Review Sony Xperia M5 Dual : Android Berkamera 21.2 MP

Banner

Detekno.com – Berhasil mendapatkan beberpa seri smartphone unggulan dari berbagai vendor smartphone sekelas Samsung, Xiaomi, Lenovo, Asus dan juga Meizu kali ini tim detekno.com kembali berhasil meminang satu lagi ponsel unggulan dari Sony yakni “Sony Xperia M5 Dual” dengan garansi resmi Sony Indonesia selama satu tahun. Yaps smartphone ini cukup menarik bagi kami karena selain membawa desain yang cukup elegan dengan varian warna gold (yang kami dapatkan) Sony Xperia M5 Dual memiliki keunggulan utama pada sektor kamera dengan di benamkannya lensa berukuran 21.2 MP di bagian belakang dan 13 MP dibagian depan yang disertai dengan banyak fitur dan mode di dalmnya.

Keunggulan utama tersebut menjadi daya pikat kami untuk bisa mereview secara langusung smartphone premium ini walaupun untuk urusah harga, bisa di katakan ponsel ini sangat mahal heee. Memiliki spesifikasi yang cukup mempuni dengan di pakainya chipset Mediatek MT6795 atau sering di sebut Helio X10 dengan dipadukan sebuah prosesor Octa Core berkecepatan 2 Ghz menjadikan smartphone ini cukup memuaskan saat kami coba gunakan. Terlebih lagi bukan hanya mengandalkan sisi kamera, Sony juga memperkuat smartphone ini dengan Ram berukuran 3GB jadi semakin wuz-wuz saat digunakan. Nah penasaran bagaimana hasil review detekno.com yuk simak Review Sony Xperia M5 Dual berikut ini.

Review Sony Xperia M5 Dual

Review Sony Xperia M5 Dual

Review Sony Xperia M5 Dual

1. Paket Penjualan :
  • 1 Unit Xiaomi Sony Xperia M5 Dual
  • Head Charger
  • Kabel USB
  • Kerta Panduan Pengguna
  • Kartu Garansi (Resmi Sony 1 Tahun)
  • 1 Unit Headset
Head Charger dan Kabel USB Sony Xperia M5 Dual

Head Charger dan Kabel USB Sony Xperia M5 Dual

Setelah membuka atau mengunboxing Sony Xperia M5 Dual yang videonya dapat sobat lihat di bawah, kesan pertama saat mebukanya cukup menarik karena selain boxnya yang di buat mengotak sama seperti box dari Meizu M2 Note yang dulu pernah kita review, pada bagian depan juga tertuliskan Spectre 007 yang merupakan edisi James Bond. Lanjut pada bagian dalam terdapat 1 Unit smartphone bergaransi resmi Sony Indonesia dengan warna gold (emas) buku panduan singkat, serta satu unit headset.

Tak tertinggal di dalamnya juga terdapat satu set chager dari kepala charger yang bertuliskan greenheart dengan output daya 5 volt – 850 mAh serta sudah pasti adanya satu kabel USB v2.0 yang bisa digunakan sobat deteknokers sebagai media pengisi daya baterai atau juga sebagai penghantar perpindahan file dari PC ataupun juga Laptop. Namun kami tak menemukan baterai karena untuk seri ini Sony membuatnya dengan baterai Non-Removable.

2. Video Unboxing :
3. Desain dan Body :

Sebelum beranjak jauh pada bagian viral dari smartphone ini ada baiknya kita Review Sony Xperia M5 Dual ini dari sektor desain dan body. Yapz menggenggam smartphone ini dengan satu tangan menurut kami cukuplah mudah karena body smartphone ini dibuat menggunakan material metal yang dipadukan dengan material kaca pada bagian belakang. Ditambah lagi dimilikinya dimensi dengan rasio panjang 145mm, lebar 72mm, dan tebal 7.6mm dan bobot 142 gram menjadikan ponsel ini benar-benar cukup mudah dan nyaman saat di genggam. Apalagi pada bagian depan sudah tersemat sebuah layar berukuran 5.0 inci berkualitas Full HD menjadikan terasa lebih mantap pokoknya.

Tampak Depan

Tampak Depan Sony Xperia M5 Dual

Tampak Depan Sony Xperia M5 Dual

Masih berkutat pada urusan desain, pada bagian depan sony sudah menempatkan sebuah layar dengan bentang 5.0 inci yang memiliki kualitas layar Full HD 1080 x 1920 pixels. Bergeser pada bagian bawah, nantinya sobat deteknokers tak akan mendapati tombol home, back dan recent karena Sony meletakan ketiga tombol tersebut pada bagian layarnya jadi untuk anda yang tertarik membelinya harus benar-benar beradaptasi lagi agar bisa dengan mudah menggunakannya. Bergesesr pada bagian atas, terdapat logo Sony persis berada dibawah speaker telepone dan sejajar dengan lensa kamera utama depan yang ci buat dengan ukuran cukup besar. Untuk LED Notificationnya sendiri berada di ujung kiri atas.

Tampak Belakang

Tampak Belakang Sony Xperia M5 Dual

Tampak Belakang Sony Xperia M5 Dual

Review Sony Xperia M5 Dual selanjutnya pada bagian belakang, dimana seperti dapat sobat deteknokers lihat pada gambar diatas, Sony membuat bagian belakang ini dengan sedikit tampilan yang cukup mengkilap karena menggunaman material kaca yang menurut kami cukup mudah meninggalkan bekas sidik jari. Kemudian terdapat pula sebuah lensa kamera utama yang di buat dengan bentuk membulat serta diletakan sejajar dengan LED Flash. Namun uniknya Sony membuat jarak antara LED Flash dan juga lensa kamera sedikit berjauhan. Tepat ditengan body belakang, Sony menambahkan logo “N” yang merupakan simbol dari NFC dan juga logo Sony yang diikuti tulisan Xperia di bagian bawahnya.

Tampak Samping

Tampak Samping Kanan Sony Xperia M5 Dual

Tampak Samping Kanan Sony Xperia M5 Dual

Puas mengulas sisi depan dan belakangnya, review Sony Xperia M5 Dual kita lanjutkan pada sisi bagian samping, dimana pada bagian samping kakan, Sony meletakan tombol power, volume dan juga satu tombolshuter untuk mempermudah sobat dalam mengabil sebuah foto. Sayangnya penempatan tombol volume yang berada di bawah tombol power menjadikan pengunaannya sedikit sulit dan harus bisa menyesuaikan agar bisa terbiasa menggunakannya.

Tampak Samping Kiri Sony Xperia M5 Dual

Tampak Samping Kiri Sony Xperia M5 Dual

Selanjutnya pada bagian samping kiri, nantinya sobat deteknokers akan di hadapkan pada sebuah penutup yang dibentuk cukup panjang. Dimana saat deteknokers membukanya akan di dapati sebuah slot sim card dengan konfigurasi nano sim dan juga slot microSD card yang mungkin akan lebih mudah di lepas ketika sobat memiliki kuku yang sedikit pajang karena Sony membuat dua slot tersebut sedikit berada di dalam.

Tampak Atas

Tampak Atas Sony Xperia M5 Dual

Tampak Atas Sony Xperia M5 Dual

Dilanjutkan pada review Sony Xperia M5 Dual di sisi atas, bisa di lihat pada gambar diatas, nantinya sobat hanya akan di hadapkan pada port jack audio berukuran 3.5 mm saja yang persi disampingnya terdapat sebuah lubang kecil. Selain itu mungkin hanya akan terlihat adanya garis lurus yang berada di sisi kanan dan kirinya.

Tampak Bawah

Tampak Bawah Sony Xperia M5 Dual

Tampak Bawah Sony Xperia M5 Dual

Sedangkan pada bagian bawahnya Sony juga meletakan dua garis lurus pada sisi kanan dan kirinya yang di buat sama persis dengan sisi bagian atas. Selain itu, smartphone ini juga memiliki port USB v2.0 yang tepat di letakan di bagian tangah. Kemudian pada sisi samping dari port USB tersebut, sony menyertakan speaker utama yang menurut kami mampu mengeluarkan suara cukup keras sehingga lebih asik ketika menonton film dan mendengarkan lantunan musik.

Slot Kartu Sim

Slot Kartu Sim dan MicroSD Sony Xperia M5 Dual

Slot Kartu Sim dan MicroSD Sony Xperia M5 Dual

Oya sob, sony juga memiliki fitur dual sim pada ponsel ini dimana bisa sobat lihat pada gambar diatas sim yang di miliki ponsel ini berjenis nano sim jadi bagi yang sebelumnya menggunakan kartu micro sim atau kartu sim card standar harus memotongnya terlebih dahulu. Selain itu sony juga menyediakan slot microSD card yang bersebelahan dengan slot sim card dan diketahui mampu menampung kapasitas hingga 200 GB.

4. Layar :
Layar Sony Xperia M5 Dual

Layar Sony Xperia M5 Dual

Review Sony Xperia M5 Dual selanjunya mari kita ulas dan lihat bagaimana kualitas layar yang dimilikinya. Sama seperti kami sampikan diatas, handset ini memiliki sebuah layar berukuran 5.0 inci dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels dan sudah menggunakan panel bertipe IPS LCD dengan kepadatan pixels mencapai 441 ppi sehingga kami tak heran saat dicoba untuk menampilkan gambar dan benar-benar terlihat jelas dan jernih. Disamping itu juga Sony meletakan teknologi Sony BRAVIA Mobile engine 2 yang tentu saja menjadi keunggulan sony pada sektor layarnya karen dapat mempertajam kualitas gambar.

Multitouch Sony Xperia M5 Dual

Multitouch Sony Xperia M5 Dual

Untuk masalah perlindungan layarnya, diketaui Sony menggunakan teknologi Scratch resistant glass yang mungkin cukup aman membuatnya terhindar dari goresan benda tajam. Namun bila sobat masih merasa khawatir ada baiknya langsung dibelikan perlindungan tambahan berupa tempereted glass. Tak hanya itu saja menggunakan aplikasi Multitouch Test, pada review sony xperia m5 dual ini kami mendapati ponsel ini memiliki 10 titik sentuhan yang cukup responsif. Sayangnya bila di gunakan di bawah terik matahari layar smartphone ini sedikit kurang jelas jadi harus meningkatkan kecerahan layarnya ketika digunakan diluar ruangan.

5. Sistem Operasi dan User Interface :
Sistem Operasi Sony Xperia M5 Dual

Sistem Operasi Sony Xperia M5 Dual

Sistem Operasi

Nah bagi sobat deteknokers yang mungkin sedang galau dan bingung mau cari ponsel apa. mungkin Sony Xperia M5 Dual bisa nih jadi salah satu pilihannya, apalagi smartphone ini sudah menggunakan sistem operasi android Lollipop 5.0 yang kabarnya sebentar lagi akan mendapatkan update sistem operasi android Marshmallow karena samapi revew Sony Xperia M5 Dual ini kami buat kami belum mendapati notifikasi update perangkat lunak. Dipercantik dengan User Interface khas Sony menjadikan smartphone ini memiliki app drawer sehingga semua aplikasi yang sobat instal terdapat di dalamnya bukan pada tampilan home screen.

Home Screen

Home Screen Sony Xperia M5 Dual

Home Screen Sony Xperia M5 Dual

Setelah merasa cukup pada bagian sistem operasi, Review Sony Xperia M5 Dual kami lanjutkan pada sektor tampilan home screen. Yang mana pada tampilan ini sobat bisa menambahkan shortcut aplikasi yang sering di buka semisal BBM, Facebook atau juga Instagram dan Twitter sehingga ketika ingin membukanya sobat tak lagi harus masuk dalam daftar aplikasi yang ada. Menariknya lagi, ketika layar yang ada pada posisi homescreen di tekan sedikit lama, maka akan di dapati beberpa fitur menarik seperti menu Widget, Wallpaper dan adanya menu pilihan Tema. Jadi sobat bisa mengatur tampilan home screen sesuai dengan selera masing-masing.

Thema

Tema Sony Xperia M5 Dual

Tema Sony Xperia M5 Dual

Nah sudah disinggung pada ulasan diatas, bahwasanya smartphone ini memiliki menu tema layaknya smartphone Xiaomi atau juga Lenovo. Hanya saja saat kami mencobanya hanya tersedia beberpa pilihan tema bawaan Sony yang ketika di apply hanya merubah warnanya saja. Untungnya Sony juga menyediakan menu get more yang saat di pilih sobat akan di tawarkan dengan banyak tema menarik.

Sayangnya banyak dari tema Sony Xperia M5 Dual ini yang berbayar namun ada juga sih beberpa tema yang juga tersedia gratis heee. Oya sob, perlu diketahui tema yang disediakan Sony sangat jauh berbeda dari Xiaomi karena hanya merubah sebagian tampilan saja pasalnya dari beberpa tema yang kami coba hampir semua icon dan status bar masih tetap saja. Nah sebagai contoh nih kami sudah mencoba beberpa tema yang ada, so liat aja gambar di bawah ini yah sob.

Tema Sony Xperia M5 Dual Pertama

Tema Sony Xperia M5 Dual Pertama

Tema Sony Xperia M5 Dual Kedua

Tema Sony Xperia M5 Dual Kedua

Tema Sony Xperia M5 Dual Ketiga

Tema Sony Xperia M5 Dual Ketiga

Nah itu dia beberpa contoh tema yang sudah kami coba saat review Sony Xperia M5 Dual ini, yah memang cukup disayangkan karena tema yang di sediakan tak dapat mengubah keseluruhan tampilan dari smartphone ini. Akan tetapi dengan adanya menu ini sobat bisa dengan mudahnya bergona-ganti tampilan sesuai dengan selera jadi tak akan meras bosan sih saat menggunakan ponsel ini sehari-hari nantinya.

6. Performa dan Hardware :
Hardware Sony Xperia M5 Dual

Hardware Sony Xperia M5 Dual

Hardware

Nah setelah melihat tampilan sistem operasi dan tampilan tema smartphone ini, yuk kita lihat review Sony Xperia M5 Dual dari segi hardware yang di bawanya. Menggunakan aplikasi CPU-Z terlihat bahwa ponsel ini memiliki chipset Mediatek MT6795 atau bisa di sebut juga dengan Helio X10 yang dipadukan dengan prosesor berkecepatan Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 yang mana prosesor tersebut sudah terkonfigurasi dengan system 64 Bit.

Penggunaan chipset tersebut tentu saja sama persis dengan Xiaomi Redmi Note 2 dan Xiaomi Redmi Note 3 yang sebelumnya sudah pernah kami review. Selain itu terlihat pula bahwa ponsel ini memiliki GPU PowerVR G6200 sebagai pengolah grafinya dan Ram berukuran 3GB. Sayangnya dengan harga Sony Xperia M5 Dual yang cukup mahal, smartphone ini hanya di bekali internal memori seluas 16 GB saja, untungnya sudah disediakan pula slot eksternal memori sebagai ruang simpan tambahannya.

Benchmark Antutu

Benchmark Antutu Sony Xperia M5 Dual

Benchmark Antutu Sony Xperia M5 Dual

Review Sony Xperia M5 Dual pun kami lanjutkan pada pengujian beberapa tes bencmark karena kami merasa penasaran dengan kualitas kinerjanya. Yapz menggunakan aplikasi Antutu Benchmark terbaru yakni v6.0 menunjukan bahwa ponsel ini mampu mendapati skor 45.218 poin. Yang mana skor tersebut masih berada di bawah Xiaomi Redmi Note 3 dengan skor 47.970 atau Xiaomi Redmi Note 2 Prime yang waktu ini mampu menembus angka 46.358. Walaupun demikian saat di gunakan untuk bermain game ataupun juga memutar video, smartphone ini tetap terasa lancar tanpa adanya hambatan.

Benchmark Geekbench

Benchmark Geekbench Sony Xperia M5 Dual

Benchmark Geekbench Sony Xperia M5 Dual

Pengujian tes hardware pada Review Sony Xperia M5 Dual selanjutnya kami coba menggunakan aplikasi Geekbench 3, dimana dari pengujian yang kami dapatkan, smartphone ini mampu meraih skor 728 untuk kinerja single core yang mana poin tersebut menempatkan Sony Xperia M5 Dual ini berada di bawah LG Nexus 5 dan diatas Motorola Moto X. Sementara untuk kinerja Multi Corenya, Sony Xperia M5 Dual ini meraih skor 3299 dimana poin terebut membuatnya berada di atas Samsung Galaxy S5 namun masih berada di bawah Xiaomi Redmi Note 3 yang kemarin kami review karena mampu meraih skor 4661.

Memori

Memory Sony Xperia M5 Dual

Memory Sony Xperia M5 Dual

Saat kali pertama di buka, Sony Xperia M5 Dual yang memiliki kapasitas internal memory seluas 16 GB , didapai hanya menyisakan ruang 8.02 GB, hampir separuh dari kapasitas total telah terpakai., dimana untuk system sendiri Sony Xperia M5 Dual ini memakan sekitar 5.16 GB dan Aplikasi setidaknya 1.73 GB sementara untuk picture dan video sebesar 1.02 GB yang memang cukup besar karena disaat membukanya Sony memang sudah meletakan beberpa file gambar dengan kualitas besar serta juga file video dan musik.

Dengan sisa kapasitas yang kecil tersebut membuat kami sedikit kesulitan ketika ingin mengintal game-game HD sekelas Mortal Kombat, Injuistice dan lain lainnya. Untungnya ada tambahan slot eksternal memori sehingga kekurangan tersebut bisa tertutupi. Sementara pada bagian memori Ram yang berukuran 3GB, saat kami Review Sony Xperia M5 Dual pertama kalinya, ponsel ini menyisakan setidaknya 1.5 GB Ram karena 854 MB terpakai oleh system dan 217 MB terpakai oleh aplikasi yang sudah terpasang di smartphone ini.

Daya Tahan Baterai

Baterai Sony Xperia M5 Dual

Baterai Sony Xperia M5 Dual

Hanya memiliki baterai bertipe Li-Ion dengan kapasitas 2600 mAh membuat ponsel yang satu ini tergolong boros karena saat digunakan dengan konektifitas data dalam sehari harus mengecas dua kali walapun jarak pengisian terbilang cukup lama. Namun bila sobat menggunakan konektifitas Wi-Fi bisa dikatkan hanya butuh satu kali charge karena saat di gunakan dari jam 7 pagi dalam keadaan baterai full smartphone ini bisa bertahan hingga jam 6 malam. Namun cukup disayangkan karena waktu pengecasan ponselini tergolong lama hingga 2 jam, hal tersebut tentu saja karena ponsel charger original Sony Xperia M5 Dual hanya memiliki daya outpun 5V dengan 850mA saja.

Sensor

Sensor Sony Xperia M5 Dual

Sensor Sony Xperia M5 Dual

Dengan harga Sony Xperia M5 Dual yang tergolong mahal, ponsel ini setidaknya memiliki beberapa fitur menarik dan juga unggulan, namun tidak demikian pada bagian sensor yang di bawanya karena seperti bisa sobat deteknokers lihat pada gambar diatas, dengan menggunakan aplikasi CPU-Z terlihat smartphone ini hanya memiliki sensor BMC056 Accelerometer, proximity, light, BMC065 Magnetic Field Sensor dan juga BMC Orientation Sensor.

7. Multimedia :
Gaming Sony Xperia M5 Dual

Gaming Sony Xperia M5 Dual

Gaming

Menjalankan berbagai macam game memang setidaknya butuh ruang kapasitas besa untuk bisa menginstal banyak aplikasi mengingat ponsel ini hanya disediakan internal memori 16GB, Walau demikian dengan spesifikasi yang di miliki ponsel ini sekelas Ram 3GBm GPU PowerVR G620 dan juga adanya chipset mediatek Helio X10 menjadikan hampir semua game yang ada dapat berjalan lancar seperti salah satunya ashpalt 8 yang sudah kami uji. Sayangnya penempatkan speaker utama di bagian bawah menjadikan saat bermain game audio kadang tak terdengan karena tertutup oleh terlapak tangan.

Video

Video Sony Xperia M5 Dual

Video Sony Xperia M5 Dual

Menonton film berkualitas Full HD 1080p menggunakan smartphone ini bisa di katkan cukup sempurna karena sobat bisa mendapati gambar yang sangat detail dari layar berukuran 5 inci yang di miliki ponsel ini. Namun sepertinya player bawaan Sony Xperia M5 Dual ini belum bisa digunakan untuk menambah subtitle sehingga saya pribadi menggunakan aplikasi VLC player yang support untuk memutar film dengan adanya penambahan menu subtitle.

Musik

Musik Sony Xperia M5 Dual

Musik Sony Xperia M5 Dual

Hal yang menarik dari player musik bawaan Sony Xperia M5 Dual adalah terdapatnya fitur ClearAudio+ yang mana fitur ini dapat membuat kualutas audio semakin keras sehingga saat di gunakan untuk memutar musik benar-benar dapat membuat telinga merasa nyaman. Adapun tampilan yang menarik dari player musik Sony juga menambah semakin menariknya smartphone ini. Bahkan tak tertinggal ada pula fitur pengaturan Equalizer yang dapat anda sesuaikan sendiri sesuai dengan selera masing-masing.

8. Konektivitas dan Internet :
Konektifitas Internet Sony Xperia M5 Dual

Konektifitas Internet Sony Xperia M5 Dual

Internet

Selanjutnya mari kita lakukan Review Sony Xperia M5 Dual ini pada bagian konektifitas. Pada sektor ini seperti dikatakan di atas, Sony menyematkan dua slot nano sim card yang siap memudahkan urusan komunikasi anda dengan rekan kerja ataupun keluarga. Menariknya lagi dua sim card yang dibawakan pada ponsel ini sama-sama mampu menyediakan akses jaringan 4G LTE dimana diatas kertas tertuliskan bahwa jaringan tersebut memiliki kategori Cat6 yang dapat memberikan kecepatan download hingga 300 Mbps Selain itu ponsel ini juga mendukung jaringan 3G HSPA dan 2G EDGE sebagai alternatif konektifitasnya.

Konektivitas Nirkabel

Konektifitas Nirkabel Sony Xperia M5 Dual

Konektifitas Nirkabel Sony Xperia M5 Dual

Adapun selain mengusung jaringan 4G LTE, seperti bisa di lihat di atas, ponsel ini memiliki fitur Wi-Fi 802.11 a/b/g/n dual-band yang support dengan Wi-Fi Direct, dan Wi-Fi hotspot serta tak tertinggal adanya Bluetooth v4.1, NFC dan juga GPS yang saat kami coba mampu dengan cepat membaca lokasi, hal tersebut tentu saja tak terlepas dari adanya teknologi A-GPS, GLONASS. Oya sob, smartphone ini juga memiliki Radio FM nih jadi bisa mendengarkan lantunan tembang-tembang baru dari gelombang radio kesayangan sobat heeee.

9. Kualitas Kamera :
Kualitas Kamera Sony Xperia M5 Dual

Kualitas Kamera Sony Xperia M5 Dual

Kamera Belakang

Nah samapilah pada review Sony Xperia M5 Dual di bagian kamera, dimana urusan kamera inilah yang di unggulan Sony dalam penjualannya karena seperti dikatakan diatas ponsel ini memiliki lensa kamera utama berukuran 21.2 MP atau setara dengan 5312 x 3984 pixles. Selain super keren dalam mengambil gambar, digunakannya jenis sensor Sony IMX230 Exmor RS dengan type CMOS menjadikan kualitas gambar yang dihasilkan benar-benar mengesankan, terlebih lagi di tambahnya aperture seluas F/2.2 menjadikan gambar yang di dapatkan semakin berkualitas.

Hanya saja Sony masih menggunakan satu LED Flash saja. Selain itu saat digunakan untuk memotret dengan mode HDR pun hasil yang di dapati tetap terlihat jelas dan jernih. Menariknya lagi sebanding dengan harga Sony Xperia M5 Dual yang mahal, lensa kamera utama ini juga sudah mendukung fitur phase detection autofocus sehingga membuat lensa tersebut cukup cepat saat pengambilan titik focus. Dan buat sobat yang penasaran bagaimana hasil jepretan foto kamera belakang smartphone ini, nih ada beberapa foto yang sudah saya ambil.

Foto Siang Hari Tanpa Flash

Foto Siang Hari Tanpa Flash

Foto Siang Hari Tanpa Flash 2

Foto Siang Hari Tanpa Flash 2

Foto Outdor Siang Hari Dengan Flash

Foto Outdor Siang Hari Dengan Flash

 

Foto Siang Hari Mode HDR

Foto Siang Hari Mode HDR

Yaps memang cukup memuaskan smartphone ini ketika di gunakan untuk memotret baikdi indor ataupun di outdor dengan kondisi cahaya yang sangat memungkinkan. Dimana dengan menggunakan lensa kamera berukuran 21.2 MP smartphone ini dapat menciptkan sebuah kualitas gambar yang super istimewa. Menariknya lagi, sobat juga bisa mendapati banyak mode menarik mulai dari mode manual yang dapat memberikan pengaturan kualitas foto dari VGA (640 x 480) hingga 21 MP (5312 x 3984). Disamping itu ada pula pemilihan ISO dari 100 sampai dengan 3200. Yang menariknya sobat juga akan di hadapkan pada pilihan mode lebih banyaSony Xpeira M5 Dual di kondisi malam hari.

Foto Indor Malam Hari Pakai Flash

Foto Indor Malam Hari Pakai Flash

Foto Outdor Malam Hari Dengan Flash

Foto Outdor Malam Hari Dengan Flash

Foto Outdor Malam Hari Tanpa Flash

Foto Outdor Malam Hari Tanpa Flash

Foto Malam Hari Low Light

Foto Malam Hari Low Light

Yaps seperti bisa sobat deteknokers lihat pada hasil gambat diatas, smartphone ini cukup baik dalam menghasilkan gambar dimalam hari saat berada di Indor. Namun tak cukup memuaskan dengan hasil gambar saat low light karena sedikit menampilkan hasil kemerah-merahan, begitu juga dengan foto malam hari tanpa menggunakan flash. Sedangkan bila di lihat pada gambar foto outdor malam hari dengan flash terlihat ponsel ini masih tetap bisa menghasilkan kualitas yang cukup memuaskan. Nah ayo bagaimana nih tertarik membelinya ga nih sob ??

Kamera Depan

Kualitas Kamera Depan Sony Xperia M5 Dual

Kualitas Kamera Depan Sony Xperia M5 Dual

Nah setelah mendapati banyak pelajaran pada kamera utama smartphone ini, Review Sony Xperia M5 Dual kali ini kami teruskan pada bagian kamera depan. Diaman seperti dikatakan diatas lensa kamera utama smartphone ini memiliki kekuatan 13 MP yang juga dusertai dengan sensor berjenis Sony Exmor RS yang mana kualitasnya cukup membuat anda pastinya puas dengan membeli ponsel ini, ditambah lagi adanya fitur autofocus yang dapat memperjelas hasil jepretan selfie. Nah penasaran bagaimana kemampuannya yuk simak hasilnya di bawah ini.

Foto Selfie Indor Siang Hari

Foto Selfie Indor Siang Hari

Foto Selfie Outdor Malam Hari

Foto Selfie Outdor Malam Hari

Foto Selfie Outdor Siang Hari

Foto Selfie Outdor Siang Hari

Menggunakan lensa kamera depan sebagai meadia selfie baik di Indor ataupun outdor dapat dilihat kualtiasnya cukup memuaskan apalagi saat siang hari dengan asupan cahaya yang cukup banyak membuat hasilnya terlihat lebih jelas dan jernih. Begitu juga dengan foto selfie malam hari dengan asupan cahaya yang baik masih terlihat lebih jelas, sayangnya saat di coba selfie malam hari dengan kondisi low light hasil yang di dapatkan hampir sama dengan foto malam hari low light yang mendapati hasil kemerah-merahan.

Video 

Kualitas Video Sony Xperia M5 Dual

Kualitas Video Sony Xperia M5 Dual

Menggunakan smartphone ini untuk membuat sebuah video nyatanya cukup mengasikan karena dengan menggunakan lensa kamera utama yang berukuran 21 MP smartphone ini dapat menghasilkan kualitas video Full HD [email protected] dan juga video slow motion dengan kualitas Full HD [email protected] Syanagnya informasi yang menyebutkan ponsel ini mampu membuat video berkualitas 4K setelah saya pribadi cari saya tak menemukan pilihan mode video record 4K tersebut.

Walau demikian smartphone ini bisa menghasilkan kualitas video yang cukup stabil karena adanya fitur Difital Image Stabilization. Selain bisa digunakan untuk merekam kualitas Full HD, lensa kamera utama ini juga memiliki kemampuan merekam dengan kualitas HD dan VGA. Sedangkan bila menggunakan lensa kamera depan 13 MP, sobat dapat menghasilan sebuh video dengan kualitas Full HD [email protected], HD, dan VGA.

10. Fitur Unggulan:
Fitur Unggulan Sony Xperia M5 Dual

Fitur Unggulan Sony Xperia M5 Dual

Stamina Mode

Nah dalam Review Sony Xperia M5 Dual yang satu ini, smartphone ini juga sudah di sertai dengan teknologi atau fitur stamina mode yang mana fitur ini diketahui dapat memperpanjang daya tahan baterai yang di miliki smartphone ini, nah sebagai buktinya sobat bisa melihat gambar diatas yang mana ketika baterai dalam kondisi 40% tertulis smartphone ini dapat bertahan hingga 14 jam, sementara ketika fitur stamina mode dihidupkan smartphone ini mampu bertahan hingga 7 hari 5 jam. Wow banget kan sob fitur yang satu ini, pastinya makin tertarik nih dengan smartphone yang satu ini.

Fitur Unggulan Anti Air Sony Xperia M5 Dual

Fitur Unggulan Anti Air Sony Xperia M5 Dual

Anti Air

Satu lagi kemampuan dan keunggulan yang dimiliki smartphone di balik harganya yang cukup mahal yakni kemampuan tahan air dan tahan debu dengan Sony memberikan sertifitaksi IP68 dan IP65 yang menjadikan ponsel ini akan siap dibawa untuk berselfie di dalam air. Hanya saja saat kami coba memasukannya ke dalam air, kejadian yang sama dengan Sony Xperia M4 Aqua yang pernah kami review kembali terjadi yakni layarnya tak bisa di otak-atik alias mati sehingga hanya cocok untuk berfoto-foto saja yang itupun hanya di buka menggunakan tombol shutter. Namun yang perlu sobat perhatikan smartphone ini hanya bisa bertahan dalam kedalaman 1.5 meter dengan waktu maksimal 30 menit.

11. Harga Sony Xperia M5 Dual :
Harga Sony Xperia M5 Dual

Harga Sony Xperia M5 Dual

Nah setelah membahas hampir keseluruhan fitur, kamera, stamina dan juga performa dari smartphone yang satu ini, mungkin sobat penasaran dengan harga Sony Xperia M5 Dual yang kami dapatkan. Yah tim detekno.com mendapatkan smartphone ini dengan harga Rp 5.999.000 juta rupiah dari salahs atu toko online terpercaya di Indonesia. Harga tersebut tentu saja sangat sebanding dengan spesifikasi yang ada di dalamnya. Apalagi mengingat kami mendapatkan smartphone ini dengan garansi resmi Sony Indonesia. Nah bagaimana nih sobat deteknokers setelah melihat review spesifikasi Sony Xperia M5 Dual diatas tertarikah untuk membelinya ??

12. Video Review Sony Xperia M5 Dual :

13. Kelebihan Sony Xperia M5 Dual :
  • Layar Sony Xperia M5 Dual sudah berkualitas Full HD dan memiliki perlindungan Scratch resistan glass
  • Nyaman di genggan dengan didesain cukup tipis 7.6 mm dan ringan 142.6 gr
  • Body menggunakan material metal dan sudah terlapisi material kaca dibaguan belakang.
  • Support Dual Nano Sim Card
  • Mendukung jaringan 4G LTE Cat 6 300/50 Mbps
  • Memilki lensa kamera utama 21.2 MP dengan kemampuan video record Full HD [email protected] fps
  • Sudah mempunyai lensa kamera depan berukuran 13 MP
  • Terdapatnya fitur anti air dan anti debu (IP68 dan IP65)
  • Disertai menu pilihan tema dan juga menu stamina mode
  • Membawa Fitur NFC sebagai konektifitas nircablenya
14. Kekurangan Sony Xperia M5 Dual :
  • Harga Sony Xperia M5 Dual cukup mahal
  • Layar hanya berpelindung Scracth-resistant glass
  • Tak mendukung port USB Type-C
  • Baterai tak bisa di lepas dan masih terlalu kecil karena hanya berdaya 2600 mAh

Baca Juga : Review Xiaomi Redmi Note 3 : Berfitur Sensor Sidik Jari

Memiliki banyak kelebihan dan kemampuan kerja yang cukup handal memang bisa di katakan cukup pas dan sepadan dengan harga Sony Xperia M5 Dual yang mahal. Hanya saja cukup disayangkan dengan harganya yang mencapai 6 juta rupiah ponsel ini masih menggunakan chipset MediaTek Helio X10 dan masih memakai layar Full HD sama seperti Xiaomi Redmi Note 3 ataupun 2. Yah mungkin hal tersebut karena Sony benar-benar mengoptimalkan kemampuan kamera yang di miliki ponsel ini dan juga kemampuan fitur tahan air dan juga tahan debu. Nah demikian Review Sony Xperia M5 Dual yang dapat kami sampikan semoga bisa bermanfaat dan juga bisa membantu sobat yang memang ingin membelinya. Bagi sobat deteknokers yang mungkin ingin bertanya serta ingin memberikan kritik serta saran bisa langsung tulis di kolom komentar dan semoga informasi Review Sony Xperia M5 Dual diatas bisa bermanfaat bagi sobat deteknokers semoanya.


Advertisement