 Prime, namun secara garis besar tutorialnya sama persis. Sobat hanya tinggal mengunduh rom khusus untuk Xiaomi Mi 4c, lalu melakukan flashing sesuai tutorial yang kami berikan.

Home Screen

Home Screen Xiaomi Mi4c

Home Screen Xiaomi Mi4c

Tampilan home screen Xiaomi Mi 4c memakai user interface Miui 7, yang menawarkan tampilan simple tanpa adanya app drawer. Semua icon aplikasi akan terlihat pada layar home screen,dan nantinya bisa sobat atur dengan memasukannya ke folder. Selain itu, Xiaomi juga menyediakan status bar transparant yang diatasnya disediakan shortcut pemutar musik berbagai menu pengaturan, seperti Bluetooth, Wifi, Torcch, Bluetooth, Mobile Data, dll.

Thema

Thema Xiaomi Mi 4c

Thema Xiaomi Mi 4c

Sama seperti smartphone Xiaomi yang lain, Xiaomi Mi 4c juga menyediakan ribuan thema gratis dan berbayar yang bisa sobat deteknokers pilih sesuai selera. Inilah daya tarik utama smartphone Xiaomi, karena pemakainya pasti tak akan bosan dengan tampilan antarmuka smarphone yang mereka miliki. Selain itu, Xiaomi juga menyediakan pengaturan secara manual untuk merubah tampilan font, lock screen, icon, status bar, dial pad, boot animation, boot audio, dan pengaturan ringtone sms serta telepon.

Contoh Thema 1

Contoh Thema 1

Contoh Thema 2

Contoh Thema 2

Contoh Thema 3

Contoh Thema 3

Setiap thema yang sobat unduh nantinya akan merubah setiap aspek tampilan mulai dari icon sampai lock screen. Bahkan menu setting, sms, kontak, dan telepon juga akan berubah mengikuti thema yang sobat pasangkan. Menariknya lagi, Xiaomi juga menyediakan banyak sekali thema buatan Indonesia yang memiliki kualitas tak kalah keren dari thema butan luar negeri.

6. Performa dan Hardware :
Hardware Xiaomi Mi 4c

Hardware Xiaomi Mi 4c

Hardware

Selanjutnya mari kita lihat Review Xiaomi Mi 4c pada bagian dapur pacunya. Seperti yang sobat lihat diatas. Smartphone ini memakai chipset Qualcomm Snapdragon 808 dengan processor Hexa Core 1.8 Ghz (Quad-core 1.44 GHz Cortex-A53 & dual-core 1.82 GHz Cortex-A57). Selain itu, Xiaomi Mi 4c juga dilengkapi pengolahan grafis Adreno 418 dan memiliki kapasitas Ram sebesar 3GB. Versi yang kami beli memang versi Ram 3GB sehingga didalamnya disediakan memori internal sebesar 32GB. Namun bagi sobat deteknokers yang membeli versi 2GB maka hanya mendapatkan memori internal 16GB. Sayangnya Xiaomi Mi 4c belum dilengkapi slot memori ekternal, jadi lebih baik sobat membeli versi Ram 3GB agar mendapatkan memori lebih besar.

Benchmark Antutu

Benchmark Antutu Xiaomi Mi 4c

Benchmark Antutu Xiaomi Mi 4c

Berbekal dapur pacu diatas, Xiaomi Mi 4c tampila mengagumkan pada uji benchmark Antutu. Smartphone ini mampu meraih skor maksimal mencapai 49.423 poin, dan menempatkannyA diatas Asus Zenfone 2 yang memiliki Ram 4GB. Selain itu, performa Xiaomi Mi 4c juga tak berbeda jauh dari LG G4 yang sama-sama mengadopsi chipset Snapdragon 808 dan Ram 3GB. Menariknya, harga Xiaomi Mi 4c dibandrol setengahnya harga LG G4, sehingga bisa menjadi alternatif bagi sobat deteknokers yang ingin merasakan performa LG G4 namun belum mampu membelinya.

Benchmark Geekbench

Benchmark Geekbench 3 Xiaomi Mi 4c

Benchmark Geekbench 3 Xiaomi Mi 4c

Selanjutnya pada pengujian Geekbench 3, Xiaomi Mi 4c meraih skor single core mencapai 1204 poin dan multi core 2994 poin. Dengan kata lain performa smartphone ini berhasil mengalahkan Samsung Galaxy S5 yang hanya mendapatkan skor 938 pada pengujuan single core dan 2994 pada pengujian multi core. Jadi dapat disimpulkan bahwa performa Xiaomi Mi 4c memang yang terbaik untuk smartphone dikelas menengah kebawah, apalagi harganya cuma 3 Jutaan dan sobat akan mendapatkan sebuah smartphone dengan peforma setara smartphone flagship berbanderol diatas 5 Juta.

Memori

Memori Xiaomi Mi 4c

Memori Xiaomi Mi 4c

Kemudian untuk sektor memori, sudah disediakan memori internal 32GB tanpa adanya dukungan memori ekternal. Sebagai gantinya sobat bisa memakai fitur USB-OTG, namun dibutuhkan konektor khusus karena smarphone ini memakai port USB Type-C sementara rata-rata USB-OTG memakai port MicroUSB 2.0. Sedangkan untuk urusan memori Ram, disediakan Ram sebesar 3GB dengan sisa sekitar 1.7 GB apabila sobat deteknokers tak menjalankan aplikasi.

Daya Tahan Baterai

Baterai Xiaomi Mi 4c

Baterai Xiaomi Mi 4c

Selanjutnya mari kita simak review Xiaomi Mi 4c pada bagian baterai. Smartphone ini ditenagai baterai Li-Ion berdaya 3080 mAh dengan didesain non-removable alias tidak bisa dilepas. Berbekal kapasitas cukup besar, terbukti Xiaomi Mi 4c mampu bertahan selama seharian penuh dengan satu kali isi ulang baterai. Namun ketika kami pakai bermain game, baterai tersebut mampu bertahan selama 6-8 jam tergantung dari frekuensi bermain game yang kami lakukan. Menariknya lagi, baterai Xiaomi Mi 4c telah dilengkapi teknologi Fast battery charging yang membuat pengisian baterai dari 0% sampai 100% hanya membutuhkan waktu sekitar 1.5 Jam.

Sensor

Sensor Xiaomi Mi4c

Sensor Xiaomi Mi4c

Sensor yang disediakan Xiaomi Mi 4c cukup lengkap, dimana smartphone ini telah dilengkapi sensor Acceleremoter, Gyroscape, Compass, Magnetic Field, Proximitry, Ambient Light Sensor, dan sensor Step Detector.

7. Multimedia :
Performa Gaming Xiaomi Mi 4c

Performa Gaming Xiaomi Mi 4c

Gaming

Semua game HD mampu dilibas dengan lancar berkat perpaduan Ram 3GB dan processor Hexa Core 1.8 Ghz racikan chipset Qualcomm Snapdragon 808. Bahkan game HD sekelas Asphalt 8, Nova 3, dan Real Racing 3 mampu berjalan mulus tanpa adanya kendala lag. Untuk game ringan sekelas Clash Of Clans, Bima X, Subway Surfers, Angry Birds 2 dan beberapa game ringan lainnya, terbukti mampu berjalan lancar pada smartphone ini. Jadi bagi sobat yang gembar bermain game Android, tak ada salahnya memilih membeli Xiaomi Mi 4c.

Video

Performa Video Xiaomi Mi 4c

Performa Video Xiaomi Mi 4c

Saat kami mengetest Xiomi Mi 4c untuk memutar konten video beresolusi Full HD 1080p juga berjalan dengan lancar, bahkan kualitas gambarnya terlihat sangat jernih. Sayangnya aplikasi pemutar video yang disediakan Xiaomi belum mendukung pemakaian subtitle secara manual, jadi kami sarankan sobat deteknokers untuk memakai aplikasi pemutar video pihak ketiga, seperti VLC atau MX Player.

Musik

Performa Music Xiaomi Mi 4c

Performa Music Xiaomi Mi 4c

Untuk urusa memutar musik, speaker yang dimiliki Xiaomi mampu mengelurkan musik dengan suara sangat jernih dan tergolong cukup keras. Selain itu, Xiaomi juga menyediakan aplikasi pemutar musik yang secara otomatis mampu mengeluarkan lyric. Lalu ada pula pengaturan headphone dan equalizer yang bisa sobat pakai untuk memaksimalkan keluaran suara ketika mendengarkan musik favorit.

8. Konektivitas dan Internet :
Konektivitas Xiaomi Mi 4c

Konektivitas Xiaomi Mi 4c

Internet

Selanjutnya mari kita lakukan Review Xiaomi Mi 4c pada bagian konektivitas. Pada sektor ini, Xiaomi Mi 4c dibekali 2 slot kartu sim dengan bentuk micro-sim. Menariknya kedua sim card tersebut bisa memakai kartu CDMA dan GSM. Seperti yang sobat deteknokers lihat diatas, kami bisa mengakses jaringan CDMA milik smartfren dengan lancar. Namun sayangnya kami mengalami kesulitan untuk memakai jaringan 4G LTE milik Smartfren.

Entah kami yang salah melakukan pengaturan APN atau smartphone ini yang belum mendukung jaringan 4G milik Smartfren. Namun informasi yang kami dapatkan dari forum Xiaomi Mi 4C, memperlihatkan bahwa smartphone ini bisa mengakses jaringan 4G milik Bolt, jadi kemungkinan nantinya juga bisa mengakses jaringan 4G Smartfren, hanya saja dibutuhkan pengaturan khusus.

Sementara saat kami memakai kartu GSM, smartphone ini bisa mengakses jaringan HSDPA+, dan disediakan pengaturan untuk memakai jaringan 4G LTE. Hanya saja ditempat kami belum tersedia jaringan 4G operator GSM, jadi mohon maaf kami tidak bisa melakukan pengetesan memakai jaringan 4G FDD-LTE pada Xioami Mi 4c. (Update Sob, Xiaomi Mi 4c udah kebutkti bisa pake jaringan 4G milik operator XL sam Indosat) Makin mantap aja nih smartphone 😀

Konektivitas Nirkabel

Konektivitas Nirkabel Xiaomi Mi 4c

Konektivitas Nirkabel Xiaomi Mi 4c

Review Xiaomi Mi 4c yang kami lakukan memakai aplikasi Google Maps, membuktikan kehebatan GPS berteknologi A-GPS, dan GLONASS yang dimiliki smartphone ini. Hasilnya sangat luar biasa, karena smartphone ini langsung mengunci lokasi yang kami tempati dalam waktu beberapa detik saja. Selain itu, Xiaomi juga menyediakan konektivitas pendukung lainnya, seperti IR Blaster atau inframerah, Wifi Dual Band, serta USB Type-C yang menjadi kelebihan utama smartphone ini.

9. Kualitas Kamera :
Kamera Belakang Xiaomi Mi 4c

Kamera Belakang Xiaomi Mi 4c

Kamera Belakang

Kamera belakang Xiaomi Mi 4c dilengkapi sensor gambar Samsung S5K3M2 dengan sensor bertipe ISOCELL yang memiliki kekuatan 13 Megapixel. Menariknya, kamera tersebut telah dibekali bukaan lensa f/2.0 yang terbukti cukup membantu ketika mengambil foto dimalam hari ataupun dilokasi rendah cayaha. Selain itu, disediakan pula lampu LED Flash bertipe Dual Tone Led Flash yang secara optimal memaksimalkan pencahayaan ketika kami mengambil foto pada kondisi low light. Tak sampai disitu saja, Xiaomi juga mengoptimalkan kemampuan kamera Xiaomi Mi 4c dengan fitur phase detection autofocus, yang terbukti mampu mempercepat saat penguncian titik focus objek foto yang kami ambil. Nah yang penasaran bagaimana hasil yang diambil dari kamera belakang Xiaomi mi, mari kita lihat dibawah ini.

Foto Siang Hari Pakai Flash

Foto Siang Hari Pakai Flash

Foto Siang Hari Pakai Flash

Foto Siang Hari Pakai Flash

Foto Siang Hari Tanpa Flash

Foto Siang Hari Tanpa Flash

Foto Siang Hari Tanpa Flash

Foto Siang Hari Tanpa Flash

Foto Siang Hari Mode HDR

Foto Siang Hari Mode HDR

Foto Siang Hari Mode HDR

Foto Siang Hari Mode HDR

Resolusi Foto

Resolusi Foto

Pengambilan foto di siang hari atau outdoor terlihat sempurna, bahkan gambarnya tampak realistis dan memperlihatkan warna asli dari objek foto yang kami ambil. Secara otomatis hasil foto yang diambil akan menghasilkan resolusi berukuran 4160 x 2340 pixels dengan aperture F/2.0, dan ISO 100. Selain itu fotonya juga terlihat memiliki sudut pandang lebih luas, mungkin karean dukungan fitur wide angle yang ada pada sensor kameranya. Selanjutnya mari kita lihat hasil foto kamera belakang Xiaomi Mi 4c pada kondisi low light.

Foto Malam Hari Pakai Flash

Foto Malam Hari Pakai Flash

Foto Malam Hari Tanpa Flash

Foto Malam Hari Tanpa Flash

Foto Low Light Tanpa Flash

Foto Low Light Tanpa Flash

Foto Low Light Pakai Flash

Foto Low Light Pakai Flash

Hasil foto low light dan dimalam hari memakai kamera utama Xiaomi Mi 4c cukup memuaskan. Gambarnya tetap terlihat jernih dan hanya menyisakan sedikit noise. Rupanya hadirnya fitur Dual Tone LED Flash sangat mempengaruhi pengambilan foto pada lokasi rendah cayaha, sehingga sobat deteknokers bisa mengambil foto dengan kualitas terbaik meskipun dimalam hari. Lalu bagaimana dengan kamera depan smartphone ini ?, mari kita lihat pada review Xiaomi Mi 4c berikut dibawah ini.

Kamera Depan

Kamera Depan Xiaomi Mi 4c

Kamera Depan Xiaomi Mi 4c

Tidak banyak fitur yang disediakan pada kamera bagian depan. Fitur utamanya hanyalah fitur beautify dan timer. Owh ya, sama seperti kamera bagian belakang, pada bagian depan juga dilengkapi beberapa mode filter seperti indigo, dawn, sketch, dll. Nah untuk melihat seperti apa hasil foto yang diambil dari kamera depan berkekuatan 5 Megapixel yang didukung aperture F/2.0 dan lensa wide angle 85 derajat tersbut, mari kita lihat hasil foto berikut ini.

Foto Selfie Indoor

Foto Selfie Indoor Tanpa Fitur Beautify

Foto Selfie Indoor Dengan Fitur Beautify

Foto Selfie Indoor Dengan Fitur Beautify

 

Foto Selfie Outdoor Dengan Fitur Beautify

Foto Selfie Outdoor Dengan Fitur Beautify

Foto Selfie Indoor Tanpa Fitur Beautify

Foto Selfie Indoor Tanpa Fitur Beautify

Resolusi Foto

Resolusi Foto

Fitur beautify terbukti mampu “Menggantengkan” muka saya Hihihihi. Seperti yang sobat lihat diatas, hasil foto tanpa fitur Beautify terlihat lebih gelap meskipun diambil diluar ruangan (outdoor). Sementara didalam ruangan dengan cahaya minim hasil fotonya cukup memuaskan meski terkesan banyak noise. Nah itulah hasil foto yang diambil memakai kamera depan yang memiliki kekuatan 5 Megapixel dan mampu menghasilkan foto beresolusi 2595 x 1458 pixesl dengan aperture F/2.0 dan ISO 100.

Video 

Rekaman Video Xiaomi Mi 4c

Rekaman Video Xiaomi Mi 4c

Review Xiaomi Mi 4c selanjutnya akan membahas soal kemampuan smartphone ini dalam mengabadikan video. Sayangnya Xiaomi Mi 4c belum bisa merekam video beresolusi 4K, karena hanya disediakan 3 pilihan resolusi yang terdiri dari Full HD 1080p, HD 720p, dan video SD 480p. Selain itu kamera bagian depan juga menghasilkan resolusi yang sama meskipun lensanya hanya 5 Megapixel. Lalu untuk hasil rekaman videonya, tergolong cukup memuaskan meskipun tidak ada fitur OIS namun rekamannya tetap terlihat stabil dan jernih. Tidak sampai disitu saja, Xiaomi juga menyediakan opsi merekam video dalam mode Time-Lapse dan Slow Motion yang bisa sobat pakai sesuai kebutuhan.

10. Fitur Unggulan :
Fitur Edge Tap Xiaomi Mi 4c

Fitur Edge Tap Xiaomi Mi 4c

Edge Tap

Edge Tap merupakan fitur unggulan Xiaomi Mi 4c yang tak dimiliki smartphone Xiaomi yang lain. Dengan fitur ini sobat deteknoker bias mengambil foto dengan cara menekan sisi samping Xiaomi Mi 4c. Selain itu, fitur Edge Tap juga bisa dipakai sebagai menu back untuk kembali ke menu sebelumnya. Hadirnya fitur ini memang sangat menarik, karena mampu mempermudah pengambilan foto dan mempermudah sobat ketika mengoperasikan smartphone ini.

Double Tap

Fitur Double Tap

Fitur Double Tap

Satu lagi fitur menarik yang dimiliki Xiaomi Mi 4c yaitu fitur Double tap screen to wake. Dimana fitur tersebut mampu menghidupkan layar secara otomatis dengan cara mengetuk layar dua kali ketika pada kondisi layar standby. Meskipun sudah banyak smartphone yang mengadopsi fitur serupa, namun Xiaomi baru menghadirkannya pada smartphone ini.

Fish Eye & Quick Snap Camera

Fitur Camera Fish Eye

Fitur Camera Fish Eye

Pada bagaian kamera juga dilengkapi fitur unik berupa mode Fish Eye, jadi sobat tak perlu membeli lensa fish eye tambahan yang sedang trends saat ini. Selain itu, disediakan pua fitur Quick Snap Mode yang membuat sobat bisa langsung mengambil foto pada saat kondisi layar standy dengan cara menekan tombol volume down sampai getar lalu menekan satu lagi tombol tersebut untuk mengambil foto.

Security & Cleaner

Fitur Security dan Cleaner

Fitur Security dan Cleaner

Tidak perlu lagi mendownload aplikasi anti virus dan cleaner, karena Xiaomi sudah menyediakannya secara langsung pada sistem operasi Miui 7 besutannya. Selain itu, disediakan pula fitur Bloclist untuk memfilter sms atau telepon dari nomer yang tidak diinginkan, serta fitur data usage untuk mengatur pemakaian data internet. Sebenarnya masih banyak fitur menarik lainnya yang dimiliki smartphone ini, salah satunya adalah fitur Mi Cloud dengan kapasitas penyimpanan 10GB yang berguna utuk membackup foto secara otomatis.

11. Harga Xiaomi Mi 4c
Harga Xiaomi Mi 4c

Harga Xiaomi Mi 4c

Nah setelah menyimak review Xiaomi Mi 4c diatas, sobat deteknokers pastinya penasaran ingin tahu berapa sebenarnya harga Xiaomi Mi 4c tersebut. Seperti yang kami sampaikan diatas, Xiaomi Mi 4c yang kami beli merupakan versi Ram 3GB dengan memori internal 32GB, dimana harganya adalah sebesar Rp. 3.625.000. Sayangnya produk yang kami beli merupakan produk dengan garansi distributor, sehingga nantinya apabila terjadi kerusakan tidak bisa melakukan perbaikan diservice center resmi Xiaomi, dan harus menghubungi pihak distribotor. Namum selama kami memakainya, tidak ada kendala satu pun, terkecuali sistem operasi yang harus di flash ulang agar performa Xiaomi Mi 4c bisa lebih stabil, dan tidak ada aplikasi bawaan yang diinstal distributor.

12. Video Review Xiaomi Mi 4c
13. Kelebihan Xiaomi Mi 4c
  • Build quality sangat baik meskipun masih memakai material plastik, namun Xiaomi Mi 4c membuatnya dengan desain tipis dan ringan, sehingga terasa lebih nyaman ketika kami operasikan.
  • Kualitas layar sangat baik, dan mampu mengeluarkan warna tajam yang terkesan natural dan memiliki kontras warna seimbang. Selain itu layar Xiaomi Mi 4c juga dilengkapi teknologi Sunlight Display yang membuatnya tetap terlihat sempurna meskipun kami pakai dibawah terik matahari.
  • Daya tahan baterai cukup lumayan dan bisa diandalkan untuk beraktivitas seharian penuh.
  • Dilengkapi fitur Fast battery charging sehingga pengisin daya cukup membutuhkan waktu kurang lebih 1.5 Jam dari 0% sampai 100%
  • Sudah memakai MIUI 7 berbasis Android Lollipop 5.1.1
  • Memiliki fitur thema yang mudah di kustomisasi sesuai selera
  • Dapur pacu setara dengan LG G4, dimana ia membawa processor Snapdragon 808 dengan Ram 3GB dan memori internal 32GB
  • Kualitas suara terdengar sangat jernih
  • Hasil kamera depan dan belakang sangat jernih dan kaya warna. Serta memiliki kecepatan autofocus sangat cepat, berkat pemakaian teknologi phase detection autofocus pada kamera bagian belakang.
  • Memiliki fitur Edge tap yang mempermudah pengambilan foto dan kembali ke menu sebelumnya
  • Harga Xiaomi Mi 4c cukup murah, karena dengan uang 3.6 Juta kita sudah mendapatkan smartphone dengan skor benchmark antutu mencapai 49 Ribu poin.
14. Kekurangan Xiaomi Mi 4c
  • Belum diketahui apakah ada lapisan anti gores pada layar Xiaomi Mi 4c, namun kemungkinan memakai lapisan Dragon Traill Glass
  • Tidak ada NFC
  • Baterai tidak bisa dilepas
  • Tidak disediakan slot memori microSD
  • Desain Xiaomi Mi 4c sama persis dengan desain Xiaomi Mi 4i
  • Akan terasa sedikit cukup panas ketika bermain game terus menerus, namun kami anggap masih dalam kadar normal

Baca Juga : Review Samsung Galaxy J2 : Hp Murah Berfitur 4G LTE

Itulah review Xiaomi Mi 4c yang kami lakukan berdasarkan pengalaman kami memakai smartphone ini selama satu minggu. Kesimpulannya smartphone ini sangat layak sobat beli untuk smartphone Android dikisaran harga 3 Jutaan, karena terbukti memiliki performa luar biasa cepat dan memiliki kualitas kamera diatas rata-rata. Namun sayangnya smartphone ini belum resmi dirilis di Indonesia, jadi sobat harus rela membeli smartphone dengan garansi distributor. Owh yah, apabila harga Xiaomi Mi 4c yang kami dapatkan masih terlalu mahal bagi sobat deteknokers, sobat bisa membeli varian Ram 2GB dengan harga sekitar Rp. 3.250.000. Namun bagi sobat yang ingin performa lebih mumpuni, kami sarankan untuk membeli versi Ram 3GB walaupun harganya sedikit lebih mahal.


Advertisement