Review Smartfren Andromax R2 : Hp Murah Berdesain Mewah


Detekno.com – Menginginkan sebuah ponsel android dengan range harga murah namun memiliki desain mewah, mungkin Smartfren Andromax R2 adalah jawaban terbaiknya. Device yang cukup compact di genggam dan juga cukup nyaman di gunakan ini secara keseluruhan sudah mimin uji coba yang nyatanya dalam beberpa hari menggunakannya, ponsel ini mampu menunjukan kehebatan yang di miliki dengan mengoptimalkan tatanan spesifikasi yang di milikinya. Harga yang tak lebih dari 2 juta rupiah memang bisa di bilang cukup terjangkau, terlebih dengan harga tersebut ponsel dengan rangka metal ini juga bisa menjadi pilihan terbaik sobat untuk saat ini.

Desain mewah yang di tampilan smartphone ini memang begitu berbeda bila di bandingkan dengan seri Smartfren Andromax R atau device andromax lainnya. Yang mana untuk kali ini, usungan desain unibody yang di balut menggunakan material mengkilap seperti kaca di sisi belakang menjadikanya terlihat mewah. Apalagi bobotnya yang juga terasa sangt ringan juga menjadikan genggaman ponsel ini semakin terasa nyaman, sehingga tak heran bila ponsel ini cukup menjadi incaran masyarakat tanah air. Nah penasaran dengan performa dan juga fitur apa aja yang ada di dalamnya ? silahkan simak Review Smartfren Andromax R2 terlengkap dari detekno.com berikut ini.

Review Smartfren Andromax R2

Review Spesifikasi Smartfren Andromax R2

Review Spesifikasi Smartfren Andromax R2

1. Paket Penjualan :
  • 1 Unit Smartfren Andromax R2
  • 1 Head Charger
  • 1 Kabel MicroUSB 2.0
  • 1 Earphone Berwarna Hitam
  • Buku Panduan Penggunaan
  • Kartu Garansi Resmi Smartfren
  • 1 Sim Injektor
  • 1 Paket Bundling Smartfren Bonus Data 2+6GB
Charger Smartfren Andromax R2

Charger Smartfren Andromax R2

Saat pertama kali membuka box Smartfren Andromax R2 yang memiliki warna merah dengan dipenuhi gambar serta juga tulisan, dengan jelas terlihat sebuah ponsel berwarna hitam dengan frame metal berwarna chrome yang memiliki bentang layar berukuran 5 inci yang sekilas benar-benar sangat menggoda. Bukan hanya unit smartphonenya, dibagian bawahnya, juga terdapat beberpa tumpukan yang merupakan paket penjulan ponsel ini. Dimana saat membukanya kembali mimin mendapati buku petunjuk penggunaan, buku garansi, earphone, kepala charger, kabel microUSB v2.0 dan juga sim injector.

Yah kali ini smartfren memang menawarkan satu sim injector pada perangkat yang satu ini karena seperti diatas mimin sampikan ponsel ini memiliki usungan desain unibody yang membuatnya memiliki slot sim card dan slot microSD yang menempel pada sisi frame layaknya ponsel premium saat ini. Menariknya lagi para Review Smartfren Andromax R2 ini, mimin juga mendapat satu paket bundling Smartfren 4G LTE dengan bonus data 2+6GB. Sayangnya bonus kuota tersebut hanya berlaku 7 hari dari masa pengaktifan kartu sehingga sobat harus memanfaatkannya dengan baik ketika sudah mengatifkan paket bundling tersebut.

2. Video Unboxing :

3. Desain dan Body :

Setelah mengetahui apa saja isi dari box Smartfren Andromax R2, kini giliran mimin Review Smartfren Andromax R2 dari sisi desain dan body. Yah seperti disampikan di atas ponsel ini dirancang menggunakan tampilan yang cukup compact dengan desain premium menggunakan material frame metal yang dipadukan dengan material plastik disekujur tubuhnya, menariknya pada sisi bagian belakang ponsel dengan dimensi 142.2 x 70.6 x 7.7 mm dan bobot yang cukup ringan ini memiliki kilauan yang menarik layaknya lapisan kaca, bahkan usungan desain unibody membuatnya semakin terkesan mewah yang menimbulkan citarasa premium, dan yang pasti akan cukup membuat setiap pengguna merasakan kenyamanan saat mengoperasikan ponsel yang satu ini.

Tampak Depan

Tampak Depan Smartfren Andromax R2

Tampak Depan Smartfren Andromax R2

Pada bagian depan terdapat sebuah layar berukuran 5 inci dengan menawarkan kualitas HD yang mimin akui cukup jelas dan jernih ketika digunakan untuk menonton film dan juga bermain game. Bagian atas layarnya, sobat akan menemukan lensa kamera berukuran 5 MP lengkap dengan LED Flash dan juga speaker telepon serta sensor proximity. Sementara di bagian bawah layar terdapat tiga tombol capasitive dengan backlight yang cukup responsif, sayangnya smartphone ini tak menyediakan LED Notification.

Tampak Belakang

Tampak Belakang Smartfren Andromax R2

Tampak Belakang Smartfren Andromax R2

Review Smartfren Andromax R2 selanjutnya pada sisi bagian belakang, dimana sobat akan menjumpai desain bergaris dengan material yang mengkilap serta juga akan menjumpai beberapa tulisan mulai dari 4G LTE tepat di sisi tengah, Hisense dan juga Andromax disisi bagian bawah yang membuatnya terkesan mewah. Apalagi tepat di pojok kiri atas, suda di sediakan lensa kamera berukuran 13 MP lengkap dengan dual LED Flash Tone yang diletakan di sisi kanannya.

Tampak Samping

Tampak Samping Kiri Smartfren Andromax R2

Tampak Samping Kiri Smartfren Andromax R2

Tampak Samping Kanan Smartfren Andromax R2

Tampak Samping Kanan Smartfren Andromax R2

Kesan premium nan elegan benar-benar akan terasa semakin sempurna ketika kita bahas masalah tampilan sisi kanan dan kirinya, yang mana pada bagian ini sobat akan menjumpai frame metal dengan ketebalan 7.7 mm yang mana pada bagian kanan, sobat juga akan menjumpai tombol power dan juga slot sim card sementara pada sisi bagian kiri nantinya akan menjumpai tombol volume up + down yang tepat di atasnya terdapat slot microSD card. Dan perlu diketahui dua slot yang diberikan Smartfren pada perangkat ini bisa kita lepas menggunakan sim injector yang ada pada paket penjualan.

Tampak Atas

Tampak Atas Smartfren Androamx R2

Tampak Atas Smartfren Androamx R2

Berlanjut pada review Smartfren Andromax R2 dari sisi bagian atas, kilauan frame metal yang tetap menghiasi rangka ponsel ini masih bisa kita nikmati bersamadengan satu port jack audio 3.5mm yang bisa di manfaatkan untuk menghubungkan earphone dari paket penjualan untuk mendengarkan musik ataupun ketikan sobat gunakan untuk bertelepon, sayangnya kualitas dari earphone yang ada menurut mimin masih kurang maksimal, kemudian tepat di sebehahnya terdapat satu lubang kecil.

Tampak Bawah

Tampak Bawah Smartfren Androamx R2

Tampak Bawah Smartfren Androamx R2

Terlihat mewah dengan balutan material metal di sisi samping dan juga sisi atas serta sisi bawah membuat banyak masyarakat cukup terpikat oleh pesona smartphone ini, apalagi usungan port microUSB v2.0 yang di letakan pada sisi tengah menjadikannya terlihat lebih premium. Dan tepat di sebelhnya ada mic telepon dan juga speaker utama yang dibuat dalam satu desain sehingga membuat smartphone Andromax R2 ini terlihat lebih sempurna.

Slot Sim Card & Slot MicroSD

Slot Sim Card & Slot MicroSD

Slot Sim Card & Slot MicroSD

Seperti dijelaskan pada poin pembahasan sisi tampilan sisi kanan dan kiri device ini. Dengan jelas bahwa ponsel ini memiliki slot microSD card yang mampu menampung kapasitas maksimum hingga 32GB. Sementara disisi lain, sobat deteknokers akan mendapati sebuah slot Sim Card yang bisa sobat gunakan untuk menampung dua kartu sekaligus namun dengan konfigrasi CDMA (sim 1) dan GSM (sim 2).

4. Layar :
Layar Smartfren Andromax R2

Layar Smartfren Andromax R2

Usungan layar Smartfren Andromax R2 memang bisa di bilang cukup sempurna meskipun hanya sebatas berkemampuan HD 720 x 1280 pixel karena ketika di gunakan untuk memutas film berkualitas HD dan juga Full HD tampilan jelas dan jernih begitu tampak pada perangkat yang satu ini. Bahkan kesan yang nyaman di pandang mata saat bermain game pun terasa lebuh memuaskan. Yah hal ini memang tak terlepas dari penggunaan panel 5 inci dengan bekalan IPS LCD dengan kepadagan p[ixesl 294 ppi.

Lebih menariknya dengan harga Smartfren Andromax R2 yang tak lebih dari 2 juta rupiah ponsel ini juga memiliki lapisan pelindung bertipe Dragon Trail Glass sehingga keamanan layar sedikit terlindungi. Hanya saja ketika mimin coba gunakan di bawah terik matahari layar smartphone ini benar-benar kabur meskipun secara teknis mimin sudah memaksimalkan kualitas brightnest. Jadi bagi sobat deteknokers yang mungkin sering bepergian keluar ruangan mungkin ponsel ini kurang pas untuk sobat.

MultiTouch Smartfren Andromax R2

MultiTouch Smartfren Andromax R2

Saat review Smartfren Andromax R2 pada kemampuan layarnya dari urusn multitouch, memang ponsel ini belum secara maksimal memberikan kesempurnaan karena setelah di coba menggunakan aplikasi multitocuh tester yang bisa di unduh secara gratis di play store performa layar Smartfren Andromax R2 ini hanya mampu menghasilkan 5 titik sentuhan saja, namun ini juga sangat pas bila di bandingkan dengan Samsung Galaxy J5 yang hanay memiliki 2 titik sentuhan saja.

5. Sistem Operasi dan User Interface :
Sistem Operasi Smartfren Andromax R2

Sistem Operasi Smartfren Andromax R2

Sistem Operasi

Setelah puas mengulas menganai desain dan juga layar pada ponsel ini, kali ini giliran mimin review Smartfren Andromax R2 pada bagian sistem operasinya. Dimana seperti terliat pada gambar diatas, smartphone ini memiliki basis sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 yang masih memiliki tmpilan stok rom hanya sedikit berubah pada bagian togglenya. Digunakannya tampilan antar muka standar menjadikannya sedikit cukup lancar ketika di gunakan untuk membuka aplikasi dan juga cukup mudah ketika dipaki untuk keseharian.

Home Screen

Home Screen Smartfren Andromax R2

Home Screen Smartfren Andromax R2

Tampilan user interface yang memang cukup menarik dan juga cukup mempuni di balik bandrol harga Smartfren Andromax R2 yang murah memang setidaknya membuat banyak masyarakat yang terkagum-kagum dengan smartphone ini, apalagi, pada bagian ini sobat juga bisa mengatur tampilan home screen sesuai dengan selera karena smartphone ini memiliki beberpa pengaturan widget yang bisa sobat temukan dengan cara menekan layar dalam hitungan detik. App drawer yang terlihat lebih rapi juga menjadikan ponsel ini terasa lebih sempurna. Apalagi Smartphone juga menyertakan pemilihan tema loh sob.

Thema

Menu Thema Smartfren Andromax R2

Menu Thema Smartfren Andromax R2

Salah satu kelebihan Smartfren Andromax R2 yang dibandrol tak lebih dari 2 juta rupiah ini adalah kepemilikannya menu pemilihan tema atau tampilan yang secara keseluruhan dapat membuat gaya pada ponsel ini lebih menarik, dan diatas merupakan beberapa pilihan thema yang sudah di sediakan oleh Smartfren secara gratis. Hanya saja ketika menerapkan tema yang ada tersebut, sobat tak akan mendapati keseluruhan tampilan berbah, karena hanya pada bagian icon dan juga Wallpaper saja yang terlihat berubah.

Contoh Tema Smartfren Andromax R

Contoh Tema Smartfren Andromax R

Ubahan Tema Smartfren Andromax R2

Ubahan Tema Smartfren Andromax R2

Dari dua gambar tema yang ada di atas memang terkesan sangat standar karena dari keseluruhan tampilan yang ada hanya icon dan walpaper saja yang berubah, sementara pada bagian lockscreen dan juga app drawer semua menu aplikasi yang ada masih tetap sama. Dan bagi sobat deteknokers yang berminat memiliki ponsel ini perlu di ketahui bahwa pilihan tema yang ada pun hanyalah 6 pilihan saja karena Smartfren tak menyediakan pilihan tema online seperti MIUI pada smartphone Xiaomi.

6. Performa dan Hardware :
Hardware Smartfren Andromax R2

Hardware Smartfren Andromax R2

Hardware

  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 415
  • CPU : Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU : Adreno 405
  • Internal : 16 GB, microSD up to 32 GB
  • Ram : 2 GB RAM

Lanjut pada Review Smartfren Andromax R2 pada sisi hardware, seperti dijelaskan pada saat unboxing pertama kali, device terbaru dari penyedia layanan internet berbasis CDMA di Indonesia ini sudah ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 415 yang di dalamnya sudah terselip sebuah prosesor 64-Bit Octa Core dengan kecepatan kerja 1.4 Ghz Coretx-A53. Kemampuan performa yang di berikan prosesor tersebut memang mimin akui cukup lancar ketika di gunakan untuk bermain game berat seperti Ashpalt 8 dan Nova 3 serta beberpa game android berat lainnya yang sudah mimin rasakan.

Hal tersebut tentunya tak terlepas dari adanya penggunaan RAM berkapasitas 2GB dan juga usungan GPU Adreno 405 yang sama persis dengan Oppo F1 yang sebelumnya pernah mimin review untuk sobat semuanya. Hanya saja terkadang membuka multitasking ketika ponsel ini sudah di gunakan sedikit lama rasa jeda atau delay yang memakan waktu hingga 2 samapi 3 detik benar-benar terasa. Walaupun begitu mimin acungi jempol pada ponsel ini karena dengan harga murahnya, sudah disedikan internal memori 16 GB dengan dukungan slot microSD card dengan daya tampung maksimum hingga 32GB.

Benchmark Antutu

Benchmark AnTuTu Smartfren Andromax R2

Benchmark AnTuTu Smartfren Andromax R2

Setelah mengetahui apa saja spesifikasi inti dari smartphone ini memang tak heran bila kita bertanya berapa sih skor AnTuTu dari ponsel murah ini. Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, secara langusng pada review Smartfren Andromax R2 ini mimin coba memasang aplikasi Benchmark antutu versi terbaru yakni 6.0.1 yang mana dalam pengujiannya smartphone ini mampu mengantongi skor hingga 30146 poin. Dan akngka ini sebenarnya masih bisa berubah karena setelah beberpa kali mencobanya skor tertingi yang mimin dapatkan mencapai 31200 poin.

Benchmark Geekbench

Benchmark Geekbench Smartfren Andromax R2

Benchmark Geekbench Smartfren Andromax R2

Masih belum merasa puas dengan hasil benchmark antutu yang di dapati saat pengujian, akhirnya mimin juga mencoba untuk mengetes performa smartphone ini dengan menggunakan aplikasi Benchmark Geekbench yang mana dalam uji coba yang mimin lakukan, ternyata ponsel dengan harga kurang dari 2 juta rupiah ini mampu meraih skor 609 poin untuk kinerja single core dan 2285 poin untuk kinerja multi corenya. Dengan hasil tersebut tentu saja tak heran bila harga Smartfren Andromax R2 ini cukup murah dan terjangkau.

Benchmark Quadrant Standard

Benchmark Quadrant Standard Smartfren Andromax R2

Benchmark Quadrant Standard Smartfren Andromax R2

Dan tak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang ada, masih di selimuti rasa penasaran yang besar terhadap smartphone ini, pada pengujian review Smartfren Andromax R2 dari sektor performa untuk terakhir kalinya mimin menguji kemampuan kerjanya dengan menggunakan aplikasi Quadrant Standard yang mana dari hasil penujian tersebut bisa sobat lihat smartphone ini memiliki skor 19850 point yang membuatnya memang tak bisa di anggap sepele meskipun bandrol harga yang di tawarkan cukuplah murah.

Memori

Memori Smartfren Andromax R2

Memori Smartfren Andromax R2

Dibandrolnya harga Smartfren Andromax R2 dengan cukup murah karena tak lebih dari 2 juta rupiah, ponse ini bisa di katakan cukup lengkap, pasalnya pada sektor memori device anyar dari smartfren ini sudah memiliki kapasitas internal memori seluas 16GB yang mana seperti gambar diatas sisa pertama kali smartphone ini ketia dibuka adalah 10.42 GB dengan selebihnya sudah di gunakan oleh sistem dan juga aplikasi yang sudah terinstal di dalamnya, karena memang secara keseluruhan saat pertama kali di bukan banyak sekali aplikasi yang terpasang pada ponsel ini.

Memiliki sisa kapasitas mempori yang cukup besar memang membuat ponsel ini bisa di kita gunakan untuk menyimpan berbagai macam file multimedia, game atau juga file lainnya, hanya saja bagi sobat yang memang memerlukan ruang yang cukup besar, mungkin tambahan slot microSD menjadi pilihan tepatnya. Sementara pada review Smartfren Andromax R2 ini mimin juga memperlihatkan kapasitas Ram yang ada yakni 2GB dengan kapasitas tersisa 1.1 GB. Oya hampir saja lupa, ponsel ini juga mendukung penyimpanan OTG jadi beragam file juga bisa tersimpan.

Daya Tahan Baterai

Kapasitas Baterai Smartfren Androamax R2

Kapasitas Baterai Smartfren Androamax R2

Peningkatan kapasitas baterai dari seri sebelumnya memanglah ada, namun kapasitas baterai Li-Ion 2.320 mAh yang di bawakannya di balik desain unibodinya tetap saja terasa kurang, terlebih lagi ketia di menggunakan jaringan data dan mimin coba untuk bermain game bisa dibilang ponsel ini hanya bisa bertahan hanya 4 samapi 5 jam saja, namun ketika di gunakan untuk pemakaian normal dengan tetap menggunakan data, smartphone ini memang mampu bertahan hingga malam karena saat mimin coba dari jam 8 pagi ponsel ini baru kembali mimin charge sekitar jam 9 malam.

Yah kapasitas baterai tersebut memang tergolong cukup awet ketika sobat hanya menggunakannya dalam pemakaian normal. Dan perlu sobat deteknokers ketahi pada review Smartfren Andromax R2 ini mimin juga mengetes berapa sih lamanya waktu pengecesan dengan kapasitas tersebut, ternyata menggunakan head charge berdaya 5V dengan output 1A membutuhkan setidaknya 1,5 jam untuk membuat daya baterai ponsel ini terisi penuh dari 7% sampai 100%.

Sensor

Sensor Smartfren Andromax R2

Sensor Smartfren Andromax R2

Sensor pada smartphone ini pun bisa tergolong lengkap karena setelah di tes menggunakan aplikasi sensor box for android smartphone ini sudah sudah dilengkapi sensor Accelerometer, Light sensor, Orientation Sensor, proximity, Gyroscope, Sound Sensor, dan Magnetic Sensor.

7. Multimedia :
Performa Gaming Smartfren Andromax R2

Performa Gaming Smartfren Andromax R2

Gaming Smartfren Andromaax R2

Gaming Smartfren Andromaax R2

Nova 3 Andromax R2

Nova 3 Andromax R2

Gaming

Mengausung sebuah prosesor 64 Bit dengan kecepatan Octa Core 1.4 Ghz memang menjadikan setiap jenis game yang di mainkan akan terasa lancar dan nyaman, hanya saja setelah berlama-lama memainkan beberpa game termasuk nova 3, sobat aan merasakan lag yang sedikit cukup mengganggu. Padahal dalam hal ini Ram berkapasitas 2GB dan juga GPU Adreno 405 pun sudah di sertakan. Meskipun demikian smartphone ini hanya terasa cukup hangat karena hanya mendapati suhu 40 derajat ketika di gunakan untuk bermain game.

Video

Video Smartfren Andromax R2

Video Smartfren Andromax R2

Saat menguji smartfen andromax r2 ini untuk memutar video dengan kualitas Full HD 1080p atau juga HD 720p semuanya dapat berjalan dengan lancar bahkan mimin sudah mencoba menggunakan smartphone ini untuk menonton beberpa film berkualitas dan terbukti mampu berjalan dengan sempurna. Namun sayangnya pemutar video bawaan dari smartphon ini belum support add subtitle sehingga ketika meonton film manca akan lebih mudah menggunakan aplikasi VLC For Android yang sudah terbukti support.

Musik

Pemutar Musik Smartfren Andromax R2

Pemutar Musik Smartfren Andromax R2

Kualitas audio yang di tawrakan smartphone ini bisa di bilang cukup OK karena pada dasarnya dukungan fitur Dolby dan juga Snapdragon Audio+ sudah di berikan Smartfren pada ponsel ini. Hanya saja bila berbicara masalah aplikasi pemutar musik smartfren masih tetap memberikan tampilan yang cukup standar, dan belum mendukung fitur lirik sehingga bagi sobat yang hobi menyanyi mungkin bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga yang sudah support akan fitur lirik lagu.

8. Konektivitas dan Internet :
Konektivitas Smartfren Andromax R2

Konektivitas Smartfren Andromax R2

Internet

Mungkin sobat deteknokers sudah tahu kalau smartfren andromax R2 ini memiliki fitur unggulan lain yakni hadirnya kemampuan internet 4G LTE dengan kecepatan untuk mengunduh dan browsing yang super cepat. Dan ini adalah salah satu kehebatan utama dari smartphone ini, namun seperti biasa bagi sobat yang mungkin belum tahu ketika ingin menggunakan akses jaringan 4G LTE sobat harus menggunakan sim card pertama yang hanya bisa di gunakan oleh kartu Smartfren, sementara pada slot kedua sobat hanya bisa memanfaatkannya untuk terkoneksi dengan jaringan Edge atau 2G saja.

Konektivitas Nirkabel

Konektifitas Nirkable Smartfren Andromax R2

Konektifitas Nirkable Smartfren Andromax R2

Hampir sama sepereti kebanyakan smartphone android pada umumnya, pada review smartphone andromax r2 ini, mimin juga mencoba menggunakan beberapa aplikasi konektifitas lain selain dari 4G LTE dan juga 2G EDGE yang ada pada sim kedua. Melainkan juga mencoba untuk membuka aplikasi Maps untuk menjajal kecepatan navigasi GPS yang di mikiki, dan ternyata bisa di katkan respone yang di miliki smartphone ini cukup cepat. Lalu tak tertinggal ada pula Wi-Fi 802.11 b/g/n yang mendukung jaringan hotspot, Bluetooth v4.0, serta Port microUSB v2.0 yang support USB OTG.

9. Kualitas Kamera :
Tampilan Kamera Utama Smartfren Andromax R2

Tampilan Kamera Utama Smartfren Andromax R2

Kamera Belakang

Bagi sobat yang penasaran bagimana kualitas kamera yang ada pada smartphone Andromax R2 ini mungkin beberpa hasil jepretan foto dibawah ini bisa menjadi referensi terbaiknya, Namun sebelum berlanjut pada hasil jepretan, perlua di ketahui bahwa smartphone ini memiliki lensa kamera berukuran 13 MP di bagian belakang dengan menawarkan sensor BSI dan juga fitur autofocus dan juga dual LED Flash Tone yang mana semua itu bisa membuat hasil jepretan terasa maksimal saat berada di kondisi cahaya yang mendukung.

Sementara pada lensa kamera belakang ini, sobat juga bisa memanfaatkannya untuk membuat sebuah video dengan kualitas Full HD 1080p@30fps hanya saja jangan berharap akan tersedianya teknologi OIS atau Optical Image Stabilizer pada ponsel ini. Beberapa mode pilihan pemotretan juga bisa sobat atur mulai dari rasio 4:3 dengan pilihan kulitas kamera dari 13 MP, 8 MP, 5 MP sementara untuk rasio 16:9 alias full satu layar sobat hanya memiliki pilihan lensa 2 MP saja. Adapun untuk mengetahui bagaimana hasilnya simak hasilnya berikut ini.

Foto Siang Hari Normal

Foto Siang Hari Normal

Foto Siang Hari Mode Normal

Foto Siang Hari Mode Normal

Foto Siang Hari Indor

Foto Siang Hari Indor

Foto Kamera Belakang (Rasio 4:3)

Foto Kamera Belakang (Rasio 4:3)

Foto Kamera Belakang (Rasio 16:9)

Foto Kamera Belakang (Rasio 16:9)

Mode HDR Kamera Belakang

Mode HDR Kamera Belakang

Menggunakan smartphone ini untuk berfoto di tempat yang penuh dengan cahaya memang begitu memuaskan untuk hasilnya, namun sebaliknya bila menggunakannya di ruang yang minim cahaya atau bahkan saat berada di kondisi malam hari memang tidak begitu memuaskan walaupun teknologi dual LED Flash Tone sudah di sertakan, nyatana dari beberpa hasil yang kami lakukan foto terasa lebih banyak noise bagaimana hasilnya yuk simak beberpa hasilnya di bawah ini.

Foto Low Light Dengan Flash

Foto Low Light Dengan Flash

Foto Low Light Tanpa Flash

Foto Low Light Tanpa Flash

Foto Malam Hari Tanpa Flash

Foto Malam Hari Tanpa Flash

Tak hanya menguatkan hasil kamera adanya tambahan fitur Dual Tone LED Flash benar-benar membuat hasil jepretan yang di hasilkan dari lensa kamera berukuran 13 MP tersebut benar-benar terlihat sempunrna walaupun memotret di malam atau di kondisi low light. Oya sob ada yang menarik nih dari lensa kamera utama yakni adanya gesture yang cukup mudah yakni dengan menggenggamkan tangan kita ke hadapan kamera yang secara otomatis akan membuat lensa memotret dengan sendirinya, jadi akan lebih mudah ketikan berfoto dengan lensa kamera utama smartfren Andromax R2 ini.

Kamera Depan

Tampilan Kamera Depan Smartfren Andromax R2

Tampilan Kamera Depan Smartfren Andromax R2

Pada review Smartfren Andromax R2 ini, mimin juga mencoba membuat foto dengan menggunakan lensa kamera depan yang kita ketahui Smartfren menyertakan lensa berkekuatan 5 MP yang mana diatas kertas lensa ini memiliki fitur Wide Angle, serta juga dukungan Fixed Focus dan yang jelas adanya LED Flash seabgai penerang saat memotret selfie di malam hari. Nah penasaran bagaimana hasil yang di dapat oleh lensa kamera depan Smartfren Andromax R2 ini ?? yuk simak hasilnya berikut ini.

Foto Low Light Kamera Depan Dengan LED Flash

Foto Low Light Kamera Depan Dengan LED Flash

Foto Low Light Kamera Depan Tanpa LED Flash

Foto Low Light Kamera Depan Tanpa LED Flash

Foto Kamera Depan Indor Siang Hari

Foto Kamera Depan Indor Siang Hari

Noise yang terlihat pada saat kondisi low light memang benar-benar terliht saat LED Flash yang ada pada sisi depan kita matikan sob, Tetapi ketika menggunakannya dengan bantuan LED Flash tentu saja hasil jepretan yang terlihat sangat bisa di andalkan. Dengan demikian hadirnya LED Flash pada sisi depan juga benar-benar membantu kita sebagai pengguna saat melakukan selfie. Nakun akan lebih sempurna bila sobat selfie dengan Smartfren Andromax R2 ini saat siang hari dengan kondisi cahaya yang sempurna.

Rekaman Video

Rekaman Video Smartfren Andromax R2

Rekaman Video Smartfren Andromax R2

Nah bago sobat deteknokers yang memang hobi melakukan rekaman video menggunakan sebuah smartphone, mungkin memilih smartfren Andromaax R2 ini bisa menjadi pilihan terbaiknya, karena seperti di katakan di atas, smartphone ini mampu menghasilkan video record dengan kualitas Full HD 1080p@30fps serta ada pula beberpa pilihan yang lebih rendah yakni HD 720p@30fps serta VGA yang bisa sobt sesuaikan sesuai kebutuhan. Namun jangan berharap hasil yang stabil karena pad perangkat ini tak disediakan fitur OIS atau Optical Image Stabilizer.

10. Fitur Unggulan:
Fitur Dolby dan Snapdragin Audio+

Fitur Dolby dan Snapdragin Audio+

Dolby & Snapdragon Audio+

Salah satu keunggulan di balik bandrol harga Smartfen Andromax R2 yang memang cukup murah dan terjangkau adalah hadiarnya fitur penuat kualitas audio berupa Dolby & Snapdragon Audio+ yang meskipun berbeda tetapi setelah mencobanya secara langsung keduanya memiliki keunggulan yang sama yakni memperkuat keluaran audio dari speaker ataupun earphone, sehingga ketika memainkan game, ataupun memutar musik dan menonton film akan terasa semakin memuaskan.

Double Tap To Awake

Fitur Double Tap To Awake

Fitur Double Tap To Awake

Fitur Double Tap To Awake membuat penggunaan smartphone ini akan terasa semakin mudah ketika sobat sedang kesusahan dalam menghidupkan ponsel dari kondisi terkunci, karena ketika sobat deteknokers menghidupkan fitur ini, sobat hanya perlu mengetuk duakali layar smartphone yang masih berada di kondisi terkuncui dan otomatis layar akan hidup.

Air Browse

Fitur Air Browse Smartfren Andromax R2

Fitur Air Browse Smartfren Andromax R2

Lalu saat review Smartfren Andromax R2 ini sedang mimin lakukan, ada satu fitur yang cukup mempuni nih sob, yakni adanya fitur gesture Air Browse, dimana fitur ini bisa sobat manfaatkan untuk mempermudah gerak layar saat berada di aplikasi galeri. Dimana sobat hanya perlu melewatkan telapak tangan persis diatas layar maka secara otomatis gambar pada galeri akan bergeser.

Turnoff Sceen Gestures

Fitur Turnoff Sceen Gestures

Fitur Turnoff Sceen Gestures

Nah yang lebih hebatnya lagi nih sob, ada satu fitur gesture yang cukup mempuni, yakni bernama Turnoff Sceen Gestures dimana dalam fitur ini tersedia cukup banyak beberpa mode gesture yang cukup asik yang bisa kita gunakan saat kondisi layar dalam keadaan mati. Dimana seperti gambar diatas, ada gesture berbentuk huruf “O” yang dalam digunakan untuk membuka lockscreen, kemudian “S” yang bisa sobat gunakan untuk membuka aplikasi kamera dan “M” untuk membuka aplikasi musik serta ada beberapa model lainnya yang bisa sobat temukan.

VoLTE

Vitur VoLTE

Vitur VoLTE

Dan terakhir ada fitur pamungkas dari Smartfren Andromax R2 nih sob yakni fitur VoLTE, yang mana dengan hadirnya fitur ini tentu saja sobat bisa membuat komunikasi bersama teman atau keluarga akan lebih menyenangkan pasalnya dengan memanfaatkan fitur Voice Over LTE ini sobat bisa bercakap dalam model video call dengan memanfaatkan 4G LTE smartfren dengan kualitas suara dan gambar yang jelas dan jernih, namun perlu di ingat ketika menggunakan fitur ini ponsel lawan telepon sobat juga haruslah sudah mendukung fitur VoLTE ini.

11. Harga Smartfren Andromax R2 :
Harga Smartfren Andromax R2

Harga Smartfren Andromax R2

Setalah mengulas tuntas mengensi smartphone Smartfren Andromax R2 ini, tentu saja sobat penasaran dengan bandrol harga yang mimin dapatkan kan ?? cukup terjangkau ko sob buat kantong masyarakat kita, karena Harga Smartfren Andromax R2 yang mimin dapatin adalah Rp 1.699.000 juta rupiah. Yah harga tersebut mimin dapetin dari gerai resmi Smartfren Andromax di daerah Purwokerto alias desa tempat tinggal mimin. Dengan bandrol harga yang kurang dari 2 juta rupiah tersebut memnang beragam fitur menarik dan mewah akan sobat dapatkan termasuk juga fitur kamera yang bisa mimin bilang cukup sempurna dan cukup memuaskan.

12. Video Review Smartfren Andromax R2 :

13. Kelebihan Smartfren Andromax R2 :
  • Body terlihat premium dengan material metal pada sisi freme dengan ketebalan 7.7 mm
  • Sisi belakang terlihat mengkilap seperti kaca (tapi bukan kaca)
  • Layar sudah memiliki resolusi HD seluas 5 inci dengan lapisan Dragontrail Glss
  • Sudah mendukung teknologi VoLTE (Voice Over LTE)
  • Support jaringan internet 4G LTE
  • Memiliki performa memuaskan dengan prosesor Octa Core 64-Bit 1.4 GHz dengan chipset Qualcomm Snapdragon 415
  • Diperkuat dukungan Ram berkapasitas 2GB
  • Memiliki lensa kamera berukuran 13 MP dibagian belakang yang terbilang cukup memuaskan
  • Tawarkan lensa kamera selfie 5 MP yang sempurna dengan adanya juga fitur LED Flash
  • Support fitur dual sim dengan konfigurasi MicroSim (CDMA + GSM)
14. Kekurangan Smartfren Andromax R2 :
  • Usung desain unibody dengan baterai yang tak bisa di lepas
  • Belum menggunakan port microUSB Type-C
  • Baterai hanya berkapasitas 2.320 mAh saja yang tergolong boros saat digunakan untuk bermain game
  • Perlu lapisan pelindung di bagian depan ataupun belakang untuk membuat tampilan tetap jernih tanpa goresan
  • Agak sedikit panas ketika terus-terusan digunakan untuk bermain geme

Baca Juga : Review Xiaomi Xiaoyi Ants Smart Camera Night Vision

Nah dari ulasan review Smartfren Andromax R2 diatas tentu saja sobat bisa menyimpulkan bahwa smartphone ini sangat cocok bagi sobat yang memang membutuhkan sebuah ponsel android murah dengan kualitas yang terbaik. Pasalnya dengan bandrol harga kurang dari 2 juta rupiah ponsel ini memiliki layar dengan kualitas HD yang sangat mempuni ketika digunakan untuk menonton film ataupun bermain game. Bagaimana tertarik kan dengan smartphone ini ? sobat bisa ko memilikinya dengan gratis tanpa keluar uang sepeserpun dengan mengikuti Giveaway Detekno di Youtube dan jika sobat beruntung maka mimin akan langsung kirimkan smartphone ini untuk sobat.


Advertisement